Kulkas Mini

Kulkas mini portable atau kulkas ukuran kecil dengan volume isi kurang dari 100 liter, daya listrik rendah biasanya hanya 45 watt saja karena menggunakan kompresor berkapasitas 1/16pk dan kebanyakan tidak dilengkapi lampu penerangan di dalam nya.

Kulkas mini, alibaba.

Ini saya ada pertanyaan dari pembaca perihal kulkas mini, buat saudara Jack Andrew  silahkan disimak pertanyaan anda sesuai di kolom komentar dan jawaban saya : 
 Pak Rudi, saya punya kulkas mini Toshiba lama sudah cukup lama dari 2013, berjalan dengan sangat normal, dingin, bagus dan ga pernah ada masalah. Namun kemarin saya iseng iseng saja utak atik pengatur suhu ke 1 kemudian lebih lanjut lagi ke tulisan off. Ketika memutar ke tulisan off itu terdengar suara kurleb klik kemudian kulkas mati. Masalahnya adalah saya putar lagi ke angka 1, 2, 3 dan seterusnya tetap ga mau nyala. Apa yang terjadi dan bagaimana solusinya, terimakasih sudah mau membaca dan membalas pertanyaan saya...

Kulkas itu khususnya bagian kompresor berbeda dengan alat listrik lain yang ketika sengaja atau tidak sengaja dimatikan bisa langsung hidup lagi ketika kita kehendaki, alat ini memerlukan jeda beberapa menit untuk kembali berfungsi, alasan nya karena ada bagian (pipa) bertekanan tinggi pada sistem sirkulasi zat pendinginnya yang di dorong oleh kompresor ini membutuhkan waktu supaya zat (freon) pendingin bertekanan tinggi  ini turun sedikit demi sedikit, tidak harus menunggu sampai menjadi seimbang dulu tapi sekurang-kurang nya 5 menit itu mutlak diperlukan, di sisi lain relay ptc sebagai alat starting juga butuh waktu untuk menjadi dingin, relay jenis ini tidak akan berfungsi semestinya ketika masih panas.
Demikian penjelasan saya semoga ada manfaat dan semoga kulkas mini anda baik-baik saja, salam.

Komentar