Cara memperbaiki showcase Sansio

Suatu hari kami mendapat order untuk memperbaiki showcase sansio jadul, kulkas ini umumnya dipakai untuk memajang minuman dingin atau buah di warung atau toko tapi pastinya kurang cocok untuk produk makanan beku, es krim atau yang lainnya karena kemampuannya yang hanya mampu menurunkan suhu sampai k/l -5 derajat selsius saja, sekarang kami bagi pengalaman kami kepada anda, bagaimana cara memperbaiki showcase Sansio ini dari proses pemeriksaan kompresor, pengatur suhu, kondensor, kabel-kabel, bersih-bersih dan lainnya dari awal sampai akhir, semoga saja lebih banyak manfaatnya dan lebih berguna bagi banyak orang.






Kompresor

Langkah pemeriksaan pertama yaitu tertuju pada kondisi kompresor, kulkas dengan kapasitas besar ini memakai kompresor 2/3 hp produk Danfoss dengan tipe SC18G,  dari hasil pemeriksaan kondisi nya ternyata barang masih bagus, saat coba di hidupkan suara mesinnya masih cukup halus begitu juga ketika oli nya dikuras masih nampak bening tetapi supaya bisa kembali maksimal maka kami ganti saja dengan oli baru.

Kondensor

Tipe kondensor kulkas ini terbuka atau open air yang ditempatkan dibawah berdekatan dengan kompresor jadi untuk membuang panas pada kondensor nya dilengkapi kipas listrik, sirip-sirip kondensor yang sudah kotor oleh debu dan kotoran lain ini dibersihkan seperti mencuci AC dengan air yang disemprot menggunakan pompa steam sampai bersih supaya nanti panas dari freon bertekanan tinggi yang melewatinya didalam lebih cepat dingin.




Evaporator

Untuk evaporator nya , terpantau ada oli kompresor yang terjebak di dalamnya sehingga harus dibersihkan (flushing) dengan mendorongnya keluar menggunakan gas nitrogen, buat anda ini saya ingatkan kalau mau praktek cara flushing evaporator dan kondensornya sekaligus hendaknya jangan berbarengan bersama kompresor karena kotoran dari keduanoya akan terjebak di dalam kompresor dan itu juga beresiko merusaknya.

Pengisian Freon

Sebelum pengisian ulang freon maka hal-hal mendasar seperti mengelas setiap sambungan antar komponen harus dilakukan dengan teliti dan rapi supaya tidak terjadi kebocoran, ganti filter dryer, vakum dan setelah semuanya fix baru di isi freon. secukupnya.



Komentar

  1. Salam kenal mas, tolang mas kasi tau bagaimana caranya Flusing, apakah utk kapiler yang mampet bisa di flusing?

    BalasHapus
  2. Lemari pendingin saya gak ada listriknya , penyebabnya apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang anda maksudkan adalah satuan daya listrik yang tidak mengalir ke kulkas nya atau "listrik" penerang di dalam kulkas nya ?

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.