Perbedaan PTC relay dengan Current relay

Tanya :

Pak mau tanya. Saya pengrajin AirBrush.. untuk urusan angin saya menggunakan kompresor bekas kulkas 2 pintu.. yg ingin sy tanyakan. Kalo kompresor sedang running lama trus saya matikan. Saya nyalakan lg tetapi tidak hidup. Sy pegang Overloadnya panas. Menjelang beberapa detik baru bisa hidup. Ketika tidak bisa hidup dan terhubung ke listrik Ampere sangat tinggi sekitar 3A.. buru2 sy cabut listriknya. Tetapi setelah bisa running ampere stabil di 0.6A.. apakah tinggi ampere itu bisa juga terjadi di kulkas sy. Kalo iya Berarti kulkas tidak boleh mati-hidup untuk menghindari tingginya Ampere..mohon penjelasanya

GG Gunawan




Current n ptc relay







Kompresor kulkas memang bisa digunakan seperti kompresor angin, kelebihan yang paling mencolok adalah dari suaranya yang hening, kelebihan lainnya yaitu tiupan angin nya yang kecil meskipun memiliki daya tekan (pressure) yang tinggi bisa lebih dari 500 psi, lebih tinggi dari tekanan kompresor angin biasa.
Bila kompresor kulkas digunakan untuk kompresor angin airbrush maka relay nya harus memakai Current relay karena tidak akan cocok bila menggunakan PTC relay, Current relay sanggup mengimbangi aktifitas kompresor yang stop and go dengan selisih waktu yang rapat, berbeda dengan ptc relay yang harus menunggu 3 - 5 menit untuk go kembali setelah stop dan akan lebih baik lagi jika menambahkan starting capacitor sebagai penambah torsi bagi kompresor saat start. karena pada saat itu dibutuhkan cadangan arus yang besarannya bisa sampai 3 kali lipat dari arus running.
Mengenai kulkas tidak perlu anda cemaskan karena tentu berbeda dengan kasus diatas, interval mati dan hidupnya kulkas tidak seperti kompresor angin tentunya.

Artikel terkait :

- PTC Relay

- Mengenal 3 jenis relai kulkas

Komentar

  1. Pak saya punya kompresor kulkas samsung CD130H-L1Z2 itu ukuran berapa pk ???
    Klo saya gunakan untuk kompresor angin kok klo pakai ptc sma overload malah gak bisa langsung star yaa pak.
    Dan ukuran kapasitornya berpa pak

    BalasHapus
  2. CD130H-L1Z2 masuk ke 1/10 (73 watt).
    Kalau pake PTC harus tunggu sampai dingin dulu PTC nya (5 menitan), dan kalau mau pakai starting capacitor 25-40uf cukuplah.

    BalasHapus
  3. Saya punya kulkas 1 pintu kalau di isi freon 10menit macet tekanan pada manivol tingi.apakah selang kapiler saya buntu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin analisa anda sendiri itu benar, kebuntuannya bisa karena kotoran/partikel debu sisa las atau ada kandungan air yang tinggi, usahakan untuk selalu mengganti filter dryer yang baik (sesuai aslinya) bila mau isi ulang freon serta cara-cara lain yang sesuai prosedur yang benar.

      Hapus
  4. ada contoh foto / skema pemasangan current relay beserta starting kapasitornya gak pak ?? saya juga mengalami permasalahan yang sama. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasannya cukup panjang, silahkan simak di artikel ini :
      https://bengkelmania.blogspot.com/2021/04/cara-setting-relay-plus-kapasitor.html

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.