Cara supaya kulkas gampang start


 
kompresor kulkas

Pada minggu yang lalu saya menulis artikel dengan judul kulkas susah start bunyi tik-tok melulu, disitu saya terangkan apa sumber bunyinya, sekarang saya sharing Cara Supaya Kulkas Gampang Start ini maksudnya untuk menekan biaya beban listrik karena pada saat pertama kulkas mau hidup kembali setelah otomatis istirahat sehingga diharapkan juga kulkas tidak ada lagi bunyi-bunyi yang mengganggu dan yang lebih penting adalah tagihan bulanan atau token listrik menjadi irit karena dipakai secara efisien dan tidak membuang-buang energi untuk starting yang sering gagal.
Bagi anda yang belum tahu dimana letak overload dan relay kompresor kulkas silahkan lihat pada gambar pertama, sambil saya terangkan juga maksud dari cara supaya kulkas gampang start ini adalah dengan cara menambahkan kapasitor starting pada sistem yang sudah ada, pada gambar itu kebetulan kulkas sudah dilengkapi kapasitor running yang berfungsi memberikan energi tambahan pada motor kompresor melalui lilitan kawat sekunder sedangkan penambahan kapasitor starting adalah untuk meningkatkan torsi saat kompresor start sehingga cepat berputar menuju putaran yang ditentukan, dengan torsi yang besar maka diharapkan tidak ada lagi persoalan gagal start atau susah hidup pada kulkas.

ptc relay
Untuk aplikasikan kapasitor starting ini selain kita perlukan kapasitornya itu sendiri maka diperlukan juga starting relay 3 atau 4 kaki (ptc relay tipe MB) untuk menggantikan relay lama yang 2 kaki (ptc relay tipe MD), harga ptc relay ini yang saya beli di toko spare part kulkas seharga Rp.30.000,-, sedangkan kapasitor starting nya kalau untuk kulkas 1 pintu cukup 15 mfd atau lebih, silahkan simak cara pemasangan nya pada gambar ke 3.

kapasitor
Pada gambar ke 3 bisa dilihat setelah relay diganti dan kapasitor disambung memakai kabel warna kuning ke kaki paling kanan-atas dan kaki kanan-bawah, polaritas tidak masalah karena kapasitor starting ini non-polar (kapasitor arus AC) begitu juga pemasangan ke kaki relay nya bebas dipasang di kaki atas maupun bawah.

Langkah akhir, kulkas bisa di tes dan bila anda hendak meniru cara ini sebaiknya selalu perhatikan faktor keselamatan anda karena ini sangat berbahaya bila belum terbiasa melakukan pekerjaan seperti ini namun bila skill anda cukup dan bisa melakukannya sendiri, semoga hasil karya anda sukses. 

Komentar

  1. maksimal besaran kapasitor starting nya brpa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat kulkas 1 pintu cukup 50uf 240V saja ya mas.

      Hapus
  2. Kapasitornya bisa dipasang permanen terus atau hanya untuk starting mas.? terus ukuran kapasitor yg paling bagus kalau mau dipasang terus itu berapa mikro..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapasitor starting untuk kulkas 1 pintu antara 15 - 30mf sudah cukup dan dipasang permanen.

      Hapus
  3. Kulkas 2 pintu 1/6pk kasih starting kapasitor yg berapa mf ya??

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.