Suhu ideal freezer di rumah itu berapa derajat ?


Tanya : Suhu ideal freezer itu berapa derajat ?
Jawab :  antara 20 sampai -25 ° C.

T : Bisakah di modifikasi agar bisa mencapai - 30 ° C ?

Suhu paling ideal di dalam Kulkas

Dear Bapak, Ibu, Mas dan Mbak pembaca yang saya hormati menurut para ahli bahwa suhu ideal untuk ruang penyimpanan makanan (kulkas) adalah antara 4°C sampai 5°C aja tuh.

Kenapa ya tidak disebutkan secara pasti karena mungkin kebutuhan suhu yang ideal dari masing-masing makanan yang diawetkan itu berbeda-beda, sebagai contoh sayuran dan buah tertentu justru akan menjadi rusak apabila disimpan ditempat yang lebih dingin dari angka tersebut, untung nya kini kulkas dibuat ruang-ruang pemisah khusus di dalamnya dengan tujuan masing-masing bahan makanan bisa di pisah penempatannya, lalu untuk ruang beku (freezer) suhu idealnya berada pada kisaran -18°C sampai -20°C tapi bila bisa lebih dingin lagi itu tidak masalah karena pada umumnya justru akan membuat bahan yang dibekukan menjadi lebih awet, kalau untuk kulkas-kulkas berukuran besar dengan teknologi yang lebih maju sih oke-oke saja suhu -25°C itu merupakan suhu standar di ruang freezer nya apalagi bagi yang sudah dilengkapi fitur automatic ice maker, bila suhu serendah itu belum tercapai maka biasanya pembuat es otomatis nya tidak akan bekerja. 
Lalu bagaimana cara supaya kulkas atau khususnya freezer bisa menjadi lebih dingin dari standarnya ? 
Wah .. ini seperti modifikasi mobil/motor saja yang ingin bisa melaju lebih kencang namun tetap irit ya :-)

Saya tegaskan bahwa hal itu bisa saja direalisasikan namun dengan konsekuensi : 
- Menjadi boros listrik (kapasitas kompresor dan komponen lain dinaikan)
- Biaya modifikasi setidaknya 50% dari harga unit yang di modifikasi.
lagi pula yang namanya modifikasi itu biasanya membuat unit menjadi tidak seawet unit yang bekerja secara wajar atau beroperasi sesuai hasil riset yang biasanya dilakukan selama bertahun-tahun sebelumnya oleh orang-orang yang sudah sangat faham betul seluk-beluk unit ciptaan mereka.

 + Nah sekarang bagaimana menurut anda ?
 + Masih minat memaksa Freezer bekerja melampaui kemampuan sebenar nya ?

Tapi saya punya trik nih supaya freezer atau kulkas bisa lebih cepat dingin, irit listrik dan berumur lebih panjang tanpa merubah spesifikasi apapun bahkan tanpa mengeluarkan biaya, silahkan simak :
- Jauhkan dari alat-alat yang menimbulkan panas seperti kompor, oven dll.
- Jaga jarak ideal (kira-kira 10cm) antara kulkas dengan dinding, lemari dll.
- Tempat paling sempurna adalah dekat ventilasi udara dan teduh (tidak terkena sinar matahari langsung).

Demikian tulisan ini saya sudahi sampai di sini, semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Salam kenal mas Rudi. Semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
    Saya Taufiq, saat ini sedang merintis usaha es batu kemasan higienis. Saat ini saya punya 2 buah kulkas freezer (standing). Satu baru saya beli 1 bulan ini (Thoshiba), dan satunya sudah rusak (merek National). Saat ini saya bermasalah dalam memproduksi es. Es yang saya masukkan butuh waktu lama untuk benar - benar membeku. Waktu yang dibutuhkan untuk membekukan 60 bungkus es (60Liter air) > 24 jam. padahal kapasitas freezer yang saya gunakan adalah 200 Liter (6 rak). Yang mau saya tanyakan kepada mas Rudi adalah:
    1. Berapa perbandingan waktu dan kapasitas (dalam hal ini air) untuk membekukan menggunakan kulkas freezer?
    2. Apa tips untuk memaksimalkan jumlah produksi es?
    3. Berapa jumlah air yang dapat dibekukan kulkas freezer dalam rentang waktu 12 jam?
    Saya sangat membuntuhkan jawaban dari mas Rudi. Semoga diberkati. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Muhammad taufiq ...
      Dari data yang tercatat dilapangan bahwa waktu untuk membuat es batu sebanyak 1 unit penuh freezer standing (kondisi normal) adalah sekitar 12 sampai 15 jam, itu hitungan rata2 dengan hasil es yang sangat padat dan tidak mudah mencair hingga ke rak freezer terbawah, sementara pada rak teratas kecepatan pembekuan nya tentu lebih cepat karena merupakan jalur pertama yang dilalui proses sirkulasi penguapan freon nya,
      Untuk meningkatkan jumlah produksi tentu yang bisa dilakukan adalah dengan cara mempersingkat waktu nya dan beberapa hal dibawah akan membantu membuat Freezer bekerja lebih produktif :

      - jangan menempatkan freezer pada ruang yang pengap atau ruangan dengan sirkulasi udara yang rendah, kasih jarak antara dinding, lemari atau freezer lain dengan freezer sekurang2 nya 10 cm dan jangan gunakan apapun untuk menutupinya (kain/taplak)
      - Tegangan listrik harus stabil dan tidak kurang dari 220V.
      - Setelah produk diangkat seluruhnya sebaiknya bunga es dibiarkan mencair (matikan freezer dan biarkan pintunya terbuka) dan tutup kembali setelah selesai.

      Hapus
  2. Klo menggunakan chest freezer butuh brpa lam utk bisa membuat es batu?

    BalasHapus
  3. Ass
    Mas rudi

    Saya yudi
    Freezer (yundai) saya terlalu dingin,
    Saya gunakan untuk menyimpan bakso
    Bisa gak di kurangin dinginnya???

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap Freezer dilengkapi pengatur suhu, bagaimana dengan freezer anda ?.. kalau tidak bisa di setting berarti termostat nya rusak.

      Hapus
    2. pak saya mau bertanya, Saya punya freezer 6 rak, sudah saya ganti filter nya (saya gantii dengan filter yg kosonong polong agak pendek, aslinya fileter bawaan panjang ada bola2 nya). nah yang ingin saya tanyakan kenapa ya pak sudah saya isi freon nya 10 psi, kondensor nya hangat setengah aja pak,fileter nya juga ngk panas/ngk dingin, keadaaan freon udah disi 10psi ampere nya 1,34 - 1-45. lalu saya tingalkan +-10menit tekanan jadi 0psi, dan lalu kulkas saya matikan tekanan freon naik 60psi.



      Bisa kasi solusi nya pak rudi tentang kendala freezer saya ini. trimakasi saya harap bpk membalas

      Hapus
    3. Kita sebaiknya selalu melakukan penggantian filter dryer baru pada setiap pekerjaan pengisian ulang gas refrigeran/freon untuk meminimalisir kandungan uap air dalam proses kerjanya, untuk diketahui bahwa butiran zeolit yang ada didalam filter itulah yang akan menghisap dan memecah molekul air di dalam sistem supaya tidak menjadi mampet karena uap air nya beku didalam (pipa kapiler) jadi bukan hanya kotoran yang menjadikan mampet itu tetapi air yang membeku juga bisa memblok saluran dan akan mencair beberapa saat setelah kulkas dimatikan, demikian penjelasan singkat menurut pengalaman saya.

      Hapus
  4. kenapa saya menyimpan es dalam freezer dari kemarin siang sampai besok pagi nya belum juga beku? terimakasih..

    BalasHapus
  5. Kalo punya saya kulkas ga dingin padahal baru ganti preon ?

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.