Dispenser Sharp SWD-72EH-WH mati total

Buat anda pemilik atau rekan teknisi yang akan menangani Dispenser Sharp SWD-72EH-WH ini saya sharing salahsatu contoh soal perbaikan dispenser model yang satu ini.
Contoh unit yang sudah kita perbaiki ini sebelumnya kondisi mati dan langkah-langkah perbaikan yang saya posting dibuat mudah dimengerti karena yang baca belum tentu sudah faham sebelum saya terangkan.
Langkah pertama adalah memeriksa kabel input, jika unit disimpan di dapur dengan kondisi kurang terawat bisa saja kabelnya putus disebabkan oleh tikus atau sikring / fuse nya putus. karena kedua hal diatas kondisinya oke maka pemeriksaan dilanjutkan ke bagian lain.


Langkah kedua adalah membuka dulu penutup belakang dispenser untuk melihat bagian kontrol dari unit ini.
Setelah terbuka disitu bisa kita lihat ada sebuah Trafo dan Papan Kontrol disebelah kanannya, dan karena ada trafo nya maka sebelum memeriksa yang lain sebaiknya kita periksa dulu trafo tersebut dengan cara memasang colokan/steker unit ke jala-jala listrik, untuk langkah ini kita harus hati-hati karena bisa saja kita tersengat listrik, ukur 2 kabel warna merah sebagai input ke bagian primer trafo dari terminalnya dengan multitester/avometer dengan skala AC 500V jika ada tegangan 220V di kedua kabel ini berarti arus listrik sudah masuk ke trafo dan setelah itu baru mengukur kabel warna kuning sebagai outputnya yang digunakan sebagai catu daya untuk keperluan papan kontrol, kedua kabel ini mensupply tegangan maksimal 15V AC namun ternyata tidak ada tegangan keluar dari kabel ini dan oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan khusus untuk trafo ini.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata trafo di unit ini menggunakan Thermofuse sebagai pengaman tambahan, biasanya untuk menghindari unit terbakar bila terjadi suhu yang kelewat batas, ganti komponen dengan spesifikasi yang sama lalu setelah selesai tes kembali seperti cara sebelumnya dan setelah hasil nya positif barulah semua di kembalikan seperti semula untuk dilakukan pengetesan unit secara menyeluruh.
Hasil nya untuk unit dispenser ini kembali bisa digunakan sebagaimana mestinya dengan kesimpulan bahwa unit mati karena tidak ada catu daya untuk mengaktifkan papan kontrol yang mengatur semua keperluan pengontrolan baik untuk air minum dingin maupun air minum panas nya, demikian post kami kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

- Klik "Load More...." diatas untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel dan bukan spam.