Tombol Pencairan Bunga Es

Tombol pencair bunga es kulkas Sharp

Tidak bisa saya pungkiri kalau komentar dan pertanyaan dari pembaca yang mereka ajukan pada setiap tulisan di blog ini bisa menjadi sebuah ide bagi saya untuk membuat artikel terbaru, contohnya artikel Tombol Pencairan Bunga Es ini juga dibuat berdasarkan sebuah pertayaan.



Nah buat anda pengunjung blog Bengkelmania yang ingin bertanya tentang permasalahan baik pada mesin cuci maupun kulkas nya saya persilahkan tentu akan saya jawab dengan senang hati walau sering terlambat, berikut ini jawaban untuk anda yang bertanya soal bagaimana cara mencairkan bunga es yang tebal di freezer kulkas. ini tentu cara untuk mencairkan bunga es yang aman sebelum mengambil es batu yang susah diambil dan saking parahnya es menempel di evaporator freezer, baiklah selamat menyimak, ini caranya :

Tombol atau knop pengatur suhu kulkas Sharp 1 pintu anda terletak di sebelah kanan pintu freezer, tekan pada tombol bagian tengah Termostat seperti ditunjuk panah merah pada gambar diatas, menekannya tentu tidak selembut tuts komputer atau ponsel dong ya ....  ini agak sedikit keras dan harus dalam, langkah ini hanya akan berhasil jika memang kulkas anda sudah sangat tebal bunga es nya, jadi kalau masih tipis atau es hanya menggumpal di bagian tertentu saja mungkin cara ini tidak akan berhasil tetapi bila tombol defrost itu berhasil ditekan tanpa balik lagi maka kompresor akan mati dan proses es mencair berlangsung sedikit demi sedikit, biasanya hanya dalam beberapa menit es mencair tetapi bisa juga terjadi berjam-jam karena ini tergantung dari seberapa tebal bunga es nya, nantinya tombol termostat yang sudah "tenggelam" tadi akan kembali keposisi semula (nongol) secara otomatis setelah bunga es mencair tanpa harus anda tarik sendiri karena memang tombolnya itu pada beberapa model kulkas tidak bisa ditarik manual.  

Coba juga cara ini, dijamin es mencair lebih cepat :
Biarkan pintu kulkas terbuka dan pindahkan semua isi kulkas ke tempat lain.

Komentar

  1. thnks for information... akan saya coba besok,,kebetulan baru saja saya bersihkan bunga esnya,,,tapi dengan cara mematikan si kulkas,, ribet banget,,,

    BalasHapus
  2. Kalau udah diaktifkan tombol pencair otomatisnya. Apakah bisa dinonaktifkan kembali tanpa menunggu semua bunga esnya lumer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tombol akan kembali seperti semula setelah bunga es mencair tetapi jika dirasa sudah cukup tinggal anda tarik tombol yang dimaksudkan itu.

      Hapus
    2. Tidak pada semua kulkas bisa termasuk untuk yang saya contohkan di foto atas.

      Hapus
    3. Tombol nya sudah di tekan tetapi tombol nya tidak kembali lagi semula,,sudah beberapa kali di tekan tetep tidak bisa kembali,,gimna gan caranya supaya tombol nya kembali lagi?

      Hapus
    4. Menekan tombolnya apakah saat kulkas sedang hidup atau mati, ? kemaren sya matikan lalu baru tekan tombolnya...apakah itu bermasalah

      Hapus
    5. Apakah kulkas bisa otomatis mencair? Atau kilometer bisa otomatis keputaran ke pencairan?

      Hapus
  3. Pada saat proses defrost, pintu kulkas ditutup apa ga ya?

    BalasHapus
  4. Tombol nya memang mendem kedalam ya waktu proses pencairan bunga es? Atau terlalu keras menekan?

    Mohon jawabannya.

    BalasHapus
  5. Hallo, kurang lebih sebulan saya membeli kulkas Sharp SJ-X195MG-FB. 2 Minggu pertama saya membersihkan bunga esnya, sesuai petunjuk dgn mencet tombol pencair bunga esnya dan memutar suhunya ke titik stop. 2minggu kini saya ingin membersihkan lagi, kenapa tombol pencair bunga esnya tidak bunya klik ketika di tekan? Seperti blooong tdk ada tekanan? Apa ini normal atau gimana? Mohon di balasss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira pada saat itu kompresor sedang off dan yang mengatur on/off nya sendiri adalah termostat sehingga ketika anda tekan terasa tanpa beban/blong.

      Hapus
  6. Brp jam tombolx kembali seperti semula.krn sy sdh aktifkan tombol otomatisx dari siang sampe malam blm kembali seperti semula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung tingkat ketebalan bunga es nya dan suhu yang kita setting.

      Hapus
  7. Tombol pd kulkasku ko tidak bisa kembali seperti semula.padahal sudah lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tombol ini kembali ke posisi semula bukan berdasarkan waktu tapi setelah bunga es yang menempel di evaporator mencair semua.

      Hapus
    2. Punya saya juga tidak balik seperti semula, padahal bunga es nya sudah mencair semua

      Hapus
  8. tombolnya malah gak mau blik bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. normalnya baru akan balik setelah lapisan es di evaporator freezer nya habis

      Hapus
  9. Saya ingin mencairkan es dalam freezer tapi didalamnya ada asi apakah asi nya juga akan ikut cair?..mohon p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan pencairan ini adalah meluruhkan bunga es yang tidak kita perlukan dan justru menghambat rambatan pendinginan, asi didalam kemasan tentu tidak akan mudah mencair karena bagian tengah nya pasti masih beku dan proses pencairan akan segera berakhir lalu freezer akan kembali membekukan semuanya.

      Hapus
  10. Apakah temperaturnya hrus di nol dlu apa g gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tombol pencair/defrost tidak perlu diputar ke nol.

      Hapus
  11. Waktu pencairan bunga es pintu kulkas ditutup apa dibuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila dibuka maka proses pencairan akan lebih cepat tetapi bila ada makanan didalamnya yang rentan rusak maka pertimbangkan dulu sebelum membiarkan pintunya terbuka.

      Hapus
    2. Udah di buka kok tombolnya nggak seperti semual


      Plissss jawab

      Hapus
    3. Tombol akan kembali dengan sendirinya bila es sudah mencair semua, boleh ditarik manual kalau memungkinkan.

      Hapus
  12. Pada saat pencairan bunga es, temperatur suhunya di kecilkan dulu apa gak? Selama proses pencairan itu pintunya di tutup atau di buka?

    BalasHapus
  13. Setelan temperatur tetap pada posisi semula untuk menjaga suhu kembali pada setelan awal, pintu tetap ditutup atau dibuka bisa jadi opsi apakah pencairannya mau cepat atau tidak, sesuaikan kebutuhan kita saja.

    BalasHapus
  14. Pada saat pencairan es dengan tombol, kulkas sempat mati. Apakah ada pengaruhnya? Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sekali tidak karena proses pencairan es tersebut memang hanya mematikan mesin kulkas untuk sementara.

      Hapus
  15. Kalo proses pencairan bunga es, itu listriknya/colokan nya di cabut dulu apa jangan? Mohon jawabannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu, tujuannya supaya kalau es nya sudah mencair maka mesin kulkas nya akan hidup kembali dengan sendirinya.

      Hapus
  16. Tambahan saja. Klu dirasa cukup sudah proses defrost nya atau salju es nya sudah berkurang dan mau normalkan lagi. Cukup putar sampai min biasanya tombol defrost nya akan ceklik naik sendiri bukan ditarik yah. Nah setelah itu silahkan atur kembali suhu yg diinginkan. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap...
      Ini berhasil.
      Terimakasih ilmunyaa❤

      Hapus
  17. Saya mau mmbersihkan bunga es. Sudah sya posisikan di stop.. dan sya menekan tmbol pencair es knp ga mau masuk ya ga ada bunyi klek atau apa.. tpi kalo di posisi on knpa bisa masuk ya tombolnya.. sya jd bngung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tombol putarnya sudah di posisi off maka tombol tekan pun otomatis sudah berada di posisi off, bedanya nanti setelah es mencair semuanya maka anda harus kembalilan atau atur ulang tombol sesuai kebutuhan.

      Hapus
  18. Semua merk kulkas apa pernah bapak coba yang ada tombol.nya?.... Paling berhasil kulkas merk apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu tidak semua tetapi pada prinsipnya sama, saya ingatkan bahwa cara mencairkan bunga es dengan menekan tombol ini biasanya hanya bisa bila es di evaporator sudah benar" tebal.

      Hapus
  19. Kulkas sy LG 1 pintu. Pd saat defrost, freezer sy kosongkan, pendingin sy kluarkan isiny sebagian, pintu sy buka. Tp knp tombol kmbali normal pdhl bunga es msh blm cair smua/msh tebal?

    BalasHapus
  20. Kulkas sy LG 1 pintu. Pd saat defrost, freezer sy kosongkan, pendingin sy kluarkan isiny sebagian, pintu sy buka. Tp knp tombol kmbali normal pdhl bunga es msh blm cair smua/msh tebal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mencairkan bunga es di freezer semi otomatis ini memang kurang sempurna, akan kurang efektif jika ketebalan es nya sudah parah, jika ketebalan bunga es sudah lebih dari 1 cm maka cara terbaik adalah dengan mematikan kulkasnya.

      Hapus
  21. Gan pengaturan suhunya hrus d ke nol kn dlu gk
    Atau gk ush??? dn langsung pencet tombol itu???

    BalasHapus
  22. Maaf mau nanya, saya sudah mencet tombol itu kurang lebih sudah 1 jam lebih tapi belum juga mencair smua . Baru sedikit. Jadi saya buka pintu kulkasnya . Apakah tidak apa apa ?
    Dan Biasanya jika bunga es nya tebal butuh waktu berapa lama setelah ditekan tombol tersebut? Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencairan es pada kulkas 1 pintu ini berlangsung secara natural, tanpa pemanas listrik sehingga bisa berlangsung lama tergantung kondisi, menurut pengalaman bisa lebih dari 5 jam sedangkan jika pintunya dibuka maka bisa lebih cepat tetapi terkadang beberapa user jadi lupa menutup kembali ketika ditinggal pergi.

      Hapus
    2. Waktu pencairan bunga ice..... Itu mempengaruhi daya listrik ngk yaa?

      Hapus
  23. Saya mau tanya, kulkas saya Polytron 1pintu,tapi ada semi autodefrost nya,tiba tiba es dalam frizer mencair, apakah itu normal? Terus kulkas saya matikan beberapa jam smpe kompresor benar2 dingin,trus saya nyalakan kembali, tapi proses pendinginan seperti lama sudah hampir 2 jam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu normal, makanya freezer sebaiknya di isi walau hanya untuk membuat es batu supaya dingin stabil.
      kulkas generasi sekarang apalagi yang 1 pintu dingin lebih lambat karena watt nya kecil, kalau kulkas lama watt nya lebih besar tapi dingin lebih cepat dan stabil.

      Hapus
  24. Kulkas baru idup setelah 2 bulan di tinggal n tidak menyala.karena gak ngerti anak2 buru2 mw dingin.di tekan tombol defrozng nya.apakah tidak papa? Cara kembali normal nya bagai mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mestinya tidak apa-apa, untuk dingin normal kembali kulkas butuh waktu lebih lama bila setelah dimatikan dalam beberapa hari, mungkin akan lebih lama dari 3 jam itupun kalau belum diisi bahan makanan atau lainnya.

      Hapus
  25. Saya bru punya kulkas sharp j 185..kx gda pen
    Aampung air nya..cara buang airnya gimana pak?
    Makasih sblumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan saya belum pernah ketemu tipe baru yang satu ini, tetapi pada dasarnya penampungan air pada kulkas 1 pintu itu hanya ada 2 model yaitu :
      1. ada didalam tepat dibawah freezer berbentuk seperti baki dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari freezernya dan harus rutin dibuang.
      2. ada dibelakang kulkas, tepat diatas kompresor untuk mempermudah proses penguapan dengan memanfaatkan panas kompresor.

      Hapus
  26. mas, mau tanya, kalo tombol'y lepas, n hilang bagaimana?
    saya cari gak ketemu, ini klakuan anak saya mas, adakah yg jual? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hilang berarti akan repot kalau mau mencairkan es nya tetapi bisa dengan cara dicabut colokan listriknya, tombol tersebut tidak ada dijual bila tidak dibeli 1 set dengan termostatnya atau anda bisa beli bekas ditempat servis kulkas umum.

      Hapus
  27. Kalau sudah di klik, bisa cair semua berapa lama, apakah suhu e tetap dingin,karena suhunya pada posisi seperti biasa, tidak di off kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung tebal dan banyaknya es karena terkadang ada gumpalan es yg terjadi di salahsatu bagian saja dan itu membuat pencairan jadi lebih lama, suhu pasti akan berkurang karena mesin kompresor di mati kan untuk sementara tetapi biasanya tidak terlalu berpengaruh pada isi didalam kulkasnya.

      Hapus
  28. Tombol nya sudah saya tekan dansudah normal kembali.. Tpi bunga es nya tidak cair sma sekali,, saya coba tekan lagi.. Tapi hasilnya ttp sama.. Apakah ini ada kerusakan pda tombol atau kulkasnya ?? Mohon jawabannya min.. Soalnya sdh beberapa kali saya coba,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencairan otomatis hanya efektif untuk bunga es yang ketebalannya tidak lebih dari 1 cm, bila terlalu tebal maka dimatikan saja kulkasnya selama kira" 1/2 hari.

      Hapus
  29. Kulkas saya baru polytron 1 pintu , knapa ya ga jadi es batu , udah di atur suhunya tetep aja , awalnya saya pencet tombol untuk pencairan salju , udah satu hari tetep aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin perlu diperiksa oleh teknisi polytron nya, tapi sebelumnya bisa anda coba untuk mengatur suhu pada posisi paling tinggi dan biarkan sekurang-kurang nya 1/2 hari lalu setelah kulkas dingin dan beku turunkan pengaturan pada posisi yang tepat.

      Hapus
  30. Sy beli kulkas samsung 1 pintu,dg pngtrn semi auto defros,dg pngtrn suhu 1-7,kmdian kl sy pakai suhu 4/5 msn kompresornya nyala trs bhkn sampe semalaman,tp kalo sy kasih di suhu 1/2 nanti msnya bisa mati dan hidup sendiri.apakah itu normal/ada kerusakan pd pengaturan suhunya???tlng dibri pencerahannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira kulkas anda sudah bekerja normal, memang seperti itu, supaya bisa lebih stabil maka sebaiknya freezer diisi/jangan kosong dengan minimal membuat es batu.

      Hapus
  31. Saya beli kulkas sharp 1 pintu Dan Ada tombol defrost nya..nah kmren coba until menggunakan tombol tsbt tapi stelah it feezer gak beku..padahal sebelumnya beku.
    Apakah Ada kesalahan saat Saya menggunakan tombol defrost?
    Bagaimana Cara pemakaian tombol tesbt? Apakah suhu harus minimal? Saat saat Saya pencet tombol defrost tombol today Mendel kedalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakanlah tombol semi auto defrost ini bila bunga es benar-benar tebal dan merata pada semua bagian feezer, apabila bunga es masih tipis dan tidak merata maka sering terjadi bunga es tidak mencair seluruhnya, akibatnya harus dibantu mengambil es tersisa secara manual untuk mempercepat proses tetapi jangan mencungkil es menggunakan benda tajam.
      tombol akan kembali sendiri pada posisi sebelumnya pada suhu tertentu yang sesuai setelan.

      Hapus
    2. kukasku baru beli 1 minggu yg lalu , aku pencet tombol pencair , dr mlm sampe siang kok belum balik semula padahal udah mencair semua , itu normal apa g gan

      Hapus
    3. Saya belikulkas lg blm lama baru 4 bln kira" tapi ini kok bunga es mau dicairkan blm caur semua bahkan blm sama sekali tomboldefrostnya kembali seperti semula? Apakah ada kerusakan ditombol defors atau kulkasnya? Mohon bantuanya🙏

      Hapus
  32. Saya menekan tombol pada pencair es pada kulkas sharp karena ada petir jadi kulkas saya matikan alhasil es pun mencair dan sdh tidak ada tapi tombol pencair esnya belum kembali sperti semula.kira " itu bagaimana yah mas

    BalasHapus
  33. Saya mau tanya.. sya pakai Kulkas LG express cool 1 pintu..mungkin itu model lama kali yaa.. pertama sya atur tombol pengaturan suhu diangka 2 dan cepet sekali muncul bunga saljunya,nah ketika saya turunkan di angka 1,5 itu es batunya malah mencair,solusinya gimana ya biar kulkas berfungsi dengan baik namun ttap hemat listrik..
    Mohon bantuannya pak

    BalasHapus
  34. Maaaf saya mau tanya, saya baru beli kulkas ini 1 minggu lalu, tapi akhir2 ini semua makanan di freezer gak membeku, bahkan es batu , mmang karena esbatu menebal, penutupnya tdk nutup rapat bahkan sampe patah, sebenernya ini karena tutupnya yang gak rapat atay suhumya sy salah ya gan, posisi skrg warna merahnya aku di min, bener gak sih gan ? Tolong kasih tau ya gan 🙏

    BalasHapus
  35. Saya ingin mencairkan bunga es .saya sudah menekan tombol defros tp stelah saya tunggu beberapa saat bunga esnya belum mencair saya belum membuka pintu itu. lalu setelah itu saya buka pintunya belum juga mencair juga .lalu saya cabut dari stop kontak itu baru bisa mencair apakah itu gapapa pak minta solusinya

    BalasHapus
  36. Saya ingin mencairkan bunga es .saya sudah menekan tombol defros tp stelah saya tunggu beberapa saat bunga esnya belum mencair saya belum membuka pintu itu. lalu setelah itu saya buka pintunya belum juga mencair juga .lalu saya cabut dari stop kontak itu baru bisa mencair apakah itu gapapa pak minta solusinya

    BalasHapus
  37. Saya punya kulkas sharp 1 pintu. Juga selesai buang bunga es. Malah tidak mau dingin juga.. dihidupkan lagi. Apakah ini normal atau bagaimana. Kok nga mau dingin.. lagi setelah tekan tombol buang bunga es.

    BalasHapus
  38. Saya baru beli kulkas sharp 2 minggu yg lalu.. Saat saya membersihkan bunga es. Saya Putar sampe ke off lalu menekan tombol defrost.tapu kenapa ya kok tombolnya longgar. Nggak bunyi klik ..

    BalasHapus
  39. Saya baru beli kulkas sharp 2 minggu yg lalu.. Saat saya membersihkan bunga es. Saya Putar sampe ke off lalu menekan tombol defrost.tapu kenapa ya kok tombolnya longgar. Nggak bunyi klik ..

    BalasHapus
  40. Kulkas saya frezernya bunga es nya sudah tebal.dan saya klik tombol pncair nya terus saya cabut listriknya ..apakah nanti tombol pencair nya akan balik lagi sperti smula..soalnya tombol gk mau balik lagi

    BalasHapus
  41. Kulkas saya udh pencet tombol pencair es ny ..blok cair semua tpi tombol blik LG Ksmula ..pdhal Ed ny msdih tebal

    BalasHapus
  42. Tombol pencair es saya kog tidak bisa kembali seperti semula ya?saya panik mohon jawabannya


    Terimakasih

    BalasHapus
  43. Kulkas saya ada tombol deforst nya saya mau membersihkannya tetapi malah tombolnya tdk bisa di pencet ya malah ke awal semua itu bagaimna ya?apa suhunya hrs di off dulu atau tidak?

    BalasHapus
  44. Kulkas saya sharp 1 pintu, sdh tdk d pakai lgi selama 1 tahunan lbih. Pas skrg mau di pakai, kenapa kulkasnya tidak dingin2 ya, pdhl sdh 2 hari kulkasnya di hidupkn? Bgmna solusinya? Mksh.


    BalasHapus
  45. kulkas ku sharp yg ada pencair es di samping tadi ada es batu yg keras jadi ku paksa ngambil na terus abis bunyi krak di frezerr na ku tekan tombol pencair na gax mau di pencet lagi jepat2 gmna tu ya saya jadi takut kalo rusak kulkas saya hmmm

    BalasHapus
  46. Saya atur thermostat ke posisi off tetapi ketika tidak ada bunga esnya lalu selang berapa menit saya atur ke posisi angka kembali tetapi kenapa kulkas tidak mau menyala..?

    BalasHapus
  47. Saya mau tanya bagaimana solusinya kalau tombol pencairan bunga es'gk bunyi klik tu gmna ea ...saya kurang paham krna sudah biasa d tekan bisa tpi sekarang sudah GK bisa .jdi cara mengembalikan bunyi klek'a g mna ea ?

    BalasHapus
  48. Sata mau tanya bg,,saya baru beli kulkas lg 1 pintu,,deminggu yg lalu,jadi saya baca buku petunjuk cara mencairkab bunga es,,disitu dijelaskan tekan tombol Defrost Button,,sampai terdengar bunyinya KLIK,,tomboy akan kembali secara otomatis setelah pencairan bunga es,,pertanyaan saya:apakah stop kontak nya harus dicabut,dan Bagaimana pintunya,,tetap tertutup atau harus dibuka?mohon penjelasannya bang!

    BalasHapus
  49. Kulkas saya malah ga mau nyala lg stlh dipencet defrost itu. Knpa ya

    BalasHapus
  50. Bunga es sudah mulai mencair, tp kenapa kembali lagi kulkas menjadi dingin. Padahal belum mencair seluruhnya

    BalasHapus
  51. Bantu jawab, cara membalikan tombol defrost yang mendem atau tidak mau balik setelah ditekan.
    Kebetulan kulkas sy merk LG.
    Cara membalikkan tombol defrost tersebut,kalau di kulkas sy merk LG.
    Putar aja pengaturan suhu atau mode nya.
    Misal di angka 5 atau MAX, balikin aja posisi putaran si jarumnya menunjukkan Paling rendag atau OFF. Semoga membantu dan selamat mencoba

    BalasHapus
  52. Bos knp lahh tombol pemutar suhu kok gak bisa di putar kaya macet.perbaikan ya kaya apa bos.minta solusinya bos

    BalasHapus
  53. Mas mau nanya kulkas LG 1 pintu. Kenapa saat tekan tombol pencairan esnya setelah itu frisernya tidak lagi dingin ya

    BalasHapus
  54. Saya udh lama mmakai kulkas 1 pintu,tdk prnah terbalik meteran listrik nya dngn pmakaian tv, megic com,tv, tpi akhir² ini kok sering terbalik ya listrik nya?? Sbab Pemakaian elektronik tetap sama mohon kasih ulasannya dong pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan lihat di artikel terbaru ya, terimakasih

      Hapus
  55. sap 1pintu priser atas tdak ada esya tpfriser dalam bawah esya tebal? Klo Kya pencet tempratur tgahya di matikan dlu apa lgl
    g
    s aja pencet tegahya

    BalasHapus
  56. Saya punya kulkas LG 201 1 pintu apa saat pencairan esnya Prlu di matikan kulkasnya ato tidak dan brp lama biasanya es bisa cair dan kembali normal tombol defrostnya pak.tolong infonya

    BalasHapus
  57. Pak Rudi, saya punya kulkas mini Toshiba lama sudah cukup lama dari 2013, berjalan dengan sangat normal, dingin, bagus dan ga pernah ada masalah. Namun kemarin saya iseng iseng saja utak atik pengatur suhu ke 1 kemudian lebih lanjut lagi ke tulisan off. Ketika memutar ke tulisan off itu terdengar suara kurleb klik kemudian kulkas mati. Masalahnya adalah saya putar lagi ke angka 1, 2, 3 dan seterusnya tetap ga mau nyala. Apa yang terjadi dan bagaimana solusinya, terimakasih sudah mau membaca dan membalas pertanyaan saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jawab di artikel terbaru silahkan disimak ya. "Kulkas Mini"

      Hapus
  58. Maaf cara mencairkan nya bunga es itu apa harus dkeluarkan dulu es batu nya. Atau biarkan saja jgn dikosongin

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika bunga es nya sudah cukup tebal silahkan dikosongkan dulu akan tetapi hati-hati jangan mencungkil es dengan benda tajam karena bisa merusak evaporator.

      Hapus
  59. Air hasil defrost d kulkas sharp 1 pintu larinya kemana ya.... D bawah kompresor ngga ada baki tampungan air....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua model dilengkapi baki penampungan air di belakang kulkas, baki penampungan air pada sebagian model ditempatkan persis didalam kulkas / dibawah freezer nya.

      Hapus
  60. Pak Rudi ijin bertanya, kulkas sharp biasanya rutin saya defrost sekitar 2 bulanan. Kmren saya mau defrost, tp tombolnya baru ditekan langsung kembali lagi (muncul lagi).. beberapa kali dicoba tetap sama

    Apakah tombol defrost saya rusak?

    Karena sebelumnya memang isi freezer penuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rusak baru kemungkinan karena harus diperiksa dan diuji dulu, anda coba periksa saja barangkali kawat sensor yang nempel ke freezer nya lepas, ini sering terjadi pada beberapa model kulkas karena hanya pakai penjepit plastik

      Hapus
    2. Kulkas saya seperti ini ni masalahnya pa Rudi, tombil defrostnya dol/ ga bisa di tekan kulkasnya juga jadi ga dingin. Mohon di balas soalnya butug banget kulkas, dan ga bisa beli kulkas baru

      Hapus
  61. Hey gimana yah ko tombol kulkas nya gak balik LG keluar setelah di teken ke dlm itu gimana caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang anda tekan itu kan tombol tengah ya, kalau mau mengembalikan tombol tersebut ke posisi semula bisa anda putar tombol luarnya ke arah kiri (kebalikan dari arah putaran jarum jam) sampai mentok dan ada suara "klik"

      Hapus
  62. Saya baru beli 3bln yg lalu merk polytron 1pintu...kenapa kok kulkas tiba" gak dingin.. Tombol kulkas kepencet terus di kembalikan sprti semula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gerakan tombol putar ke posisi off, biasanya tombol pencair es akan kembali pada posisi semula kemudian set lagi pengaturan suhu pada posisi sesuai kebutuhan.

      Hapus
  63. Knpa kok jadi lama membekunya es batu, terkadang mencair. Padahal suhu kulkas seperti biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya tidak seperti itu, tetapi terkadang langkah ini seperti me-refresh jadi ketika kulkas sedang ada masalah akan ketahuan dan perlu di servis.

      Hapus
  64. Pak sy mau nanya seminggu yang lalu sy bru beli kulkas tp baru di colok tdk sngaja anak sy pencet tombol pencairnya dan itu bunyi klik dan bunyi sperti air mngalir tp tdk ada bunga es nya trus sekarang mau cairkan bunga es tp pas di pencet tombolnya itu tdk bunyi klik di pencet seperti gak ada tekanan nya itu tombol udah rusak ato gi mana pak mohon di jawab pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tidak apa" ya, normal dan kalau pas ga bisa itu karena belum tercapai saja suhu terendahnya.

      Hapus
  65. Saya habis mencairkan bunga es ±3jam. Tapi tombol auto tidak lekas kembali. Bagaimana pak?
    Itu saya matikan kulkasnya dulu, baru klik tombol. Apa keliru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara yang anda lakukan tidak akan menjadi masalah selama dilakukan secara wajar, cara mengembalikan tombol secara manual jika autonya kelamaan bisa dilihat di artikel ini :
      https://bengkelmania.blogspot.com/2021/03/cara-mengembalikan-tombol-pencair-bunga.html

      Hapus

  66. Sy hbis pencet tombol pncairnya pak..stelah kembali tombolnya seperi semula sy pencet lagi karna bunga es nya blum smua terbuka..setelah sy pencet lagi tombolnya gag mw masuk dan y trjadi malah mesinnya bunyi dan kulkasnya goyang atw gemetar..sy takut pak,sy langsung cabut aja colokannya..
    Apakah kulkas sy gag rusak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sudah anda biarkan es nya mencair semua dan baru nanti listriknya dipasang kembali, getaran yang timbul atas aksi anda biasanya tidak terlalu berdampak negatif terhadap kulkasnya.

      Hapus
  67. Saya baru 2minggu yg lalu beli kulkas sharp shine. Ini sudah tebal sekali bunga esnya pak. Wajarkah?
    Dan saya mau bersihkan tapi kok tombolnya dipencet nggak mau masuk kedalam ya.. posisinya ttep sama timbul gitu. Akhirnya saya putar aja ke stop pak. Apa itu nggk papa ya? Aneh si nggak mau masuk tombolnya ditekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunga es yang menempel di freezer bisa cepat menjadi tebal jika kandungan air pada makanan yang disimpan di kulkas banyak mengandung air atau pintu kulkas sering dibuka, jika tombolnya tidak berfungsi maka cara yang anda lakukan juha sudah benar namun anda harus kembali memutar tombol pengatur suhu ke posisi on.

      Hapus
    2. Saya mau tanya itu tombolnya kan ada titik merah. Terus kalau posisi off yg di mana? Yg ada tanda merah nya atau tidak.. soalnya saya lupa, ini tombalnya suka di puter2 sama anak saya.. jd say lupa posisi kalau mau off yg ada tanda merahnya atau yg tidak?

      Hapus
    3. Yang ada tanda merah, putar ke kiri bawah sampai mentok

      Hapus
  68. Maaf mau tanya tp agak melenceng dr topik ya kak, saat ini kulkas saya on off nya suka mati sendiri dan tidak nyala lg, sperti otomatis nya tidak berfungsi lg, karena pas saya off dan tekan on lg kulkas nyala lg dan normal. kira" itu apa nya yg rusak ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yang anda maksudkan itu Thermostat ? ... salah satu ciri rusak nya seperti yang anda sebutkan, bisa diganti dan tersedia di toko alat kulkas.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.