PTC Relay


Relay dan overload kulkas 1 pintu

PTC Relay, adalah sebagai starter PTC (positive temperature coefficient) yang diaplikasikan pada hampir sebagian besar kulkas masa kini ternyata memiliki fungsi ganda, benda yang umumnya berbentuk kotak hitam dan kecil ini yang dalam keadaan dingin berfungsi sebagai penghubung antara pin R (run) dengan S (start) ketika kompresor memulai beroperasi (starting) akan berubah fungsi sebagai kapasitor ketika telah menjadi panas sesaat setelah kompresor bekerja, nilai nya berada pada kisaran 3 sampai 5 mikro farrad, akibatnya jika sebuah kompresor menggunakan relay ini konsumsi listrik yang digunakan menjadi lebih rendah mirip jika kompresor tersebut menggunakan kapasitor running. 

Baca juga : Relay rusak, Kulkas tidak mau dingin.

Meskipun memiliki kelemahan dibanding relay biasa (mekanis) karena memerlukan waktu beberapa saat ketika harus restart tetapi pada kenyataannya relay ptc lebih aman bagi kompressor apalagi jika digabungkan dengan overload 4TM bikinan Klixon® yang memang dirancang untuk digunakan dengan relay ini, kenapa lebih aman ?.... karena setelah kompresor bekerja mensirkulasikan refrigeran atau freon maka tekanan freon dalam sistem pendingin ini belum merata dan tekanan tertingginya berada pada kondensor sehingga pada saat ini kompresor akan sulit restart dikarenakan tekanan yang masih tinggi didalam kondensor tadi yang merupakan jalur pertama freon bersirkulasi, hal itu memerlukan waktu agar tekananya merata dahulu kurang lebih selama 3 sampai 5 menit, waktu yang cukup supaya PTC relay nya menjadi dingin dan kompresor pun siap beroperasi kembali.



Baca juga :

Mengenal 3 jenis relai kulkas.
Perbedaan PTC relay dengan Current relay.
Kulkas Samsung ganti PTC Relay,




Komentar

  1. pak, mau tanya kisaran harga PTC relay (merk Sanyo 2 pintu) kira2 kisaran harga berapa ya pak? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga ptc relay di pasaran (diluar harga resmi service centre) adalah kira2 Rp.20.000.00.

      Hapus
    2. klo boleh tahu,belinya PTC relay dimana apa di toko elektronik ada atau harus di servis center??

      Hapus
    3. Toko elektronik khusus komponen televisi atau audio biasanya tidak ada tapi kalau toko elektronik umum ada, jadi tidak semua toko elektronik menjual alat2 kulkas karena biasanya kalau kulkas masuk ke kelompok AC dan mesin cuci.

      Hapus
  2. Mau nanya mas, pipa kapiler pada kulkas bila mampet harus diganti kah? atau ada cara lain? kalau diganti bagaimana caranya karna posisinya ada di dalam badan kulkas, makasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaik-baiknya pengerjaan adalah dengan cara diganti namun apabila sulit bisa dengan cara flushing.

      Hapus
  3. Mau nanya nich.berapa ya nilai capasitor untuk lemari es

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai atau harga kapasitor tergantung dari kapasitasnya, untuk yang standar kulkas 1 pintu sekira Rp.40 ribuan.

      Hapus
  4. mau tanya berpa harga relay lg & capasitor lg untuk 1 pintu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Alex, harga kedua komponen tersebut diluar harga resmi (service centre) kira-kira Rp.70.000.00.

      Hapus
  5. aq mau tanya pak..kulkas saya merk sanyo satu pintu,,,setiap hari bunyi cetok,,,cetok,,,setiap 15 menit...apanya ya makasih,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasi yang anda sertakan minim, apakah suara tersebut berasal dari kompresor dan apakah kulkasnya tetap dingin ?
      kemungkinan suara tersebut berasal dari overload protector.

      Hapus
    2. Punya saya juga sama gan bunyi ketok ketok keras tapi kulkas masih berfungsi normal pada saat kompresor nyala tiap beberapa detik bunyi ketok ketok keras

      Hapus
  6. mau tanya pak, kalo bisa dibantu saya punya kompresor kulkas samsung tipe SD152H-L1U. (kt temen bekas kulkas 2 pintu). kalau tidak keberatan tolong saya dikasih tau pak kisaran harga kapasitornya beserta ukuran kapasitor serta pemasangannya. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sobat Blogger yth, dikarenakan fasilitas yang terbatas di kolom komentar ini maka saya akan menjawab pertanyaan anda pada sebuah post khusus dengan judul :
      "Diagram pemasangan relay kompresor Samsung"
      Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Terima Kasih banyak bang Rudi. Semoga Allah membalas kebaikan bang Rudi sekeluarga. AMIN>

      Hapus
    3. Saya haturkan terima kasih juga pak, feedback anda sangat berarti.

      Hapus
  7. mas mau tanya kulkas saya abis kebentur kompresor nya
    dan gak bisa nyala sama sekali
    pas colokin ke stopkontak cuman bergetar sedikit setelah itu mati lagi

    apakah kompresos tabung itu rusak kebentur atau gmna ?
    dan cara fix nya gmn mas

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dedy Kurnianto
      Benturan terlampau keras memang bisa membuat kompresor kulkas tidak bisa hidup kembali, penyebab yang biasa terjadi jika kulkas sudah berusia pakai cukup lama yaitu terkelupasnya lapisan mika film sebagai isolator kawat gulungan di motornya atau lapisan email pada kawat nya itu sendiri yang membuat gulungan tersebut konslet, terkadang jika hal ini terjadi tidak bisa terdeteksi dengan jelas oleh avometer namun kompresor susah start lalu akhirnya overload mati dan kompresor harus diganti.

      Hapus
  8. pak,klo kompresor setelah running,sy cek arus nya 0,2-0,7 A,tp selang kemudian naik jd 1,3 A..kira2 kenapa ya pak?trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Fahrul
      keterangan anda kurang lengkap, apakah kompresor pernah diperbaiki atau perbaikan lainnya.
      Arus terukur selalu berubah-ubah dari sebuah kompresor yang belum pernah ada perbaikan biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan mekanis atau tegangan listrik yang tidak stabil.

      Hapus
    2. Pak mau tanya. Saya pengrajin AirBrush.. untuk urusan angin saya menggunakan kompresor bekas kulkas 2 pintu.. yg ingin sy tanyakan. Kalo kompresor sedang running lama trus saya matikan. Saya nyalakan lg tetapi tidak hidup. Sy pegang Overloadnya panas. Menjelang beberapa detik baru bisa hidup. Ketika tidak bisa hidup dan terhubung ke listrik Ampere sangat tinggi sekitar 3A.. buru2 sy cabut listriknya. Tetapi setelah bisa running ampere stabil di 0.6A.. apakah tinggi ampere itu bisa juga terjadi di kulkas sy. Kalo iya Berarti kulkas tidak boleh mati-hidup untuk menghindari tingginya Ampere..mohon penjelasanya trims..

      Hapus
    3. https://bengkelmania.blogspot.com/2019/07/ask-perbedaan-ptc-relay-dengan-current.html

      Hapus
  9. maaf pak saya mau tanya
    saya punya kulkas sharp crystal, kapasitornya mati
    kalau boleh tanya ukuran kapasitas dari kapasitornya berapa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Supri yth
      Nilai kapasitor Running atau Starting itu berdasarkan kapasitas kompresor atau tipe kulkas nya, yang saya tau kulkas Sharp 1 pintu biasanya sudah tidak pakai kapasitor lagi dan hanya sebagian kecil pada ukuran sedang (2 pintu) dan Freezer, saya kasih ukuran kapasitas capasitor rata2 untuk running adalah 8mf sampai 12mf lalu untuk starting 30mf sampai 80mf

      Hapus
  10. Yth mas Rudi, salam kenal nama saya tyo dari surabaya, gini mas saya punya freezer box merk sharp beberapa hari tidak terpakai (tidak nancep ke stop kontak). pada saat mau dipakai lampu indikator nyala, kompresor kerja (getar normal dan panas) tapi didalam box freezer nya tidak dingin sama sekali bahkan semakin lama jadi hangat. info tambahan ada suara seperti air mengalir / gemericik. Padahal barusan beberapa hari yg lalu masih bisa bikin es batu dengan cepat. Mohon pencerahan mas Rudi kira2 kenapa ya frezer saya? Sekian terima kasih

    salam
    tyo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Tyo ....
      Saya tidak tau apakah yang terjadi pada freezer anda adalah karena terjadi kebocoran pada sistem pemipaan (jalur sirkulasi freon) nya seperti kebanyakan produk ini atau apa, yang jelas banyak klien saya mengeluhkan hal yang sama karena ternyata freezer nya tidak dingin karena pipa evaporator atau kondensor nya bocor karena karat didalam dinding unit yang dicor oleh bahan polyurethane. untuk memperbaikinya saya kira lebih baik menyerahkannya pada teknisi yang mahir untuk perbaikan ini.

      Hapus
  11. selamat siang mas rudi, mohon bantuannya, kenapa ya lemari es saya merk sanyo 1 pintu kalau baru dicolokan ke listrik nyala sebentar terus beberapa menit mesinnya mati, itu jga kalau saya colokan listrik pada pagi/ siang hari, kalo dimalam hari saya colokan mesin cma kedengeran bunyi beberapa detik terus langsung mati lagi, apa kira2 ada kerusakan di compresornya ya?, tpi klo pas lagi normal dinginnya tdak berkurang, kadang 1 jam aja kita taro air dia lngsung membeku.
    mohon bantuannya ya, sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Yayat ...
      coba anda periksa dulu Relay nya dari kemungkinan rusak, jika usia pakai kulkas sudah lebih dari 3 tahun ada baiknya anda menggantinya.

      Hapus
  12. Pa mau tanya kulkas sy merek lg 2 pintu.setiap 2 detik mati.tp kipas periser nyala tp kompersor mati..trus sy buka di bawah relay plc itu panas bgt.makasih pa blm nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Andy
      Relay jenis PTC ini memang akan panas ketika berfungsi, jika setiap beberapa detik mati kompresornya maka kemungkinan dia tidak bisa starting untung hidup, anda bisa memeriksa overload protector nya barangkali sudah rusak berikut relay ptc nya itu sendiri sebaiknya coba diganti dulu yang baru, untuk beberapa model kompresor dilengkapi juga dengan kapasitor yang mungkin juga rusak dan setelah beberapa komponen tersebut bisa dipastikan baik namun kompresor tetap tidak bisa hidup maka pemeriksaan lanjutan bisa kita lanjutkan ke kompresor nya itu sendiri.

      Hapus
  13. Dear Mas Rudi.
    Saya punya kulkas merk Maspion 1 pintu.
    Tidak dingin sama sekali setelah tegangan Aliran listrik tidak stabil. (naik turun karena tidak me makai stavol)
    Kalo saya colok kan listrik, ada bunyi tik 1 kali di samping compresor, di barengi bunyi denging kompresor, selang 1 menit kemudian bunyi lagi tik sekali di barengi mati juga suara denging di dalam kompresor. kira kira apanya yang rusak dan harus di ganti, dan berapa perkiraan biaya.
    Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      mudah-mudahan kompresor anda belum rusak, langkah2 antisipasi untuk kulkas yang mengalami hal demikian adalah dengan cara membiarkan kulkas selama beberapa jam tanpa di hubungkan ke sumber listrik supaya tekanan freonnya seimbang dan kompresor lebih mudah hidup, jika tetap demikian periksa overload protector dan relay nya atau coba langsung diganti dengan spek yang sama.

      Hapus
  14. Kang mau nanya
    Faktor yang menyebabkan sistem kulkas mati saat kulkas 1 pintu ditutup, masalah yang pasti timbul di bagian mana nya kang atau pak .. Tolong jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Salam Muhammad ....
      yang anda maksud mati itu lampu interior nya atau kompresor ?
      jika pada kulkas 2 pintu atau lebih bisa saja terjadi konsleting dari switch pintunya dan membuat listrik trip tetapi pada kulkas 1 pintu switch pintu nya hanya berfungsi sebagai kontaktor lampu saja sehingga kalaupun konslet maka lampunya akan nyala terus atau mati sama sekali.

      Hapus
  15. Permisi pak Rudi Halim, saya mau bertanya kulkas 2 pintu saya merk sharp macet pada kompresornya, saya sudah cek pada ptc relay dan overloadnya oke, setiap dinyalakan setelah beberapa saat overloadnya bekerja (proteck) mungkin karena amperenya naik drastis, saya mau mengakali tanpa melepas kompresor dari kulkas dengan memotong pipanya, dan bila di beri kapasitor tepatnya berapa mikro farad yah ukurannya, sebab untuk saat ini tidak ada kapasitornya. terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Radi ....
      Kapasitor untuk starting boleh anda gunakan 80mf - 150mf tetapi terkadang perlu kapasitor dengan nilai lebih besar jika kompresor itu macetnya parah, pastikan oli didalam kompresor tidak kurang, berkurangnya oli ini biasanya karena terjebak didalam evaporator. selamat bekerja pak Radi.

      Hapus
  16. permisi pak rudi
    apakah PTC rusak menyebabkan kulkas tidak dingin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja sebabnya kompresor tidak bisa starting

      Hapus
  17. salam kenal, mas Rudi Halim,saya kebetulan juga menangani mesin pendingin cuma masih perlu menimba ilmu,kalo boleh igin dibagi ilmu, untuk jenis dan ukuran PK kompresor kulkas/freeser, tandanya dimana, misal untuk ukuran 1/8,,1/6,,1/5 dll, soalnya saya masih kebingungan untuk menentukan kalau dilhat dari benuk fisikny saja, sebagai contoh freeser LG ada yang menggunakan kompresor yang besar fisikya sama dengan kulkas keluarga,juga untuk kulkas POLYTRON, besar fisik kompresor sama dengan kompresor pada dispenser, yang ingin saya tanyakan untuk menentukan besar ukuran PKnya tersebut dilihat dari mananya, trmakash untuk lmunya smoga sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Cucuk Kiswara
      cara mengetahui ukuran /kapasitas kompresor adalah dengan cara mengukur menggunakan ampere meter, umumnya pakai clamp meter atau banyak yang menyebut tang ampere, dari hasil pengukuran itu bisa diketahui atau diperkirakan karena tidak akan didapat nilai yang pas pada setiap kompresor yang terpasang dengan beban yang berbeda-beda pula.

      Hapus
  18. pak mau tanya ni.kulkas sharp 1 pintu saya klo. di nyalain langsung pcb listrik rumah turun ato listrik mati smua.kira2 apa sebabnya dan gmn solusi memperbaikinya.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah pertama adalah anda harus memeriksa kabel-kabel di area belakang karena mungkin rusak oleh tikus, terkadang lampu interior rusak pun bisa menjadi penyebabnya maka cobalah untuk melepasnya dulu dan yang terakhir mungkin kompresornya rusak.

      Hapus
  19. berapa harga timer kulkas merek sharp mhon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini banyak beredar timer murah dengan harga kisaran 30 ribuan, secara fisik sangat mirip dengan aslinya namun kasar, ada juga dengan harga yang lebih wajar Rp.60 ribuan yang ditandai dengan "KOREA" di labelnya, jika ingin yang lebih baik kualitasnya minta timer yang produk jepang asli Sankyo tapi biasanya dijual dengan harga lebih mahal.

      Hapus
  20. Mohon bimbingan untuk mengetahui nilai overload, apa harus membawa contoh bila beli PAK RUDI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menyimpan beberapa catatan mengenai overload 4TM produksi klixon yang sebagian besar kompresor saat ini menggunakan jenis ini tapi mungkin harus saya buat sebagai postingan selanjutnya supaya lebih jelas.

      Hapus
  21. Selamat pagi pak Rudi!!
    Saya mau tanya dispenser saya merek modena sudah 3 hari tidak dingin airnya
    apakah dikarenakan PTC nya yang bermasalah, saya coba cek pegang dibelakang dispenser tidak panas terus saya coba pegang compressor nya panas,mohon penjelasanya pak.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Harto
      permasalah paling sering terjadi yang kami temui biasanya adalah terjadi kebocoran pada kondensor, hal itu mengakibatkan freon (zat pendingin) habis tetapi memang terkadang ada juga yang karena Relay nya rusak, anda boleh coba menggantinya atau langsung minta bantuan teknisi untuk memeriksa hal sebenarnya terjadi pada dispenser anda.

      Hapus
  22. Selamat siang pak rudi
    Saya punya kulkas sharp nice crystal gold
    Kulkas saya saat dinyalakan pertama kali mau dingin lalu saat dinginnya stabil listriknya turun lha saat mau naik lagi listriknya biar dingin itu yang g bisa dingin jadi di dalam cuma hangat saja
    Kira2 apa permasalahannya?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  23. Selamat malam pak rudi
    Saya punya kulkas lg expresscool
    Kulkas saya kapasitornya meletus dan hangus nilainya tidak terbaca, saya mau tanya nilai kapasitor runing n startingnya kulkas saya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulkas kapasitas kecil produksi LG sepengetahuan saya tidak ada yang memakai kapasitor starting kalaupun ada untuk kulkas kapasitas besar atau Freezer dengan nilai 40uf-50uf dan untuk kapasitor running memakai 5uf (mikrofarad)

      Hapus
  24. Selamat pagi mas rudi....sy punya kulkas polytron 1 pintu tipe:PG 1M52SV. Motornya mati hidup.....overloudnya udah sy ganti.
    Apakah permasalahannya di RELAY nya ya...mohon pencerahannya... trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita memerlukan clamp meter untuk mengetahui arus yang terpakai saat kompresor itu hidup, jika arus/amper nya melebihi semestinya maka sudah oasti over loadnya akan hidup mati terus.

      Hapus
  25. Selamat sore pak, kulkas sya 2 hari terakhir bunyi "ctek-cetok" dibagian blakang,trus tadi siang jadi gak dingin,tapi lampu ttp nyala... Kira2 kenapa ya...???
    Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  26. Mas Rudi....saya py mesin kulkas buat dijadiin kompresor ketika dicabut saklar kulkas dipasang lagi g hidup apa penyebabnya yah....PTC sudah diganti kalau tidak pakai PTC bisa tidak trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relay ptc harus menunggu beberapa menit dulu sampai ptc tersebut menjadi tidak panas baru bisa start kembali.

      Hapus
  27. Mas Rudi mesin kulkas tanpa PTC bisa tidak....sudah ganti PTC tetap tidak hidup. Ketika dicolok hidup dimatiin hidupkan kembali tidak start

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini selain kulkas inverter tetap harus pake starting device dan untuk relay ptc tidak akan bisa kompresor hidup jika ptc relaynya belum dingin.

      Hapus
  28. Hallo pak rudi, mau tanya kalau overload kulkas 2 pintu saya rusak jenis 5TM saya ganti dengan jenis 4TM apakah bermasalah? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Overload 5tm memang susah didapat sehingga terpaksa memakai 4tm .. saya belum menemukan masalah karena hal tersebut.

      Hapus
  29. Pak mau nanya kenarin kan ptc saya kerendem air ma overload y itu kulkas lama pabrikan shark .
    Lah saya ganti ptc dengan jenis yang sama tapi olv ya beda kok cumn bisa 2 hari saja ya pak dan ptc ya terputus mohon bantuan y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya olv memakai yang sama, mungkin kualitas relaynya kurang bagus.

      Hapus
  30. Mas mau tanya kulkas saya merk lg 1 pintu ptc baru saya ganti priser sudah dingin tp yg bawah gak dingin kompresor 5 detik nyala 5 detik mati mohon solusinya trim rokim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan/matikan kulkas beberapa menit sampai ptc nya dingin dulu, kemudian hidupkan lagi tapi sambil gunakan alat pengukur amper untuk melihat apakah daya yang terukur normal saat kompresor hidup dan kalau tidak berarti kompresor yang bermasalah.

      Hapus
  31. mas rudi saya mau tanya kabel yg ke overload dan ptc itu jalurnya ke mana ya saya habis copot tapi lupa kabelnya kulkas sharp 1 pintu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 kabel terhubung langsung ke jalur N dan 1 lagi ke jalur L dengan melewati termostat dulu.

      Hapus
  32. Pak mau tanya kulkas saya merk politron 2pintu hot&cool kok kotak hitam tipis yang di kompresor panas 3/5 menit di colokan nyala lagi kira"apanya yang rusak trima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika panasnya masih kuat anda pegang itu tidak apa-apa / normal saja (hati-hati memegang alat tersebut ketika listrik tersambung).

      Hapus
  33. Salam pak rudi.
    Kulkas saya setiap mati lampu kadang bisa starting kadang gak bisa dan hanya bunyi tik pada overload.
    Dan akhir2 ini juga sering mati lampu semenjak kulkasnya seperti itu setiap AC juga nyala.
    Kira2 apa ya yg perlu diganti ?

    BalasHapus
  34. Overload kulkas 1 pintu merek LG yang bagus pake yg berapa 1/4 1/5 1/6 1/8HP kompresor 1ph

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaikum bang Rudi..
    Saya mau tanya nih kenapa kulkas saya pinggirnya panas berlebihan dan kompresor tidak mati..

    BalasHapus
  36. Enter your comment...permisi om mau tanya:sy pny kulkas1pintu merk LG, permasalahanya kompresor hny mendengung. Stlah dicek overload,Ptc&kapasitor masih normal. Minta solusinya .makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin gulungan mesinnya kebakar atau macet.

      Hapus
  37. Selamat pagi pak halim, mohon pencerahannya ya pak.
    Saya memiliki kulkas samsung 2 pintu model PCB. Awalnya bagian frizer tidak dingin, sehingga es yg beku menjadi cair. Setelah saya priksa bagian keramik PTC rellay pecah. Setelah saya ganti, namun kompresor hanya bergetar dan tidak berapa lama listrik anjlok dan overload panas hingga meleleh.
    Saya ganti juga bagian overload, tp kejadian tetap sama, hingga kompresor tidak ada getaran lg.
    Jika kasus spt kulkas yg saya alami, kemungkinan kerusakan pada bagian mana ya pak? Mengingat semua kelistrikan (lampu, kipas) normal.
    Apakah ada indikasi PCB nya rusak atau ada kemungkinan lain..
    Terima kasih atas waktu yg bapak berikan untuk menjawab pertanyaan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sebelumnya hanya pecah ptc nya, saya khawatir anda mengganti ptc dengan tipe yang berbeda,

      Hapus
  38. Ptc sama overload baru cuman kuat 2 hari doang, trus saya tes tidak memakai overload kompresor star normal stelah 10 menit saya cabut,stelah itu saya coba lagi tidak mau star tp kompresor panas, kerusakan ada dmnnya mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin overload yang baru spek nya terlalu kecil.

      Hapus
  39. Mas mau tanya,,kulkas saya gk dingin, tdi nya kompresor gk ada getar dan gk panas,, terus saya ganti thermostatnya bru kompresor ada getar halus sebentar saja terus kompresor panas terus ada bunyi klik,,, apa penyenabnya mas,?? Kulkas jg ttp gk dingin

    BalasHapus
  40. Hallo pak rudi mohon sya mau tanya sya punya kulkas merk lg 1 pintu kurang dingin sya coba ngukur pake tang ampere tegangannya itu 0.41 ampere apakah itu normal atou g klo normal kira2 brapa ukuran ampere terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arus Kulkas LG 1 pintu rata-rata 04 - 06 ampere.

      Hapus
  41. Mas Rudi sy mempunyai kulkas Sanyo 1 pintu, kendalanya adalah di dalam freezer dingin namun tdk membeku, ad suara aliran air dan desisan
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulkas anda perlu flushing untuk mengeluarkan oli dari dalam jalur evaporator dan dengan hal tersebut mengharuskannya untuk mengisi ulang freon.

      Hapus
  42. Pak rudy saya ingin tanya.kulkas saya merk sharf 2 pintu tapi defross.ketika kabel dicolokan kelistrik kompresornya mendengung,tapi kulkasnya tdk dingin.tanya di mana letak capasitor running dan starting nya.trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi running capasitor bisa anda lihat pada skema yang biasanya ada dibagian belakang kulkas dan Starting relay secara umum selalu menempel pada kompresor.

      Hapus
  43. Mohon info kalau overload 1/6 diganti 1/5 apa boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya memakai yang sesuai spesifikasi karena proteksi terhadap beban daya berlebih akan berkurang

      Hapus
  44. Maaf mau tanya mas,kulkas 1 pintu,kompresornya cuma getar sebentar dan langsung mati,saya raba olp dan ptc ptc nya panas,setelah dingin dicoba lagi getar sebentar mati lagi, itu yg rusak apanya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa Relay, Overload, dan juha tegangan listrik nya jangan drop saat kulkas hodup.

      Hapus
  45. selamat pagi Mas Rudi Halim mohon maaf mau tanya, kulkas 2 pintu merk toshiba bagian atas tidak bisa membekukan air dan bagian bawah tidak dinggin,dan body kulkas samping kanan dan kiri tidak panas,mohon maaf tolong bantuanya,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan kompresornya tidak hidup, periksakan dulu kondisi Relay dan lainnya

      Hapus
  46. Mau tanya pak ukuran ptc dan over lood 2 pintu merk polytron berapa ya

    BalasHapus
  47. Kulkas polytron memakai beberapa merk yang berbeda, tentunya belum tentu cocok bila saya sebutkan dari merk kompresor lain seperti yang ini :
    Ptc = QP2-33MC1
    Olp = 4TM 158RFB.

    BalasHapus
  48. Selamat sore mas rudi.
    Izin sedot ilmu nya mas.
    Sy pemula ni mas.
    Kemaren dpt servic an kulkas lg 2pintu yg rsk ptc nya trbakar kbetulan persis dgn kulkas sya.
    Sya ganti ptc nya dr ptc kulkas sya
    Alhmdhlillah jd.
    Yg jd prsoalan setelah sya beli kan ptc nya kok cmpresor cuma hidup 2dtik overload lngsng putus hidup dan putus lg.
    Apa yg slh mhon pencerahan nya suhu.trma ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. PTC bersifat universal walau berbeda spesifikasinya biasanya tidak masalah dan bisa digunakan yang penting posisi soket dan jumlahnya sama.

      Hapus
  49. Pak Rudi saya mau tanya, kulkas saya LG 2 pintu kompresornya tidak mau bergetar, kalau dipegang panas sekali. Kemudian dicek service center LG katanya kompresornya rusak dan harus ganti, kebetulan kompresor masih garansi. Yg saya tanyakan estimasi biaya jasa service pemasangan kompresor(kompresor free dari LG). Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menyesal tidak bisa katakan karena bukan ranah saya untuk menjawab disini, sepertinya anda sudah cukup terbantu dengan bebas biaya untuk kompresornya yang relatif mahal.

      Hapus
  50. Selamat siang rudy.. Saya mau nanya.. Saya punya kulkas 2pintu merek polytron belleza.. Masalahnya, kulkas beroperasi terus atas dingin bawah tidak.. Sdh ganti timer n heaternya.. Defrost tdk diganti kata tukang masih bagus.. Nah setelah diganti kulkas masih hdp terus n di saluran pembuangan air belakang kering.. Nah yg jadi pertanyaan
    1.apakah timernya bermasalah ato heater ato defrostnya?
    2.bagian samping kiri kanan kulkas panas. .
    3.apakah PTC nya harus diganti?
    4.apakah yg menyebabkan kulkas hidup terus pdhl timer kulkas sdh diganti..
    Mhn jawabannya n terima kasih

    BalasHapus
  51. Baik, langsung saya jawab per-pointnya :
    1. Mengganti timer harus sama type/seri nya karena beberapa timer sama bentuknya tetapi berbeda cara kerjanya, tes secara manual timer barunya sebelum dipasang, pastikan glass heater tidak rusak karena meskipun tidak terlihat putus elemennya terkadang ketika dites menggunakan tester ternyata tidak nyambung dan defrost sebaiknya diganti walaupun tampak bagus karena bukan dengan tampilan fisik alat ini masih baik atau tidak.
    2. Panas diawal tidak masalah, itu menunjukan bahwa sistem refrigerasi bekerja normal dan suhu panas ini biasanya akan turun sendiri.
    3. Point 2 menujukan bahwa ptc tidak bermasalah.
    4. Lihat jawaban no.1, timer tidak cocok/rusak dan pastikan masalah tersebut diselesaikan dulu.

    BalasHapus
  52. Baik terima kasih jawabannya.. Ternyata pengaruh ya pak ganti timer hrs sesuai.. Karena yg sekarang diganti timer putih sampingnya ijo malah kulkas hdp terus pdhl heater sdh diganti. Apakah harus ganti defrost karena dulu msh bagus tdk kemasukan air n klo gnti brp hargnya? Oia yg sekarang ganti timer putih sampingnya hijau bkn bawaan polytron setelah ganti heater malah kulkas atas panas bawah agak dingin setelah mati 9jam an n tdk bs start lagi.. Saya cabut kontaknya terus saya putar pakai obeng bagian tengah timer di belakang kulkas malah nyala bisa start kok bs gitu ya?? Skrng malah hidup kulkas saya tdk mati2 n bagian atas dingin lagi tdk panas n bawah agak dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan saya buatkan artikel mengenai timer defrost ini agar lebih mudah difahami.

      Hapus
    2. Pak rudy.. Ternyata emng bener harus ganti timer yg sesuai bawaan polytron belleza n ganti thermofuse panas n defros kulkas sdh berfungsi atas bawah dingin.. Tetapi gini masalahnya.. Ketika kulkas mati.. Kayak bagian belakangnya di timernya kayak bunyi roda berputar gitu selama beberapa detik agak keras trus lambat laun pelan dan ketika kulkas beroperasi ada suara kayak tendangan n bagian timer ada kayak suara roda berputar, apakah itu normal pak rudy?? Mhn jawabannya... Trims

      Hapus
    3. Iya, benar itu normal karena timer polytron bawaan pabrik nya pun seperti itu, yang saya tahu itu timer kw.

      Hapus
  53. Mas mau tanya kulkas saya 2 pintu frezer beku tapi kulkasnya tidak dingin. Sy coba cari PTC koq ga ada ya? Kulkas model cukup lama buatan merk eropa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa baca solusi terkait persoalan ini di artikel lama blog ini dengan judul : Kulkas dingin sebagian.

      Hapus
  54. Pak mau tanya kalo pemasangan kabel ptc sama over load salah apakah kulkas bisa langsung mati atau ada komponen yang rusak.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kulkas yang hanya dilengkapi dengan 2 kabel ke kompresor nya tidak menjadi masalah asalkan posisi ptc dan overload nya tetap seperti semula, hanya perlu diingat bahwa setiap hendak mencolokan kulkas ke listrik (pln) tunggu atau kasih jeda sekitar 5 menit, jangan menghidupkan kulkas ketika ptcnya dalam keadaan panas karena kompresor tidak akan bisa hidup.

      Hapus
  55. pak mau tanya kabel everoad kulkas LG 2 pintu warna apa y pak soal,nya pas sy lepasin kabel lupa diperhtikan warna kabel,nya..terimakaaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulkas LG kebanyakan pakai kabel warna hitam untuk overload nya tetapi untuk yang hanya pakai 2 kabel (tanpa kapasitor run/starting) terbalik pun tidak masalah.

      Hapus
  56. Selamat siang pak rudi..saya punya kulkas sanyo 2 pintu,bagian atas dingin tapi tidak bisa beku bagian bawah tidak dingin apa penyebabnya?kompresor bergetas dan bagian samping kulkas panas..saya cek sensor tidak ada yg terendam air..mohon bantuannya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang,
      Ada komponen lain seperti timer, heater dll saya harap itu semua tidak luput untuk anda periksa atau panggil tenaga ahli untuk membantu anda.

      Hapus
  57. Saya punya kulkas lg dua pintu lampu mati mendadak dan kulkas tidak beroprasi setelah diperiksa soket menuju relay dan ovetloads mengandung muatan positif dan kompresor dicoba manual nyala dingin mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengira pada saat itu posisi timer dalam posisi defrost, meskipun kedua kabel mengandung arus positif (biasanya hasil tes menggunakan test pen) tetapi daya nya pastilah tidak akan sama, silahkan anda putar timer searah jarum jam secara perlahan sampai terdengar bunyi klik.

      Hapus
  58. Siang ,pak saya punya freezer sliding es krim ,muncul bunga es hanya dibagian atas ,,sudah ganti kompressor ,,malah kompressor memutuskan arus selang 3 jam sekali ,15 menit kemudian hidup .apakah bunga es tidak merata disebabkan overload rusak atau apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira itu bukan karena overloadnya karena rentang waktu sedemikian lama, tetapi kompresor mati karena suhu di area sensing capillary termostat sudah sama dengan pengaturan.
      Mengganti kompresor baru mutlak harus sama dengan kompresor yang diganti.

      Hapus
  59. Iya pa rudi saya servis ke tehnisi diganti dengan kompressor lain yg second..malah al hasil sama aja ..apa harus beli kompressor yg baru sekalian aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diganti kompresor bekas pun (beda merk) tidak masalah asal spesifikasi sama kemudian kondisi barang masih layak pakai dan dipasang dengan cara yang benar.
      Sebelum mengganti kompresor baru pertimbangkan usia pakai freezer sudah berapa lama, lumayan banyak faktor yang mesti dipertimbangkan.

      Hapus
  60. Selamat malam pak Rudi saya punya kulkas Lg satu pintu tidak dingin lampunya hidup, setelah saya teliti overloadnya hangus dak kabel ke relay / overload juga pada ngelupas, overloadnya hancur hitam, pertanyaanya mau ganti overload dan relay apa ada ukurannya ya? Mohon pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malem, benar sekali pak kalau overload ada ukurannya, untuk kulkas 1 pintu anda boleh katakan pada pedagang dengan overload 1/8 hp atau bisa juga anda sebutkan tipenya yang bisa di lihat di link berikut lengkap dengan tipe kompresor, relay dan overloadnya:
      https://bengkelmania.blogspot.com/2019/05/kompresor-kulkas-lg-1-satu-pintu.html

      Hapus
  61. Selamat siang pak rudy...mohon pencerahanya.. Kulakas saya general 2pintu.bermasalah dengan fiuse panas dan dingin. Sudah saya ganti dan normal kembali. Cuma setelah compressor runing selama 7-8jam.timer otomatis mati, tapi saya tunggu hingga 1jam tidak bisa running otomatis lagi. Kecuali timer saya putar. Jadi setiap 7-8jam.kami hidupkan secara manual(putar timer) PTC, over load, dan timer, sudah saya ganti sesuai speck... Mohon pencerahanya..
    Salam hormat. Terimakasih
    Syaiful.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met malem Syaiful ... saya bolak-balik baca pertanyaan anda dan 1 (satu) komponen yang tidak saya temukan dari tulisan anda yaitu heater, kalau timer tidak bekerja secara otomatis itu artinya tidak ada arus ke motor timer nya dan itu biasanya di seri bersama heater, heater mungkin putus elemen nya silahkan dicek kembali dan semoga berhasil ya.

      Hapus
  62. Pak minta pencerahannya. Kulkas 1 pintu,jika saya colokkan MCB PLN langsung trip.katanya overload nya 2soket rusak, sedangkan 2soket disini tidak ada yg jual,yg ada 4soket kanan kiri, bisakah untuk mengganti nya? Bagaimana memasang Nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksud anda relay ptc ya ?
      relay 4 soket itu untuk kompresor yang memakai 2 kapasitor (starting dan running), kalau mau dipasang ke kompresor 1 kapasitor (running) 2 soket yg dipakai seperti yg aslinya asal 2 soket ini tidak tersambung ketika diukur menggunakan ohm meter.

      Hapus
  63. 4soket,2kanan dan 2 kiri,yg saya pakai yg sebeLah mana pak? Klau aslinya kan yg kanan(atas bawah). Memasangnya bagaimana? Dan kalau kebalik apa pengaruh nya? Mhn pencerahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai yg sebelah kanan, apakah yang aslinya rusak ?
      Hati" jangan terlalu memaksakan,pastikan dulu dengan memeriksa lebih teliti jangan sampai malah kompresor menjadi rusak.

      Hapus
  64. Matur nuwun saran nya pak,yang asli gosong plat didalamnya pak. Td dapat dr teman yg 2soket mirip aslinya tp lebih kecil bentuknya,stelah sy pasang relay itu. Kompresor nyaris gk ada bunyi,dan freezer dingin,tp Watt yg di kWh PLN 550watt selang beberapa detik,gak sampai 1mnit 15watt, begitu trus berulang. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya kompresornya belum normal running nya, pastikan hal lain selain relay dalam kondisi baik

      Hapus
  65. Pak ptc dan rlay sudah diganti ...kulkas mrk LG tapi kompresor panas dan otomatis mati tak jalan sehingga komoresor panas berlebih mohon pencerahannya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau overload dan ptc sudah baru namun tetap tidak mau hidup maka kemungkinan kompresor rusak atau ada hal lain yang tidak beres.

      Hapus
  66. Kalau usia kulkasnya 20thn pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dulu apakah sudah memakai relay jenis ptc atau current relay, lihat contohnya disini :
      https://bengkelmania.blogspot.com/2019/06/mengenal-3-jenis-relai-kulkas.html

      Hapus
  67. Pak,
    Overload 1/8HP, PTC P220MC ORT1305, apakah bisa digunakan pak?
    Setelah saya pasang ternyata kulkas masih tidak dingin. Kompresor tidak ada suara. Mohon bantuan penjelasannya.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. overload dan relay yang anda sebutkan itu adalah untuk kulkas 1 pintu, bila sudah diganti kulkasnya tidak hidup tentu mungkin ada hal lain yang jadi penyebab kulkas tidak mau dingin dan kompresor tidak hidup, ambil contoh bila termostat rusak maka tidak akan ada arus listrik ke kompresor, anda juga harus memeriksa kompresor kulkas nya barangkali gulungan nya rusak.

      Hapus
  68. Permisi pak, kulkas saya LG 1 pintu. Kemarin mati dan kompresor panas. Lalu saya ganti ptc dan overload. Alahamdulillah normal kembali. Tapi seteleh 3 hari kompresor panas lagi dan mati lagi. Mohon pencerahan pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah tegangan listrik dirumah anda stabil ?
      tegangan listrik yang naik-turun tidak baik untuk kulkas.
      Apakah suara kompresornya masih halus ?
      kalau suara kompresor sudah berisik dan ketika setelah mati akan susah hidup kembali karena kompresor terkadang macet ketika masih panas.

      Hapus
  69. Pak saya mau tanya kulkas saya 1 pintu merek Sharp kendala kompresor tidak mau bekerja .dan untuk rille nya sudah saya ganti kalu kita pancing dengan capasitor yg pas kira kira ukuran berapa ya pak .mohon penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kompresor kulkas 1 pintu macet cobalah pakai kapasitor 100uf itu saja sudah lebih dari cukup karena stand freezer pun sekarang ini biasanya hanya 40uf.

      Hapus
  70. Mau nanya
    Klok PTC berbau hangus gimana..?
    Trus hawa kulkas preser dan bawah itu hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. PTC nya di goyang-goyang dan kalau terdengar seperti suara ada pasir didalam nya berarti coin keramik nya hancur, itu harus diganti.
      Mungkin mesin kompresornya tidak hidup yang ada hubungannya dengan ptc rusak.

      Hapus
  71. pak.. mohon pencerahanya.. biasanYa starting pada kompresor kulkas LG d tandai dengan kabal warna ap ya.. karna sya ingin mencoba membantu starting. karna kompresor kulkas saya macet. trima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kasih tahu urutan terminal kompresornya saja ya,
      terminal atas adalah - C yang dihubungkan ke/untuk overload, biasanya kabel warna hitam atau coklat.
      termimal kanan adalah - R yang terhubung dengan relay biasanya warna putih, pin/konektor R ini dijumper beberapa saat ke konektor sebelah kiri untuk langkah starting nya.

      Hapus
  72. Kompresor kulkas sharp 2 pintu dilangsung arus listrik hidup tpi pas dipasang overlood sama relay g mau hidup kompresorx ganti overload sma relay g hidup juga apa solusix pak tolong bantuanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus pastikan dulu kalau overload dan relay nya tidak rusak.

      Hapus
  73. Frizer box bocor evaperator gimna
    ya cara mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. freezer box sansio atau gea lama yg pakai pipa evap besi biasanya berkarat, bobok panel dalamnya persis di area bocor (biasanya) di lilitan pertama / dekat kapiler dan ganti pipa tembaga itu bisa disambung dengan pipa besi aslinya dengan di las pakai kawat kuningan.

      Hapus
  74. Mau tanya Pak kulkas saya polytron 2 pintu,klo setiap dicolokin selang wkt 1 jam mcb meteran selalu ngejepret,sblm kejadian itu wkt normal bila kompresor mau nyala ada suara beletek dlu tp kulkas normal dingin,nah skrg slalu jepret,pertanyaan nya apakah overload yg hrs gnt atw ptc,terima kasih Pak salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nampaknya sudah dari awal kulkas anda tidak normal ketika mau hidup, anda bisa periksa tegangan listriknya dulu yaitu harus tetap 220V ketika kulkas anda hidupkan, kemudian untuk kulkas dengan kondisi sekarang mungkin salah satu dari komponen itu memang bermasalah, Relay maupun overload sebaiknya kita periksa satu per satu, bila hasil pemeriksaan anda kurang yakin maka anda bisa ganti 2 komponen tersebut, harganya relatif murah tetapi harus sesuai spesifikasinya, jangan ubah spesifikasi relay ptc maupun overloadnya kecuali bila kita sudah faham betul karakteristik dan efeknya.

      Hapus
  75. Malam pak, saya punya kulkas showcase, kompresor hidup normal tapi tdk dingin sama sekali, saya cek thermostat masih normal, problemnya dimana ya? Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun kompresor hidup tetapi ada hal lain mungkin jadi penyebabnya, diantaranya :
      - Ada kerusakan mekanis pada bagian dalam kompresor.
      - Ada kebocoran pada pipa kondensor atau evaporator sehingga freon nya habis.
      - dll.

      Hapus
  76. Mau tanya pak berapa ukuran ptc dan overload kulkas 1 pintu merk LG

    BalasHapus
  77. Relay ptc bisa gunakan p220/330 atau yg lainnya pun bisa yang penting posisi pin/konektor jangan berubah sedangkan untuk overload 4TM149 atau untuk 1/8hp.

    BalasHapus
  78. pak mau tanya untuk harga ptc relay berapa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga relay ptc relatif murah, di penjual off line maupun online harga yang ditawarkan selisihnya hampir tidak ada bedanya, kualitasnya pun hampir sama saja, mungkin hanya ongkos kirim, kemasan dan branding yang beda.

      Hapus
  79. Mas saya juga mau tanya Mas . ini kan saya ada mesin kompresor kulkas ya .
    Sebelumnya kompresornya itu kalo di colokkan ke listrik tapi listriknya njeglek/konslet , lalu mesinnya itu saya buka , dan ternyata spull nya gosong , dan saya gulung lagi , tapi kenapa kok cuma gereng doang kompresor nya nggk jalan ?
    Apa dari kapasitornya apa juga dari seriannya mas?

    Tolong seringannya nggh mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menjawab pertanyaan anda di kolom komentar tidak cukup ruangnya karena terlalu panjang, tidak bisa secara singkat, maaf mungkin nanti bisa saya buat dalam artikel saja.

      Hapus
  80. Cara memasang kabel ke overlod dan ptc bisa ditukar ya? Kasih penjelasannya, maaf baru kenal bongkar bongkar,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tertukar ya tidak masalah tetapi untuk kompresor panasonic ukuran kecil biasanya overloadnya ada didalam kompresor jadinya soketnya berbeda.

      Hapus
  81. Pak saya mau beli overload kulkas LG 1 pintu
    Kira-kira ukuran yang pas buat PH nya berapa ya? 1/8,1/4,1/5,1/6 atau berapa ya

    BalasHapus
  82. Pak, ptc 1 pin diganti yg 4 pin apakah bisa?
    Mohon pencerahan,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja bisa tetapi anda harus pastikan kalau kaki atas dan bawah nya saling terhubung karena kalau tidak maka harus di jumper.

      Hapus
    2. Terima kasih tanggapannya. Ptc nya sudah saya ganti pak, dan kompresor pun sudah nyala/ada getaran. Tapi sudah semalaman saya tunggu, kulkas hanya dingin sedikit. Kira2 apa ya masalahnya? Mohon pencerah pak,matur tengkyu🙏

      Hapus
    3. kalau kulkas 1 pintu, mungkin ada bocor jadi freonnya kurang dan kalau itu 2 pintu masih banyak kemungkinan lain, silahkan cari kesamaan masalahnya di pos lain.j

      Hapus
  83. Kulkas 1 pintu pak. Dibagian atas freezer ada sedikit es beku. Ruangan freezer jg cukup dingin. Tp bagian bawah kulkas kurang sekali dinginnya, padahal sudah saya putar ke temperatur max

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, 1 pintu
      - bila ada bocor, perbaiki yg bocor lalu isi freon lagi.
      - bila ada suara seperti gemericik air di freezer maka harus dikuras/flushing dan isi gas lagi.
      - bila karena kompresor lemah, coba tambah freon 10% lebih banyak. (tapi kalau kompresor jadi lebih berisik atau amper naik maka lebih baik diganti saja)

      Hapus
  84. Mau nanya.. kalo kulkas 1 pintu.. posisi baru mati otomatisnya tapi suhunya saya sudah naikkan, langsung bergetar kurang lebih 10detik lalu mati.. itu kenapa ya?
    Tolong bantuannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kulkas baru mati (off) mesin nya dan anda putar pengatur suhu ke arah lebih dingin berarti itu seakan ada perintah kepada mesin untuk hidup kembali tetapi karena belum cukup waktu istirahatnya maka mesin tidak akan bisa hidup, biarkan kulkas istirahat dulu sekurang-kurangnya 15 menit dan setelah itu biasanya akan normal kembali.

      Hapus
  85. Selamat siang pa rudi, saya mw nanyakan kulkas sanyo sr-14f, ptc dan overloadna rusak, utk overload sy tdk tahu brp hp-nya yg 4atm dgn nmr 158RHBYY -52 ABZ4K,utk ptc pin conector sblh kanan 1 bh dgn nmr T3XA,yg ingin sy tanyakn, berapa hp overloadny dan apakh boleh dipasang jka nmr serinya beda? Juga untuk ptc apakh boleh jika beda nmr seri? Terima kasih banyak pa rudi.

    BalasHapus
  86. - Overload nya 1/8
    - relay nya tidak begitu berpengaruh, yang penting konektornya jangan berubah.

    BalasHapus
  87. Maaf pa rudi ganggu lagi, sya mw nanya kalo overload kode 158 tidak ad boleh tidak di ganti dengan kode yg lain spt 104 atau 189? dan jika pin konektor overload beda letaknya boleh tidak? terima kasih sekali lagi pa rudi, sukses dan sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 104 terlalu kecil pak, ini rekomendasinya :
      142 (minimal)
      149
      158 (asal)
      166
      174
      181
      189 (maks)
      pin konektor pada overload tidak masalah jika beda dengan asalnya karena out nya tetap di tengah.

      Hapus
  88. Sukses selalu pak Rudi Halim....
    Saya ada kompresor bekas LG, SQ47LAEG. Terminal common dibawah. Saya bingung ptc nya kaki kiri/kanan, berapa pin. Overload ukuran berapa? (kasus gak ada ptc&overload)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ptc nya 330MC1 kalau dipasang di kompresornya akan ada disebelah kanan atas.
      overload nya 4TM166RFB atau max 1/8.
      Terimakasih, sukses juga.

      Hapus
  89. pak saya numpang tanya overload kulkas lg 2 pintu aslinya pin di kiri atau kanan ya? saya ada beli tetapi di kasih pin yg di tengah apakah bisa di pasang?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk posisi pin konektor overload tidak mempengaruhi fungsinya (sama saja) yg terpenting adalah nilai kapasitas atau nomor seri nya sama

      Hapus
  90. Kulkas saya tidak dingin, termostat udah diganti, overload dan ptc normal, cuman kompresor ga ada hangat gangat atau ga mau starting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong disebutkan juga kulkas model apa yang anda maksud (1 atau 2 pintu)
      kalau kulkas anda 1 pintu sepain yang anda sebutkan tadi maka harus diperiksa juga nilai resistansi gulungan kompresornya atau mungkin malah tidak ada resistansi alias putus didalam.
      jika kulkas nya 2 pintu maka ada tambahan alat lain yang harus anda periksa yaitu timer defrost nya.

      Hapus
  91. Mas,kukkas saya Panasonic 2 pintu.sy sdh ganti overload tp beda ukuran.yg aslinya 302 krn di toko ga ada sy ganti ukuran 258.Kompresor ga mau mati,frezer dingin tp bawah ga dingin.bgmn langkah selanjutnya?

    BalasHapus
  92. Maaf mau tanya pak ptc untuk kulkas aqua japan apakah sama dengan ptc kulkas merk lain ..saya mau beli di toko harus bawa contoh nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, boleh dari merk apa saja namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah dan posisi konektor nya.

      Hapus
  93. Dear pak Rudi,
    Saya butuh produk relay samsung 1 pintu type RA20FESS1/XSE. Hrgnya brp dan bs mnt tlg dikrmkan ke saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relay yang anda butuhkan banyak dijual di toko-toko online macam toped atau bulap, anda tinggal pilih sesuai kulkas anda (kulkas 1 pintu) atau "relay ptc 1/8". pastikan posisi pin untuk kabelnya sama.
      demikian,semoga membantu.

      Hapus
  94. Maaf pak rudi, dirumah ada kulkas polytron 1pintu setelah saya buka ptc 1 kaki kanan tidak nyambung, setelah dibuka isinya tidak pecah, yang saya ingin tahu pak. Kalau saya mau ganti ptc ukuranya berapa ya, sedangkan di nama plat hanya ada tulisan arus 0.75 amper. Terimakasih dan maaf mengangu

    BalasHapus
  95. Maaf pak rudi, saya mau tanya, kabel untuk ptc relay warna apa? Dan untukoverload warna apa? Soalnya saya lupa, di kulkas LG satu pintu ada 2 warna abu" sama putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lihat langsung dari kulkas yang sama bahwa kabel warna abu" terpasang pada relay dan warna putih pada overload tetapi kalaupun tertukar mestinya tidak masalah dan kompresor tetap hidup dengan normal.

      Hapus
    2. halo
      saya indra
      kulkas saya hidup terus tdk mau istirahat.
      sebelumnya diservis krn tdk beku di freezer nya. dan di ganti otomatisnya yg kabel kabel itu bentuknya. habis di servis dan diganti malah tdk mau mati kulkas saya. saluran pembuangan airnya malahan kering.... kulkas saya toshiba 2 pintu... itu apa masalahnya ya pak? apakah thermostatnya yg hrs digamti atau ap ya?
      kalau terus terusan hidup seperti itu apakah tidak mengapa? atau berbahaya?

      Hapus
    3. Ini salahsatu pertanyaan yang sering saya dapatkan, biar saya jelaskan secara singkat saja, karena baru diperbaiki maka kulkas no frost memang umumnya seperti itu, paling cepat sekira 1 hari untuk mengetahui kulkasnya normal kembali atau tidak, jadi saya sarankan tunggu hasilnya saja asalkan anda meminta bantuan kepada orang yang tepat (teknisi berpengalaman).

      Hapus
  96. Pak saya punya freezer bos daimitsu kalo saya colokan bunyi klik trus kompresor enggak mau jalan itu ap y pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kompresor freezer nya memang tidak mau start, bunyu klik berasal dari overload dan akan berulang terus seperti itu, coba anda cabut dulu listriknya dan biarkan beberapa menit sehingga kompresor menjadi dingin, setelah kompresor aman atau tidak panas silahkan periksa relay nya, pastikan relay tidak rusak (pecah ptc nya) dan jika memakai current relay periksa dan bersihkan kontaktornya.
      bila memungkinkan komponen yang rusak sebaiknya diganti baru dan setelah selesai proses servis nya silahkan dicoba,

      Hapus
  97. Assalamualaikum pak Rudi.. Saya mau tanya.. Saya beli kulkas bekas mereK Aqua tapi kompresor merek Panasonic.. Sudah 3hari lebih mati.. Saya cek kompresor mati, PTC panas, saya tes langsung pakai strum kompresor tetap tidak hidup.. Itu apanya ya pak.. Terima kasih banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Mungkin kompresornya macet atau relay nya rusak, periksa relay ptc nya pastikan koin ptc nya pecah dan kalau pecah diganti saja.
      sebelum mencoba dihidupkan kembali maka sebaiknya kompresor sudah tidak panas dan jika tetap tidak mau hidup maka bisa dicoba untuk menambahkan kapasitor starting untuk membantu mempermudah start kompresor nya.

      Hapus
  98. Mau tanya pak rudy kalau overlord 1/8 di pakai untuk kulkaa 2 pintu apa bisa?
    Kalau tidak kenapa ya pak

    BalasHapus
  99. Yth. Bp. Rudi Halim

    Kulkas saya adalah LG GN-M492YPC.
    2 Pintu (422L)
    Permasalahan:
    1. Kompressor bekerja kadang normal kadang tidak (mati total)/tdk bisa start lagi. Kalau bekerna normal lamanya berfariasi, kadang 1 hari kadang 2 hari bahkan sampai 5 hari. Selama ini, klu mati total, sy harus cabut dulu colokan ke listrik, dan colok lagi, tunggu bbrp detik kompressor bekerja lagi. Cuma hal ini tdk bisa dianggap sudah bagus, karena sewaktu waktu bisa mati total lagi. Kalau sudah begitu saya hrs cabut colok kabel sambungan ke listrik, supaya kompressor nyala dan melakukan proses pendinginan. Maaf...kalau dalam keadaan kompressor mati total, lampu lampu pada kulkas masih menyala.

    Sy pernah membiarkan mati total itu dengan tdk cabut colok kabel ke steker listrik selama 1 mlm, tetapi kompressor tdk hidup juga, bahkan isi kulkas mencair..

    Yang saya tanya...kerusakannya apa ya? Tmer, ptc, relay atau overload?

    Mohon saran....terimakasih sebelumnya.


    BalasHapus
  100. Assalamualaikum pak rudi. Saya mau tanya. Ptc relay kulkas sharp saya (kalau di labelnya merek murata 330MC1 - 1641 kaki 1 kanan) ternyata rusak krn ada bunyi keramik pecah di dalamnya. Nah utk menggantinya apa bisa pakai semia merek ptc relay atau harus spesifikasi yg sama? Apa bedanya ya Pak?

    BalasHapus
  101. malam pak
    saya punya kulkas Samsung 2 pintu mati,saya cek overloadnya jebol setelah saya ganti kipasnya berfungsi tapi kompresornya tidak bergetar,kemudian saya cek overloadnya sangat panas jadi apa penyebabya

    BalasHapus
  102. ptc sudah saya ganti tapi kulkas tetap tidak bisa dingin

    BalasHapus
  103. Izin tanya Pak Rudi
    Kulkas saya panasonic 229

    1: Kompresor selalu menyala tidak mau istirahat

    2: Lampu, ketika pintu di buka, menyala tp redup dan ketika di tutup , lampu malah menyala terus.

    3: kipas di freezer selalu menyala ketika pintu bawah tertutup.

    Kira2 problem di mana y pak ?
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. kemungkinan masalah ada pada termostat atau timer defrost.
      2 dan 3. kemungkinan switch lampu/fan motor bermasalah.
      periksa satu persatu dan ganti bila sudah diyakini kerusakannya.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.