Cara memeriksa kulkas Samsung


kulkas samsung ngeblok
 
Kulkas Samsung inverter 2 pintu milik costumer kami bermasalah dengan keluhan kurang dingin pada bagian freezer (tidak beku), katanya kulkas ini pernah ganti papan sirkuit atau modulnya dan nambah freon juga namun tidak bertahan lama dan kini kembali dengan masalah yang sama.

Buat anda yang mungkin belum tahu cara memeriksa kulkas samsung inverter paling mudah yaitu dengan cara memegang dinding bodi luarnya, bila terasa hangat dan cenderung panas lalu turun kembali dalam beberapa jam kemudian itu tandanya masalah bukan pada Freon atau sistem refrigerasinya tetapi belum tentu juga papan sirkuit (PCB) rusak ya... oke seperti itu.
Apakah sekarang anda faham ? dengan cara termudah mengetahui kondisi kulkas terkait freonnya ?, sekarang tonton video dulu yang saya buat mengenai kedipan led sebanyak 11x pada main pcb berikut ini :


untuk melihat kode error pada modul pcb maka bisa anda lihat di bagian belalang, Karena ini adalah kulkas inverter maka hal pertama yang diperiksa adalah papan sirkuit, setelah penutup terbuka sambil kulkasnya tetap terhubung ke listrik (dihidupkan) nampak dalan video kami yang disertakan bahwa LED pada papan sirkuit atau modul utama berkedip, led berkedip sebanyak 11 kali yang menurut catatan kami itu artinya ada masalah dengan fan motor di freezer, sedangkan modul ke 2 (inverter) terus menyala atau tidak berkedip yang artinya itu normal. jadi artinya kita baru mendapat pesan dari kulkasnya itu sendiri kalau kipas seakan tidak berfungsi. Lanjutkan pemeriksaan  ke bagian dalam freezer, nampak freezer dijejali bahan makanan yang hampir tidak ada celah untuk udara bersirkulasi, nah ini masalah tidak boleh seperti itu, harus ada space yang cukup supaya udara dingin bisa bersirkulasi dengan lancar, biarkan udara mengalir tanpa hambatan, lihat gambar dibawah :

Freezer samsung
lubang-lubang yang dilingkari warna merah adalah udara yang keluar setelah melewati evaporator, sedangkan yang dilingkari warna biru adalah jalan masuk udara kembali ke evaporator, itu semua jangan sampai tertutup apapun.


Komentar