Kulkas Ariston 450NF tidak dingin.



Bila anda akan memperbaiki kulkas yang rusak maka sebaiknya isi didalam kulkas dikeluarkan dan tanyakan pada serviceman anda apakah perlu dimatikan kulkasnya atau tidak, bila kulkas ngeblok biasanya akan memerlukan waktu yang lumayan lama untuk proses pembukaan panel-panel kulkasnya karena lengket oleh es yang biasanya terjadi di bagian freezer, teknisi akan meminta air panas juga untuk mencairkan es, air panas paling efektif dan cepat untuk hal ini, tidak perlu khawatir karena biasanya teknisi sudah faham menangani hal seperti itu.
Untuk soal kulkas Ariston 450NF ini pemilik mengeluh kulkas mengeluarkan bau tidak sedap, terkadang freezer tidak beku dan kulkas tidak dingin sehingga makanan  menjadi tidak tahan lama disimpan, pengaturan sudah disetel maksimal tetapi tetap tidak ada perubahan.

Dari hasil pemeriksaan pada area kompresor ditemukan bahwa starting device (relay ptc) kulkas ini rusak, setelah relay dibongkar kepingan coin ptc nya hancur, ini membuat kompresor tidak bisa starting, bila masih belum parah terkadang kompresor masih bisa hidup, ptc relay rusak itu biasa dan sangat umum terjadi, bongkar pasangnya mudah, bisa dilakukan sendiri bila niat dan kalau mau beli saya kira tidak sulit karena toko-toko listrikpun sudah menjualnya, harga relatif murah yang terpenting bawa contohnya supaya tidak sulit menjelaskan dan penjual pun mudah mengerti


Kembali ke kulkas, hal lainnya terlihat kondensor sangat kotor penuh dengan debu, ini akan berakibat proses pendinginan lebih lama dan mesin panas berlebihan, agar kulkas tetap dingin maksimal debu dan kotoran yang nyangkut wajib dibersihkan, demikian sharing untuk kali ini, semoga bermanfaat, Salam.

Komentar

  1. Pak rudi saya mohon bantuannya perihal mesin cuci samsung front loading.. Ada 3 kabel yg dimakan tikus yg sptnya thubung dgn tombol pengaturan jenis pencucian.. Yaitu warna hijau kuning n orange... Dr sebongkah kabel warrna warni yg panjang thubung dgn tabung mesin
    Cuci. Akibatnya mesin cuci eror dgn kode 1E..

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.