Arti kode error di mesin cuci Samsung


Apabila anda salah-satu pengguna mesin cuci Samsung jenis front load semoga bisa menikmati pemakaian yang optimal tanpa kendala dengan masa pakai yang cukup lama, tetapi jika kebetulan sedang dihadapkan pada masalah yang sulit diselesaikan walaupun sudah mencoba melakukan beberapa tindakan-tindakan awal sebelumnya semoga artikel ini bisa memberi pencerahan bagi anda khususnya apabila ada tampilan kode-kode seperti dibawah ini pada layar menu nya

Kode dan Artinya :
  • dE artinya : Pintu belum tertutup dengan benar.
  • 4E artinya : Pastikan keran air bertekanan sudah dan selalu terbuka.
  • 5E artinya : Bersihkan saringan drainase dan selang nya terpasang dengan benar.
  • UE artinya : Mesin bekerja dengan tidak seimbang, kemungkinan mesin berdiri dengan tidak stabil, cucian menggumpal/kusut (stop dulu proses mencuci dan keluarkan pakaiannya lalu masukan kembali satu persatu).
  • cE atau 3E artinya : Ada suatu hal yang dianjurkan untuk ditangani oleh teknisi yang mahir atau panggil service centre.
  • Sd artinya : Sabun terlalu banyak sehingga kelebihan busa sabun, biarkan mesin bekerja sendiri untuk mengurangi busanya dan akan berjalan normal kembali.
  • Uc artinya : Tegangan listrik di rumah anda sedang tidak stabil sehingga secara otomatis perangkat akan menunda proses pencucian untuk melindungi diri dari kerusakan dan akan kembali bekerja apabila tegangan listrik sudah kembali normal.
 Demikian, semoga artikel ke sekian kali tentang mesin cuci ini akan bermanfaat, code error atau fault code ini relevan untuk mesin cuci Samsung yang di jual di Indonesia dan negara lain nya.



Komentar

  1. Halo pak Rudi, mohon bantuannya.....
    Saya 3 hari lalu beli mesin cuci Samsung WH8650NH/W. Kita coba untuk test cuci ternyata muncul error Uc (kalau dalam manual berarti listrik tidak stabil). Akan tetapi untuk alat elektronik lainnya bisa berjalan dengan normal sehingga listrik menurut saya tidak ada masalah. Dan perlu diketahui bahwa mesin cuci tersebut punya toleransi +- 25 %, jadi cukuplah mungkin bila ada tegangan naik dan turun sedikit.
    Akan tetapi problem Uc ini ngga bisa hilang .
    Mohon sarannya dan solusinya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ahmad yth, coba anda pasang steker atau colokan mesin cuci anda pada stop kontak listrik yang lain, pada beberapa kejadian hal ini diakibatkan kesalahan instalasi listrik yang terpasang, sebagai contoh kabel standar listrik rumahan adalah 3 jalur (L,N dan ground) dan karena kesalahan instalatur terjadi kesalahan pemasangan sehingga aliran listrik tidak terjadi dengan semestinya.
      Demikian pak Ahmad, terima kasih atas partisipasinya.

      Hapus
  2. Halo Pak Rudi Halim, terima kasih atas infonya. Kode error yang saya temui pada Mesin Cuci Samsung front load saya, kode LE. Apakah artinya itu ? Dan bagaimana cara mengetahui tadi sudah berjalan sampai angka berapa terakhir, apakah sudah melewati rinse, atau masih di wash, atau sudah sampai tahap tinggal spin? Apakah bisa dilanjutkan dengan tidak me-restart secara manual ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sobat blogger yth, untuk kode LE menandakan ada kebocoran air pada mesin cuci anda atau level air kurang (yang terdeteksi oleh sensor secara berulang-ulang), solusi awalnya silahkan anda periksa kebocoran dan perbaiki.
      Terimakasih atas komentarnya dan semoga bermanfaat jawabannya

      Hapus
  3. Balasan
    1. Dear sobat blogger yth, mohon maaf pertanyaan anda tidak bisa di jawab karena belum mempunyai data dan belum pernah menangani mesin cuci seperti yang anda sebutkan diatas, harap maklum.

      Hapus
  4. pak kode mesin cuci saya error dengan kode de. padahal saya tidak membuka tutupan mesin cuci. dulu sebelum error saya pernah tidak sengaja membuka mesin cuci pada saat mesin cuci berkerja, lalu muncul kode de. segera saat itu saya tutup. tapi serelah itu kode de muncul kembali tanpa saya buka pentupannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dina yth, sepertinya mesin cuci anda perlu diperiksa switching di pintu nya, mungkin ada sedikit kerusakan dan masih bisa diperbaiki.

      Hapus
  5. Hai Pak Rudi Halim, mesin cuci samsung front load WF-B1061 error 6E maksudnya apa ya, dan penyelesaiannya gimana. Di manual book tidak ada penjelasan tentang error tersebut.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Siti nurul yth,
      coba anda matikan dulu fitur pencucian dengan air panasnya (jika kebetulan anda biasa menggunakan fitur ini) dan jika hal tersebut masih terjadi (error E6) anda harus minta bantuan teknisi untuk memastikan bahwa tidak ada kabel/soket yang rusak/longgar dan sensor NTC nya tidak rusak.
      Demikian ibu Siti, semoga bermanfaat pencerahan dari saya.

      Hapus
  6. Maaf pak saya mau nanya kalo muncul kode eror IE/1E mesin cuci samsung 1 tabung apa ya yg eror?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak M. Lucky Wibowo,
      untuk arti error/fault code pada mesin cuci samsung secara general adalah terjadi sesuatu dengan sensor level air (water level sensor) atau anda terlalu sering menggunakan deterjent secara berlebihan atau terlalu banyak, coba anda periksakan sensor tersebut berikut kabel dan soket yang terhubung dengannya.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
  7. mau tanya pak. saya pake samsung 1 tabung. sy pake dengan cara manual. jadi air sy masukkan sendiri dan deterjennya. sy seting cuci,bilas,peras. saat selesai cuci dan meminta air untuk bilas,sy alirkan air lewat kran. sy tutup dan mesin cuci membilas. setelah membilas,sisa waktu di timer masih sekitar 13-14 menit. saya bingung. apakah mesin minta air lagi atau bagaimana? krn saat ditunggu,muncul kode error 4E. mohon infonya..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Sulis yth,
      kode 4E yang muncul pada layar menunjukan mesin sudah menunggu siraman air baru terlalu lama sehingga munculah kode tersebut namun anda tidak bisa melanjutkan proses mencuci karena program harus diulang dari awal, Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.

      Hapus
  8. selamat malam Pak Rudi, mohon bantuannya.....
    saya memakai mesin cuci front loading muncul kode H1 ketika mau mulai mencuci, kenapa ya Pak?
    terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Wulan yth,
      kode H1 ini menandakan bahwa mesin cuci mengalami masalah dengan sistem pemanas air nya, ini bukan masalah mudah namun setidaknya beberapa komponen patut dicurigai seperti :
      - elemen pemanas.
      - sensor suhu atau thermistor
      - kabel berikut koneksinya dll.

      Hapus
  9. Pak mau tanya..
    mesin cuci saya samsung satu tabung.. ketika dihidupkan air mengalir tapi air terus terbuang ke saluran pembuangan, lalu keluar kode 4E.. bagaimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Hasan yth,
      Sudahkah anda pastikan selang pembuangan menggantung ke tempatnya (sesuai petunjuk di buku manualnya) supaya air tidak langsung mengalir keluar dan ketika mencuci selesai air akan didorong oleh pompa air yang sudah terintegrasi di dalam mesin.

      Hapus
  10. mesin cuci saya samsung 1 tabung, tidak bisa dihidupkan.dicek arus listrik bagus. power tidak mau dihidupkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Muhammad yth,
      coba anda periksa sikring/fuse yang terdapat di dalam mesin.

      Hapus
  11. Selamat malam pak, artikelnya sangat membantu sekali bagi para teknisi yang sering mengalami pasien dengan kasus error seperti diatas. salam kenal Service tv

    BalasHapus
  12. Pagi Pak Rudi.....
    Mesin Cuci Samsung kami ada masalah Error IE ...... Apa yang harus kami lakukan Pak ...... terima kasih Budhie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Budi yth,
      kode 1E yang muncul pada layar menunjukan ada sesuatu yang diluar normal dengan water level sensor nya (sensor tingkat air yang masuk ke drum), silahkan periksa komponen tersebut berikut komponen lain yang berhubungan misalnya kabel,selang (mungkin mampet atau bocor di gigit tikus) dll.

      Hapus
  13. Siang Pak Rudi...
    Saya punya masalah dengan mesin cuci samsung saya model top loading yg 7 kg kenapa kok lampu indikator air di high level terus...
    Apa ada yang bermasalah.?

    BalasHapus
  14. Dear pak OCHTAF,
    anda bisa setting ulang ketinggian air ini sebelum program pencucian dimulai.

    BalasHapus
  15. siang Pak Rudi.. mesin cuci samsung saya model bukaan depan, akhir2 ini eror 5d itu kenapa ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Purwati yht,
      Mungkin yang anda maksud itu sama dengan apa yang saya lihat dan catat yaitu Sud atau Sd yang menandakan bahwa selama pemakaian pengguna sering menggunakan sabun terlalu banyak sehingga terlalu berbuih/busa, solusinya anda bisa menggunakan detergent khusus mesin cuci matic (biasanya busa lebih sedikit meskipun takarannya sama dengan detergent biasa) atau mengurangi takaran detergent yang biasa dipakai selama ini, untuk menghilangkan sisa buih didalam mesin silahkan jalankan program mencuci tanpa sabun minimal 2 kali proses atau untuk beberapa tipe bisa jalankan program "Eco drum clean".

      Hapus
  16. Hi pak,mesin cuci saya samsung 1tabung buka atas 9kg sering tulis 4e.dan tidak bisa cuci,please help and thx pak

    BalasHapus
  17. Dear pak Rudy vic yth,
    Sepertinya sudah saat nya filter air di inlet valve nya dibersihkan
    anda bisa lihat list kode error mesin cuci samsung yang lebih lengkap pada artikel lebih baru:
    http://bengkelmania.blogspot.com/2014/02/error-code-mesin-cuci-samsung-lengkap.html#more

    BalasHapus
  18. pak mau tanya dong, saya mesin cuci samsung yang buka atas tapi satu tabung.. saya ada masalah pada pengisian air otomatisnya.. saat mesing sudah berjalan mencuci tetapi airnya tetap mengalir sedikit.. tidak mau tertutup secara penuh.. saya sudah bongkar dan bersiin tetapi tetap saja masih keluar airnya.. mohon pencerahannya.. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bapak/Ibu dari CV Indala Karya Mandiri yth,
      Mungkin ada sesuatu yang menyumbat/mengganjal pada katup di solenoid/keran otomatis nya atau kemungkinan lain nya per spiral penekan katup patah atau hancur karena karat, apabila memungkinkan bisa dilihat dan diperbaiki.

      Hapus
  19. Pak, mesin cuci samsung saya bs hidup tp kaya kekunci gt, ga bs di klik start, tandanya cuman - - aja...Kenapa itu ya?

    BalasHapus
  20. Salam kenal..
    Mesin cuci terjadi E10 = pasokan air tidak masuk. filter sudah dibersihan, air dari sanyo lancar. tp tetap E10. dan pengisian air hanya sekitar 1-2 menit saat start pertama kali. setelah itu E10 terus. seperti ada katup yg menutup pada bagian masuk air. seperti sensor. sy cuman menganalisa. tp tidak tau apanya yg rusak.
    kalau memang analisa saya benar, sensor itu namanya apa pak?
    saya minta pencerahannya dari Pak Rudi.
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Moshi,
      Mungkin solenoid valve (katup otomatis) mesin cuci anda rusak, untuk mencoba mesin cuci masih normal atau tidak silahkan anda masukan langsung air ke dalam drum melalui laci tempat anda biasa menaruh sabun, apabila mesin cuci bisa mulai beroperasi setelah drum terisi anda bisa langsung mengganti solenoid nya.

      Hapus
  21. pak Rudi mau tanya mesin cuci samsung WF 0602 star hidup muter sebentar terus berhenti tidak keluar tanda eror.displai nyala distar lagi mau muter terus berhenti lagi.mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Rocky,
      Coba anda ukur tegangan listrik nya mungkin tidak stabil di 220V saat mesin cuci berjalan atau mungkin anda secara tidak sengaja mengaktifkan tombol Delay

      Hapus
  22. mohon maaf,apa ada kemungkinan lain.cek listrik 220v bagus dan kadang sempat hidup sampai 1x cucian kemudian di bilas ngisi air giliran muter tdk mau.maaf lanjutan pertanyaan yg kemarin trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, Tentu tidak semua gangguan akan ditunjukan dengan keluarnya kode error pada layar dan itu menuntut kita harus jeli memperhatikan dan menyimpulkan apa yang mungkin dibutuhkan oleh mesin cuci tersebut, sebagai contoh mesin terhenti ketika sedang mencuci ..... mungkin ada kebocoran di mesin cuci ini yang mengakibatkan sensor tingkat air (WLV) menghentikan proses sebelum air ditambah atau terlalu banyak busa yang menjadikan mesin tidak mau melanjutkan proses sebelum semua itu diperbaiki .... apapun bisa terjadi dan tentu kita harus terus berusaha menemukan penyebab dan solusinya sebelum kita menyimpulkan bahwa kerusakan terjadi karena modul/PCB nya.

      Hapus
  23. Halo pak rudi. 

    Saya menggunakan mesin cuci samsung wf756u2awq

    Saya melihat 4e pada mesin cuci. 


    Kemudian saya membaca keterangan dari buku manual untuk membersihkan filter air yg masuk ke mesin cuci. Ternyata filternya berpasir. Sudah setahun sih mesin cucinya dan baru dibersihkan. 


    Mesin cuci pun bisa dipakai 3 hari. Dan hari ke 4 kode error 4e pun muncul kembali. Saya lihat filter dibelakang masih bersih. 


    Gejala pada mesin cuci itu :

    -air masuk pada menit awal

    -setelah air masuk, mesin cuci tidak berputar

    -terlihat pipa pembuangan air seperti turun naik. Kayaknya pompa ingin buang airnya. Tp tertahan lagi kedalam. 

    -saya coba restart. Air pun keluar. Kemudian saya nyalakan kembali dan kejadian itu berulang kembali. 


    Mohon bantuannya ya pak. Terima kasih sebelumnya. 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Suiko .....
      Untuk kode 4E di mesin cuci front load samsung selain filter di inlet valve harus selalu bersih bahwa tekanan air pun harus cukup kuat (min. 0.5 bar) supaya waktu yang disediakan untuk mengisi air ini tidak terlalu lama dan selain itu sensor air (water level valve) pun tidak rusak atau tidak ada kebocoran,

      Hapus
  24. pak Rudi saya baru bongkar total front loading saya, setelah saya pasang kembali muncul code eror TE, itu apa maksudnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Mohammad Solichuddin ......
      Keluarnya kode TE pada display di mesin cuci samsung artinya ada suatu masalah dengan sensor suhu, dalam masalah yang pak Mohammad alami mungkin kabel sensor ini belum terpasang dengan benar atau terjadi sesuatu ketika sedang anda bongkar.

      Hapus
  25. siang,pak rudi.
    saya punya mesin cuci samsung front load 6,5kg. umurnya br 1thn lbh, tapi hari ini ketika dipakai, mesinnya hanya jalan sebentar kemudian diam, tidak mau menyedot airnya.pdhl sblmnya tidak ada masalah dengan airnya.
    apa ada masalah dengan dinamonya,pak? kira-kira apa yg hrs diperbaiki? apa perlu panggil tukang service? mohon bantuannya.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ritterda.....
      anda harus menyebut tipe nya dan mungkin kode error nya, jika tidak ada kode yang muncul anda bisa mencoba menservis mesin cuci anda pada beberapa bagian seperti membersihkan filter air masuk dan filter air buang (pembuangan) dan menguras drum nya dari kemungkinan terlalu banyak busa (sabun) ketika mencuci.

      Hapus
  26. malam p.Rudi , saya punya masalah dengan mesin cuci samsung WF8590NHW , tidak ada kode erorr tapi setiap di pasang drain pump, drain pump tidak bekerja malahan mati/putus drain pumpnya...solusinya apa ya pak?

    BalasHapus
  27. Dear pak Catur ....
    saya kurang bisa memahami sepenuhnya pertanyaan anda, " setiap kali dipasang drain pump" apakah maksudnya anda telah membuka/melepas drain pump dari unit mesin cuci anda ?
    - periksa saringan drain pump, pastikan tidak ada benda yang menahan putaran kipasnya (benang,koin,kancing dll).
    - periksa gulungan motor drain pump menggunakan ohm meter.
    - periksa tegangan listrik yang keluar dari kabel untuk drain pump (hati2 dengan langkah ini)

    BalasHapus
  28. maaf p.Rudi, maksud saya drain pumpnya itu berputar terus dan akhirnya mati (sudah dicek) , kemarin sebelumnya pernah konslet..kemudian saya beli drain pump baru tapi dipasang langsung putus gulungnnya...apa ada yang perlu diganti ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, saya sekarang mengerti namun belum ada solusi yang bisa saya sampaikan untuk anda sebelum dilakukan serangkaian pemeriksaan karena kejadian seperti pada mesin cuci anda tidak biasa.

      Hapus
  29. PAK salam kenal. saya punya masalah dengan mesin cuci WF8590NHW. bila dipakai dan start. mesin cuma proses sebentar dan berhenti..setelah dibiarkan beberapa menit muncul kode UC .apa itu masalah tegangan.soalnya itu terjadi setelah kabel pump pembuangan putus dimakan tikus..dan sebelumnya normal..mohon pemecahanya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Aldi ...
      Cobalah untuk memeriksa semua bagian mulai dari kabel hingga komponen2 nya karena tikus ketika sudah berhasil masuk ke mesin cuci maka akan "menjelajah" ke setiap bagian mesin tersebut, bersihkan bekas2 kotor nya terutama jika sudah sampai ke modul nya, kode UC menurut buku panduan memang menandakan ada ketidakstabilan atau tegangan tidak semestinya tetapi terkadang hal tersebut tetap terjadi lagi walaupun telah menggunakan travo stabilizer.

      Hapus
  30. pak rudi,saya mau tanya kenapa mesin cuci saya keluar kode 5E terus padahal udah saya ikutin buku petunjuk untuk Bersihkan saringan drainase dan selang nya terpasang dengan benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Aconk ...
      Coba anda jalankan mesin langsung ke program spin, di posisi itu perhatikan apakah motor drain hidup .... kalau tidak periksa input listrik dan pompa nya itu sendiri.

      Hapus
  31. iya pak saya malah bingung mau proses nyuci kok air malah langsung dibuang... terima kasih pak Rudi sudah dijawab, sukses ya pak.amien

    BalasHapus
  32. Saya punya mesinn cuci samsung tipe WF8590NHW. Mengapa ketika muncul kode eror 4E saya tidak dapat memencet tombol power atau start untuk melanjutkan shg saya harus mencabut kabel dan mengulang mencuci dr awal lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Nina ....
      Coba anda bersihkan dulu filter air di solenoid nya.

      Hapus
  33. Ingin tanya pak... Air tdk mau masuk ke Inlet valve .... Stlh dicek tidak ada arus listrik yg keluar dr shocetnya... Mohob pencerahan utk mengatasi / menimbulkan arus listriknya.. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ariarmy ...
      Untuk mesin cuci yang dilengkapi layar digital biasanya akan keluar suatu kode yang ditampilkan disitu tetapi untuk yang masih belum dilengkapi alat seperti itu bisa kita periksa dengan melakukan langkah2 sbb:
      - pintu belum menutup dengan benar (front load)
      - periksa kabel dari kemungkinan di gigit tikus/putus/berkarat.
      - salah satu komponen (triac) atau komponen lainya pada modul rusak.

      Hapus
  34. Dear Pak Rudi,

    Sya mau tanya, mesin cuci samsung saya yg satu tabung gak bisa di start yaa.. udah saya coba matiin powernya dan di hidupkan lagi ttp gak bisa start,

    itu di sebabkan karena apa yaa pak rudi, mohon bantuanya ya pak rudi. trimkasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Svian yth ...
      anda tidak menyebut tipe atau jenis mesin cuci anda, apakah sesuai dengan artikel ini (front loading) ..... jika ya maka harus dilakukan pengecekan sebelum nya karena kebanyakan hal seperti ini disebabkan oleh modul nya yang bermasalah, ada yang masih bisa diperbaiki dan ada juga yang harus diganti.

      Hapus
  35. Pak saya mau minta bantuannya. Setelah sktr 4 bulan saya pakai samsung 1 tabung type WA85W9 sekarng muncul kode 4E. Saya sudah pastikan keran terbuka dan tenanannya cukup kuat. Hanya fungsi ini yg masalah, saya coba ngisi air manual dgn ember lalu mesin cuci bisa melanjutkan programnya. Jadi saya rasa semua fungsi tidak masalah hanya saja katup pembuka auto air masuk seperginya tidak bekerja. Pada menu terlihat lampu menyala redup pada level air extra low dan program blanket, sudah saya pejet programnyabtpi tetapi tidak bisa hilang. Apa harus direset ya pak, caranya gmn ya, mohon nasehatnya saya tidak tau lagi, terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Dimas DP Nugroho ...
      Anda belum menyebutkan apakah anda sudah membersihkan saringan air yang terbuat dari kawat baja stainless yang ada pada keran otomatis (solenoid) mesin cuci tersebut atau kalau sudah bersih apakah sudah dipastikan alat tersebut rusak atau tidak dan pastikan kabel nya tidak putus digigit tikus.
      modul atau PCB mesin tersebut tidak perlu reset seperti yang anda bayangkan karena dengan hanya mencabut steker mesin cuci tersebut dari stop kontak listrik maka seluruh pengaturan yang telah kita setting akan kembali ke setelan standar.

      Hapus
  36. Ass.wr.wb
    saya mw tnya mesin cuci saya pintunya sudah tertutup otomatis dan tidak bisa dibuka, tp saat mesin dinyalakan mesin tidak mau menyala dan kluar kode de pdhal pintu sudah terkunci otomatis dan gambar kunci pada layar yg biasanya berwarna merah tapi skrng gmbar kunci itu tidak berwarna merah dan mesin tidak menyala mhon solusinya krna sudah 6 bln mesin cuci saya tidk bsa trpakai..
    dan kalau bukti pembelian hilang bagaimana bisa dibawa ke servis center..
    terima kasih sebelumnya..
    wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam .....
      keluhan pada mesin cuci pak Jamal juga sering dikeluhkan pengguna lain meskipun berbeda merk mesin cucinya dan dari hasil pemeriksaan dan perbaikan yang kami lakukan bahwa hal ini disebabkan oleh pengunci yang bermasalah walau sebagian kecil ada juga disebabkan lain hal, pengunci pintu ini selain untuk mengunci pintu agar tertutup rapat dan tidak bisa dibuka saat proses berjalan juga ada fungsi lain sebagai saklar, jadi saat terjadi klik secara bersamaan saklar on/off ini juga akan "menyambungkan" saluran listrik yang biasanya menuju ke modul atau timer, dan biasanya lebih banyak yang masih bisa diperbaiki dari pada diganti, silahkan mencoba.

      Hapus
  37. Mau tnya pak... mesin cuci saya samsung tipe wa85f5s3 br 6 bln pemakaian... knapa y air tidak bs menyedot pd saat program pencucian,tp kl pd program bilas hanya keluar sedikit,kemudian tdk keluar lg airnya!

    BalasHapus
  38. Untuk hal paling sederhana anda bisa memeriksa solenoid nya, lihat dan bersihkan jika filter air di dalam nya kotor,
    selamat mencoba.

    BalasHapus
  39. Pak, mesin cuci saya front load wf650u2bk jika di power on maka kwhmeter rumah slalu down.utk kedua kalinya,mesin cuci bisa on dan digunakan dg normal. Daya listrik di rmh 1300watt.apakah memang angkatan pertama power on memang konsumsi daya tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Endah ...
      Umum nya pemilik mesin cuci model ini harus menyediakan daya listrik sebesar min. 2200watt agar semua fitur di mesin cuci ini (mencuci dengan air panas) bisa berfungsi maksimal dan tidak down/jeglek MCB nya.

      Hapus
  40. Maaf pak saya nanya di luar tema. Mungkin agak aneh pertanyaan saya. Sya baru beli mesin cuci samsung wf8590. Yg saya tanyakan berapa x keluar masuk airnya? Karna sya agak was2 tentang KESUCIAN pakaian saya. Beda dengan samsung yg bukaan atas yg ada volume airnya yg bisa di atur. Mohon jawabanya pak semoga tambah ramai blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Abdul Fattah ...
      siklus mencuci mesin cuci front loading hampir sama dengan yang top load, yang membedakannya adalah air untuk mencuci yang lebih sedikit karena posisi drum yang vertikal sehingga tidak perlu ada pulsator dan cuciannya tidak perlu mengambang/terapung seperti pada mesin cuci top load, namun demikian daya bersih nya sedikit lebih baik meski dengan air dan detergen lebih sedikit, pada setiap kali mencuci hingga selesai biasanya terjadi 4 sampai 5 kali mengisi air di awal sampai sebelum spin yang terakhir namun pada beberapa model siklus dan settingan bisa ditambahkan sebelum proses dimulai.

      Hapus
  41. maaf pak rudi saya punya mesin cuci 1 tabung mau tanya mesin tiba2 mati sendiri apa ppermasalahannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sinta Bella ...
      Mohon lebih dijelaskan kondisi mesin cuci nya saat ini, apakah mati tanpa ada tanda (lampu atau tampilan layar) yang menyala dll atau bagaimana,
      periksa dahulu steker, MCB atau sekring nya supaya yakin memang mesin cuci nya yang bermasalah.

      Hapus
  42. saya pengguna mesin cuci top loading samsung. pada saat proses spin pada tarikan pertama selalu keluar bunyi berisik. tapi itu terjadi pada tarikan pertama saja. apa penyebanya dan bagaimana solusinya? terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear Lidia ...
      bunyi yang terjadi ketika diawal spin biasanya diakibatkan oleh beban cucian yang tidak seimbang, hal itu menyebabkan drum bergetar sangat keras dan lama-kelamaan akan membuat peredam getarannya melemah dan hal lain yang bisa membuat kondisi lebih buruk, untuk mengatasinya adalah dengan cara memperbaiki peredam getarannya (mirip cara kerja shock breaker kendaraan), mengencangkan baut yang mungkin menjadi longgar dll.
      dan tips agar hal seperti itu tidak terjadi lagi yaitu dengan cara selalu menjaga jumlah cucian (jangan terlalu banyak/ jika mencuci handuk atau selimut sebaiknya lebih dari 1 potong/tambahkan cucian lain sebagai penyeimbang.

      Hapus
  43. Salam kenal pak, mesin cuci saya menunjukkan kode HE, bagaimana cara memperbaikinya? Saya sudah coba matikan dan cabut stop kontak nya, tapi kemudian ketika dinyalakan dalam waktu dua detik muncul lagi kode HE, mohon bantuan penjelasannya pak... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak iif hilman,
      pada mesin cuci samsung dengan menampilkan kode error HE itu artinya terjadi suatu hal yang tidak normal dengan sensor air, bisa rusak, tertutup kotoran, kabel terlepas dll, silahkan diperiksa hal2 terkait dengan itu.

      Hapus
  44. asslamualaikum pak
    saya mau tanya untuk mesin cuci type wa80v4pec,bisa hidup namun tidak bisa strar tombol yang lain juga tidak bisa berfungsi, tidak ada kode yang muncul , cuma muncul ( - - ) saja, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam,
      banyak contoh soal yang konslet pada salahsatu tombolnya (on terus) oleh kotoran atau rusak namun hal lain pun bisa terjadi seperti rusak salahsatu komponen pasif maupun aktif nya, kabel dan soketnya longgar/berkarat, jika sudah terbiasa memperbaiki kontrol elektronik ini maka kemungkinan untuk mengganti 1 blok/unit bisa dikurangi, kerusakan pada sensor tingkat air juga terkadang berdampak seperti itu.

      Hapus
  45. assalamualaikum wr wb, pak rudi saya punya mesin cuci WF-H701PC. ada kode eror dengan lampu pada level nya berkedip semua nya, dan mesin tidak bisa jalan.biasa nya saya mencuci dengan cara memasukan air secara manual karena tekanan air dirumah lemah.. apakah arti lampu water level yang berkedip semuanya ya pak,,,? terima kasih atas pencerahan nya ya pak rudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, pak Rudi Ardison mesin cuci anda LG dan mengalami error atau hang yang juga sering terjadi pada merk lainnya, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mungkin water level sensornya yang rusak atau malah kontrol elektronik nya (modul), beberapa contoh soal memang bisa disimpulkan bahwa penyebabnya adalah cara mengisi air yang tidak sebagaimana mestinya apalagi jika mengisikan air langsung menggunakan ember hingga membuat air muncrat atau tumpah kemana-mana dan membasahi beberapa komponen mesin tersebut yang seharusnya jangan sampai terkena air karena akan menimbulkan kerusakan pada komponen tersebut.

      Hapus
  46. Aslmkum pak rudi,,mesin cuci saya samsung WA80V3,,tombolnya nyala dan aktif tapi mesinnya tidak bergerak sama sekali,,,kira2 apa penyebabnya dan mohon bagaimna solusinya...mksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      jika kita menghadapi masalah seperti ini maka hal pertama yang harus kita cek adalah ketersediaan tekanan air yang masuk melalui solenoid atau water inlet, pastikan airnya mengalir dan water inlet tersebut tidak mampet atau rusak.

      Hapus
    2. Biasanya sebelum mengisi air,mesinya menimbang berat kain secara otomatis dg memutar kain di dalalamnýa..tapi kondisi mesin skarang tidak brputar sdangkn kainnya otomatis high level pdahal kainnya sedikit..kalo air lncar krn sering dbersihkan...gmn solusinya pak?? Mkasih

      Hapus
    3. Terima kasih atas infomasi tambahan nya, berdasarkan kondisi seperti itu maka kita bisa lakukan pemeriksaan lanjutan pada water level sensor nya, pemeriksaan ini memerlukan beberapa alat diagnosa yang umum dimiliki teknisi elektronik atau trik-trik khusus yang mungkin bisa berbeda-beda penanganan nya antar teknisi ini dan yang paling mudah adalah dengan cara mengganti komponen yang dicurigai bermasalah dengan komponen sejenis yang masih baik namun sampai disitu mungkin tidak bisa anda lakukan sampai sejauh itu (mohon hati2 karena ini harus dikerjakan oleh orang terlatih agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan) jadi tetap saja kita butuh bantuan teknisi khusus untuk membantu secara langsung menanganinya,

      Hapus
  47. Pak rudi saya mau tanya . Kalau mesin cuci samsung saya setelah selesai cuci air bilasan tidak mau keluar . Itu apa yang salah ya pak ? Gimana cara mengatasinya ?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Yogi..
      Bila mesin cuci anda 2 tabung kemungkinan mekanisme penarik katup pembuangan rusak dan bila mesin cuci otomatis maka kemungkinannya adalah drain motor namun bisa juga dari modul nya, harus dilakukan pemeriksaan dulu dan bila yang saya sebutkan diatas memang rusak maka bisa anda ganti sendiri karena sparepart mesin cuci kini dijual tidak hanya di bengkel resmi tapi sudah banyak dijual dipasaran.

      Hapus
  48. Pak Rudi, ,esin cuci saya dari semalam tidak selesai2 mencucinya, padahal terakhir disetting hanya utk quick 29. Tanda kunci masih menyala, pintu tdk bs dibuka, mesin kadang masih jalan kadang diam. Kira2 apa penyebabnya dan bagaimana agar bs diselesaikan dan terbuka pintunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Gunadi....
      kemungkinan sistem mekanis pengatur program mencuci pada mesin cuci anda bermasalah dan untuk menghentikan proses mencuci dalam keadaan darurat maka kita bisa mencabut steker dari stop kontak listrik, lalu setelah beberapa menit pintu boleh dibuka.

      Hapus
  49. Assalamualaikum pak Rudi.
    saya mau tanya terkait mesin cuci samsung WA80V4 saya.
    Ketika di nyalakan semua tombol (program, water level, dll) tidak berfungsi/tidak ada respon, hanya tombol on/off saja yang nyala. dan pada display hanya muncul kode " -- " saja. seperti tidak ada programnya. mohon bantuannya apa yang harus saya lakukan. terimakasih
    Wasslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Salah satu penyebab akan hal ini adalah terjadi kelembaban yang tinggi di area modul/kontrol elektronik nya, jika papan tombol sudah pecah-pecah bisa jadi air masuk melalui itu dan membasahi switch yang ada dibawahnya sehingga menggangu jalannya program (hang),

      Hapus
    2. solusinya bagaimana pak?

      Hapus
    3. bila kontrol elektronik nya masih bisa bekerja kembali setelah dikeringkan maka kita tinggal memperbaiki sumber kebocorannya tetapi bila usaha tersebut gagal maka mungkin anda butuh bantuan teknisi atau mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

      Hapus
  50. Sore pak rudi.sya pake samsung top load.saat wash mesinnya jalan,tp wkt rinse mesin stop muncul kode sembilan terbalik E. Sya cri2 kode itu ngga da artinya.mohon bantuannya, trimakasih.wasslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Lucyana ...
      Tidak semua kerusakan bisa ditampilkan dalam suatu kode yang tercatat dalam buku manual, sebagai teknisi kami harus mencari tahu penyebabnya dalam berbagai cara, salahsatu cara ialah dengan memperhatikan pada saat apa kode itu muncul, seperti milik ibu Lucyana yang "mogok" sebelum proses rinse/bilas terjadi maka kita akan memeriksa beberapa hal antara lain : pintu penutup, sistem drainase dll ... atau apapun yang berhubungan dengan itu, sehingga sebelum pemeriksaan dilanjutkan pada kontrol elektronik sebagai komponen utamanya kita bisa mendapat kepastian bahwa komponen lain sebagai pendukungnya masih berfungsi dengan baik.
      Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat

      Hapus
  51. Selamat pagi, Pak Rudi. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas sharingnya yang sangat bermanfaat khususnya bagi saya yang awam. Mesin cuci saya Samsung front load tipe WF8650NHW, sudah 2 tahun. sekarang ini +/- 2 menit mati (air masuk & tabung sempat berputar) tanpa ada kode error muncul dan setelahnya tidak bisa power on lagi bahkan setelah steker dilepas & dipasang kembali. Baru hari berikut bisa on lagi dan hidup +/- 2 menit. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Dedi ...
      Mesin cuci yang "mogok" tanpa keluarnya kode apapun yang sesuai dengan apa yang tercatat dalam buku manual bisa saja gangguan tersebut bukan berasal dari mesin cuci nya melainkan dari luar mesin, misalnya tegangan listrik yang tidak sesuai dengan standar minimum, air yang terlalu lama mengisi dll. jadi kesimpulannya lakukan pemeriksaan dari berbagai hal diluar dulu lalu kemudian pada mesin cucinya itu sendiri.

      Hapus
  52. Dear Pak Rudi,

    Mesin Cuci saya merk samsung 1 tabung. Pagi ini waktu mencucui tau2 air tidak mau mengisi tabung mesin cuci. Padahal air di keran sangat deras. Setelah saya cek dengan seksama, ternyata setelah saya pencet "start" tidak perintah untuk mengisi air (mesin tidak bersuara). Biasanya ada setelah pencet "start" muncul suara dari mesin.
    Mohon masukannya apa kira2 yang menjadi masalah.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Hasyim ....
      Anda bisa coba periksa dulu water inlet valve nya karena mungkin rusak atau hanya mampet saja.

      Hapus
  53. Dear pak Riki ....
    coba anda lakukan servis pada mesin cuci anda dimulai dari membersihkan saluran masuk air sampai pembuangannya, bersihkan daleman mesin dari kotoran serangga dll terutama soket-soketnya dibersihkan menggunakan cairan pembersih. pastikan tegangan listrik stabil berada pada 220 volt.

    BalasHapus
  54. Pak Rudi
    Mesin cuci sy samsung WA80V4.
    Pada saat selang dihubungkn dg kran air, air langsung masuk tabung, padahal mesin cuci blm dihidupkn. Slama kran air terhubung maka pengisian air tdk akn brhnti bahkn saat proses giling dan peras. Bagian mn yg brmasalah? Dan bgmn mmperbaikunya? Terimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Andre ...
      Saya menduga solenoid atau water inlet nya rusak, bisa karena terganjal kotoran (pasir) klep nya, hancur/patah pegas nya atau macet tidak bisa menutup.
      silahkan diganti karena part tersebut relatif murah dan gampang memasang nya.

      Hapus
  55. Ada pak Riki, letak nya di sisi atas, tandanya pada bagian tengah nya ada selang kecil menjuntai ke bawah dan terhubung ke drum bagian bawah.

    BalasHapus
  56. salam kenal p.rudi .mesin cuci saya samsung frontloading p853 kenapa kalau di start air msk sekitar 5 - 10 dtk terus error dg kode de.saklar pintu sdh sy sambung langsung tp tetap saja error spt di atas.kira2 apanya ya pak.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Nanda .....
      Pin L dan C yg di jump ya pak ? jika sudah seperti itu tidak berpengaruh coba periksa water level valve nya.

      Hapus
  57. Mau tanya,Pak.. Mesin cuci sy samsung top loading skrg ga bisa dpakai cuci&bilas. Setiap dinyalakan untuk cuci/bilas,air masuk lancar seperti biasa tapi hanya beberapa menit saja,setelah itu air keluar/bocor dari bawah (tapi bukan dari selang pembuangan),dan saat itu juga air masuk terhenti& error 4E. Ini terjadi setiap proses cuci&bilas.akibatnya sy ga bisa cuci/bilas,tapi lantai malah becek karena airnya keluar kemana2. Tapi ketika cuma dpakai untuk mengeringkan saja mesin masih jalan normal seperti biasa&tidak ada air yg bocor (atau mungkin ada yg bocor,tapi sy tidak menyadari krna hanya sedikit,karena sudah banyak air yg keluar dari selang).
    Kira2ini apa penyebabnya& bagaimana solusinya?
    Terimakasih banyak atas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus menyelesaikan dulu masalah bocor air ini, kebocoran bisa terjadi karena boot/selang karet yang sobek, terlepas atau adanya part yang patah (yang berhubungan dengan water level valve).

      Hapus
  58. Assalamualaikum. Mas, mau nanya. Mesin cuci saya merk Samsung top loading 1 tabung. Sejak awal beli & pake, suara waktu proses cuci sampai keringkan - suaranya normal (gak keras2 amat. Tapi pas udah jalan sekitar 1 tahun lebih, kok suaranya jadi berisik/nyaring/keras. Saya udh priksa filter'a gak ada benda2 apapun yg nyangkut, tabung'a jg bersih gak da papa. Mau saya periksa mesinnya (yg di belakang paling bawah) tp saya gak ngerti apa2 masalah mesin. Kenapa ya, suara mesin/motor jd keras gitu, tolong bantu ya Mas ????

    Atas perhatiannya dan jawabannya saya haturkan banyak - banyak terimakasih.
    Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsallam, Mas Adjie ... maaf jika salah sebut nama.
      Usia pakai 1 tahun rasanya tidak mungkin jika sudah terjadi kerusakan pada Bearing atau lager nya tetapi jika ada baud yg kendor atau ada koin, pernak-pernik dll yg terjebak didalam drum itu sering terjadi, jadi silahkan anda periksa dengan cara membuka tutup belakang mesin cuci untuk melihat komponen2 dengan baud yang kendor dan membuka pulsator (komponen yang berputar didalam drum saat mencuci) untuk melihat benda yg mungkin terjebak dibawah itu yang menimbulkan bunyi.

      Hapus
  59. pak,

    mesin cuci saya samsung WA90F4,

    tombol lampu digitalnya hidup semua tapi pada saat saya menekan tombol start tidak berfungsi.

    saya sudah tlp service samsung ktnya harus ganti PCB yang baru.

    PCB baru sudah saya beli tetapi tombol startnya masih tidak berfungsi.

    hari ini saya tlp lagi service samsung ktnya ganti PCB harus bersamaan dengan ganti waterpart nya. kl hanya ganti PCB kemungkinan PCBnya bisa rusak kembali.

    masa saya harus beli PCB yang baru lagi, ?!!!

    mohon bantuan penjelasaannya kira2 apa yang rusak.

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Dina ....
      Saya sarankan perbaikan mesin cuci ibu diserahkan ke service centre yang menjual PCB baru tersebut untuk menghindari kesalahan diagnosa dan langkah perbaikannya, inilah salahsatu kelemahan cara yang kita jalani bila coba memperbaiki sendiri barang elektronik kita.
      Sedangkan menurut pengalaman saya jika menghadapi kejadian seperti itu tidak akan langsung memfonis PCB nya rusak sebelum melakukan pemeriksaan silang yang cermat dan akurat, saya pun berkeyakinan cara yang sama dilakukan juga oleh teknisi2 ahli di service centre resmi guna menjaga/menghindari kesalahan prediksi dimana letak permasalahan sebenarnya.
      Demikian ibu Dina, semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat.

      Hapus
  60. Pak maaf numpang tanya ya, mesin cuci sy kok muncul tulisan IE ya? Merk nya samsung. Dah dicek ga ada yg mampet atau knp gt pak, slang air nya juga gpp, udah dicopot2, trus dinyalain lg ttp aja IE. mohon bantuan ya pak trimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Eren ...
      Untuk kode error 1E itu artinya ada masalah di Water Level Sensor nya, silahkan diperiksa barangkali cuma selang nya yg copot atau masalah sederhana lainnya, harap hati2 ketika bekerja dengan barang elektronik dan sebaiknya anda minta bantuan orang yang lebih mengerti untuk mengerjakan nya (teknisi).

      Hapus
  61. Dear Pak Rudi,
    Saya memiliki mesin cuci Samsung Type WF0702NCE Front Loading yang sudah berumur satu tahun. hari ini saya gunakan tidak mau berputar saat beroperasi. semuanya hidup dan berjalan normal. lampu, air, listrik. tidak ada kode error yang muncul. mohon infonya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Yuki yth,
      jadi ketika tombol start sudah anda tekan dan beberapa saat kemudian tidak langsung mengisi air ? coba anda loncat programnya langsung menuju Spin atau Rinse dulu, cara ini biasa dilakukan apabila kejadiannya sama seperti yang anda alami dan lakukan proses mencuci tanpa pakaian dan sabun untuk membersihkan sisa2 busa sabun.

      Hapus
    2. pengisian air lancar pak, mesin hidup dan terdengar beroperasi. namun tabung tidak berputar sama sekali. saya sudah lakukan seperti yang bapak katakan. namun tabung mesin cuci saya tetap juga tidak berputar walaupun dalam keadaan kosong tanpa isi pakaian, juga pada saat program spin & rinse. juga tidak mau berputar pak. mohon infonya pak.

      Hapus
    3. Jika ibu berkenan mungkin bisa minta bantuan teknisi untuk membuka penutup bagian belakang mesin cuci samsung dengan tipe yang ibu maksud untuk melihat jenis motor penggerak nya, jika motor nya model lama (konventional) maka besar kemungkinan belt nya terlepas atau putus tetapi jika motor nya model direct drive maka kerusakan mungkin tidak bisa saya perkirakan secara pasti karena bisa dari beberapa hal.

      Hapus
  62. Mesin cuci says wa9 Samsung top loading. Kerusakkannnya air Dari kran mengalir terus walopun pompa water inlet Sudah mati. Kira2 bro pak harganya valve water inlet seri mesin cuci saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum harga single water inlet valve atau water inlet solenoid tidak lebih dari Rp.100.000.00 bahkan untuk yang universal dijual dengan harga lebih murah.

      Hapus
  63. Pak rudi mesin cuci sya merk hitachi top loading 1tabung matic, pas nyuci pertama kali lancar, tp yg kedua pas wash nya lancar juga, eh wktu rinse n spin nya muncul kode 'fd'. Kira2 itu knpa ya? Trus solusi nya gimana? Ap hrus pnggil tekhniksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Wiandini yth,
      Produsen mesin cuci Hitachi anda tidak memberikan kode yang diawali huruf "F" untuk diketahui publik, mungkin mereka punya alasan tertentu tapi mari kita perhatikan dimana/disaat apa mesin tersebut "mogok" maka periksalah bagian yang terkait dengan program yang error tadi, misalkan jika keluar error nya ketika akan membilas/Rinse maka mungkin air yang masuk terlalu lama atau ada hal lain meskipun ada kode nya sendiri untuk masalah itu.
      sebaiknya memang anda harus memanggil teknisi berpengalaman supaya lebih cepat ketemu penyebabnya dan tidak asal coba-coba.

      Hapus
  64. Selamat pagi, Pak Rudi. Mesin cuci saya Samsung tipe WF8690NHW, sudah 3 tahun. lampu LED hidup menujukan angka 12, dan kurang lebih 2 menit mati (air masuk, arus listrik on & tabung sempat berputar) tanpa ada kode error muncul dan setelahnya tidak bisa power on lagi bahkan setelah steker dilepas & dipasang kembali.
    setelah didiamkan selama 5 menit mesin cuci aku hidupkan kembali dan hidup kurang lebih 2 menit dan mati lagi. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Koes ....
      Sepertinya anda harus membersihkan busa sabun/kotoran yang sudah sangat tebal dan mengganggu dalam drum mesin cuci anda, pada beberapa tipe ada fitur Eco Drum Clean yang bila kita aktifkan akan membersihkan dirinya sendiri (drum).

      Hapus
    2. mesin cuci saya sekarang mati total Pak Rudi, LED mati, body dinamo ada arus listrik, mohon bantuanya. terima kasih

      Hapus
  65. Pak Rudi, mohon bantuan. Mesin cuci Samsung (WF0702NCE) saya bermasalah. Air keluar dari sela-sela kotak detergen. Artinya air tidak masuk ke drum. Mungkin tersumbat oleh gumpalan detergen. Bagaimana mengatasinya? Mohon bantuannya Pak Rudi. Soalnya istri saya sudah ngomel melulu nih. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Darwin,
      Coba anda tarik laci pengisian sabun dan tekan pengunci yang ada ditengah (antara tempat mengisi sabun dan pewangi) sambil ditarik sekali lagi hingga laci terlepas, setelah itu silahkan bersihkan daleman nya dan pasti terlihat jika ada gumpalan sabun yang menyebabkan penyumbatan itu.

      Hapus
    2. Pak Rudi, mesin cuci saya samsung WF8650NHW br setahun usianya, kini mesin berjalan tidak normal tiba2 ketika sdng mencuci satu jam kemudian berhenti dan keluar kode 5E, saya cek sabun masih utuh, setelah dimatikan, dibersihkn drainasenya kemudian dijalankn berhenti lagi tp keluar 4E, lalu saya bersihkan saluran kran, kemudian dijalankn lalau berhenti lagi tp yg keluar kode beda lagi Sd, kira apa yg hrs saya lakukan Pak, terima kasih Pak.

      Hapus
    3. pak Idahibban, coba langkah terakhir terkait dengan kode Sd tersebut yaitu cabut/putus hubungan dengan listrik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, letakan mesin ditempat yang lebih lega dan nyaman untuk melakukan proses perbaikan, kuras drum dengan cara memasukan air dengan selang dari keran langsung ke laci tetapi tekanan nya jangan terlalu tinggi sementara buka pintu nya untuk memutar drum dengan tangan sampai air nya penuh dan buang dengan cara menurunkan selang pembuangan rata dengan lantai. pada beberapa model tersedia fitur "eco drum clean" untuk melakukan hal ini secara otomatis.

      Hapus
  66. Dear Pak Rudi

    Pak Rudi, saya punya mesin cuci samsung front loading tapi saya lupa typenya, warnanya hitam abu abu. hari ini saya pakai tapi yang berfungis hanya tombol on off nya saja, sedangkan yang lain saya tekan dan saya putar menu tidak ada respon padahal indkator tombol dan menu nyala normal. saya sudah coba matikan dan nyalakan tapi tetap saja yang berfungsi hanya on / off nya saja. mohon bantuannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah mesin cuci anda ada fitur "child Lock" nya ? coba matikan dulu fitur tersebut mungkin secara tidak sengaja fitur itu telah aktif.

      Hapus
  67. Semoga Pak Rudi sehat selalu,
    Pak Rudi, saya Ibu Idahibban sdh mencoba mengikuti intruksi/petunjuk Pak Rudi ttg masalah mesin cuci saya front load samsung WF8650NHW (keluhan 5-11-2014, 4.12PM). Kemudian saya coba test cuci cepat kosong, awal berjalan lancar, ketika wktunya mengeluarkn air, tiba2 berhenti dan akhirnya muncul 5E, kira2 apa lagi yg hrs sy periksa, posisi selang blkng sdh sesuai petunjuk. Mhn bantuannya, terima kadij banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Idahiban ...
      saya sangat mengapresiasi usaha anda mencoba memperbaiki mesin cuci sendiri, setelah beberapa perbaikan telah anda coba dan terakhir muncul kode 5E dan kode tersebut identik dengan terhambatnya air yang keluar drum, sekarang cobalah membersihkan saringan di drain pump dulu lalu kembalikan semua ke kondisi seperti semula termasuk selangnya naikan ke atas kembali dan jangan sampai ada kebocoran, jalankankan mesin cuci dengan menjalankan mode pencucian air panas tanpa sabun supaya semua sisa-sisa sabun lama dan kotoran rontok, sedikit bocoran dari apa yang sering saya lakukan jika hal ini terus berulang yaitu membongkar drum tersebut dan membersihkannya secara langsung (disikat) lalu memeriksa sensor NTC dan water level valve nya lalu diganti bila ada indikasi rusak.

      Hapus
  68. Selamat sore pak Rudi. Saya baru beli mesin cuci Samsung front loading FW8640NHW. Mau tanya kalau selang pembuangan airnya diturunkan ke lantai boleh tidak? Trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh bu Risma,hal itu justru akan membuat mesin cuci front loading anda error, naikan/gantung selang pembuangan tersebut sesuai petunjuk lalu setelah itu sambung dengan selang lain bila ibu mau membuang air bekas pencuciannya kemanapun yang ibu kehendaki.

      Hapus
  69. Selamat sore pak Rudi. Maaf mengganggu waktunya lg nih. Kmrn kan Pak Rudi menyarankan untuk menyambung selang pembuangan dgn selang lain. Apakah selang lain dan selang bawaan samsungnya pasti sama ukurannya? Lalu pertanyaan ke 2 pak saya baru operasikan nih mesin cucinya tapi listriknya jeglek/turun pdhl peralatan lain sdh saya cabut semua dan yg nyala hanya mesin cuci tapi setelah saya hidupkan listriknya ke 3 kalinya bisa berjalan normal. Saya mencuci dgn air biasa bukan air panas.Itu knp ya pak listrik turun? Tegangan 1.300. Mohon pencerahan bpk krn kata sales samsungnya kl pencucian biasa hanya 250 w. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selang untuk menyambung yang saya maksud tentu harus lebih besar dari selang aslinya, atau Ibu bisa membeli selang khusus penyambung selang pembuangan untuk mesin cuci yang dijual di toko2 besi atau bahan bangunan disekitar kita dengan panjang 1-3 meter.
      Listrik berdaya 1300 watt memang mampu untuk mensupply kebutuhan listrik mesin cuci anda tetapi tidak cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan daya maksimalnya, jika listrik itu saya ibaratkan air maka kita harus mengisi 1 tong besar air sampai penuh sebelum mencuci meskipun nanti yang akan kita pakai hanya kita ambil per-ember hal ini untuk menjaga stabilitas penggunaannya. perlu ibu ketahui bahwa daya minimal yang dianjurkan pada umum nya (tidak hanya Samsung) adalah 2000-2200 watt.
      Demikian penjelasan saya, semoga mudah difahami dan bermanfaat.

      Hapus
  70. salam kenal pak, mesin cuci samsung wf8650nhw sdh 4 thn lebih, belakangan ini selalu SD dibiarin atau di restart, selalu berulang dilakukan hingga drain pump nya terbakar. setelah itu saya ganti dgn drain pump yang baru, namun masalah baru muncul yaitu pada saat cuci,bilas peras (29 menit) atau bilas peras (17 menit) , hanya 2 menit berjalan indikator waktu tdk berjalan normal atau tetap di 15 menit atau di 27 menit sementara air selalu keluar dimana proses bilasnya selalu berulang selalu (isi dan buang air lancar) namun spin nya gak dapat dan bila timernya telah sampai yg saya pilih (29 atau 17 menit) muncul indikator 4E. apa ya masalahnya pak Rudi ?

    data tambahan sehubungan dgn masalah diatas, saya lakukan percobaan, kabel2 yang ada di drain pump saya cabut dua2nya (drain pump tanpa power) dan selang buangan air saya turunkan ke lantai terus saya jalankan pilihan 29 menit atau 17 menit sambil mengawasi indikator lamp wash rinse spin dimana pada saat wash selang air buangan saya angkat setinggi 80 cm, sebelum rinse selang air saya turunkan kelantai air buangan mengalir, pada saat proses rince selang air saya angkat lagi , saat proses spin selang air saya turunkan lagi, ternyata indikator waktu berjalan normal sesuai pilihan yang ditentukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali pak Veky ...
      Pertama, yang harus anda periksa adalah tegangan listrik, tegangan listrik ini harus stabil/tetap di 220V hingga saat mesin cuci tersebut aktif/dipakai mencuci, meskipun mesin cuci anda dilengkapi "Volt Control" yang diklaim aman hingga rentang 186-400 volt tetapi bukan berarti bisa tahan selamanya, mungkin bagian ini sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, terdapat beberapa komponen elektronika pasif maupun aktif yang perlu pemeriksaan sangat teliti pada PCB/module nya yang membuat display selalu menampilkan pesan error atas terjadinya kinerja yang tidak sinkron pada sistem tersebut.
      cara tercepat dari berbagai masalah biasanya dilakukan penggantian komponen secara berurut dimulai dari Water level sensor, NTC bahkan PCB tetapi terkadang melakukan pembersihan drum (dibongkar), soket-soket dan lainnya akan membantu proses perbaikan menjadi lebih efektif apalagi usia pakai mesin sudah termasuk lama namun mungkin ini hanya bisa dilakukan oleh teknisi terlatih dan di tempat yang mendukung (bengkel).
      Demikian, semoga cukup jelas dan bermanfaat.

      Hapus
  71. Terimakasih atas responnya pak Rudi.
    Sekarang Water level sensor sudah saya ganti baru dan selang pembuangan tetap tergantung sesuai standart ketentuan namun Air selalu keluar sedikit (apakah selalu begitu ?). Saat cuci, bilas, spin Pembuangan air normal. Selanjutnya mohon pencerahan, apakah apabila kabel di drain pump pemasangannya terbalik dapat mengakibatkan drain pumpnya terbakar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air yang keluar itu dari mana ? apakah maksud anda ada kebocoran ? sebaiknya kebocoran tersebut jangan diabaikan karena bisa timbul error baru misalnya 4E dan hal lain yang merugikan, Drain pump menggunakan motor AC jadi tidak masalah walau pemasangan kabel listrik nya terbalik.

      Hapus
  72. Makasih respon pak Rudi yang begitu cepat atas pertanyaan saya. Tidak ada kebocoran dari komponen mesin cuci, air keluar sedikit tapi terus menerus dari selang pembuangan drain pump yang tergantung sesuai default manualnya, kira2 apa masalahnya, gimana diagnosa pak Rudi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketinggian selang pembuangan yang digantung itu sudah lebih dari 60 cm kan pak Veky ? seharusnya kan jika drain pump nya tidak hidup air tidak bisa keluar kecuali permukaan air didalam drum lebih tinggi dari selang drain tersebut.

      Hapus
  73. Pak Rudi, saya sudah coba ketinggian selang pembuangan air melebihi mesin cuci itu sendiri tapi air masih tetap keluar sedikit secara kontinu lho. apakah kemungkinan drain pump yang baru tidak normal lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drain pump dikendalikan oleh PCB/Modul, itu berarti ada kebocoran tegangan (biasanya kecil) yang menuju drain pump walaupun sedang tidak dibutuhkan, itu juga rupanya penyebab drain pump pernah jebol/rusak terbakar karena terus-terusan bekerja, pak Veky harus perbaiki PCB nya (jika memungkinkan) supaya masalah benar2 terselesaikan.

      Hapus
  74. salam pak Rudi. aku ada masalah mesin cuci samsung mode WA85F5S3 si 1 tabung kapasitas 8.5kg. tombol power hidup, tetapi tombol lain tidak berfungsi (spt tombol start). dimatikan dan dihidupkan kembali masalah tetap sama pak. umur mesin cuci saya masih 9 bulan. kasih solusinya pak. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Riado mungkin fitur "Child Lock" telah aktif, untuk menonaktifkannya tekan tombol "Rinse" dan "Spin" secara bersamaan selama 3 detik.

      Hapus
  75. Selamat pagi Pak Rudi. Saya mau bertanya lagi nih. Saya seringkali menggunakan metode pencucian heavy wash dan timer cucinya jika heavy wash otomatis 2 jam. Nah di tengah jalan belum sampai 2 jam kadang saya menekan tombol pause untuk merubah metode cucinya dgn quick wash atau dgn rinse + bilas. Pertanyaan saya apakah kebiasaan saya yg begitu baik artinya tidak akan merusak mesin atau komponen lain mesin cucinya pak? Oh ya mesin cuci saya WF8650NHW. Terima kasih banyak atas penjelasan bapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Risma, Tidak ada ketentuan di buku manual mesin cuci WF8650 anda yang melarang melakukan hal itu dan saya pun belum mendapatkan pengalaman memperbaiki kerusakan yang di akibatkan oleh cara penggunaan seperti itu, saran saya sekali2 aktifkan mode mencuci menggunakan air panas tanpa menggunakan sabun untuk membersihkan bagian dalam drum nya.

      Hapus
  76. salam kenal pak Rudi.
    saya memiliki mesin cuci merk samsung WF0754W7V
    pada layar muncul "be2" kira-kira kerusakan nya bagian apa? dan mohon untuk memberikan solusinya.

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga .....
      menurut data yang diperoleh dari Samsung menyebutkan bahwa hal ini (error code bE1,bE2 dan 3bE) disebabkan oleh adanya tombol yang bermasalah (on terus/konslet dll), pada kenyataannya hal ini sebagian besar benar dan boleh anda coba sendiri.

      Hapus
  77. Selamat malam pak Rudi...

    Saya mau tanya kode error 3E yg timbul pada mesin cuci wf 1752 saya itu,tanda nya apa ya pak,layar hidup tapi ga berfungsi sama sekali...makasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabut steker/colokan mesin cuci supaya tidak ada tegangan tersisa selama 1 menit-an, tujuannya supaya pengaturan program kembali dari awal tetapi jika hal tadi tidak membuat pengaruh apa-apa itu biasanya terjadi masalah pada sistem penggerak/motorik meskipun itu tidak selalu namun periksalah hal disekitar tadi yang saya sebutkan.

      Hapus
  78. Pak rudi... mohon bantuannya pak... mesin cuci saya trus muncul LE pak.. selang airnya sudah bagus n lancar, bocor pembuangan juga tidak ada... tiap mau dipakai kalo pas ngisi airnya lancar pak, sampe akhirnya mau wash dan ada angka yang hitung mundur itu pasti dia error dan muncul kode LE... itu masalahnya apa pak ya..? Mohon solusinya pak... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa Pressure Switch nya dan setel (tambah volume air) bila perlu apabila ada indikasi air di dalam drum terlalu sedikit akan muncul error LE ini.

      Hapus
  79. Salam kenal mas rudi, saya baru saja beli mesin cuci front loading samsung di ele*tronic c*ty. Ada kendala yg muncul saat menggunakan:
    1. Air yg masuk ke mesin cuci kecil sekali padahal tekanan air di kran cukup kuat
    2. Pada saat mesin menyala, getarannya cukup keras sehingga mesin cuci bergerak dari posisinya.
    Mohon pencerahannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali pak Widhi
      1. Air yang masuk kedalam tidak akan sebesar semburan dari keran karena sebelum masuk air disaring dulu, yang penting hal itu tidak menimbulkan error yang akan timbul bila pengisian air melewati batas waktu yg ditentukan.
      2. Pastikan anda telah melepas baut pengaman drum, baut tersebut akan memegang erat drum saat proses pemindahan/pengiriman. pastikan juga kaki dudukan mesin di stel dengan benar untuk mendapatkan posisi berdiri yang mantap.

      Hapus
  80. Pak, mesin cuci samsung saya, led gambar kunci nyala terus. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tandanya fitur Child lock telah aktif, matikan saja dengan menekan 2 tombol secara bersamaan dalam beberapa detik yang ditunjuk gambar kunci pada panel kontrol

      Hapus
  81. Assamualaikum Pak Rudi
    saya minta tolong mesin cuci saya samsung tipe wf8590nhw.
    setelah saya selsei mencuci kenapa indikator led gambar gembok nyala terus ya dan saya tidak aktifkan fitur child lock, sudah 5 jam lebih saya menuggu tapi tetap nyala otomatis pintu mesin tidak bisa dibuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tanz Ueki ...
      saya kira mekanisme pengunci pintu otomatisnya rusak sehingga kejadiannya seperti itu,

      Hapus
  82. Asslkmwrwb pak Rudi.. Mhn maaf klo di screen mesin cuci ada gambarnya tempat sampah warna merah dan saat End tdk mau off, utk Samsung. type: WW75H5200Ew/SE artinya apa dan solusinya bagaimana? Thks.. Wassalam .. Riasto

    BalasHapus
  83. Asslkmwrwb pak Rudi.. Mhn maaf klo di screen mesin cuci ada gambarnya tempat sampah warna merah dan saat End tdk mau off, utk Samsung. type: WW75H5200Ew/SE artinya apa dan solusinya bagaimana? Thks.. Wassalam .. Riasto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Mungkin maksud anda ikon "SOAK" atau silahkan dilihat dulu di buku manual untuk meyakinkannya supaya tidak di kira2, saat fitur "soak" ini difungsikan maka drum akan berhenti berputar dalam beberapa menit (sesuai settingan) untuk merendam cucian seolah-olah telah selesai mencuci.

      Hapus
  84. sore knapa mesin cuci saya kalau di buka normal tapi setelah beberapa saat di monitor keluar kode te mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensor temperatur nya kotor atau sudah rusak.

      Hapus
  85. Selamat siang pak, saya baru membeli mesin cuci samsung tipe WA95F5S5. Tetapi ketika membilas muncul 4E. Bagaimana solusinya yg konkret? Lalu, pengaturan level air yg tepat seperti apa?
    Terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang bu Wati
      error 4E menunjukan bahwa air yang masuk ke mesin terlalu lemah/kurang deras sehingga waktu yang disediakan untuk proses itu terlewati sebelum drumnya cukup air, solusinya adalah kita harus memperkuat tekanan air yang masuk ke mesin cuci itu, misalnya menambahkan pompa yang lebih kuat atau meninggikan posisi torn air supaya aliran air nya tambah deras. pengaturan level air sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna hanya bisa melakukan pengaturan melalui pilihan yang telah ada.

      Hapus
  86. siang om Rudi..
    saya punya mesin cuci samsung Wa80v4 kira-kira sudah 5 thn..
    masalahnya skrng mesin selalu keluar air dri kran sampai keluar lgi ke selang pembuangan...sehingga mesin tidak mw menggiling..tpi pas sya coba manual mengisi air mesin maw menggiling tpi hanya di lavel medium kebawah..klo di high tidak mau..dan tombol untuk mode pencucian tidak bisa beoperasi..
    trimaksih om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aditya
      Memperhatikan umur pakainya kemungkinan mesin cuci anda sudah saatnya di servis, membersihkan saluran masuk dan pembuangan air, water level valve, modul dll. hanya karena kotor dan lembab saja dibeberapa bagian elektrikal maupun mekanikal bisa membuat mesin tidak bisa bekerja optimal.

      Hapus
  87. Dear Pak Rudi,
    Mesin cuci saya wf8590nhw, akhir" ini sering mati saat proses sedang berjalan tanpa ada kode apapun. Kemudian saya coba kabel powernya saya cabut beberapa detik kemudian saya pasang kembali, dan mesin bisa nyala lagi dan melanjutkan proses. Namun beberapa saat kemudian mati lagi dan terus seperti itu. Ketika nyala kembali tsb, timer yang awalnya sudah 17 kembali lagi ke 28, atau yang awalnya sudah sampai 12 kembali lagi jadi 15. Mohon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Rakhmad
      Saya coba menganalisa berdasarkan data yang anda sampaikan bahwa kemungkinan sambungan/koneksi listrik yang masuk ke mesin tidak stabil/longgar maka oleh karena itu cobalah untuk membenahi sektor tersebut,

      Hapus
  88. Assalamualaiku.
    semoga bapak sehat selalu.mohon bantu pencerahannya pak.
    ane punya mesin cuci samsung 1tabung Top loading. Saat ini lagi bermasalah.
    waktu steker listrik dicolokin,control panel normal.tapi gerakkan start dan air tidak mengalir,shg proses yg lain ikut gak berfungsi.
    ane dah coba beberapa pengecheckan
    1. Ane dah coba tiup selang yg menuju ke water valve,tp hasilnya nihil.
    2. Ane coba potong kabel yg kemotor (kanan/kiri) dan ane coba lsg sambung 1per1 ternyata yg gerak cuma ke kanan doang.trus ane ganti kapasitornya.tapi hasilnya masih nihil juga.
    mohon bantu analisa, apa ya yg jadi masalahnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      pak Joko sebelum jauh memeriksa hal yang kurang ada hubungannya dengan keluhan maka sebaiknya anda periksa hal berikut ini :

      - cobalah untuk meloncat program ke spin dan apabila spin bisa jalan/normal maka pemeriksaan berlanjut ke solenoid untuk memastikan bahwa dari mana penyebab air tidak mengalir seperti yang anda bilang.
      - anda tidak menyebutkan bahwa ada kode error, apakah tipe/seri mesin cuci ini.

      Demikian ini mungkin untuk sementara sambil menunggu tanggapan anda.

      Hapus
    2. Dear Bpk Rudi HalimTerima kasih atas respon dan tanggapan yg cepat dari Bapak.
      1. Mesin cuci saya Samsung Type WA70B7 . Digital tanpa panel kode.
      2. Saya baru saja mencoba saran Bapak untuk langsung loncat ke program Spin /Rinse tapi masih belum berhasil.
      3. Kemudian saya juga sudah coba juga untuk check solenoid  dengan memberi arus listrik langsung, dan solenoidnya masih bagus.
      4. Apakah mungkin modul nya yg rusak pak? Apa ada alat buat pengecheck modul jika terjadi kerusakan. Perlu diketahui modul yg skr terpasang pelindungnya sudah 1 tahun lumer,tp selama ini bisa dipakai dan berfungsi normal. Saya pernah mau mengganti modul tersebut waktu itu, tp di CS Samsung katanya sudah tidak ada modul yg sama/equivalent untuk mesin cuci tsb.
      5. Mohon bantuan untuk solusi hal tersebut.Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

      Best regard
      Joko Purwanto

      Hapus
    3. Dear Pak Joko
      Rupanya seri WA70... ya mesin cuci anda, WA70B7 kalau saya tidak keliru itu penutup atasnya bermodel bulat dan memang tidak ada layar display nya, modul pengganti biasanya bisa didapat di penjual alat2 mesin cuci non bengkel resmi, bawalah modul lama supaya lebih mudah dalam pencarian barang nya atau jika benar2 sudah tidak ada pengganti yang sama anda bisa mengganti dengan modul universal tetapi dalam hal ini nanti perlu modifikasi karena modul universal mempunyai panel kontrol terpisah dari modulnya.

      Hapus
  89. Maaf pak sy mau bertanya mesin cuci sy samsung wa80v4.dilayarnya keluar kode OE kmdian brp detik berganti 1E.itu kenapa pak.trus apa yg hrus dicek.jikapun hrus ke service apakah alatnya mahal.maksih pak buat solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Reni
      Silahkan anda coba untuk mengganti water level sensor nya dulu,

      Hapus
  90. Mesin cuci saya LG 1 tabung pintu atas. pas dinyalakan saluran pembuangan ngebuka jadi pas dipake nyuci air gak bisa penuh karena terbuang. pas dimatikan nutup kembali. masalahnya apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa pernah kabel-kabelnya terputus oleh tikus dan ada kesalahan penyambungan ? atau ada hal lain/kerusakan pada modul nya (lembab/rusak microswitch), silahkan diperiksa dulu untuk bisa lebih detail penyebabnya.

      Hapus
    2. Dear pak rudy mohon bantuannya mesin cuci sy samsung front loading pintunya tetap mengunci walaupun sudah selesai mencucinya. Kmi sdh berupaya untuk mengulang lagi mencucinya dan mematikan aliran listriknya tetapi tetap mengunci pintunya. Mohon bantuannya spy pintu bs terbuka kembali

      Hapus
    3. Kemungkinan pengunci pintu nya rusak/patah, perlu orang yang sudah terbiasa mengerjakan hal ini supaya lebih mudah. cepat dan kerusakan tidak meluas

      Hapus
    4. Pada samsung type wf0702nce setelah proses whas selesai...lalu muncul kode 5d...dan tak bisa ke proses selanjutnya(rinse)....itu masalahnya dimana ya pak....makasih sebelumnya atas jawabanya...fronloading

      Hapus
    5. Anda coba turunkan selang pembuangan untuk membuang air di dalam drum secara manual lalu setelah air kosong kembalikan selang seperti semula dan ulangi program pencucian dari awal namun kali ini jangan pakai/ditambahkan sabun dulu, maksud langkah diatas adalah untuk membilas busa sabun yang terlalu banyak penyebab munculnya kode error 5d.

      Hapus
  91. mesin cuci samsung sy kemasukan tikus, tempat detergen dan pewanginya digigit sampai hancur dibagian dalamnya... tapi mesin cuci masih berfungsi dgn baik...
    untuk mengganti kerusakan tempat detergennya apa bisa sy beli di samsung center pak?
    terus apakah ada pengaruhnya dgn hasil cucian ? takutnya jadi kurang bersih atau sabunnya terbuang percuma... trims

    BalasHapus
  92. listrik mti/jeglek pada saat mesin cuci operasi selama 10 menit. ini kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya MCB listrik anda sudah sensitif, ganti MCB dengan spesifikasi yang sama atau lebh tinggi dari sebelumnya. apabila mesin cuci nya front loading maka boleh dicoba dengan mematikan heaternya dulu.

      Hapus
  93. salam kenal pak Rudi,
    mesin cuci saya samsung WA90F4, kalo saya pakai dgn daya listrik 900 airnya nyetrum(pemasukan dan pembuangan) tp kalo saya pakai daya 1300 tdk nyetrum sama sekali..mohon bantuannya pak karena kedepannya saya pakai listrik dgn daya 900
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Mulky
      Tidak akan ada bedanya pemakaian daya 900 dengan 1300 atau berapapun itu asalkan instalasi listriknya benar, jaringan listrik rumahan biasanya hanya 1 phasa atau cukup 2 kabel saja dan itu cocok dengan kebanyakan produk mesin cuci kecil, hanya terkadang karena tidak dilengkapi ground mengakibatkan mesin cuci menjadi nyetrum, untuk mensiasati ini pasanglah ground agar nyetrum nya hilang atau cara paling mudah adalah dengan cara membalik steker atau colokan listrik yang terpasang supaya jalur L dan N nya selaras.

      Hapus
  94. Dear Pak Rudi, saya pak ezra Lallo memiliki mesin cuci bukaan depan merk samsung Type WF8650NHW lama pemakaian 1,5 tahun. Masalah mesin cuci saya yaitu pada saat mesin dinyalakan dengan menekan tombol power mesin aktif dan layar menyala dan mesi berjalan normal. Akan tetapi setelah berjalan 1 menitan mesin mati dan layar juga mati, tombol power juga tidak berfungsi. Kemudian setelah colokan listrik dicabut dan dicolok lagi, mesin dan layar menyala lagi dan setelah tombol power di aktifkan mesin berjalan normal lagi sampai kira kira 1 menitan lagi mesin mati lagi seperti yang terjadi pada masalah diatas. Dan itu berulang terus. Pak Rudi mohon pencerahannya. Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Ezra yth
      ini saya coba bantu apa yang mungkin bisa anda lakukan tanpa bantuan seorang teknisi, periksalah koneksi listrik anda, maksud saya mungkin terjadi kelonggaran sambungan antara stop kontak listrik dengan steker/colokan mesin cuci anda .

      Hapus
  95. malem pa rudi
    salam kenal
    mesin cuci saya samsung WA90F4, pembelian 1 th, saya hanya menggunakan mesin cucinya selama 2 bulan pertama pembelian,, selnjutnya ga perbah dipake sama sekali,, hanya sesekali di start power utk mengecek kl masih hidup.. terakhir di cek 2 bulan lalu,, dan sekarang tiba2 mati total,, kondisi kabel bagus aja pa,, kira2 apa permasalahannya,, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Abahnya Zaidan
      Anda mungkin harus memeriksa kabel-kabel sampai bagian dalam karena bisa saja mesin cuci anda kemasukan tikus melalui lubang yang dibuatnya.

      Hapus
  96. maaf pak mau tnya.
    mesin cuci sy 1 tabung, tb2 air tdk mau ngalir.
    dan sy mau tnya apkh smua merk samsung ada penyaringnya dinaliran masuk air. krna pnya sy tdk ada. sy khwatr krna itu. krna brusan pipa air di rmh bru sj diperbaiki shgga ada pasir2...
    mhn jwbnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua mesin cuci ada penyaring air disetiap katup solenoid nya

      Hapus
  97. Siang pak rudi..mesin cuci sy samsung ecobubbule keluar tulisan 4E air sy cek lancar tp tetep muncul 4E sy cb sy pancing air sy masukan kedalam tempat sabun bs tp kl buat nyuci mancing lg gmn caranya biar g mancing lg pak

    BalasHapus
  98. salam kenal pak Rudi,
    mesin cuci orangtua saya samsung WF0702NCE, sekarang kalo dipakai mencuci air pembuangannya tidak keluar. mohon bantuannya pak.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan diperiksa Pompa pembuangan.Filter dan selang nya.

      Hapus
  99. Halo pa rudi, mesin cuci frontload sy menunjukkan dE terus padahal pintu sudah tertutup rapat,ada kah solusinya? Terimakssih

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://bengkelmania.blogspot.com/2016/08/mesin-cuci-samsung-error-code-de.html

      Hapus
  100. Mohon info mesin cuci samsung kode WW70J3283KW. Kode error 4C,cairan pewangi tidak lerut/ mandeg. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lepas dulu Laci/kotak detergen, caranya tarik dan tekan tuas pembukanya lalu bersihkan kotak tersebut, biasanya sudah banyak sabun detergen yang sudah mengeras sehingga pembagi air tidak bisa lancar bergerak.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.