Kedip-kedip (error code) kulkas Samsung (bagian-2)

PCB Module Samsung
 Setelah sehari sebelumnya sudah saya post kan Kedip-kedip (error code) kulkas Samsung (bagian-1) maka sesuai janji inilah rangkuman kode error yang muncul atau ditunjukan oleh kedipan nyala led di modul pengontrol kompresor, posisi modul sesuai gambar adalah sebelah kiri dan jika anda ingin melihat contoh blinking (kedip-kedip) nya boleh dilihat video nya pada post sebelumnya atau di youtube.

Deskripsi diagnosa akan muncul ketika error terjadi dan pada saat itu kompresor akan segera berhenti walau ada perintah dari dari main pcb apabila kita coba mengulangi operasi setelah kulkas terlebih dulu dimatikan, bila anda mencabut steker kulkas dari stop kontak maka itu secara tidak langsung anda melakukan reset program tetapi itu akan efektif bila langkah ini dilakukan sekurang-kurang nya 30 detik namun reset saja mungkin tidak akan mengubah kondisi bila pcb nya rusak.

Bila anda melihat led menyala tanpa kedip itu artinya normal dan bila berkedip itulah tanda bahwa kulkas sedang "sakit", silahkan simak list jumlah kedip nya dibawah ini :

1 (satu) kali kedip artinya kompresor gagal start.

2 (dua) kali kedip artinya ada masalah pada IC IPM (Intelligent Power Modules).

3 (tiga) kali kedip artinya kondisi kabel, soket, solderan komponen di pcb yang mengakibatkan arus ke kompresor tidak kuat dan stabil.

4 (empat) kali kedip artinya kompresor berputar dibawah 1000 rpm atau macet.

5 (lima) kali kedip artinya tegangan listrik yang kelewat rendah (106-100V).

6 (enam) kali kedip artinya over voltage, tegangan input yang melampaui 310V.

Demikian informasi ini saya sampaikan semoga bermanfaat buat anda, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan.

Komentar

  1. Mau tanya bos kulkad inverter samsung 2 pintu..komprsor gk mau hidup..blip di pcb inverter..3x..di main pcb..10 x blip..mohon info..bos

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.