Service kulkas Sharp SJ-F231S-BKK

Artikel ini hanya sebagai rujukan atau referensi bagi pembaca yang ternyata banyak juga dari profesi teknisi kulkas pemula bahkan mungkin profesional, penulis hanya bermaksud sharing saja, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Sharp SJ-F231S-BKK
Service kulkas Sharp SJ-F231S-BKK kali ini dengan keluhan costumer :
"Kulkas bagian atas (freezer) dingin/beku tapi bagian bawah lampu menyala tapi tidak dingin".
di name plate tercetak tulisan bahwa kulkas ini berdaya 95 watt, Arus 0.74 amper dan mengunakan refrigeran/freon HFC 134-a, kembarannya yaitu SJ-F201S-RD, SJ-F201C-HD, SJ-F231S-RD dan SJ-F231C-HD.
cara eksekusi pertama membuka penutup evaporator harus hati-hati sebab pastinya lengket ke styrofoam dan evaporator karena beku, siapkan air panas untuk mempermudah proses dan tidak lupa tadi mencabut dulu steker dari stop kontak listrik supaya aman sehingga terhindar dari bahaya siapa tahu tersengat listrik.



Ruang Freezer
Proses bongkaran selesai, lanjut periksa komponen-komponen dengan seksama seperti : 
- Kompresor (ukur arus saat hidup).
- OLP (overload protector).
- PTC relay.
- Fan motor.
- Thermo Defrost (ada yang menyebut juga fuse dingin).
- Thermal Fuse (fuse panas).
- Glass Heater.
- Defrost Timer (TMDF 603FD2)
- Dll.

Dari hasil pemeriksaan semua komponen diatas hanya thermodefrost yang kena penggantian, alasannya seperti biasa ,,, sudah masuk air ke dalam isolator nya, hanya itu kerusakannya ? ... tidak, itu bukan satu-satunya masalah ... ini masalah kecil namun sering luput dari pemeriksaan, karet pintu sudah tidak fleksibel, tidak rapet atau ada celah di satu sudut, ini akan membuat udara dari luar masuk terus menerus, akibatnya dingin kulkas berkurang, ke evaporator cepat tebal bunga esnya, sialnya malah kadang ada yang menganggap ini bukan masalah, sekarang jangan sampai dianggap remeh lagi, pelanggan tidak suka pekerjaan diulang-ulang (meskipun garansi servis) karena terkadang dianggapnya kita amatiran, lakukanlah perbaikan ala profesional, sehingga kita memberikan "Total Service" pada costumer kita, demikian apa yang bisa saya sampaikan malam ini, semoga anda dilancarkan rezekinya. Aamiin.


Komentar