Cara menjaga kulkas tetap efisien

Sepanjang waktu kulkas kita bekerja menjaga minuman dan makanan kita tetap dingin dan aman untuk dimakan tetapi kita hampir tidak pernah memikirkan bagaimana cara supaya kulkas selalu berada pada kondisi prima, bagaimana cara menjaga kulkas tetap efisien dalam hal penggunaan energi listrik dan bagaimana cara supaya kulkas kita tidak cepat rusak, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa tips mudah berdasarkan pengetahuan saya sebagai teknisi yang menangani kerusakan kulkas dan mencoba untuk membantu anda dengan cara sharing pengalaman pribadi berikut ini.




salah satu posisi penempatan kulkas yang ideal.
1. Bila dapur anda sempit dan minim sirkulasi udara maka sebaiknya jangan menyimpan kulkas termasuk didalam nya (dapur), karena bodi kulkas harus bisa melepas panas dengan segera untuk menjaga bagian dalam nya tetap dingin dan menjaga suhu nya tetap stabil tetapi bila memang tidak memungkinkan maka setidaknya tempatkan dekat dengan pintu masuk atau jendela dan sejauh mungkin dengan alat-alat penghasil panas tinggi seperti kompor misalnya karena selain membuat kerja kulkas semakin berat, juga sangat berbahaya.

2. Jangan biarkan kulkas hidup dengan minim isinya, isilah kulkas setidaknya 60% - 70% dari kapasitas/daya tampung nya, hal ini akan membuat kompresor cepat mati (istirahat) tetapi cepat hidup kembali dan itu menjadikan konsumsi listrik yang boros, kulkas akan lebih irit listrik hanya bila hidup  lebih lama untuk membuat isinya lebih dingin sempurna tetapi itu akan membuat mati (istirahat) jauh lebih lama.

3. Bersihkan bagian dalam maupun luar kulkas dengan lap yang lembut dan pakai sabun yang tidak merusak permukaan kulkas seperti sabun cuci piring untuk mencegah kotoran semakin sulit dibersihkan, semakin sering dibersihkan maka akan semakin baik.

4. Setel pengaturan suhu pada posisi tengah / wajar, jangan terlalu rendah tetapi jangan terlalu tinggi juga, bila kulkas dilengkapi penunjuk suhu digital maka setel pengaturan pada 3 derajat selsius untuk kulkas dan -18 derajat selsius untuk freezernya.

.

Komentar