(Ask) Kulkas Samsung ganti PTC Relay

Tanya :

Selamat pagi pak halim, mohon pencerahannya ya pak. Saya memiliki kulkas samsung 2 pintu model PCB. Awalnya bagian frizer tidak dingin, sehingga es yg beku menjadi cair. Setelah saya priksa bagian keramik PTC rellay pecah. Setelah saya ganti, namun kompresor hanya bergetar dan tidak berapa lama listrik anjlok dan overload panas hingga meleleh. Saya ganti juga bagian overload, tp kejadian tetap sama, hingga kompresor tidak ada getaran lg. Jika kasus spt kulkas yg saya alami, kemungkinan kerusakan pada bagian mana ya pak? Mengingat semua kelistrikan (lampu, kipas) normal. Apakah ada indikasi PCB nya rusak atau ada kemungkinan lain.. Terima kasih atas waktu yg bapak berikan untuk menjawab pertanyaan saya.

Zakira Mandiri

Jawab :

Kompresor kulkas Samsung CD130H L1Z2
Dari semua uraian yang telah anda sebutkan hanya hasil pemeriksaan pada winding/gulungan kompresor yang tidak disebutkan, saya menduga penyebab listrik anjlok/trip adalah dari gulungan motor kompresor yang terbakar, jika benar kompresor terbakar gulungannya artinya rusak dan harus diganti kompresor tersebut, pada beberapa contoh kasus yang saya alami kompresor rusak bisa dari beberapa sebab yang diantaranya adalah sbb :

 - PTC relay ada indikasi mau rusak tetapi karena tidak segera diganti menjadikan kompresor sering gagal start sehingga overheat, segera diganti bila ada indikasi pil keramik ptc nya sudah kotor dan retak.

- Overload protector, bila selalu gagal start maka overload sebagai pelindung kompresor dari arus dan panas berlebihan akan bekerja ekstra keras, saat overload rusak tidak dianjurkan untuk menggantinya dengan kapasitas lebih besar karena fungsi perlindungan terhadap kompresor akan berkurang dan tentu akan membuat kompresor makin mudah rusak.

- Tegangan listrik fluktuatif, ini akan membuat kerja hampir semua komponen bekerja lebih berat, bila sudah ada yang rusak maka kemungkinan masih ada lagi yang lainnya rusak juga atau bergantian rusaknya karena sudah kurang maksimal fungsi nya.

Saran saya pada kulkas anda, silahkan periksa dulu kompresor nya untuk memastikan bahwa kompresor rusak atau tidak, semoga jawaban saya membantu.

Artikel terkait :

- PTC Relay.

- Cara membaca kode Overload.

.

Komentar