Suhu ideal pengoperasian AC

AC yang baik adalah yang bisa membuat suhu ruangan menjadi ideal, suhu ruangan ideal yang nyaman bagi tubuh orang-orang yang hidup di iklim tropis seperti Indonesia adalah antara 20-25°C. Pada umumnya unit pengkondisi udara atau Air Conditioner sanggup menurunkan suhu hingga 18°C bahkan diklaim bisa sampai 16°C. jika kita menghidupkannya di saat malam hari asalkan instalasinya benar tentu suhu terendah tersebut bisa tercapai dengan mudah tetapi lain halnya jika kita menghidupkan AC tersebut pada siang hari dibawah sinar matahari yang terik, suhu di udara luar atau luar ruangan bisa berada diatas
35 derajat celsius apalagi jika unit outdoor nya terpasang diatas bangunan tanpa pelindung ...... wah ! bisa lebih cepat rusak ya unit AC nya.

Kembali kepada suhu ideal pengoperasian AC yang telah ditetapkan oleh para produsen ketika pertama dihidupkan adalah di 22°C, itu artinya setelan sedemikian berada pada kisaran suhu ideal kamar yang telah kita singgung diatas tadi, ketetapan suhu menurut standar pabrik tersebut telah diperhitungkan secara matang melalui hasil riset yang panjang dan bisa dipastikan unit AC akan awet dan tentunya hemat listrik, kompresor sebagai komponen utama akan leluasa bekerja dan beristirahat secara seimbang tanpa "paksaan" untuk mengejar suhu terendah seperti kebanyakan pemakai yang belum mengerti bahwa kemampuan suatu mesin pun tentu ada batasnya.

Pada artikel selanjutnya akan saya ulas mengenai Thermistor yang bertugas sebagai sensor suhu pada AC.

Komentar

  1. mesin cuci lg top loading tidak mau spin kenapa ya,...padahal proses sebelumnya normal semua,..pembuangan air juga lancar ..mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Masmoko, pertanyaan nya diluar topik tapi engga apa-apa meskipun tidak disebutkan tipe nya juga .... untuk hal ini coba periksa bagian mekanis di gearbok, di situ ada semacam solenoid yang harus aktif untuk melepaskan rem yang menahan drum. jika rem tersebut tidak lepas maka drum tidak akan bisa berputar atau hanya pulsatornya saja yang mutar.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.