Samsung Error Code 1E dan 0E

modul error 1E



Sesuai judul diatas Ini adalah langkah2 perbaikan dari modul atau PCB mesin cuci Samsung bukaan pintu atas (top loading) yang mengalami masalah tidak mau mulai mencuci dan malah keluar kode error 1E dan kemudian 0E ketika tombol Start di tekan

Pada artikel terdahulu sudah saya pos sebagian besar kumpulan kode-kode error untuk mesin cuci samsung secara khusus, bagi yang belum tahu silahkan lihat kembali disini . 
Penyebab munculnya error kali ini adalah karena water level sensor rusak, pemeriksaan bermula dari penelusuran kabel-kabel yang pada beberapa titik soket mengalami pengapuran dan berkarat.
error 0E 
water level sensor baru (kanan)

Tampilan pada layar normal

Makanya ingin saya tekankan kembali pada anda pembaca bahwa mesin cuci masa kini sangat sensitif terhadap kelembaban, kotor dan karat pada bagian elektris atau elektronis nya, silahkan bersihkan atau rawat secara rutin walaupun tidak sedang rusak agar mesin tetap bisa bekerja maksimal dan awet.
Mesin cuci kembali normal setelah semua kabel bersih dan Water Level Sensor diganti baru.


Komentar

  1. terimakasih Admin atas artikelnya, sangat bermanfaat.
    saya punya mesin cuci samsung WA80A4 top loading problem air tidak bisa berhenti walaupun mesin sudah berputar. jika dicheck di solenoid valvenya ada tegangan 100 volt dari controller. apa penyebabnya ya admin? bantu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tegangan yang terukur itu biasanya arus nya sangat rendah jadi tak akan cukup kuat untuk membuat solenoid membuka, anda cek saja katup yang ada didalam solenoid itu mungkin terganjal sesuatu yang mengakibatkan air terus keluar melalui celah katup yang terbuka.

      Hapus
  2. Assalamualaikum Pak Rudi,
    Salam kenal, saya Rahmat dari Bogor. Saya menggunakan mesin cuci Samsung Front Loading B1245AV sekitar 2 tahunan, Problem yang saya alami adalah: saat kemarin mencuci dengan mode Quick seperti biasanya, setelah air masuk dan berhenti, drumnya tidak berputar seperti biasanya, hanya suara dengung saja.
    Demikian halnya saat sayan coba mode SPIN, mesin tidak berputar,
    Kira2 penyebabnya apa ya? dan bagaimana solusinya?
    Tolong bantu ya... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam,
      Anda bisa mencoba memeriksa Belt atau sabuk penghubung motor ke drum atau hal terkait dengan nya, mungkin terputus/rusak atau hanya butuh penyetelan saja bila hanya sebatas longgar, silahkan bekerja dengan hati2.

      Hapus
    2. Slmat sore Pak!! Modul ini bsaka dunakan bwt Mesin Cuci Royal Deluxenya atw Solusi nnaiknya Trims

      Hapus
  3. Aswb .. artikelnya bagus2 banget pak sangat bermanfaat, mo tanya pak untuk pembelian modul samsung WA70VA dimana ya sy bisa bisa beli selain service samsung karena ditempat sy inden 1 bulan sy dibalikpapan, bisa info link toko / no telp. Yg bisa dihubungi, tks sebelumnya semoga saya bisa dapat informasi dari anda tks ya

    BalasHapus
  4. saya menemui permasalahan pada msn cuci 1 tabung, msn cuci tidak bisa di Start. mohon solusinya. terima kasih

    BalasHapus
  5. Pak,rudi,modul mesin cuci saya yg berfungsi hanya tombol on of saja,semua tombol tidak berfungsi,kira2 apanya ya pak? Tks

    BalasHapus
  6. Mesin cuci samsung saya tombol Power on tapi tombol start tidak mau berfungsi tuh knp yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program belum selesai, biasanya masih ada sisa air di dalam drum atau tombol rusak.

      Hapus
  7. Mesin cuci saya samsung WA80V4 kalau dibuat mencuci selali muncul IE Setelah saya baca beberapa artimel di internet bahwa diminta untuk mengganti Water Level, setelah dibelikan baru pun ternyata masih tetap muncul IE, mohon petunjuk utk solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum water level valve dipasang, pastikan bahwa sudah tidak ada air di dalam drum.

      Hapus
  8. Mesin saya samsung WA80V4 selalu muncul IE, setelah diganti water level yg baru ternyata masih tetap muncul IE, mohon petunjuk utk solusinya, Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah mengganti water level anda juga harus memastikan bahwa tidak ada sisa air yang tertahan dalam drum ( mungkin malah water levelnya tidak rusak).

      Hapus
  9. Maaf pak Rudi mau tanya mesin cuci sy samsung top loading 7kg. Waktu kabel di colok tanpa di tekan tombol power sudah nyala indikator OE trus berubah 1E. Kemudian drainmotor on/off . Terus pak. Tolong dibantu roblm solvingnya pak Rudi. Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drum sudah sangat kotor dengan lumpur sisa kotoran dan sabun (error OE) kemudian kontrol melalui sensor air juga mendeteksi bahwa tidak ada air di drum (error 1E) yang kemudian mencoba membuang untuk kemudian memulai ulang proses namun karena masalah awal belum terpecahkan menjadikannya terus seperti itu.

      Hapus
  10. sore Pak!! Modul ini bs ka untuk Msin Cuci Royal Deluxe y ba bawa info terbaik Trims

    BalasHapus
  11. Makasih infonya om!!ilmu yang bermanfaat.

    BalasHapus
  12. Mesin cuci saya samsung diamond drum...saya tidak pernah isi air lewat slang semestinya...say isi lewat pintu atas...sekarang mengalami error 1e...apakh ada solusi tanpa mengganti water sensor min???
    Apa yg terjadi jika mesin cuci tanpa water sensor???

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Water level harus tetap ada dan bila rusak ya diganti, harganya relatif murah.
      - Tidak akan bisa berfungsi kalau tanpa WLV karena sudah terprogram pada mikrokontrolernya.

      Hapus
  13. Mesin cuci sy samsung Wa80u3, error 1E, dah ganti water level dan water inlet selenoid. Masih keluar error 1E, udah dibersihin drumnya, selang Water levelnya, tapi masih aja muncul 1E. Ini kenapa ya gan? Apa jgn2 modulnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kami biasanya mencoba dulu water level valve rusak maupun baru pada mesin cuci lain yang normal, sehingga bisa lebih diyakini kalau memang berfungsi atau tidak dan langkah lain sebelum dipasang ke mesin kami coba dulu hidupkan modul sedangkan untuk simulasi tekanan airnya kami tiup waterlevel melalui selangnya.

      Hapus
  14. Mesin cuci saya tipe WA80U3. Kalo dinyalakan muncul kode IE. Sudah diperiksa jaringan kabel dan ganti solenoid valve. Tapi masih muncul kode IE juga. Modul baru diganti kurang lebih 6bulan yg lalu. Mohon bantuannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Error 1E memang bisa muncul dari solenoid valve juga tetapi sebelum diganti seharusnya di test dulu, yang saya ganti pada contoh soal diatas adalah water level sensor, alat inilah yang memang paling sering rusak atau mendapat gangguan dari tekanan air yang tidak sesuai dan air yang terjebak di selang maupun drum.

      Hapus
  15. sore om, mesin cuci saya samsung SW70A1 mngalami kode eror 1e sudah ganti watrlevel cek kabel ternyata masih muncul 1e setelah di cek lg di pcb tidak ada arus listrik pada jalur kabel wterlevel bagaimana solusinya om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada mesin cuci tersebut kabel yang menuju water level valve memang tidak untuk mengirim arus listrik tetapi untuk menyalurkan sinyal frekuensi yang dihasilkan waterlevel ke pcb, pada beberapa kasus yang terjadi terkadang water level pengganti nilai resistansinya tidak sesuai dengan yang diperlukan maka coba untuk ditukar dengan yang lain dan sebelum melakukan pengetesan maka sebaiknya pastikan dulu bahwa tidak ada air didalam drum dan selangnya pun tidak tertekuk atau bocor.

      Hapus
  16. Terimakasih atas pencerahannya.. mudahan tambah berkah ilmunya

    BalasHapus
  17. Siang om mesin cuci saya samsung top loding 8 kg klu waktu bilas knp air gk mau berhenti dan keluar 0E itu knp ya br 1 minggu yg lalu yg beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. OE = Overflow Error, ini ada beberapa hal yang mungkin terjadi seperti : selenoid / water inletnya rusak, katup dalam selenoid terganjal kotoran / macet, silahkan anda fokus kan pengecekan di area yg saya maksud.

      Hapus
  18. Saya sudah ganti WLV dan okey normal. Namun 3 hari kemudian problem ie lagi, kalau sy cabut stop kontak dan pasang lagi jd normal. Namun 2 hr ini tidak bisa dan selalu muncul ie lagi, apakah WLV yg sy beli rusak lagi..? Mojon pencerahannya. Trims Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inilah salahsatu tantangan utak-atik elektronik, silahkan dicoba kembali dan usahakan memakai barang /spare part original.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.