Error code mesin cuci Samsung (lengkap)


Kumpulan kode error dan cara menangani kode error khusus di mesin cuci Samsung berikut artinya lanjutan pada artikel sebelumnya.


Kini saya tampilkan lagi dengan format baru yang lebih lengkap dengan harapan pembaca lebih mudah memahai. kode error dibawah ini cocok untuk semua tipe mulai dari kode lama sampai kode terbaru, tapi mohon di ingat bahwa informasi yang saya berikan ini sebaiknya tidak anda jadikan rujukan atau acuan untuk mengerjakan sendiri langkah-langkah perbaikannya apabila anda tidak memiliki dasar pengetahuan ilmu elektronika atau listrik yang memadai, berhati-hatilah selalu dan utamakan keselamatan kerja. 


 1C, 1E, E7
WLS Error  (Water Level Sensor)
- Lakukan pemeriksaan terhadap semua hal yang berhubungan dengan air yang masuk ke mesin.

3C,3E,3E1,3E2,3E3,3E4,bE,EA
- Kerusakan pada Motor.
- Motor tidak berfungsi.

Baca juga :  Samsung, Error 4E

4C,4E,E1.
- Pasokan air bermasalah.
- Mesin cuci mendeteksi air yang masuk tidak sesuai/normal.

4C2,4E1,4E2,4Ed,CE,E8,H.1,HC,HE.
- Masalah Suhu air.
- Suhu air tidak singkron dengan kebutuhan.

5C,5E,E2.
- Pembuangan air.
- Muncul kode-kode seperti diatas bila air mampet atau motor pembuangan rusak.

6C,6E.
Pasokan air panas atau Heater.
Air panas yang masuk dari water heater atau elemen pemanas didalam mesin rusak.

8C,8E.
MEMS sensor.
Ada masalah lain sebelumnya.

9C1,9E1,9E2,PH1,Plo.
Daya listrik.
Pasokan daya tidak stabil.

12E,bC1,bE1.
Tombol daya.
Tombol (push on) daya nempel/lengket/ngontak terus menerus.

13E,AC,AC6,AE.
Miskomunikasi.
Kesalahan komunikasi antara PCB utama dengan sub-PCB.

14E,B2,bC2,bE2.
Tombol kontrol
Tombol (push on) kontrol menempel/lengket/ngontak terus menerus.

18E,bC3,bE3.
Tombol rusak.
Tombol apapun rusak.

CC,CE,E8.
Air dingin.
Kode-kode yang berhubungan dengan masalah air dingin termasuk solenoid air dingin. ini berlaku untuk model hot and cold water atau input air panas dari water heater.

Baca Juga : 

Ed,DC,dC,DC1,dE,dE1.
Door Error, 
Semua permasalahan yang berhubungan dengan pintu.

dC2,dE2.
Sakelar.
Sakelar ON/OFF.

FC,FE.
Fan Error.
Kipas bermasalah/tidak berfungsi.

DIA,H1,HC
Suhu air
permasalahan yang berhubungan dengan suhu air.

6E,E5,HC1,HE1.
Pemanas.
Elemen pemanas air tidak berfungsi.

HC2,HE2.
Pemanas.
Elemen pemanas dryer tidak berfungsi.

HC3,HE3.
Steam.
khusus untuk mesin cuci Samsung yang dilengkapi Steam Fungtion error.

Baca juga : SAMSUNG WD6102CKC error code "HOT"

HOT.
Panas.
Mesin cuci terlalu panas. matikan sementara setelah panasnya turun baru hidupkan kembali,

E9,LC,LE.
Air.
Air berkurang drastis atau air tidak cukup (biasanya berhubungan dengan selang pembuangan)

11E,LC1,LE1.
Air.
Kebocoran air pada satu bagian atau lebih.

E3,OC,OF,OE.
Busa meluap (overflow).
Busa sabun meluap didalam drum, ubah mode mencuci menjadi spin untuk membuang busa berlebihan dan setelah spin selesai mode mencuci bisa dimulai kembali.

ee2,t1,t2,tSt.
Mode uji.
Mesin dalam mode uji, lakukan reset dengan cara matikan mesin selama 30 detik.

Sud,Suds.
Terlalu berbusa.
Saat kode ini muncul itu tanda pengingat bahwa drum sudah saatnya dibersihkan, jalankan program Eco Drum Clean.

EC,tE,tE1,tE2,tE3.
Sensor suhu.
Sensor rusak atau hanya perlu dibersihkan.

UC.
Fluktuasi listrik
Tegangan listrik tidak stabil.

E4,UE.
Unbalance Error.
Mesin terlalu bergetar karena beban cucian yang tidak merata atau cucian yang terlalu berat.

Komentar

  1. Alhamdulillah mesin cuci samsung top loading 7,5kg saya sudah hampir sembuh tinggal beberapa langkah lagi.sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih kepada pak rudi/http://bengkelmania.blogspot.com yg telah banyak membantu kami yg sedang mengalami kerusakan pada mesin cuci kami melalui tulisan2 beliau,kalau boleh saya mau sedikit share kerusakan pada mesin cuci samsung saya awalnya muncul code 1E pada saat power onlangsung muncul code tersebut(mesin cuci tdak mau beroperasi apapun sama sekali) saya coba perbaiki modulnya dengan menganti beberapa part(ic,delco,transistor,dll)namun percuma karena IC memorinya susah saya dapatkan,jadi saya beli modul baru ditoko dekat cipinang indah sebrang banjir kanal timur jakarta harganya juga murah cuma 170rb cuma ga ada merk dikardusnya tapi 98%mirip kata tokonya kalo disamsung langsung harganya bisa 300-400rb. saya pasang modul baru,mesin cuci sudah kerja normal namun hanya sekal,proses pencucian pakaian berikutnya tidak mau menimbang berat untuk level air dan tidak mau rinse/spin.saya pikir modulnya ga cocok saya pulangin ke toko ganti yg baru ternyata sama,ganti beberapa componen yg memang sudah rusah oleh petugas toko yg membantu,pertama motor drain yg memang ga mau berhenti kerja pada waktunya berhenti ganti masih ga mau spin, ganti capasitor/delco yg gede dideket mesin ada perubahan mesin jadi bertenaga besar maklum mesin cuci saya samsung sudah 6tahunan namun masih belum mau spin,terakhir ganti water levelnya akhirnya mesin mau spin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas positive feedback dari pak Husin Lala, semoga mesin cuci anda awet sehatnya sehingga bisa digunakan untuk beberapa tahun lagi.

      Hapus
  2. Pagi Pak..saya mau tanya..mesin cuci saya samsung WA700V4 saat dihidupkan muncul kode DE tak berselang lama muncul kode 1E, sudah saya coba bersihkan filter tempat saluran air masih saja muncul kode tsb..mohon solusi dari bapak.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Leonardus ....
      Kode dE yang muncul mengisyaratkan ada malfungsi di sektor penguncian pintu, periksa dan bersihkan bagian ini, jika ternilai masih bagus beralih ke kode 1E yang menandakan masalah pengisian air, selain dibersihkan filter solenoid nya tentu harus kita yakinkan juga bahwa keran elektrik ini tidak rusak lalu periksa juga sensor tingkat air nya (water level sensor) berikut kabel dan selang kecilnya dari kemungkinan bocor dll.

      Hapus
  3. pak.mau nanya.mesin cuci samsung saya terus eror UC padahal dulu nya jalan.sudah di pakaikan stabiliser yg pake motor tetep aja eror UC.kira2 yg rusak apanya pak? makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak M. Oggie .....
      sebaiknya anda lakukan pengukuran listrik secara langsung menggunakan volt meter ketika mesin cuci dihidupkan, bisa saja kenaikan tegangan listrik yang dihasilkan stabilizer tidak sesuai terutama jika stabilizer nya kekecilan atau berkualitas rendah.
      apabila langkah2 yang dianjurkan (sesuai munculnya kode) tidak memberikan hasil yang sesuai maka sebaiknya hal ini dikerjakan oleh orang berpengalaman (teknisi)

      Hapus
  4. Maaf pak rudi..saya mau tanya, mesin cuci saya samsung WA70VA. saat mesin cuci saya colokan ke arus listrik belum saya tekan power pada panel modul sudah keluar error pada panel DE bukan dE (door error) kemudian berganti ke IE sudah saya periksa filter tidak kotor, valve airnya masih bagus, tolong pak rudi solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda tekan tombol "STOP" selama 30 detik untuk menghapus kode tersebut, pada beberapa masalah yang sama mesin bisa kembali digunakan setelah dilakukan pengecekan/perbaikan di sektor saklar pintu, sensor tingkat air dan katup pembuangan.

      Hapus
  5. Permisi mau tanya pak.. Mesin cuci saya samsung front loading 7.5 kg. Eroor 4e . airnya tiba2 habis... Gmana soluinyasoluinya.. Trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulangi saja proses mencucinya dari awal dengan memutar tombol utama ke posisi off dulu lalu mulai mencuci seperti biasa setelah pasokan air kembali normal.

      Hapus
  6. Pak mesin cuci saya samsung top loading muncul eror 1E sudah ganti modul/pcb tetep eror kira2apanya lg yg harus diganti ?
    Mohon solusinya trims..


    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Dede yth ...
      sayang sekali bahwa perbaikan yang dilakukan sebelum nya mungkin tidak memperhatikan tampilan kombinasi huruf dan angka tersebut pada layar yang menunjukan bahwa itu adalah suatu kode yang mengindikasikan adanya malfungsi pada bagian water level sensor nya, cobalah untuk mengganti atau meminjamkan sensor tersebut dengan mesin cuci lain yang masih normal untuk memastikan kerusakannya.

      Hapus
  7. Pak Mesin cuci saya Samsung 9kg. bermasalah air tidak mau terkuras dari tub nya. mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muncul kode error nya tidak pak Hendro ? jika tidak periksa selang dan katup drainase nya mungkin tersumbat atau motor drain nya rusak.

      Hapus
  8. pak mau tanya jual modul mesin cuci samsung wa70v4 d mana ya? mesin sy gk mau jalan sama sekali, padahal power sdh masuk, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum mengganti maka sebaiknya anda periksa fuse atau percayakan pada seorang teknisi khusus mesin cuci atau elektronika yang mengerti cara kerja modul tersebut, wilayah kerja saya di Bandung jadi tidak begitu banyak tahu informasi penjual modul ini untuk daerah lain.

      Hapus
  9. Salam Bengkel,
    Mohon petunjuk Pa Rudy,
    Saya menggunakan Samsung Top Loading 9 Kg
    ketika digunakan Muncul eroor t1, kemudian di reset muncul E9
    dari petunjuk di atas kemungkinan terjadi kebocoran,
    namun apabila mesin di diam dalam beberapa waktu dengan listrik dicabut, terkadang mesin bisa berfungsi kembali,
    sebagai catatan selama ini saya mengoperasikan mesin dengan pengisian air manual (Dengan Timba)
    apa yang perlu saya lakukan, bagian mana saja yang harus saya periksa atau perbaiki, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Mukhtar ...
      anda bisa coba memeriksa waterl level valve dan hal yang terkait dengannya ... ya yang saya maksud misalkan mekanisme nya mungkin berkarat, soket longgar, selang atau apapun itu yang nampak tidak normal yang di akibatkan oleh kucuran air yang langsung banyak sementara mesin cuci tersebut kan dirancang dengan cara pengisian air yang perlahan-lahan dalam beberapa menit.
      jika sensor water level tersebut anda punya stock ya cobalah diganti saja supaya lebih pasti.

      Hapus
    2. Salam kenal pak,
      Mohon bantuannya. Saya punya mesin cuci merk samsung 1 pintu. Kenapa ya pada saat baju didalam mesin cuci yang dikasi air secara manual, airnya malah keluar dan keluarnya tidak melalui selang air, tapi melalui bawah mesin cuci. Apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

      Hapus
    3. salam kenal bu Wiwi
      saya kira selang kecil yang menuju water level sensor terlepas, ini sering terjadi jika pengisian air langsung tanpa melalui solenoid.

      Hapus
    4. salam kenal pak,
      mesin cuci saya merk samsung WA70 V4, tombol startnya tidak berfungsi tapi tombol yang lainnya berfungsi normal. kira-kira bagaimana cara memperbaiki dan klo beli panel modulnya berapa ya pak hrgnya??terima kasih

      Hapus
    5. Salam kenal juga pak Yanno ...
      coba periksa tombol kecil nya apakah masih baik karena kalau rusak atau konslet oleh kotoran bisa berakibat seperti itu juga walaupun bisa juga dari komponen lainnya, harga baru diluar SC sekitar Rp.400.000,- an.

      Hapus
    6. dimana tempat beli modul mesin cuci saya merk samsung WA70 V4? mesin cuci saya kasusnya sama dengan pak yanno susanto

      Hapus
    7. Mr. Mo
      Anda bisa membelinya di service centre Samsung.

      Hapus
  10. salam kenal pak Rudi,
    mohon bantauannya pak, tombol start/ pause mesin cuci samsung top load 7kg tidak berfungsi pak, jadi mesin cuci tidak dapat di gunakan pak,, mohon info solusinya pak ,,,,thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Hafif ...
      kebanyakan kasus seperti ini berasal dari kontrol elektronik nya yang error namun bisa juga dari komponen lain. solusi nya kita periksa dulu penyebabnya apa, sebagai contoh bila ada kabel terputus atau kontrol elektroniknya lembab (bagian tombol) maka akan tidak ada respon ketika kita coba jalankan.

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum,
    Pak Rudi, mesin cuci saya top load samsung dgn tipe WA85F5S3QRY/SE. biasanya saya selalu pilih proses pencucian fuzzy, yg otomatis wash rinse & spin & biasanya diakhir proses selalu bunyi alarm & tulisan En. Tapi sudah 2x ini disamping tulisan En kan ada gambar tabung, gbr tsb kedip2 & alrm nya pun tdk sampe 1lagu ( saya sampe hafal notasi nya..hehee ), kalau saya perhatikan gbr tabung tsb = gbr eco tub clean di tombol. Itu kira2 kenapa ya pak? Trims atas pencerahannya.
    Wassalamu'alaikum
    Liz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      itu salah satu tanda bahwa sudah saatnya menjalankan fitur eco tub clean tersebut, fitur ini dirancang untuk membersihkan sisa sabun dan kotoran yang menempel pada drum, saat menjalankannya tentu saja jangan memasukan sabun dan cucian kedalam mesin cuci nya, biarkan bekerja apa adanya hingga selesai.
      Demikian ibu Liz,

      Hapus
    2. Salam Pak Rudi,

      Menyambung pertanyaan diatas, mohon informasinya bagaimana cara melakukan cuci tabung (eco tub cleam)?

      Saya menekan tombol power > tombol eco tub clean. Pada indikator disebutkan bahwa waktu yang dibutuhkan adalah 93 menit dan air di level 5. Apakah hal tersebut normal?

      Mengapa dibutuhkan waktu dan air yang begitu banyak?

      Terima kasih sebelumnya atas bantuannya

      Hapus
    3. Mengenai setelan Eco Tub Clean sudah diprogram sedemikian rupa dan tidak bisa dirubah, dengan waktu dan air yang lebih banyak dan panas pula maka diharapkan akan membuat drum, diafragma dan kaca pintu tetap bersih dan higienis.

      Hapus
  12. salam kenal pak rudi. tolong tanggapannya ya,
    saya mau tanya, saya pakai mesin single tube merk samsung tp lupa serinya, yg 7 kg.
    dari awal pemakaian sekitar 2 tahun yll, sy selalu mengisi air ke dalam mesin itu secara manual ( dari selang dgn air mengalir yg langsung diarahkan ke dalam tabung ujung selang satunya, karena kondisi nya saat itu tidak memungkinkan utk pasang selang bawaan dan sambung ke belakang mesin nya).
    sekarang ketika sudah bisa dan sedang dicoba, ketika power dinyalakan dan pilih mode cuci lalu start,... air tidak bisa tersedot / mengalir masuk ( kran sudah dibuka dan selang bawaaan sudah di cek , filter di lubang input air di belakang mesin saya coba buka tidak ada yg menyumbat ) kenapa kira2 ya pak. apakah water valvenya ?

    selain itu ketahuan juga ternyata si mesin itu sekarang bisa berputar walaupun tidak ada air sedikit pun dalam tabung, seingat saya seharusnya tidak bisa ya .

    satu lagi ya pak, bagian water level indicator yang paling bawah ( ekstra low level ) kl ngga salah ya namanya, selalu menyala apapun pilihan menunya / sudah di coba ganti2.

    kira kira apa solusinya ya pak? perkiraan biaya spare part yg mungkin harus di ganti kl bisa juga tolong di kasih gambarannya pak.

    terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Ari ...

      - Ya, bisa jadi itu Water inlet valve nya (solenoid) yang kena, alasannya saat anda masukan air langsung ke drum maka solenoid ini akan panas karena tidak terlewati air yang secara tidak langsung mendinginkannya dan kemudian terbakar atau macet.

      - mesin cuci memang tidak akan bisa berputar/mulai mencuci sebelum ada air, jika terjadi hal seperti itu kemungkinan Water level sensor nya rusak atau hal lain yang terkait dengan itu.

      - jika terjadi hal seperti itu sepertinya mesin cuci anda 1 tabung semi otomatis /model analog /bukan digital ya, apabila sudah macet komponen tersebut memang suka terjadi demikian.

      - solusinya coba anda cek semua bagian yang telah disebutkan diatas dan bila diperlukan untuk diganti dengan part baru yang dijual umum dipasaran (bukan bengkel resmi) anda tidak akan mengeluarkan biaya lebih dari Rp.150 ribuan untuk ke 3 komponen tersebut.

      Hapus
  13. selamat siang pak...mau tanya kenapa ya mesin cuci smsung saya 7kg 1babung ketika power dihidupkan tabung langsung berputar sendirinya dan tidak mau berhenti tetapi saat kondisi seperti itu saya coba langsung pilih ke mode bilas berjalan lancar....namun setelah di matikan lagi dan dihidupkan tetep kembali lagi saat power dihidupkan tabung berputar sendiri..terimakasih mohon bantuannya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon dijelaskan dulu type/model mesin cuci samsung anda karena jawaban akan berbeda untuk yang tipe analog dan digital nya tetapi pada umumnya jika terjadi hal yang diluar kewajaran seperti tidak keluarnya kode error (untuk tipe digital) berarti hal ini bisa disebabkan oleh kelembaban, kabel putus atau hal lainnya.

      Hapus
    2. Mesin cuci samsung topload WA70v4 pak...di lyar hanya tmpil -- aja..ketika tombol powernya di hidupkan blm sampai menekan tombol start/cuci .... tabung langsung berputar sendiri...ketika di paksa start/ pncucian ,air bisa masuk dr kran akn tetapi terus terbuang lwt lubang pembuangan dan tabung jg dlm keadaan berputar...saya coba matikan berluang hasilnya msh ttp sama pak.....trims

      Hapus
    3. Biasanya itu ada 2 kemungkinan kerusakan pada kontrol elektronik nya yang masih bisa diperbaiki atau harus diganti bila kerusakan ada pada eeprom nya, cobalah menghubungi service centre terkait karena saya kira belum tentu bisa ditangani oleh sembarang orang/technician.

      Hapus
  14. Pak Rudi. Mesin cuci saya WA70VA. Tombol Panel nya ga mau bekerja / susah ditekannya. Butuh usaha sampai akhirnya bisa terpilih water level n lainnya sesuai pilihan. Hal lain, saat dicolokin, belum tekan tombol ON, ada bagian kode yang sdh nyala walopun ga lengkap. terus water level di posisi low nyala, program nyala di clean tub. kira2 apanya ya pak? apa panelnya yng rusak? mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sobat Blogger ...
      itu salahsatu tanda kontrol elektronik nya bermasalah tapi pada beberapa kasus ditemukan juga penyebabnya berasal dari luar itu namun berpengaruh demikian, sebaiknya diperiksa secara berurut sampai benar2 bisa dipastikan bahwa kontrol elektronik tersebut rusak.

      Hapus
  15. Salam kenal Om...

    Saya punya Mesin cuci Merk Samsung Model WA70VA.
    Pada Panel kontrol tombol yg berfungsi hanya ON/OFF saja. setelah sy buka panel kontrolnya ada seperti bau kebakar.

    Pertanyaannya :
    1. apakah kontrol panel tersebut masih bisa diperbaiki?
    2. Apabila harus membeli sparepart baru, kira2 berapa harganya dan dimana tempat membelinya?

    Demikian, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga .....
      Hasil dari sebuah usaha memperbaiki suatu barang ciptaan tentu selalu ada kemungkinan berhasil asalkan kita mengerjakannya dengan penuh ketelitian dan tau dasar dan cara kerja alat tersebut.
      Spare part baru untuk sementara ini kebanyakan masih di kuasai Service centre resmi nya dan itu bisa dilihat pada buku panduan atau buku manual nya yang terdapat di kota masing2.
      semoga bermanfaat.

      Hapus
  16. pak,

    mesin cuci saya samsung WA90F4,

    tombol lampu digitalnya hidup semua tapi pada saat saya menekan tombol start tidak berfungsi.

    saya sudah tlp service samsung ktnya harus ganti PCB yang baru.

    PCB baru sudah saya beli tetapi tombol startnya masih tidak berfungsi.

    hari ini saya tlp lagi service samsung ktnya ganti PCB harus bersamaan dengan ganti waterpart nya. kl hanya ganti PCB kemungkinan PCBnya bisa rusak kembali.

    masa saya harus beli PCB yang baru lagi, ?!!!

    mohon bantuan penjelasaannya kira2 apa yang rusak.

    terima kasih

    BalasHapus
  17. Pak kalo reset MC toshiba tipe AW-8480S gmn?pas baru on indikator ngedip+bunyi alarm,.trs mati lg..di contol ngk ada displaynya masalahnya..gmn solusinya pak?water level uda sya gnti tp ttp aja?mohon bantuannya..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya mencabut/memutus koneksi mesin cuci dari jaringan listrik bagi mesin cuci ini sudah menghapus setiap settingan kembali ke awal, beberapa penyebab error nya sebagian besar dari water level valve dan saklar tekan / micro switch pada papan kontrol sudah konslet / rusak.
      Gantilah water level valve dengan komponen yang sama terutama jenis yang dilengkapi IC, ganti juga micro switch pada papan kontrol (tipe tertentu) terutama pada fungsi START/HOLD. namun bila keluhan tetap terjadi maka tidak ada cara lain selain mengganti papan kontrol / PCB / Module baru.

      Hapus
  18. selamat pagi pak...
    mohon solusi terkait kode 4E pada mesin cuci samsung, apakah bisa diperbaiki sendiri atau harus diservice pada service center samsung? kl bisa diperbaiki sendiri, langkah-langkah apa yang harus dilakukan?
    terima kasih atas informasinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu M33la ....
      Artikel yang memuat kode error ini saya buat memang supaya pembaca bisa mengerti dan diharap bisa berusaha memperbaiki sendiri kerusakan ringan sebelum menyerahkannya ke tempat servis resmi. mintalah bantuan seseorang yang ibu anggap bisa mengerjakannya misal suami atau keluarga lainnya untuk membersihkan filter air sebelum masuk ke mesin cuci dll.

      Hapus
  19. Pak Rudi.. saya mau tanya.Mesin cuci otomatis samsung saya airnya nggak mau keluar, bunyinnya kletek-kletek sewaktu airnya seharusnya keluar.. tapi tidak ada errornya.. Mesin masih bisa ngisi air dan berputar seperti biasa. Saya coba buka slang belakangya, memang ada ditemukan beberapa uang koin... apakah masih tersumbat atau ada kemungkinan lain ? kalau masih tersumbat didalamnya bagaimana caranya membersihkannya ? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Hendri ....
      coba anda buka filter di pompa drain nya (di bagian kanan depan) kemungkinan impelernya tersangkut dengan kotoran atau koin lainnya.

      Hapus
  20. Ass...
    Selamat Pagi Pak.

    Mohon bantuan dan solusinya Pak, mesin cuci saya Samasung WA90F4 masalahnya indikasi lampu di water level High nyala terus ( merah ) dan program Blenket nyala terus ( kuning ), jika dibuat nyci normal, air dari kran ga mau otomatis berhenti saat level air sudah terpenuhi, namun jika dipakai untuk Clean Tube tidak ada maslah ( normal ).

    Mohon Bantuan dan solusinya ya Pak..

    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsallam,
      (mohon salam nya tidak disingkat) periksa dan perbaiki dulu water inlet nya supaya air yang masuk bisa bekerja normal dan coba hidupkan kembali untuk melihat reaksi selanjutnya.

      Hapus
  21. ass...pak rudi,sayamau konsul...mohon bantuannya.mesin cuci saya samsung WA90F4.lampu indikasi di water level High nya nyala terus meskipun kita pake yang Low/extra Low sekalipun,dan lampu pada blanket+wool kedap kedip terus,biasanya pake yang fuzzy..jika di isi air kran ga mau otomatis berhenti saat levevlair sudah terpenuhi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Gunawan .....
      Kami biasanya mencoba mengganti water level sensor nya terlebih dahulu lalu kemudian mengganti/memeriksa beberapa part di modul yang sering kedapatan rusak namun jika sudah mentok dan berdasarkan musyawarah dengan pelanggan maka modul/PCB nya akan kami ganti.

      Hapus
  22. Assalamu'alaikum pak Rudi.
    Saya punya mesin cuci Samsung Top Loading seri WA 80V3.
    Kemarin sempat rusak (konslet saat ditancapkan) dan setelah dicek tnyata ada beberapa kabel yang digigit tikus. Setelah diperbaiki alhamdulillah sudah normal. Namun setelah saya pakai 3x, di tengah2 pemakaian tnyata konslet lagi. Setelah itu mesin sama sekali tidak mau nyala. Setelah dicek sama teknisi, ternyata modul rusak (mati) karena konslet dan spul sudah terbakar. Sehingga harus agak lumayan biaya perbaikan dan ganti modulnya. Nah... gimana menurut pak Rudi? Apakah kerusakan tsb ada hubungannya dengan frekuensi pemakaian mesin cuci saya (tiap hari saya mencuci). Kemudian wajarkah usia baru 4 tahun sudah rusak?
    Trims pak Rudi.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Anda beruntung sekali karena telah memilih produk yang tepat dan telah membantu pekerjaan mencuci selama itu tanpa kendala, andai saja sebelum kejadian mesin cuci tersebut dilakukan maintenance secara rutin maka bisa dipastikan usia pakainya bisa semakin panjang karena bisa diketahui secara dini jika ada gangguan.
      Jika terjadi konslet pada kabel maka tidak selalu menjadikan Modul mati total dan tidak bisa diperbaiki dan spul apa yang anda makdud ? bila spul motor nya juga terbakar ini juga meragukan bagi saya atas dasar yang saya alami selama ini.
      Biaya perbaikan termasuk jasa tentu akan lumayan besar dan pastikan bahwa anda akan mendapatkan spare part yang asli dan bergaransi namun sebelum diputuskan untuk disetujui perbaikan itu maka akan lebih bijak jika anda mempertimbangkan alternatif lain yaitu membeli unit mesin cuci baru.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
  23. Malam mas, maaf nanya malem2....
    mesin cuci saya Samsung WF6....saya lupa kodenya...yang jelas front loading....2 hari ini muncul error be2, yang di artikel ini saya baca karena tombol yang tertekan.....ada tidak hal yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki???pegawai samsung services sudah saya hubungi, katanya lagi 2 hari bisa perbaiki...harus ganti PCB ya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Rai Sugiarta .....
      Saya kira ketika seseorang berusaha memperbaiki unit mesin cuci dengan panduang buku manual misalnya sangat mungkin bisa berhasil, tetapi terbatas pada masalah2 yang ringan saja karena jika terlalu berat masalah yang dihadapinya dikhawatirkan malah akan membuat kerusakan semakin parah, ambil contoh untuk membuka panel kontrol diperlukan teknik dan ketelitian dari seseorang yang sudah cakap melakukannya dan itu tentu tidak semua orang bisa melakukannya.
      Dalam mengatasi hal terkait error bE2 cara paling mudah adalah membersihkan bagian dalam mesin dengan spot2 tertentu di area panel kontrol atau modul, gunakan vacuum cleaner dan semprotkan cairan pembersih kontak (contact cleaner) pada switch, cara ini tidak selalu berhasil apalagi pada kerusakan yang lebih berat perlu ada penggantian komponen elektroniknya bahkan memang terkadang akan selesai masalahnya setelah modul/PCB diganti baru.

      Hapus
  24. Asslmkm Pak Rudi
    sy mau tanya mesin cuci kami toshiba aw8480s akhir2 jni sering macet/blink terus saat proses rinse atau spin trus setelah skian lama blink kdg proses bisa normal lg. Sy sdh cek switch sensor pintu. Mohon pencerahan dan solusinya pak... trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Coba di full servis dulu pak Fauliya, cek kabel berikut kabelnya, pastikan PCB nya tidak lembab dan sebaiknya semprot cairan penetran pada beberapa bagian/part yang terlihat lembab dan berkarat.

      Hapus
  25. Salam kenal pak..
    Mesin cuci saya samsung tipe WA80V3 top loading.
    Setiao mencuci saya menggunakan mode quick.
    Sudah beberapa kali ini setiap habis pembuangan pertama (timer sudah 18menit) terdengar bunyi "tak" agak keras.
    Setelah itu timer akan kembali lagi ke aeal (26menit), berulang terus begitu.
    Sehingga setiap mencuci saa biarkan 2 kali mengulang setelah itu saya matikan dan saya spin.
    Saya sudah coba meratakan alasnya tapi hasilnya sama.
    Mohon solusi perbaikannya.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Andrey.....
      Ini adalah salahsatu keluhan yang sulit untuk di kemukakan perkiraan penyebabnya, suara yang timbul itu jelas biasanya berasal dari salah satu bagian mekanis di area girboks dan menurut anda program mencuci pun selalu kembali ke posisi awal bahkan anda pun tidak menyebutkan adanya kode error yang tampil, bila memungkinkan periksalah dahulu atau lihat pada bagian belakang (penutup belakang dibuka dulu) saat mesin bekerja untuk lebih membantu menemukan akar masalahnya.

      Hapus
  26. salam kenal...
    mesin cuci saya WA70V4....
    kejadian waktu posisi sedang nyala dan dalam posisi mengeringkan tiba" listrik padam karena kabel penyambung putus
    kemudian pas dinyalakan lagi muncul kode semacam E1 tapi garis sejaja paling atas pada huruf E tidak ada...dan tombol di ON kan bisa nyala tapi waktu di OFF kan gak bisa....semua tombol pun gak bisa diapa-apakan...
    mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Faruq ....
      Kemungkinan PCB mengalami kerusakan akibat terputusnya listrik secara tiba-tiba sementara saat itu sedang menjalankan program yang membutuhkan daya listrik maksimal (spin), rusaknya mungkin masih bisa diperbaiki tetapi bagi yang kurang faham akan hal memperbaiki alat semacam ini sebaiknya minta bantuan servis resminya.

      Hapus
  27. Siang pak, mesin cuci saya samsung WA70F4 top loading, tombol start nya tidak berfungsi pdhl blm ada setahun.. Kira2 apa penyebabnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang,
      Beberapa contoh soal disebabkan oleh tombol (micro switch/panel) yang rusak/lembab/kotor dll, Water level sensor atau Modul/PCB nya tidak jarang juga rusak.

      Hapus
  28. selamat malam pak
    mesin cuci saya WA80U3 bermasalah,mesin di hidupkan power on 5 detik kemudian mati,apa penyebabnya ya....terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa dulu Steker/colokan listriknya pak, mungkin ada fong sehingga koneksi listriknya tidak stabil.

      Hapus
    2. terimakasih pencerahannya,tepat seperti yg bapak sarankan

      Hapus
    3. satu lagi pertanyaan,adakah solusi untuk tikus,selain memindahkan ketempat yg terang,karena kondisi rumah tidak memungkinkan terimakasih

      Hapus
    4. Untuk masalah tikus yang mengganggu mesin cuci anda maka bisa kita pasang ram kawat diameter lubang 0.5cm atau ram/kasa nyamuk dari bahan aluminium atau metal lainnya (bukan plastik) di bagian bawah mesin.
      Terima kasiih atas interaksinya pak Hariyanto, salam.

      Hapus
    5. untuk penggunaan kasa nyamuk bahan alumunium sudah pernah saya aplikasikan dan ternyata tikus masih melubangi kasa nyamuk tersebut...terimkasih juga untuk sharing ilmunya pak rudi

      Hapus
  29. Selamat malam Pak Rudi,mesin cuci saya samsung top loading,sekarang tombolnya ogah2an dipencet,trus walaupun mesin mati tapi masih nyambung ke listrik selang 5 detik timbul 1E dan air dikuras,begitu dinamo penguras air sudah posisi full timbul 1E lagi dan dinamo jalan kembali,begitu seterusnya. Kira2 salahnya dimana ya Pak? Atas bantuannya sebelumnya saya haturkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Budi, sepertinya kode 1E nya sudah jelas menandakan bahwa ada indikasi Water Level Sensor nya bermasalah, periksa dan bila mungkin rusak diganti saja.

      Hapus
    2. salam pak, saya ada masalah mesin cuci samsung 1 tabung (kapasitas 8,5kg) mode WA85F55S3. Masalahnya hanya tombol power yang berfungsi. sementara tombol-tombol yang lain tidak ada yang berfungsi (salah satunya tombol start). mesin cuci saya ini baru berumur 9 bulan pak. tolong solusinya pak. thx

      Hapus
    3. Pak Riado, mungkin mesin cuci anda dalam posisi fitur Cild Lock nya aktif, coba tekan tombol Rinse dan Spin secara bersamaan selama 3 detik untuk menonaktifkannya.

      Hapus
  30. salam pak, saya ada masalah mesin cuci samsung 1 tabung (kapasitas 8,5kg) mode WA85F55S3. Masalahnya hanya tombol power yang berfungsi. sementara tombol-tombol yang lain tidak ada yang berfungsi (salah satunya tombol start). mesin cuci saya ini baru berumur 9 bulan pak. tolong solusinya pak. thx

    BalasHapus
  31. salam pak..mesin cuci saya samsung WF8650NHW, masalahnya gambar timer dan locknya nyala terus meskipun tombol pawernya belom ditekan,,jadi mesin cucinya nda bisa berfungsi,,mohon bantuannya pak. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Bu Musfira sepertinya fitur Child Lock di mesin cuci anda aktif, tekan tombol Rinse dan Spin secara bersamaan dalam beberapa detik sampai gambar kuncinya hilang untuk mematikan fitur perlindungan terhadap anak tersebut.

      Hapus
  32. Selamat malam pak rudi,
    tipe mesin cuci saya wa80v4 , tombol start / pausenya tidak berfungsi apakah perbaikannya hanya dengan mengganti pcb saja ? Dan jika di ganti dengan pcb universal apakah tidak apa" ? Mohon info dan masukannya pak. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Yudi ...
      Sebaiknya periksa dengan cermat karena mungkin cuma Water level sensor atau hanya kabel atau karena lembab saja sebelum diganti PCB baru.

      Hapus
    2. Salam kenal Pak Rudi.....
      Problem mesin cuci saya sama dgn yg di atas dan dengan type mesin cuci yg sama, masalah nya di mana letak water levelnya, di bawah atau diata. terima kasih

      Hapus
    3. Water level valve ada diatas dan tanda nya selain tersambung dengan kabel juga ada selang tersambung kedrum bagian bawah

      Hapus
  33. salam kenal pak rudi, mesin cuci saya samsung wa90f4 tiba-tiba saat keadaan mati berbunyi dan menunjukan angka 03, dan ketika dinyalakan tidak dapat mengisi air melainkan langsung berputar jadi saya cabut saklarnya saat saya pasang lagi mesin cuci tiba-tiba kembali berbunyi dan menunjukan angka 03 dan tidak dapat mengisi air padahal air selalu menyala,mohon bantannya karna buku panduan saya hilang. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk error code 03 itu tidak ada dalam catatan khusus mesin cuci samsung saya bu Nurul termasuk juga di dalam buku manual nya WA90F4 itu. saran saya periksa saja dulu bagian dalam mesin cuci nya mungkin ada gangguan dari tikus yang merusak kabel atau gangguan serangga.

      Hapus
  34. Selamat pagi Pak Rudi, salam kenal. Mesin cuci saya Samsung WF1124XA. Untuk penggunaan Eco Drum Clean apakah memerlukan deterjen? Jika memerlukan deterjen mohon informasi merk deterjen tersebut, berapa takarannya dan caranya. Terima kasih banyak atas bantuannya.

    BalasHapus
  35. Salam kenal kembali pak Adhi ...
    Menjalankan fitur Eco Drum Clean jangan menggunakan deterjen atau sabun lagi karena justru langkah itu bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa sabun dan kotoran yang menempel di bagian-bagian dalam yang sulit dijangkau dan akan lebih efektif jika dibarengi dengan penggunaan air panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang Pak Rudi, Mohon maaf merepotkan lagi. Listrik di rumah saya hanya 1300 watt. Untuk mejalankan Eco Drum Clean menggunakan temp 70C (temp tidak bisa dirubah) sehingga membutuhkan listrik lebih dari 1300 watt. Saya sudah mencoba memasukkan manual (via lubang untuk deterjen) air panas saat jalankan Eco Drum Clean namun tetap tidak kuat listriknya. Saya juga sudah jalankan Quick Wash tanpa pakaian dan tanpa deterjen, namun tetap muncul untuk jalanakn Eco Drum Clean. Apa pengaruhnya jika tidak dilakukan Eco Drum Clean? Dan jika belum dilakukan Eco Drum Clean apakah mesin cuci tersebut bisa dijalankan seperti biasa? Mohon saran apa yang harus dilakukan jika memang harus jalankan Eco Drum Clean. Mohon saran dari Pak Rudi atas kasus ini? Terima kasih...

      Hapus
    2. pak Adhi kita bisa menjalankan Eco Drum Clean ini dengan syarat daya listrik yang tersedia minimal 2000watt, untuk menjalankannya tanpa pemanas sebenarnya bisa tapi tentu hanya teknisi seperti kami inilah yang faham bagaimana caranya,
      Anda boleh abaikan indikator eco drum clean tersebut karena akan muncul dan hilang sendiri sekira sebulan sekali atau lebih tergantung dari frekwensi pemakaian dan tidak akan menjadikan masalah dalam jangka pendek. ingat, tidak semua produk mesin cuci samsung yang dilengkapi fitur ini tapi tidak begitu berpengaruh terhadap kinerjanya.

      Hapus
    3. Pak Rudi, mohon maaf banyak tanya. Sesuai keterangan dari Pak Rudi bahwa "untuk menjalankannya tanpa pemanas sebenarnya bisa tapi tentu hanya teknisi seperti kami inilah yang faham bagaimana caranya". Apakah bisa tehnisi kita panggil untuk menjalankannya. Jika bisa mohon info no hp nya, kebetulan saya berada di Balikpapan. Terima kasih

      Hapus
    4. Saya tidak ada rekomendasi teknisi untuk kota Balikpapan tapi perwakilan electrolux Balikpapan saya harap bisa membantu.

      Hapus
  36. Salam kenal pak rudi,,mesin cuci saya samsung WA90F4,,permasalahanx pas aku mau nyuci di hidupkan powerx hidup,,tp pas di tutup penutup mesin cucinya power listrik di monitorx mati pak,,mohon penjelasanx terima kasih

    BalasHapus
  37. Salam kenal pak rudi,mesin cuci aku samsung WA90F4,,,pas mau nyuci di hidupkan power listrikx hidup,,,tp pas di tutup penutup mesinx power listrik di monitorx mati,,,power listrikx hidup disaat penutup mesin cucinya terbuka aja,,mohon penjelasanx terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pa Rusli
      Sepertinya kabel-kabel mesin cuci terganggu, mungkin ada tikus yang masuk menggerogoti kabel dan itu berbahaya bagi mesin cuci anda sebaiknya segera diperiksa dan perbaiki.

      Hapus
  38. Terima kasih banyak atas informasinya Pak Rudi...

    BalasHapus
  39. Pak Rudi.. Harga Drain Motor mesin cuci samsung satu tabung biasanya berapa ? dimana belinya ? apakah ada tempat beli online ? Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drain motor untuk top loading sekitaran Rp.150.000. tergantung tipe di after sales service nya, beli online biasanya lebih mahal.

      Hapus
  40. Pak Rudi saya sudah ganti water level sensornya tapi masih tetap E1,kira2 salah apanya lagi ya Pak? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Budi
      Mohon diperhatikan bahwa error code E1 dengan 1E itu berbeda, untuk E1 biasanya masalah selesai hanya dengan membesihkan katup pemasukan air (solenoid) dan bahwa tekanan air ledeng/torn yang cukup deras (4-8 bar)

      Hapus
  41. Dear pa rudi.
    sy punya mesin cuci samsung pintu atas 7 kg.bru sy beli bulan oktober kmren.
    tp akhr2 ini kalau sedang proses air kluar (rinse) sering bunyi "kocrek".
    jd bunyi itu lalu air kluar, bunyi lagi air kluar. Ga lancar airnya.
    kadang saat bilas tabungnya muter2 ndri yg tengah itu lalu diam,muter lagi diam lg.sehingga baju ga kering.
    Klo kondisi ky gtu sy matikan dlu lalu ulangi proses spin.dan lancar.
    tp sy bru beli 3 bulan yg lalu masa sudah ada trouble. Rncnany sy akan komplain ke ES utk mnta diperbaiki bila perlu diganti.
    kira2 kerusakan mesin cuci sy krna faktor apa dan apa solusi yg terbaiknya.
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Yola yang baik, saya mencurigai adanya benda asing yang masuk kedalam drum mesin cuci anda, mungin itu pin, bros, cincin atau uang logam yang tadinya sebelum masuk mesin tertinggal di pakaian dan akhirnya mengganggu proses kerja mesin anda, itu sering terjadi dan tidak harus di mesin cuci baru maupun lama, segera hubungi tempat servis resmi nya namun untuk kasus ini anda tidak bisa komplain (free service) karena bukan merupakan hal yang menjadi/termasuk tanggungan (garansi) mereka.

      Hapus
  42. salam kenal pak rudi
    saya punya mesin cuci matic merk samsung, tombol ny semua tak berpungsing. tolong solusinya pak.tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali ibu Ruth ..
      Mesin cuci anda model top loading atau front Loading bu ?
      beberapa tipe dilengkapi fitur Child Lock yang memang akan membuat tombol tidak berfungsi sebelum fitur ini dimatikan, ditandai dengan tampilnya gambar kunci gembok di layar nya, Sebagai contoh di mesin cuci samsung WF80F untuk menonaktifkannya tekan tombol Temp. dan Spin secara bersamaan sedikitnya selama 3 detik.

      Hapus
  43. Dear,
    salam kenal pak rudi,
    mesin cuci saya samsung WA80U3. tombol functionnya tidak dapat berfungsi untk memilih (wash,rinse atau spin) sesuai keinginan. termasuk tombol pilihan water level tidak dapat difungsikan. namun jika dipakai secara otomatis ( misal : baju dimasukkan, power mesin on, tekan tombol start maka mesin akan bekerja normal ) normal dalam arti : bisa membaca kebutuhan level air, bisa wash, bisa rinse, bisa spin. namun ada yang aneh di akhir kerja. setelah spin selesai hingga muncul alarm tanda proses pencucian selesai. namun yang terjadi adalah : baju masih basah kuyup layaknya habis direndam. Demikian, mohon pencerahannya pak. terimakasih. wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali pak Sholeh...
      Untuk mengatasi tombol yang tidak berfungsi coba anda tekan tombol "water level" bersamaan dengan tombol "function" secara bersamaan dalam beberapa detik (dalam keadaan ON). kemudian untuk hal ke 2 periksa selang pembuangan, filter atau hal lain yang berhubungan dengan drainase.

      Hapus
  44. Assalamuallaikum,Salam kenal Pak Rudi, saya mau tanya,mesin cuci saya merk samsung topload SEri WA80J7,panel nyala normal tanpa ada kode error,tapi saya coba buat mencuci posisi fuzy dan pada posisi laiinya gak mau jalan begitu tombol star saya pencet.Saya coba tiup selang yang kearah water level mesin cuci bisa berfungsi,dan saya coba lakukan peneyetelan (ada semacam baut di atas water level)pada water levelnya bisa berjalan normal mesin cucinya seperti biasa,Setelah pemakaian selama 4 hari penyakitnya kambuh lagi,panel nyala semua tanpa ada kode error,saya coba lakukan seperti langkah diawal tapi kali ini mesin cuci benar - benar ngambek gak mau jalan,yang ingin saya tanyakan kira - kira dimana letak kerusakan mesin cuci saya tersebut pak?modul controlnya apa cuma water level controlnya,dan kisaran harga berapa kedua part tersebut kalau memang harus diganti,terima kasih atas jawabannya.Wasalalamulakum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.....
      Jika bisa kembalikan setelan di Water Level Valve ke posisi awal dan pastikan tidak ada air di dalam selangnya yang tertinggal karena akan mengganggu tekanan yang terbaca WLV nya lalu setelah itu isilah air ke dalam drum langsung tanpa melalui Water Inlet (pakai selang atau ember), jika langkah tadi ternyata membuat mesin bisa bekerja berarti kita harus periksa kondisi water inlet valve nya.

      Hapus
  45. Maaf pak,maksudnya tetap 1E,water level sensor udah diganti,kira2 salah dmn ya pak,thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada beberapa kasus masalah ini ternyata berasal dari modul nya tetapi sebelumnya anda periksa juga kabel dan soket.

      Hapus
  46. Selamat pagi Pak Rudi..

    Mesin cuci saya samsung WA60N2 mengalami kendala pencucian. Ketika air sudah terisi dan mesin (seharusnya)berputar,mesin malah tdk berputar dan lampu di water level menyala semua dibarengi dgn alarm peringatan (alarm yg berbunyi sama ketika mesin sdg bekerja dan tutup mesin kita buka)
    Penyebabnya apa ya pak?
    Solusinya bagaimana?
    Nb: -ketika pengisian air berlangsung,selain air dr selang yg terhubung dgn mesin,saya barengi jg dgn air dr ember/gayung.
    -input air dari selang lancar,dan ketika membuang air,tdk ada masalah.
    Terimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses pengisian air mungkin terlalu lama meskipun sudah dibantu dengan memakai ember, periksa barangkali ada kebocoran di saluran buang atau tempat lain.

      Hapus
  47. Pak Rudi,
    Mesin cuci saya Samsung WA75A3S, saat di start pertama keluar error 1E , kalau dilihat daftar diatas kemungkinan rusak adalah di solenoid valve water input. Bagaimana cara test solenoid valve tersebut masih bagus apa tidak.
    Kalau dilihat beberapa komen sebelumnya, kemungkinan rusak lainnya bisa di sensor water level. Dimana letak sensor water level dan bagaimana cara mengetesnya .
    Saya sudah mencoba saya isi air secara manual dengan ember tapi ketika saya start tetap muncul error 1E.
    Apa ada kemungkinan rusak di modulnya ? , apakah jika kena rusak modulnya apakah masih bisa diperbaiki ?

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Error 1E itu untuk water level switch/sensor sedangkan untuk solenoid E1, cara mengetes solenoid/water inlet adalah dengan cara mengukur nilai tahanan gulungannya atau langsung diberi tegangan listrik 220V.
      Ciri-ciri water level sensor itu ada 2 atau 3 kabel terhubung dengan modul dan ada selang kecil tersambung dengan bagian bawah/pinggir drum (membaca tekanan air dari drum).
      Cara mengetes water level adalah dengan meniup lewat selang (cabut yang terhubung ke drum).
      Anda katakan sudah mencoba mengisi air langsung secara manual tetapi tetap error, itu memang salah satu tanda water level sensornya rusak tetapi tidak jarang sampai merembet ke modul nya, beberapa rekan teknisi sering mencoba reparasi macam2 modul mesin cuci dan selama kerusakan belum sampai ke software dan IC program tentu banyak yang bisa normal kembali.

      Hapus
  48. Gmn cara masang selang kecil dari water level sensor? Masalahnya sehabis selang tsb. terlepas dari drum kemudian sy pasang lg mesin tidak berputar padahal air sudah sampai batasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai ada air didalam selang tersebut karena akan mempengaruhi tekanan udara yang terbaca oleh water level sensornya, sebaiknya pasang selang tersebut dengan drum dalam keasaan kosong

      Hapus
  49. Selamat pagi pak rudi.. Maaf sini hari tulips blog...
    Says mau Tanya.. Mesin cuci kita WA60B7.. Kerusakannya power tidak mau hidup.. Setelah di pikir ke belakang . Rupanya 3 hari lalu tegangan listrik mencapai 300 watt lebih... Dan posisi kabel tetap menancap di listrik. Tapi tidak dipakai/dihidupkan.

    Kemungkinan apa yg rusak ya pak rudi...
    Sebelum Nya kami uncap kan terima kasih telah di balas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Chun Sen ...
      selamat pagi, mungkin ketika listrik dirumah anda sempat naik hingga lebih dari 300volt itu posisi tombol power dalam posisi "ON" sehingga tegangan yang terlampau tinggi itu menyebabkan PCB/Modul rusak tetapi mungkin masih bisa diperbaiki karena biasanya PCB tersebut dilindungi oleh komponen pembatas tegangan tinggi yang dinamakan Varistor, varistor ini akan memblok tegangn sehingga listrik menjadi short dan selanjutnya sikring/fuse akan terputus, dari kesimpulan diatas biasanya sistem akan aman tetapi kita harus memperbaiki/mengganti ke 2 komponen tadi yaitu Varistor dan fuse.
      demikian semoga mudah difahami.

      Hapus
  50. maaf saya menulis ke blog ini lagi.. karna saya tidak tau apakah blog saya ini dah masuk ke redaksi bang Rudy atau belom...
    kembali kemasalah masin cuci saya...
    setelah saya buka mesin cuci saya ternyata Fuse nya gk masalah.. tidak terputus.. akhirnya saya memberanikan diri buat buka PCB nya. dimana PCB nya telah di lapisi jel bening menutupi semua komponen... Di cek pakai mata. tenyata ada beberapa komponen yg telah menghitam, diantara nya Dioda, Transistor, dan Trafo yang telah berbau nyengat... di sertain IC yg kecil telah kehitaman di salah satu kaki nya...
    Yang mau saya tanyakan. apakah komponen itu atau PCB itu bisa di cek oleh toko/tekniksi listrik/komponen itu.. atau mesti pakai akhli dalam mesin cuci saja.
    Yang kedua. jikalau misalnya saya ganti saja PCB nya dengan yang baru.. kira2 kena biaya berapa?
    ada recomend buat saya...
    sekali lagi terima kasih atas jawaban nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. PCB apapun bagi sebagian teknisi tentu bisa memperbaiki, umumnya teknisi khusus mesin cuci cenderung hanya mampu memperbaiki masalah mekanikal, untuk mengatasi PCB biasanya dia bekerjasama dengan teknisi elektronik (TV/audio/video/komputer hardware), pada sebagian besar masalah yang seperti anda hadapi bisa diatasi dengan mengganti komponen yang rusak dan khusus trafo biasanya dilakukan modifikasi karena part pengganti jarang dijual termasuk juga jika IC program/eeprom yang rusak yang tidak ada dijual itu menjadikan perbaikan berhenti/mentok sehingga terpaksa PCB diganti baru dengan harga biasanya kurang dari Rp.1 juta-an.

      Hapus
  51. Pa rudy mohon pencerahannya...mesin cuci sy selalu keluar kode 5E,setelah sy goyang2 sepertinya ada air didalamnya....bagaimana cara menguras air yg tersisa? Bila ada yg menyumbat bagaimana cara mengambilnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Don Geo ..
      Untuk membuang air secara langsung di mesin cuci front loading samsung itu ada selang kecil berpenyumbat yang bila kita lepas penyumbatnya itu maka air akan terbuang tanpa melewati pompa, letaknya didekat drain filter (kanan bawah). bersihkan saringan (debris filter) pembuangan secara berkala agar air keluar dengan lancar.

      Hapus
  52. assalamualaikum wr.wb

    mohon maaf jika saya bertanya kembali masalah mesin cuci,mesin cuci saya tipe wa80u3,semuanya normal tanpa muncul kode error,setelah habis mencuci saya spin air keluar tapi mesin tidak mau berputar kira" penyebebnya apa ya pak rudi,terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Coba periksa bagian gearbox nya, pastikan ketika akan spin itu solenoid pengunci rem nya terlepas.

      Hapus
    2. assalammualaikum, Pak Rudi.
      Hampr sama dengan masalah pak Hariyanto. Mesin cuci saya tidak bisa berputar untuk memeras walaupun sudah ditekan tombol spin. Timer tetap berjalan, tapi air juga tidak keluar. Solusinya kira2 apa, ya, Pak? Terima kasih sebelum dan sesudahnya.
      Wasssalammualaikum.
      Prisa

      Hapus
    3. Pintu penutup tidak lupa untuk ditutup ? atau ada masalah dengan switchnya, silahkan diperiksa dulu.

      Hapus
  53. Alahamdulillah sudah normal lagi setelah sebelumnnya Error denga kode 4E ini karena info Pak Rudi. Terimakasih salam dari Jeneponto Sulsel

    BalasHapus
  54. Mau tanya pak, mesin cuci saya Samsung WF8650NHW akhir-akhir ini mengalami masalah dengan timer nya. Biasanya saya pakai mode Quick (29 menit). Tapi kenyataannya bisa sampai 70 menitan. Saat di menit 28 memakan waktu yang cukup lama (sekitar 15 menit) demikian juga saat di menit 15 dan 8. Lalu detergent di Tray gak bisa habis sampai saat selesai mencuci . Mohon petunjuk dan solusinya pak. Terima kasih banyak, Semoga sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Hary,
      Coba anda bersihkan dulu saluran air masuk termasuk laci tempat sabun/pewangi dan saluran air keluar/drain.

      Hapus
    2. Kalo tempat detergen dan pewangi rutin saya bersihkan dan sudah saya cek saluran masuk yang dari kran dan gak ada masalah. Untuk saluran masuk/keluar itu bagian di dalam mesin ya? Mungkin bisa diberi petunjuk lebih detail pak Rudi.

      Hapus
    3. Bukalah lacinya (tekan pengunci dan tarik keluar) untuk membersihkan sisa-sisa sabun yang tidak terbawa masuk ke drum lalu menumpuk menghalangi jalan air, bersihkan debris filter supaya air buangan keluar lebih cepat.

      Hapus
    4. Terima kasih Pak Rudi atas tanggapannya yang cepat. Kemarin dah saya bersihkan tempat detergennya seperti petunjuk bapak, dan saluran air diatas tempat detergen juga sudah saya bersihkan dengan sikat gigi. Kelihatannya memang airnya ke drumnya gak lancar, padahal dari kran tekanannya dah cukup.
      Kalo Debris filter itu yang mana ya pak? (maaf nyari-nyari belum ketemu)

      Hapus
    5. Debris filter itu istilahnya samsung untuk filter pembuangan (ada di pojok bawah)

      Hapus
  55. Mohon pencerahan..... mesin cuci wd080 tabung 8,5 kg.... filter sudah dibersihkan, tekanan air cukup kuat .. masalahnya setelah pencet start 3 menit kemudian muncul 4E... bingung semua cara dah dilakukan... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak John bisa coba solusi yang saya berikan pada pak Hary (komentar diatas) dulu.

      Hapus
  56. Pak mesin cuci saya merk samsung bukaan atas tipe WA90F4 .knp saat pengisian air berjalan lambat.air yg masuk ha deras.pdhl filter di selang belakang sudah saya bersihkan.apa ada yg perlu dibersihkan lg pak?
    Yg kedua knp lampubindikator water level mid ,child,blanket selalu nyala terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Filternya ada 2, dekat keran dan solenoid atau bisa juga solenoidnya kotor.
      coba bereskan dulu hal diatas, mudah2 an lampu indikatornya normal kembali.

      Hapus
  57. Pak solusi untuk mesin cuci samsung wa90f4 tombol menu tidak fungsi gimana yah? Hanya tombol power yang fungsi.. d sekita tombol ada bau sangit gitu... Apa yg harus d ganti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda minta bantuan teknisi elektronik untuk memeriksa bagian power supply nya, biasanya transformer atau komponen aktif lainnya terbakar.

      Hapus
  58. Selamat pagi Pak Rudi, mesin cuci saya samsung WT12J7 klo diisi air kok ga mau penuh atau air cmn lewat kayak kebuang saja itu kenapa ya pak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan periksa katup pembuangan/drain valve nya, kemungkinan terganjal sesuatu misalnya koin, peniti dll.

      Hapus
  59. Maaf nanya lagi pak. Untuk kejadian saya di atas belum juga terselesaikan (menit 28, 15 dan 8 lama banget). Kalo untuk saluran pembuangan sudah rutin saya bersihkan. Untuk air yang masuk ke tempat detergen sepertinya tidak sekenceng biasanya (padahal tekanan air cukup dan air dari kran lancar. Mohon solusi alternatif lain pak Rudi, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Hary
      itulah masalahnya, saran saya perbaikilah dulu aliran air masuk nya, pada solenoid (keran elektrik) jika penyaringnya (filter) bersih tapi aliran air tetap tidak kenceng seperti biasanya berarti solenoid ini sebaiknya diganti saja.

      Hapus
    2. Sudah agak lumayan pak, yg biasanya untuk quick butuh waktu 70 menitan, sekarang sekitar 40 menit. Untuk penggantian selenoid apakah bisa dilakukan sendiri, karena kalau saya lihat koq sepertinya sulit membuka mesin sendiri (baut2nya gak ada)

      Hapus
    3. Saya yakin anda bisa (asal anda punya skill teknik yang cukup), masalah baut-baut yang belum ketemu cobalah untuk mencari dengan lebih teliti karena memang sebagian berada pada posisi2 tersembunyi.

      Hapus
  60. selamat siang pak,mesin cuci saya samsungWA70V4 1 tabung,masalahnya semua keadaan baik saat start, air mulai keluar mengisi tabung,tapi setelah air mulai agak penuh muncul kode 4E,saya matikan dan hidupkan dari awal,air terisi lagi sampai tabung penuh sekali tapi tidak bisa wash dan rinse,tapi spin bisa..mohon arahannya pak,sbelumnya saya pernah sekali mengisi air manual ke tabung krn air di keran tidak jalan,setelah kejadian itu,muncullah masalah ini..
    mohon pencerahannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Hery
      Kemungkinan water level valve nya rusak atau coba dulu cara berikut :
      - buang (drain) air yang ada didalam drum lalu matikan mesin cuci nya,
      - buka penutup bagian atas lalu temukan water level valve nya untuk mencabut selang kecilnya lalu tiup selang ini dengan tujuan untuk mendorong air yang mungkin terjebak didalam selang yang mengakibatkan daya tekan udara terhadap sensor water level valve ini kurang kuat.
      itulah langkah dan penyebab pada umumnya bila terjadi hal seperti yang anda sebutkan.

      Hapus
  61. Pak mesin cuci saya samsung WA80V4, 1 tabung bukaan atas, tombol2 masih berfungsi, tapi untuk pengisian air secara otomatis koq gak bisa, kalo di setting manual masih bisa ngisi air, tapi tetep gak muter proses pencuciannya setelah air terisi., atau untuk spin saja gak muter ( gak bisa), padahal waktu hitung menitannya bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kecandran
      apakah anda sudah memeriksa mesin cuci anda pada bagian kabel-kabel nya ? penafsiran awal saya tertuju pada bagian2 tersebut.

      Hapus
  62. pagi pak rudi..mohon bantuannya pak..mesin cuci saya samsung WA90F4 kerusakan error t1. bagaimana cara memperbaikinya? langkah apa yang harus saya lakukan/
    terima kasih

    imam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Imam
      Cabut steker/colokan listrik nya (terlepas dari hubungan dengan jala-jala listrik) dan diamkan minimal 0.5 - 1 menit kemudian hubungkan lagi dan hidupkan kembali.

      Hapus
    2. kalo masih tetap gak bisa bagaimana ya pak.

      Hapus
  63. Met malam P Rudi...salam kenal
    Mohon solusi untuk Samsung WA70V4, saat tabung kosong spin berfungsi normal tapi saat mencuci fungsi rinse & spin nggak jalan, oh iya pak kondisi pengisian air jg nggak bs otomatis berhenti sendiri....mohon penjelasan dan terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali pak Hery
      saya butuh bantuan anda sebelumnya untuk memeriksa V-belt nya dulu dan memeriksa solenoid nya juga jika macet diganti saja.

      Hapus
    2. Kemarin kami cb bersihkan water valve(ada sedikit kerak) & jg niup slang water level..alhamdulillah sembuh pak/semoga sembuh seterusnya hhh. Terima kasih atas jawaban2 yg P Rudi uraikan pd rekan2 & pd sy krn sangat membantu sekali pak, jd trouble sy udah kelar pak dan semoga sharing bapak barokah selalu, sekali lg thanks ya pak.

      Hapus
  64. selamat sore mas rudi mau shearing ane punya mesin cucI samsung 1tabung pas dicolok kelistrik langsung keluar suara dengu sebelum distart dan pas distar mesin gk muter walau sdh diisi air full dan dilayar tdk keluar kode erornya,, kadang suka nyetrum airnykira kira apanya yg rusak,,, trmkss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Sanusi
      pertama anda harus memeriksa kabel-kabel nya dari kemungkinan terputus-putus dan konslet karena digigit tikus, kemudian periksa modul / PCB nya dari kemungkinan lembab / berair.

      Hapus
  65. pak rudi mohon bantuannya, mesin cuci saya samsung WA90F4 saat mode mencuci tabung tidak mau berputar akan tetapi saat mode pengeringan tabung lagi mau berputar,.itu apakah kapasitor yang sudah lemah atau gmn z pak??terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Tony
      Seharusnya tidak demikian karena untuk tipe mesin cuci ini justru saat spin lah yang membuat mesin bekerja ekstra berat untuk memutar, ada baiknya anda memeriksa hal lain misalnya solenoid pada rem/brake drum nya.

      Hapus
  66. Dear Bapak Rudi.
    Mohon dibantu solusi untuk mesin cuci Samsung WA70V4. Sekitar 4 bulan yg lalu pernah mengalami kerusakan semua tombol tdk berfungsi. Dan saat itu modul sdh diganti dgn yg baru. Dan skrg ini mesin mengalami masalah lagi, dimana setelah tombol power ditekan, posisi timer monitor --, pulsator langsung berputar lambat. Setelah tombol start ditekan, pulsator berputar cepat. Selanjutnya saya coba memberhentikan putaran dgn menekan tombol start/pause, pulsator masih tetap berputar cepat. Mohon solusinya. Sekian dan terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Nur Hayati
      permasalahan seperti ini biasanya timbul dari beberapa kemungkinan, pertama adalah dari kabel2 yang rusak oleh gangguan tikus dan karat lalu water level sensor dan modul nya itu sendiri, penggantian komponen baru harus diikuti pemeriksaan yang lainnya supaya bisa bekerja maksimal dan awet.

      Hapus
  67. Salam kenal pak,
    mesin cuci saya samsung wa8037 baru kali ini bermasalah stlh lbh 7 thn pemakaian. Powernya gak mau nyala. saya sudah bongkar modul dan cek supply pake voltmeter ada tegangannya. kira2 kenapa ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Pak
      Pertama yang perlu anda periksa adalah water level valve (bila perlu langsung ganti saja) kemudian periksa semua micro switch yang ada di modul jangan sampai ada yang short walaupun itu sangat rendah nilainya dan tentu saja di modul itu jangan sampai ada komponen yang rusak/short (dioda/resistordll).

      Hapus
  68. Dear Pak Rudi Halim
    mesin cuci sy WA70V4 smua tombol baik power, start, pause, ataupun menu tdk brfungsi, indiksi dlayar cm angka 11 sprti proses mencuci yg blum slsai, sy coba mlepas kbel2 di pcb brhrap dpt mreset programnya tp tdk bs, kira2 mesin cuci sy knpa ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Riska yth
      Langkah awal yang mungkin bisa ibu lakukan adalah meneliti setiap sambungan/soket untuk memastikan bahwa bagian2 tersebut tidak lembab dan berjamur, terutama pada soket water level valve, bila ada indikasi seperti itu apalagi berkarat bersihkan dengan contact cleaner lalu bilas dengan cairan penetrant (WD40), periksa juga bagian lain untuk memastikan bahwa tidak ada bagian elektris yang lembab penyebab modul error/hang. coba hidupkan kembali setelah langkah2 diatas bila keluhan tetap terjadi kemungkinan perlu ada penggantian komponen yang sebelumnya harus dianalisa lebih detail.

      Hapus
  69. Selamat pagi pak rudi halim saya mau tanya perihal MESIN CUCI SAMSUNG WF8590NHW airnya tidak kenceng....apa krna tersumbat ato otomatisnya rusak bagaimana cara memperbaikinya pak...dan brpkah harga otomatis airnya...trima kasih informasinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bha Rhes
      salahsatu penyebab memang adalah keran elektrisnya (water inlet), coba anda bersihkan saringan yang ada didalamnya dulu atau diganti baru, harganya relatif murah/sesuai dengan fungsi.

      Hapus
  70. Halo Pak Rudi. Salam kenal Pak. Mesin cuci saya Samsung wa90v4 berhenti waktu masih dalam proses mencuci. Tidak ada kode error apapun. Saya sudah coba cabut stop kontak. Waktu dipasang kembali semua lampu indikator menyala lagi seperti terakhir mesin berhenti. Tapi mesin cuci tetap diam. Sama Samsung disarankan untuk ganti pcb. Di posting awal saya sempat lihat ada yg bisa ganti pcb alternatif. Mungkin ada yang bisa infokan dimana saya bisa beli. Kalau boleh dengan kontak sekalian. Atau Pak Rudi punya saran lain? Thanks sebelumnya Pak Rudi

    BalasHapus
  71. Dear pak Roy
    Kemungkinan besar memang pcb nya yang bermasalah, tapi harus berdasarkan pemeriksaan yang cermat karena jangan sampe pcb diganti ternyata masalah tetap terjadi atau tidak tahan lama, memodifikasi (pcb universal) meskipun bisa namun tidak terjamin kualitas dan kuantitasnya.

    BalasHapus
  72. salam pak rudi
    mesin cuci saya samsung WF8590NHW kenapa Ga bisa Wash ( biasanya kedengeran air masuk ) tapi posisi Rinse n spin bisa ( denger air masuk n muter ) kira2 apa ya yang rusaknya...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda periksa tekanan air, filter di inlet valve nya mungkin kotor atau rusak

      Hapus
  73. Salam kenal pak rudi, mesin cuci saya samsung type WA70V4, tidak mau keluar air dr vlv, sudah dicheck dan dibersihkan vlv airnya tetap tidak mau, dicheck voltage selenoid 220v, di swap selenoid vlv dengan mesin cuci yang sama hasilnya vlvnya bekerja, di test lg di mesin cuci saya tetap tak bekerja, kira2 kerusakanya dmn yah pak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Dion
      sudah anda pastikan bahwa tegangan yang keluar dari kabel untuk valve itu ada pada 220 volt ya ... check kabel barangkali terputus atau berjamur, meskipun tegangannya ada tapi bisa saja tegangan itu drop saat valve dipasang, coba juga masukan air dengan cara lain kedalam mesin cuci untuk mencoba apakah mesin bekerja normal setelah terisi air dengan cukup.

      Hapus
    2. Untuk kabel sudah diurut tdk ada damage atau rusak, sudah di coba sekali masukin air manual tp tidak bekerja, untuk bilas dan pengering msh bekerja tp untuk washing tdk bekerja pak

      Hapus
    3. Coba dulu cara ini : pastikan drum kosong tanpa air lalu cabut selang yang nyambung ke water level sensor dan tiup selang itu untuk memastikan tidak ada air didalam selang itu, jika tetap tidak berpengaruh mungkin water level sensor atau bahkan modulnya rusak

      Hapus
  74. Salam kenal..
    Kenapa samsung WA70V4 saya tidak bisa beroperasi sama sekali?
    Saat Power ditekan, semua led hidup. Tapi di led monitor "Hour & min" hanya muncul tanda "- -" (dua strip minus).
    Saat tombol Start/Pause ditekan tidak ada respon & mesin tetap tdk mau jalan.
    Mohon pencerahannya.
    Trmksh sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga
      pertanyaan seperti ini cukup banyak dan dalam prakteknya kebanyakan rusak pada water level sensor dan modul/PCB.

      Hapus
  75. pak rudi saya mau tanya,, mesin cuci samsung saya hanya tombol powernya yang berfungsi yang lain tidak berfungsi..dan di layar tidak ada kode erorr apapun hanya [-- --] sudah saya coba tekan rise+spin(bahkan lebih dari 10 detik) tapi tidak ada effect apapun...mohon pencerahannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tipe bukaan pintu atas coba diganti dulu water level sensor nya tetapi bila masih belum normal kemungkinan modul nya bermasalah.

      Hapus
  76. Salam kenal pak..mau tanya... mesin cuci saya merk samsung type wa80v4 pada saat dinyalakan langsung muncul OE trus selang berapa lama muncul IE,itu kenapa ya pak? Saya isi air manual Mohon pencerahannya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu biasanya Water Level Valve nya yang rusak, tetapi anda juga harus memastikan bahwa kabel-kabel dan modul nya tidak putus dan lembab.

      Hapus
    2. Berarti Bagian Body Belakangnya harus di buka ya Pak untuk mengetahui ada yang putus / lembab ?
      Kira - kira kalau di Service biayanya berapa ya Pak?

      Hapus
    3. Iya Bu Leny, biaya tergantung teknisi/bengkel

      Hapus
  77. Assalamuallaikum pak rudi
    saya mau tanya mesin cuci samsung saya ko gak bisa wash ya
    kejadiannya baru tadi pagi ..
    tp saya coba utk spin dia bisa ..
    trs saya coba utk wash lagi kaya terpause gtu
    Mohon pencerahannya ya pak
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Anda menggunakan mesin cuci model bagaimana ?
      untuk mesin cuci otomatis cobalah untuk memeriksa pasokan airnya, periksa filter air pada solenoid atau kabelnya mungkin putus kena tikus.

      Hapus
  78. pagi pak rudy,,,,sy punya mesin cuci samsung wa70b7 yg 7kg, kerusakan klo udah power ndak cukup 3 menit udah mati bunyi tik tik tik dan lampu pada tampilan tekan tombol ndak nyala. gmn solusinya pak rudy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar penyebab mesin cuci error adalah karena kelembaban yang tinggi, keluhan anda mungkin bisa teratasi dengan cara yang seperti di postingan terbaru ini :
      http://bengkelmania.blogspot.com/2015/04/samsung-error-code-1e-dan-0e.html

      Hapus
  79. Siang pa m
    Mesin cuici samsung wa7 saya mati total modulnya ada yg meledak bagian resistor dekat indikator level air apa perlu diganti
    modulnya dgn water level sekaligus?. Kira beli modul daerah jabar dimana ya pa
    Trimaksi

    BalasHapus
  80. Selamat pagi Pak. Air tidak mau terbuang. Saluran pembuangan sdh di check tdk ada kotoran atau tersumbat. Model mesin cuci sanyo asw-85sb. Error code E2. Apakah drain motor rusak? Gimana cara check APA ada listrik ngalir ke drain motor? Trim,s sebelumnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. error code E2 untuk mesin cuci sanyo itu dikarenakan pintu tutup atas bermasalah. error ini akan muncul ketika akan drain atau spin, silahkan diperiksa bagian yang saya sebutkan.

      Hapus
  81. Assalamualaikum. Pak rudi. Saya mempunyai mesin cuci samsung tipe ww75h5200ew/se. Sewaktu pertama kali melakukan pencucian, mesin cuci bergetar hingga melompat. Ternyata baru diketahui baut pengamanan belum dibuka. Setelah dibuka mesin cuci sudah tidak melompat lagi. Tapi anehnya sewaktu mencuci sampai spin terdengar bunyi cit cit. Setelah saya coba lihat dan mencoba menggoyangkan drumnya ternyata bunyinya dari situ seperti suara yang seret. Kira2 apa ya pak kerusakannya mengingat baru dibeli? Terima ksih.

    BalasHapus
  82. Semangat pagi mas rudi
    Mau nanya mesin cuci saya ada alarm e6 merk daimitsu 1 tabung
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Boyke
      Mohon maaf karena saya tidak dapat membantu masalah anda untuk saat ini.

      Hapus
  83. selamat pagi pak rudi, saya mau tanya pendapat

    mesin cuci saya muncul kode 5E,
    filter pembuangan sudah saya bersihkan.

    saya coba proses drain, tapi pembuangan air tidak keluar sama sekali.
    pompa pembuangan juga seperti tidak bekerja (tidak terdengan suara dengung pompa seperti biasanya).
    kemudian muncul kode 5E

    menurut pak rudi, apa pompa pembuangannya bermasalah?
    lalu tindakan apa yang sebaiknya saya lakukan?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan pemeriksaan lebih detail pada drain motor (pompa pembuangan) dan kabel yang terhubung dengan nya.

      Hapus
  84. Pak Rudi,
    Saya memakai samsung wa90f4 9KG, kena error 4E, setelah saya buka tabung belakang , ternyata ada air yg keluar dari lubang kecil gitu, boleh tahu ini karena apa ya Pak ?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan selang kecil penghubung drum dengan water level valve terlepas itu pak, matikan dulu mesin dan buang air sampai tak bersisa dan pasang lagi selang dengan kencang dan memakai klem agar tidak lepas lagi.

      Hapus
  85. salam pak rudi, maaf saya mau tanya tentang mesin basuh saya samsung automatik 10kg ada drum diamond..saya ingin tahu mengapa,mesin ini airnya keluar terus tanpa henti walaupun saya belum tekan power dan start untuk proses pembasuhan..seharusnya mesin itu berputar dulu setelah kita menekan power dan start utk ketahui berapa berat pakaian yang kita telah isi dalam mesin itu kemudian barulah airnya pula yang keluar..ini saya kena buat secara manual..mohon pencerahan daripada pak rudi..terima kasih pak..

    BalasHapus
  86. Dear pak Roziati ada info penting yang anda lewatkan yaitu jenis mesin cuci anda, apakah Top loading atau Front loading tetapi akan saya jawab saja untuk keduanya.
    - untuk model top load kemungkinan itu karena katup pembuangannya terganjal sesuatu yang berasal dari pakaian seperti kancing, uang koin dll
    - untuk front loading kemungkinan selang pembuangannya tidak tergantung/terpasang sebagaimana mestinya (silahkan lihat buku manual supaya lebih detail)

    BalasHapus
  87. Salam Pak Rudi,
    Saya memakai samsung wa90f4 9KG, kemarin sy sempat clean tub mesin cuci sy, tetapi air tidak terkuras sama sekali, kemudian sy coba untuk membuka selang pembuangannya tidak ada apa" pak, tetapi di tabungnya terdapat lumut.
    bagaimana cara membersihkannya dan kira" disebabkan oleh apa pak?
    mohon bantuannya.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuka selang mungkin memang tidak akan berpengaruh apa2 tetapi anda harus memeriksa katup nya, silahkan buka tutup belakang mesin cuci tersebut lalu katupnya ini berada dalam sebuah saluran yang terhubung dengan selang yang anda lepas tadi dibawah drum.

      Hapus
  88. Dear Bpk Rudi
    Mesin cuci saya Samsung Top Loading WA80V4, skrg gi ada masalah pa, ga mau Wash, air ga masuk trus indikator lampu wash & setingan level air yang medium ga nyala.
    kalo filter airnya sih udah saya bersihkan jadi bisa saya pastikan tidak mampet.
    Tabung msh bisa berputar kalo untuk mode selain Wash

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda isikan langsung airnya ke dalam drum .... bisa pakai gayung, ember atau selang dari keran tanpa melalui solenoid .... apabila mesin bisa mencuci seperti biasa setelah air penuh maka bisa dipastikan solenoid nya rusak ....

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.