Mesin pengering Whirlpool

Halo pembaca yang budiman, kali ini saya sharing tentang perbaikan mesin pengering pakaian atau dryer produksi whirlpool, model ini lumayan banyak digunakan oleh pengusaha jasa pencucian pakaian atau laundry karena dengan menggunakan bahan bakar gas menjadikan biaya operasional nya murah namun karena ini konon produk amerika yang biasanya saat ada komponen rusak itu sulit mencari suku cadang nya.
Yang saya bahas disini bagaimana awal mencari permasalahan atau penyebab kerusakannya karena ketika dinyalakan drum nya berputar normal seperti biasa namun udara yang bertiup dari arah corong udara nya tidak terasa panas, saya kira api nya pasti tidak menyala dari burner sehingga pakaian pun tidak bisa kering. 



Terus terang ini memang dryer pertama dari model ini yang saya tangani sehingga butuh waktu lebih lama karena harus mencari tahu cara kerjanya dulu yang tidak seperti produk-produk asal jepang, alhasil saya temukan bahwa problem nya adalah api tidak mau menyala dan penyebabnya adalah tidak adanya pemantik api untuk menyalakan api utamanya tetapi oleh semacam alat yang fungsinya kurang lebih sama dengan glow plug pada mesin diesel untuk memanaskan solar agar lebih mudah dibakar.

Dari hasil mencari diagram bawaan mesin yang sudah tidak ada lagi namun bisa saya dapatkan melalui mesin pencari bahwa alat yang bawaannya rusak dan dinamakan igniter ini ternyata sudah banyak ditawarkan di toped maupun di pelapak lain dengan kisaran harga Rp.300 ribuan tetapi karena owner punya mesin lain yang sudah tidak dipakai lagi maka alat yang diperlukan pun mencopot dari situ dan berfungsi sebagaimana mestinya setelah di aplikasikan.

Demikian yang bisa saya sampaikan kurangnya saya mohon maaf dan kalau ada lebihnya semoga bermanfaat bagi kita semua.




Komentar