Error Kulkas LG


 

Salam untuk semua pembaca yang budiman dimanapun anda berada, alhamdulillah saya mendapat "DM" dari salah seorang pembaca dan rupanya beliau juga berkomentar langsung di kolom komentar pada artikel Kompresor Inverter Kulkas, berikut kutipannya :

Saat ini saya sedang memperbaiki kulkas LG Inverter 2 pintu (2015). Problem awal muncul error led kedip 6X pada modul. Setelah saya cek dan pastikan ternyata lilitan kompresor hangus. Berhubung tidak ada budget untuk beli kompresor baru, saya ganti lilitan spul dengan email baru sesuai spesifikasi bawaannya (kecuali yang asalnya bahan aluminum menjadi tembaga).

Permasalahan saat ini

1). Saat kompresor difungsikan vacum, awal hidup arus terukur 0.26A, lalu saat vacum mencapai -20psi, perlahan arus naik hingga 1A lalu kompresor mati Dan muncul lagi kode error kedip 6X.

2). Saat kompresor tanpa beban, awal hidup arus terukur 0.25A, setelah running 1atau2 menit rpm kompresor naik yang diikuti arus terbaca hingga 1A lalu kompresor mati dan muncul error yang sama.

-Apakah pada modul memang disetting protect saat arus pada kompresor melebihi 1A?

-Bisakah batasan arus ini diubah?

-Atau bagian control pada modul yang bermasalah? Apa bisa diperbaiki?

Mohon bimbingannya, langkah apalagi yang harus saya lakukan untuk memperbaiki kulkas ini?

(semoga bukan mengganti modul dan kompresor.. hehee)

Terima kasih

Demikian kutipannya dan berikut ini tanggapan saya :
Mengenai sinyal kedipan pada modul inverter rata" pada kulkas LG dengan jumlah kedipan 6x ditulis menunjukan kerusakan berada pada fan motor dan hal lain yang berhubungan dengannya tetapi masih banyak hal lain juga menghasilkan jumlah kedipan yang sama seperti pintu yang tidak menutup dengan benar, tekanan atau volume freon kurang (bocor) dll. lalu terkait dengan kerusakan kompresor yang juga error 6x kedipan itu karena termist tidak mendapatkan perubahan suhu yang signifikan pada rentang waktu tertentu.
Mengenai lilit/gulung ulang kompresor yang harus diperhatikan adalah resistansi atau nilai tahanan gulungan kawat nya, usahakan sedekat mungkin nilai nya dengan gulungan aslinya, saya lebih sering menggunakan diameter kawat yang lebih kecil dari standarnya, contoh misalnya dari kawat 1mm maka akan saya gunakan ukuran 0,95 - 0,90, kenapa demikian ... itu untuk mendapatkan gulungan yang lebih sedikit tetapi resistansi nya lebih mendekati aslinya dan tentunya nanti arus/ampere nya juga tidak akan tinggi dan tidak cepat panas.
Untuk cek modul pada kulkas LG biasa atau kelas low end kita cukup lepaskan soket yang menuju kompresor lalu pasang colokan kulkas sambil perhatikan led nya, modul yang normal tidak akan berkedip setelah beberapa saat dihidupkan.

Demikian yang bisa saya terangkan dan semoga jadi solusi untuk pertanyaan lain nya, Insya Allah mungkin akan saya singgung pada tulisan artikel selanjutnya.

Komentar

  1. Banyak2 terima kasih untuk penjelasannya, Master.
    Penjelasannya mengenai error LED kedip 6X pada modul kulkas LG telah memberi pengetahuan baru. Selama ini saya hanya tahu sebatas arus lebih pada kompresor.
    Jika modul tidak terhubung ke kompresor maka tidak ada muncul kode error samasekali. Tegangan terukur pada soket kompresor 180-190 volt sama pada tiap pin nya.
    Saat ini fokus saya ke kapiler Karena saat saat saya lepas filter banyak2 bubuk hitam seperti karbon didalamnya, mungkin Karena lilitan yang terbakar. Saya mau coba pakai thawzone buat bersihkan kapiler.

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.