Membedah Kulkas 2 Pintu

Kulkas merk Mitsubishi punya wiring design yang unik, kenapa saya tulis begitu karena memang berbeda dengan wiring kulkas pada umumnya, postingan ini seharusnya di publikasikan sejak lama tapi karena selalu terlupakan maka jadilah baru muncul sekarang setelah ada rekan teknisi yang nanya :-) .
Mari kita cermati apanya yang unik, skema dasarnya hasil surfing di google karena saya tidak lagi punya foto
diagram kulkas mitsubishi yang asli, itu pun uyuhan ada yang mirip karena kalau tidak ada sama sekali mungkin post ini belum tentu jadi.
Sambil anda perhatikan gambar diatas maka izinkan saya untuk menjelaskannya sbb :
  1. Pada lingkaran no.1 Mitsubishi biasanya memasang fuse, tau kan fungsi fuse alias sekring ? ya jika sekring putus maka arus listrik pun langsung terputus, di kulkas lain kebanyakan hanya ada jika kulkas itu sudah menggunakan sistem kontrol elektronik.
  2.  Fuse yang saya sebut di poin 1 akan terputus apabila Varistor mencium gelagat tegangan listrik yang naik terlalu jauh, dia (varistor) akan menciut tahananmya sehingga jalur yang dilalui L dan N akan buntu alias konslet, kalau diperhatikan di gambar yang dilingkaran 2 itu bukan Varistor tapi Diac, apakah fungsinya sama saya tidak tahu tapi nanti akan saya cari tahu untuk artikel selanjutnya saja.
  3. Selanjutnya adalah di lingkaran 3 itu sebelum termo defrost terpasang Diode, komponen ini pun seingat saya tidak ada pada kulkas lain yang sejenis, secara pasti saya kurang faham kenapa terpasang disitu dan seiring dengan itu defrost heater nya pun (lingkaran 4) beda sendiri spesifikasinya, jika heater tersebut rusak dan diganti dengan heater umum (non original) di jamin kulkas tidak akan bisa nge-defrost secara normal karena heater pengganti tersebut tidak bisa panas secara maksimal, hal inilah yang sering saya temui dilapangan bahwa teknisi menyerah karena terus menerus dikomplain sama pemilik barang, padahal dengan 2 trik mudah dan jitu hal tersebut langsung teratasi, trik pertama adalah mengganti defrost heater dengan barang yang sama persis dengan aslinya, barang tersebut pada masa itu hanya ada di bengkel resmi Mitsubishi electric, mahal memang harganya hampir 3x lipat harga heater kaca biasa dan trik kedua adalah dengan cara mencopot diode itu yang artinya mirip seperti wiring kulkas umumnya yang tanpa diode.
  4. Pada lingkaran 4 itu adalah defrost heater yang belum pernah saya temukan untuk dibeli sampai saat ini di toko penjual alat kulkas umum, ingin nya saya tampilkan fotonya supaya lebih greget apa yang saya ulas ini dan tentunya belum semua tapi mungkin bisa saya wujudkan pada post selanjutnya ... ya, saya janji untuk membuat lanjutan artikel Uniknya kulkas Mitsubishi ini karena ada beberapa hal lain yang belum tuntas saya share dengan anda.


Komentar