Kode kesalahan (error code) mesin cuci Electrolux

Jangan panik dulu ketika mesin cuci anda mengalami gangguan karena mungkin masih bisa kita ketahui penyebab nya melalui beberapa kode yang tampil pada layar kontrol nya, kali ini akan saya informasi kan kode-kode kesalahan atau error code pada mesin cuci Electrolux tipe EW 1290 W, kode-kode ini mungkin berlaku juga untuk tipe lain nya, silahkan menyimak dan mencoba nya pada mesin cuci di rumah atau kantor anda yang tengah bermasalah siapa tahu anda bisa mengatasi masalah nya sendiri.





Kode E10, ini terkait dengan pasokan air bersih yang masuk ke mesin cuci, kemungkinan penyebab :
  1. Keran air dalam keadaan tertutup atau belum dibuka.
  2. Selang pasokan air dari keran terjepit atau tertekuk.
  3. Filter atau saringan air sudah kotor sehingga menghambat arus air yang masuk
Kode E20, ini terkait dengan masalah pembuangan air kotor sisa pencucian, kemungkinan penyebab :
  1. Selang pembuangan tidak lancar karena mungkin tersumbat atau tertekuk.
  2. Filter atau Saringan pompa pembuangan air kotor atau tersumbat sesuatu, biasanya uang koin, kancing, mainan anak dll.
Kode E40, ini terkait dengan pintu masuk atau keluar cucian, pemecahan masalah nya hanya dengan cara memastikan pintu tertutup dengan benar atau tidak saja.

Kode E91, mis komunikasi antar modul elektronis atau nge-hang, hentikan mesin sejenak dan muat ulang proses nya (matikan dan nyalakan ulang),

Kode EH0, tegangan listrik ditempat anda sedang tidak stabil, mesin akan berhenti untuk sementara sampai listrik kembali normal dan proses akan berjalan kembali secara otomatis.




List Code Error diatas relevan dengan model-model mesin cuci Electrolux tutup bukaan depan atau front loading berikut ini :
EWF8005EQWA, EWF8025CQWA, EWF8025EQWA, EWF9025BQWA,

Semoga informasi ini bermanfaat, masih banyak lagi info-info menarik lain nya tentang error kode mesin cuci dengan merk-merk terkemuka pada artikel yang lain.

Artikel terkait :

- Electrolux EWF 1073 dan EWP error


Komentar

  1. artikelnya sangat berisi gan,,
    sangat membantu.
    mampir jg ke lapak ane. salam kenal

    http://ngoposisi.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Gan saya punya mesin lux royal wh1090...sekarang lagi trouble..spin bolak balik ga mau Gan...sama timer sering nyangkut di C ....itu penyebab dan solusinya apa Gan...mohon penjelasannya...matur nuwun...

    BalasHapus
  3. Royal lux dan beberapa merk lain yang masih menggunakan Timer analog salah satu penyakitnya ya memang seperti yang anda sebutkan, sebenarnya penyakitnya mudah disembuhkan tetapi perlu hati2 ketika mengerjakan nya karena kita harus membongkar Timer tersebut untuk dibersihkan kotoran dan serangga yang terkadang bersarang disitu, kotoran2 tersebut mengurangi kontak (ngefong) bahkan menghalangi dari kontaktor2 yang ada didalam nya sehingga proses pencucian menjadi kacau, jika terus dibiarkan sering menimbulkan masalah yang lebih serius padahal jika kita mau mengerjakannya sendiri pasti bisa, setidaknya kita hanya memerlukan contact cleaner, obeng dan beberapa alat lain yang umum digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sy punya mesin ewf1082g klo d star langung menunya airnya membuang dan spinya berubah jd kosong. apa penyebabnya ya gan

      Hapus
  4. thanks bos artikelnya sangat membantu soalnya saya juga punya masakah yang sama mesin cuci royal lux wh1090 saat spin bisa muter kalo pas wash motor ndak muter sama sekali apa masalahnya sama? timernya yang rusak?

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya .... Royal Lux WH1090 merupakan model lama yang belum memakai sistem operasi digital seperti yang saya bahas, hanya pada beberapa tipe lebih baru dari merk seperti yang anda miliki memang cara reset untuk error nya sama karena modul nya sama sementara untuk milik anda bisa kita coba untuk memperbaikinya secara manual, lakukanlah pembersihan memakai bahan2 pembersih seperti phillips contact cleaner lalu bilas dengan produk WD-40 pada bagian-bagian timer nya .... hal ini dimaksudkan untuk membuat kontaktor2 pada timer ini bisa bersih kembali sehingga tidak ada lagi kotoran-kotoran yang mengganggu proses operasi nya. selamat mencoba.

    BalasHapus
  6. kalo punya saya electrolux ewf1073 saya klik di cotton atau yang lain langsung mutar sendiri dan tiba - tiba tidak sampai 1 menit 0 lagi.Kenapa ya gan???mohon informasinya.Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada masalah pada supply tegangan nya (kurang dari 220v) sehingga sistem elektronik pada mesin cuci ini memproteksi diri jika tegangan nya terlalu rendah.

      Hapus
  7. kalo error U 14 di mesin cuci panasonic, knapa tuh gan...??
    tolong dijelasin cara ngatasinnya dong...
    thank's....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Normand benjo, terima kasih anda sudah menginspirasi saya untuk membuat artikel tentang error code mesin cuci panasonic dan inilah jawaban yang saya ketahui semoga bermanfaat :
      Periksalah setiap komponen yang terkait dengan pasokan air bersih untuk mesin cuci panasonic anda, bersihkan filter air pada solenoid (kran otomatis), pastikan tidak ada kebocoran air dari keran air ledeng, selang air pemasukan dll ... pada intinya air yang masuk ke mesin cuci harus lancar, bersih dan tekanan nya cukup.

      Hapus
  8. mesin cuci electolux ewf 1073 saya sering ngetrip setelah berjalan 15 menit knp ya gan...? apa ada cara buat nge reset nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bpk. Jafar Kamal yth, ada 2 cara reset yang saya ketahui untuk mesin cuci anda yaitu dengan cara menekan tombol Start/Cancel/Pause selama beberapa saat atau sekitar 3-5 detik dan dengan cara mencabut dulu steker supaya arus listrik terputus dan tunggu sekurang-kurang nya 1 menit sebelum anda coba mengulang proses mencuci kembali. sebagai tambahan informasi bagi anda jika cara diatas tetap terjadi kembali cobalah untuk memeriksa kedudukan mesin cuci anda supaya jika sedang beroperasi tidak terjadi getaran yang berlebihan terutama ketika sedang dalam proses spin dry, hal tersebut (getaran/goyangan berlebihan) akan memicu sensor mengirim sinyal perintah penghentian proses oleh mikro komputer nya, pastikan anda memasukan cucian dengan benar (tidak menggumpal dan menggulung) karena hal ini juga memicu goncangan yang sangat besar saat spin dry dan yang terakhir voltase listrik anda sebaiknya selalu stabil di 220V karena jika tidak mesin cuci anda pun akan menghentikan atau membatalkan operasinya di saat voltase berada diluar batas toleransi nya.

      Hapus
  9. mesin cuci electroluk ewf10751 saya tidak mau menampung air, sehingga setiap ingin beroprasi air masuk ke tabung mesin cuci namun langsung keluar kembali, dan mesin cuci tidak mau berputar, tolong dibantu untuk solusinya ya,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Timo Tyas yth, Sebelum kita membahas hal lebih lanjut mungkin ada baik nya anda memeriksa selang pembuangan air nya .... apakah tidak ada kebocoran seperti misalnya karena di gigit tikus atau kalau anda belum faham bahwa selang pembuangan air pada mesin cuci anda tidak boleh diselonjorkan di lantai seperti pada mesin cuci model lain tetapi harus dinaikan dahulu se-kurang-kurang nya sepertiga tingginya mesin cuci tersebut, cobalah anda lihat panduan nya yang ada pada manual book nya.

      Hapus
  10. gan saya punya electrolux ewp10742, sering eror dengan kode EH0 , sudah pake stabilizer tapi problem masih sering muncul,, mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear GuitarCoustic yth. Kode E10 yang anda maksud hanya terkait dengan hal-hal mengenai kelancaran pasokan air yang diperlukan selama proses pencuciann, oleh karena itu fokus lah pada area dimaksud, mungkin aliran air terkadang kecil atau tidak stabil sehingga waktu pengisian drum pencuci menjadi lebih lama dan berakibat munculnya kode tersebut.

      Hapus
    2. maaf gan langsung nimbrung
      ini sama dengan yg saya alami.punya saya electrolux ewf1073,saya sudah cek air masuk lancar,pembuangan juga lancar,saya coba selang pembuangan dilurusin kelantai dan tabung diisi air langsung terbuang.pintu juga sepertinya sudah tertutup.tp masih tetap EH0(yg saya kira E40)Gimana ya Gan?Mohon sekali pencerahannya gan.

      Hapus
    3. maaf gan langsung nimbrung.
      ini sama dengan yg saya alami,mesin cuci saya electrolux ewf1073.saya sudah cek semua.air masuk dan air keluar saya kira lancar.karena eror dengn kode EH0(yg saya kira E40) itu saat pencucian.saya coba dengan tabung kosong dan mesin eror dgn air cukup dan standar seperti sebelum eror.saya cek pintunya juga tertutup rapat.Ada apa dengan mesin cuci saya ya Gan....mohon petunjuknya dengan sangat

      Hapus
    4. Dear Nina yth, terima kasih atas partisipasinya dan akan saya bantu dengan sedikit informasi yang saya tahu untuk anda dan sekaligus sebagai jawaban ulang untuk pertanyaan saudara GuitarCoustic .... pada display mesin cuci anda-anda ini tampil kode EH0 dan sudah melakukan hal yang seharusnya dilakukan yaitu memakai stabilizer tegangan namun mesin cuci tetap saja error atau tidak mau normal kembali, untuk kode EH0 memang ini menunjukan adanya gejala tegangan listrik yang fluktuatif atau naik-turun, mini komputer yang ada didalam modul elektronik mesin cuci anda menolak untuk bisa menjalankan program pencucian secara normal sampai tegangan listrik yang diperlukannya cukup dan stabil, jika memungkinkan cobalah gunakan alat ukur voltase selain yang terdapat pada stabilizer nya sebab banyak kejadian serupa yang ternyata stabilizer nya itu sendiri tidak mampu mensupply tegangan dalam ambang batas normal mesin cuci ini yang cukup besar, gunakan sekurang-kurang nya stabilizer berkapasitas murni 2000watt 220V, hal lain nya meskipun jarang terjadi kerusakan timbul justru dari modul elektronik mesin cuci nya itu sendiri tetapi hal-hal diatas mungkin mustahil untuk anda melakukan perbaikan ini karena memerlukan pengetahuan dan alat-alat yang memadai ..... tetapi setidaknya anda sudah mencoba melakukan penanggulangan pertama yang tepat dan tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain menghubungi service centre resmi.

      Semoga membantu.

      Hapus
  11. mesin cuci samsung otomatis suka restart. kl wash dan spin tdk bs lama smpai tuntas , jalan sebentar langsung berhenti. tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bpk Yusuf Yasir yth, ini adalah masalah umum yang sering terjadi pada mesin cuci merk lain juga ... mesin cuci dengan modul elektronik kebanyakan masih sensitif terhadap tegangan listrik yang rendah dan tidak stabil selain itu lembab yang berlebihan di area tempat penyimpanan mesin cuci tersebut sering membuat rangkaian elektronik serta kabel-kabelnya berjamur sehingga membuat programnya sering error, untuk lebih jelasnya anda bisa sertakan tipe mesin cuci nya itu sendiri berikut kode error yang ditampilkan pada display nya seperti apa, terima kasih dan semoga bermanfaat.

      Hapus
  12. pak mesin cuci saya electrolux tipe ewf 1092 uk 8 kg, skrg tiba2 nggk bisa beroperasi di displaynya muncul kode E90. mohon bantuannya krn didln mesin sdh ada pakaian basah dan sabun

    BalasHapus
  13. mesin cuci elektrolux sy EWF 1092 uk 8 kg sekarang d displaynya muncul E90, kira2 kenapa ya pak, krn biasanya cuma E10, E40 spt pintu nggak rapat atau air aja yg nggk ngalir, mohon bantuannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wita Rosadi yth, terima kasih karena selain pertanyaan ini juga telah mengingatkan saya bahwa artikel ini seharus nya bersambung ke bagian 2 dengan kode-kode lain nya yang walaupun jarang terjadi tapi kiranya perlu juga saya publikasikan, sementara jawaban untuk kode yang tampil E90 pada mesin cuci anda menurut buku pedoman dan apa yang saya alami adalah karena koneksi/sambungan yang sudah tidak bagus antara kabel dengan komponen lain terutama modul elektronik nya, mungkin bisa anda coba sendiri melakukan servis dengan cara membuka tiap-tiap soket penghubung dan membersihkan nya pakai cairan pembersih kontak (contact cleaner) lalu dilap dengan kain bersih .... mohon anda untuk hati-hati melakukan nya karena sebenarnya ini harusnya dilakukan oleh seorang teknisi atau hubungi service center resmi. demikian semoga membantu.

      Hapus
  14. pak brostel motor mesin cuci electrolux ewf1073 apa sama dengan yg ada di pasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ners yth, sebaiknya anda gunakan brostel atau carbon brush standarnya supaya lebih presisi dan tingkat kekuatannya tepat, memang kita bisa menggunakan brostel lain (modifikasi) tetapi biasanya bahan brostel ini terlalu keras sehingga bisa merusak rotor atau terlalu lunak sehingga lebih cepat habis lagi ... semoga bermanfaat.

      Hapus
  15. pak, mesin cuci saya merk modena keluar kode error e62 itu kenapa ya..?? nyuci belum selesai listriknya mati, truz waktu listrik sudah hidup keluar kode E62 g bisa jalan lagi.. solusinya gmn it..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak San Hasan yth, seperti pada mesin cuci lainnya dalam grup electrolux bahwa ketika muncul kode E62 itu dikarenakan terjadi panas yang berlebihan saat mencuci, cobalah untuk menonaktifkan program mencuci dengan air panas dan jika mencuci dengan air panas merupakan kebutuhan pokok sebaiknya anda memeriksa dahulu apa yang terjadi pada mesin cuci anda atau meminta bantuan seorang teknisi berpengalaman.
      pada beberapa kejadian serupa melakukan pencucian dengan air dingin (non pemanas) maka program mencuci kembali normal dan listrik tidak trip/mati.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  16. nmesin cuci saya elektrolux tipe ewp854s di module keluar keterangan e04 jadi pada saat pengeringan mesin tidak bekerja tp utk proses pencucian aman2 saja.. sudah saya service kn ke teknisi elektrolux semua sdh di cek utk selang dan semua kemungkinan masalah hardware...sayang nya teknisi cuma bilang musti ganti module sedangkan mesin baru saya gunakan tdk samapai satu tahun..apa kah secepat itu module di ganti?? dan apa solusi utuk memperbaiki module yg msh nyala apa kesalahan setting ato module bs di reset

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu Yesie Ariesta yth, mohon dipastikan bahwa penulisan tipe mesin cuci nya benar karena bagi saya agak asing untuk tipe yang anda tuliskan ( EWP 854 S ) selain itu kode error nya pun mungkin maksudnya adalah E40 (bukan E04),
      pada produk line electrolux ini ketika tampil kode E40 maka itu tandanya pintu tidak tertutup dengan benar atau pengunci nya rusak, sementara menurut anda proses mencuci normal2 saja padahal jikalau pintu tidak tertutup dengan baik atau penguncinya rusak maka untuk proses mencuci pun tidak akan bisa berjalan.
      menurut analisa saya kalau proses pengeringan atau spin tidak bisa berjalan maka kemungkinan air belum keluar atau terbuang semua sehingga modul/pcb terlalu lama menunggu dan akhirnya muncul kode error yang seharusnya adalah E20 ... harap anda koreksi lagi keterangannya supaya jawaban dari saya bisa lebih relevan.
      Semoga membantu.

      Hapus
  17. Maaf Gan!bagaimana dengan code errornya SAMSUNG WA70V4,apakah Gan udah punya? Kalao da ada posting donk. makasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya mas Bodiono, bahannya sedang saya persiapkan.

      Hapus
  18. Mesin cuci saya elektrolux tipe elf 1074.. gimana caranya agar mesin cuci tidak bergerak terlalu keras... apa penyebabnya.. terimakasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Akhmad Sugandi yth, Mesin cuci harus ditempatkan pada lantai yang datar namun apabila masih ada terasa oleng bisa kita setel ketinggian kaki-kaki nya supaya ke empat sudut tertumpu ke lantai dengan pas, cobalah untuk memberi mesin cuci anda alas kaki seukuran yang sesuai dari karet yang tipis namun kuat seperti karet ban dalam motor/mobil supaya getaran dan suara berisik bisa lebih dikurangi.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
  19. mesin cuci electolux ewf 1073 kondisi sekarang ketika mesin beroperasi .. tiba-tiba mesin berhenti dan jika ditekan tombol start baru bisa jalan lagi
    dan yang kedua jika di coba di Temp 40c keatas mesin ngetrip..
    kira - kira apa permasalahan nya pak..? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Jafar Kamal yth, ini masalah yang sering terjadi karena tegangan listrik yang tidak stabil, sistem pengaman akan memproteksi dirinya dengan cara membatalkan operasi pada saat proses apapun, sementara apabila pemanas diaktifkan lalu selang beberapa saat listrik trip itu menandakan MCB sudah mendekati ambang batas daya yang tertera, MCB itu ada batasan waktu pemakaian nya atau artinya apabila kapasitas awalnya 10 ampere maka seiring berjalannya waktu kapasitas ini akan terus menurun hingga mudah sekali trip.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. jadi..sangat perlu juga mesin cuci saya di pasang UPS or stabilizer agar kejadian itu tidak terulang lagi..?
      seperti hal nya stabilizer untuk PC..

      Thanks

      Hapus
    3. Menggunakan Stabilizer tidak selalu menyelesaikan masalah seperti ini apalagi jika sering menggunakan pemanas, saran saya periksa tegangan listrik ketika mesin cuci sedang beroperasi dengan pemanas aktif, listrik dengan instalasi yang baik tentu tegangannya tetap akan berada pada 220V, apabila tegangan turun misalnya 200-210V selain mesin menjadi error tagihan listrik pun akan melonjak karena dengan tegangan yang kurang menjadikan arus (ampere) menjadi naik.
      banyak contoh masalah ditemui dikarenakan koneksi kabel yang sudah ngefong/longgar baik dari instalasi milik sendiri (rumah) maupun milik PLN nya sendiri (dari meteran ke tiang listrik) lalu dengan hanya mengencangkan tiap-tiap sambungan dan mengganti kabel yang sudah usang maka masalah seperti anda terselesaikan.

      Hapus
  20. saya punya mesin cuci electroluc front loading. untuk cuci normal tapi untuk spin putaran lambat sekala tapi jika beban dikurangi putaran normal bagaimana solusinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Brendan yth,
      Kemungkinan besar sabuk/belt mesin cuci anda sudah longgar sehingga slip, silahkan periksa mungkin masih bisa di stel atau kalau sudah terlihat cacat sebaiknya diganti baru.

      Hapus
  21. Assalamualaikum ,pa rudi sy ingin menanyakan mesin cuci saya type samsung model 0702nce ,dalam proses mencuci air dr kran tidak mau masuk mesin jadi mesin nya tidak berjalan prosesnya ,jadi sy memberikan airnya lwt tempat detergent dengan memakai selang,mohon solusinya pak
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Pak Elang yth, akan saya terangkan mulai dari awalnya ya pak .... silahkan anda periksa aliran air dari keran ledeng/penampungan air anda yang menuju ke mesin cuci, air ini harus bertekanan cukup lalu setelah itu periksa penyaring kotoran pada keran otomatis yang ada pada mesin cucinya (water inlet valve), apabila kotoran sudah bersih silahkan periksa komponen itu sendiri karena barangkali sudah rusak/tidak bisa membuka dan apabila selesai di bagian ini anda bisa memeriksa modul elektronik nya ... ukur tegangan yang keluar dari komponen pengontrol ini dan apabila tidak ada tegangan (220V) yang keluar untuk keran otomatis ini disaat proses pencucian dimulai berarti anda harus memikirkan untuk mengganti alat ini atau kalau memungkinkan untuk memperbaikinya.
      Demikian pak, semoga bermanfaat .... Wasalam.

      Hapus
  22. Dear pak halim.. mesin cuci saya lux WH1090 namun Saat ini kondisi rusak.. apakah bisa Kasih info teknisi ato bengkel terpercaya Utk perbaikannya..
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bp. Usfiari Usmar yth. domisili anda apabila di area Bandung tentu saya bisa rekomendasikan bengkel yang kredible untuk anda ... silahkan reply kembali pesan ini.
      terima kasih.

      Hapus
  23. salam hormat,
    mohon bantuannya pak,mesin cuci electrolux type EW1073 tidak mau drai (air tdk mau keluar) lampu indikator normal dan tdk ada pesan error, sy coba reset dan mengulangi mode pencucian tp tetap tidak mau drain,terima kasih bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Faizah yth. terkait keluhan anda apakah pada proses sebelum waktunya drain ini tidak ada masalah (pencucian) .... cobalah untuk memeriksa tempat penyaring air buangan yang terletak dibagian bawah kanan, mungkin ada sesuatu yang membuat saluran air tersumbat atau motor pompa drain nya tidak berputar.
      semoga bermanfaat.

      Hapus
  24. Pak Rudi,

    Saya pemakai mesin cuci electrolox ewf984. Mesin cuci saya sering mengalami gagal saat mau spin, tidak ada error kode, pompa drain normal. Sepertinya pada saat start spin, tiba2 sepertinya listrik ke motor mati.... dan timer berjalan terus. hal ini juga kadang jadang terjadi pada proses manual spin. Listrik dirumah antara 200-210v.

    Kadang2 proses pencucian selesai, spin normal. tapi lebih sering gagal. Mohon informasi kemungkinannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bpk Jaenal yth, secara sederhana saya simpulkan untuk mencoba menaikan tegangan listrik dirumah anda dulu, gunakan stabilizer yang memadai .... hal ini sering terjadi pada beberapa keluhan dan berhasil meskipun belum tentu berhasil juga untuk anda.
      Semoga tanggapan saya bermanfaat.

      Hapus
  25. MOHON BANTUAN..
    Mesin cuci saya LG up loading 1 tabung. setiap diisi air, langsung keluar lewat selang pembuangan. Kenapa ya pak.? trus, bisakah diberikan langkah2 memperbaikinya.
    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bpk Yahya yth, terkait pertanyaan anda kebetulan beberapa hari yang lalu saya pos kan artikel yang relevan dengan keluhan anda,

      http://bengkelmania.blogspot.com/2013/09/mesin-cuci-airnya-ngocor-terus.html

      jika anda yakin tidak muncul kode error pada layar monitor mesin cuci anda saya kira klep pembuangan terganjal atau sobek bisa jadi penyebabnya, terima kasih atas koreksi anda dan semoga jawaban saya bermanfaat.

      Hapus
  26. Daer Pak Rudi, kalau mau beli timer mesin cuci LUX ROYAL dimana ya? kira2 harga berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Agus yth,
      Beli timer Royal Lux untuk wilayah mana dan tipe berapa ? mohon dilengkapi.

      Hapus
  27. mohon penjelasan pak mesin cuci jenis apa ya yang tidak memerlukan stabilizer?karena saya baru beli mesin cuci merk terkenal e* yang baru dipakai 2x modulnya rusak katanya karena tegangan listrik yang tidak stabil biasa merusak modul. mesin cuci apa ya yang tidak pakai modul???makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu Yhusi yth, Seharusnya barang elektronik apapun tidak perlu menggunakan stabilizer, untuk yang memang peka terhadap tegangan listrik pada umumnya sudah ada built-in stabilizer (komputer,televisi dll). yang perlu kita benahi adalah tegangan listrik dari PLN nya, dari banyak persoalan yang timbul itu dikarenakan tegangan yg dipasok PLN kurang dari 220V .... hal ini berakibat Modul elektronik bekerja ekstra keras untuk bisa tetap beroperasi dan apabila sudah melampaui toleransi maka akan rusak. tegangan yg tidak stabil ini paling banyak diderita oleh konsumen yang berada di dekat kawasan industri atau sambungan kabel dari tiang listrik yg menuju ke konsumen sudah longgar (nge fong).

      Hapus
  28. gan tlg bntuanya,,,,msin cuci saya electrolux tipe EW880F klo buat ngisi air erorr tp klo buat spin mau,....tlg d bntu.mksh...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro Irwan exo yth, coba periksa saluran air yang masuk ke mesin cuci barangkali mampet, saringan nya kotor atau water valve inlet nya rusak (keran elektrik).

      Hapus
    2. kayaknya gak rsk gan.....soalnya sdh nyedot air sbntr skitar 5 dtk trs hbs itu berhnti selang satu mnit bru erorr

      Hapus
  29. mohon informasi pak,mesin cuci jenis dan merk apa ya yang paling tidak rewel, karena takut kejadian kayak semua konsultasi-konsultasi di atas. sebelumnya sudah pernah punya mesin cuci 2 tabung agak ribet nyuci bisa seharian karena lupa di tinggal tinggal belum diperas saat ini sudah rusak selalu goyang keras meski kadang masih bisa dipakai, pernah juga mesin cuci top load sudah 3 tahun juga rusak masih sulit cari komponennya sehingga tergeletak jadi rongsokan dirumah. kemaren beli merk paling terkenal front load baru dipakai 2x juga sudah rusak katanya karena model digital kena tegangan yang turun (seperti konsultasi saya sebelumnya). setelah ruwet&mbulet dengan toko, syukur akhirnya bisa dikembalikan. jadi trauma beli mesin cuci karena pelayanan aftersalenya payah. penginnya belim mesin cuci untuk 4 orang saja (2anak,2dws),model mencuci 3-4 hari sekali langsung banyak,yang bersih, awet buat pakaian, irit air, irit listrik, gak ribet,pelayanan servis yang menghargai manusia, dan dapat tahan laaammmaaa....terima kasih bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Yhusi yth,
      Saya turut prihatin dengan apa yang sedang anda hadapi dan berharap segera menemukan apa yang ibu dambakan, saat saya ditanya produk dan merk apa yang terbaik .... itu membuat saya berfikir lebih sulit ketimbang ditanya solusi menangani masalah, produk2 yang sekarang ada lebih ditekankan pada harga yang kompetitif, irit listrik dan model yang up to date. lalu produk2 yang mahal, model menjemukan dan boros listrik semakin ditinggalkan dan jarang dipasaran, ambil contoh merk General electric produk Amerika atau Electrolux buatan Swedia yang asli berasal dari negara2 itu sudah tidak ada lagi karena tenggelam oleh produk yang dibuat di China, bukan palsu tapi memang karena harga nya yang lebih murah dari produk indukannya jadi wajar sepertinya jika kualitasnya juga tidak sebaik yang buatan "induk" nya lalu diperparah lagi oleh tegangan listrik yang tidak stabil sehingga lengkap sudah kesusahan kita sebagai konsumen, semoga kita bisa mengambil hikmah dari semua ini.

      Hapus
  30. Dear Mas Rudi, mesin cuci saya electrolux EWF1082G. Pada saat start program (saya selalu pakai time manager) beberapa saat kemudian langsung muncul tanda "drain" seolah-olah pencucian sudah selesai dan diakhiri bunyi buzzer sebagai tanda proses pencucian selesai. Tidak ada indikasi error code sama sekali. Mohon petunjuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk Sasminto abu dzaki yth,
      Mungkin anda perlu memeriksa saringan air masuk pada bagian belakang mesin cuci anda, pastikan air nya masuknya lancar lalu ukur tegangan listrik bersamaan ketika proses mencuci dimulai, apabila ada indikasi turun tegangannya dari 220V silahkan anda bisa coba pergunakan stabilizer.
      demikian pak, silahkan dicoba dulu.

      Hapus
  31. Dear Pak Rudi. Mau tanya nih, mesin cuci saya, Samsung WA70V4, tombol power on/off nya normal, tapi saat menekan tombol Start, mesin cuci not responding alias diem aja. Kira-kira kenapa ya Pak? Thannks In Advance :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu/Mbak Ririn yth,
      Kalau boleh saya simpulkan itu adalah pertanda bahwa sejenis micro switch yang tertanam pada PCB nya sudah tidak bisa kontak atau rusak, pada umum nya tinggal mengganti komponen kecil ini dan masalah seperti ini telah teratasi tetapi bisa saja dari komponen lain meskipun itu jarang dalam sepengetahuan saya.
      Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat

      Hapus
  32. Mohon info, punya saya mesin cuci electrolux ewp10742. Kadang2 kumat, kalau sudah start, icon yang aktif hanya yang pertama (wash) ga mau pindah ke icon rinse n spin, ini sampai waktunya habis tetap spt ni. Mohon info, ini kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ven yth,
      Saya tentu tidak bisa menjawab berdasarkan perkiraan tetapi dari banyak keluhan sejenis yang saya temui biasanya masalah selesai setelah membenahi tegangan listrik yang kurang dari 220V padahal unit dirancang supaya bekerja sempurna pada tegangan 230V, jadi saya harap masalah anda pun selesai apabila tegangan listrik dirumah anda punstabil di 220V saja.
      Demikian semoga ada manfaat.

      Hapus
  33. mohon bantuannya, saya punya elektrolux ewf 1073a muncul error e40 kadang e42 kadang juga e43. saya sudah memanggil service elektrolux, ternyata hanya dibersihkan saja. setelah saya coba ternyata error tersebut masih muncul. saya sudah cek pintu sudah tertutup rapat, kran air juga sudah dibuka, selang air pembuangan juga tidak tersumbat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pak Agus yth, kode-kode (E40,E42,E43) yang muncul secara acak bisa mengindikasikan bahwa ada beberapa masalah yang timbul secara bersamaan, proses cleaning bisa kita lakukan supaya komponen/soket yang kotor/berkarat tidak menghambat kerja mesin secara keseluruhan tetapi apabila hal tersebut tidak cukup membantu maka ada kemungkinan pengunci pintu atau PCB nya bermasalah.
      Demikian semoga membantu.

      Hapus
  34. Yth. Pak Rudi.
    Mesin cuci saya electrolux Type EWT 854S saat dipakai fungsi spin dry tidak mau bekerja,jd setelah pembuangan air seharusnya spin dry beketja tp yg terjadi timer kembali ke menit awal dan terus berulang seperti itu. mohon pencerahan dan solusinya. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pak Lhoecast yth, fungsi spin tidak akan pernah mulai berjalan apabila : masih terdapat banyak air di dalam drum atau pintu tidak tertutup dengan sempurna, silahkan untuk memastikan bahwa tidak ada hal yang membuat air terbuang lebih lambat dari biasanya (tersumbat/selang tertekuk).
      Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  35. kang, saya punya Electrolux EW1080F ..
    sudah agak lama ga di pakai, nah setelah dipakai kembali setelah beberapa menit timbul alarm kode E60 ... nah E60 itu artinya apa ?
    mode pencucian, cotton, cold, 1000, quick wash ...

    makasih sebelumnya
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akang Lordbocha yth, kode E60 artinya heating error atau bermasalah pada pemanas, ini bukan berarti pemanas nya tidak jalan karena anda pun memilih mode pencucian tanpa pemanasn tetapi mungkin karena lama tidak dipakai itu justru mesin cuci anda menjadi sarang serangga, alhasil jadi ada yang error .... coba saja ulangi dengan mode pencucian standar namun apabila tetap terjadi hal demikian sepertinya anda perlu tenaga Cleaning untuk membersihkan daleman mesin cuci anda, semoga mesin cuci anda memang hanya perlu dibersihkan saja.

      Hapus
  36. Selamat pagi gan.?ane punya mesin lux royal WH1903i bermasalah gan.??erorr code 88 tolong dibantu gan.?thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Irwan effendi yth, maaf untuk sementara kami belum memiliki data "error code" terkait mesin cuci Lux Royal tipe WH1903i anda, tetapi pada dasar nya keluhan-keluhan mesin cuci jenis ini hampir sama dengan merk lain nya, silahkan untuk memperhatikan tegangan listrik (jangan kurang dari 220V), tutup pintu mesin cuci dengan rapat, periksa filter air masuk, filter air buangan, selang masuk/pembuangan terpasang dengan benar dan tidak tertekuk

      Hapus
  37. pagi pak, saya punya mesin cuci elextrolux ew 862 f , waktu saya pake cuci pake program no 2 merah, airnya kluar sebentar trus stop sampe lama ga ada aktivitas apa', saya ulang sampe bbrp kali hasil tetap sama, apa bapak rudi bisa kasi saya solusi nya? sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Budiyanto yth, mesin tidak merespon biasannya yang paling banyak terjadi adalah karena pintu tidak menutup dengan sempurna walaupun terkadang karena memang ada kerusakan terkait hal ini, cobalah untuk melakukan pengecekan di area pintu ini ... contoh pintu yang tertutup dengan benar adalah dengan tidak bisa dibuka ketika proses mencuci telah dimulai.
      Demikian, saya harap bapak bisa memberi keterangan selanjutnya dengan lebih spesifik apabila kendala masih terjadi.

      Hapus
    2. pintu sudah saya cek tidak bisa di buka

      Hapus
    3. Baiklah, jika demikian maka selanjutnya yang perlu anda periksa adalah mengecek air yang masuk ke dalam mesin cuci nya, pastikan keran nya sudah terbuka dan tekanan air nya cukup kuat, jika memungkinkan bersihkan filter air yang terdapat didalam katup selenoid nya. pastikan selenoidnya itu sendiri tidak rusak (bisa membuka ), ini mungkin bagi banyak orang tidak mungkin melakukannya sendiri dan memang harus seorang yang telah mahir untuk mengerjakan hal ini.

      Hapus
    4. Bapak Rudi Halim,saya juga mangalami hal yg sama dg bpk Budiyanto.saya telah menggunakan pompa agar air yg masuk lebih besar tekanannya sehingga mengurangi terjadinya kerak pada inlet (anjuran teknisi waktu instalasi).tetapi sekarang mesin cuci selalu berhenti/atau tidak beroperasi di program no 2 warna merah.kadang setelah lama diam,saya matikan/off kan beberapa saat lalu saya nyalakan lagi dan dia mau jalan lagi.pernah saya ulang dri no 1 tetapi tetap berhenti di no 2.sekarang malah g mau jalan setelah no.2.apa kemungkinan kerusakan pada motor knop program?atau yang lain

      Hapus
    5. Terima kasih buat ibu Ratih Dwilestari, mudah2 jawaban saya ini bisa membantu sekaligus juga sebagai tambahan jawaban untuk Bapak Budiyanto apa bila keluhannya masih belum dapat solusi, apabila hal-hal yang telah saya coba terangkan diatas kurang memuaskan atau malah tidak ada hasilnya maka proses Cleaning merupakan langkah selanjutnya walaupun hal ini biasanya sulit dilakukan oleh orang selain teknisi mahir di bidang ini kemudian alat dan bahan-bahan khusus juga perlu disertakan. proses Cleaning atau pembersihan ini meliputi Timer mekanis, kabel, soket dll. hal ini diperlukan karena biasanya terjadi penumpukan kotoran pada celah-celah kontaktor dalam timer, koneksi kabel dll. disamping itu diperlukan juga pemeriksaan pada PCB sebagai speed control untuk motor penggerak utama mesin cuci tipe ewf 863 ini, demikian dan mohon maaf bila jawaban saya kurang memuaskan.

      Hapus
    6. selenoid nya tidak kotor, sudah saya lepas dan berfungsi dengan baik, timer yg bapak maksud apakah yg biasa kita putar" ( ada nomor nya merah dan biru ) untuk menjalankan program nya? membersih kan nya pakai apa? kontak cleaner atau wd ? PCB speed kontrol itu letak nya dimana? pengecekan semacam apa yg bapak maksudkan untuk pcb speed control? bisakah bapak memberitaukan langkah-langkah pengecekannya?

      Hapus
    7. Pak Budiyanto anda benar mengenai Timer nya, alat ini kontaktor2 yang ada didalamnya harus dibersihkan dari fong nya berikut kontaktor geser yang nempel pada bagian belakang timer tersebut... bersihkan pake contact cleaner lalu bilas dengan WD40 (hati2 saat membuka nya karena jika tidak terbiasa maka timer tersebut bisa berantakan), lalu mengenai PCB itu biasanya nilai2 resistor nya berubah dan elco nya kering..

      Hapus
    8. Pak rudi,saya telah melakukan pembersihan seperti bapak anjurkan diatas.tetapi mesin cuci tetap saja berhenti setiap pengisian air dan pengurasan air.setiap berhenti saya matikan mesin(tombol on/off) setelah beberapa detik saya nyalakan mesin mau berputar lagi.tetapi ketika saya ingin mencuci yang ketiga kali tindakan diatas tidak dapat digunakan lagi.apakah sensor level rusak? dan Pada PCB board bawah ada controler "Crouzet 4028C",setiap berhenti pernah disentuh salah satu pin dengan testpen lalu mesin berputar lagi.apa controler ini yg rusak?mohon pencerahannya.

      Hapus
    9. Dear ibu Ratih, Boleh saya tau tipe mesin cuci anda secara lengkap ? ..Suatu perbaikan seperti ini terkadang memang berbeda-beda penyebab dan berbeda-beda hasilnya, itu tergantung juga dari seberapa jauh proses analisa dan tindakan nya.
      PCB yang anda maksud adalah semacam speed control khusus motornya dan bukan kontrol utama secara keseluruhan.

      Hapus
    10. Pada name tag :
      Elextrolux mod EW862F
      Type P6336345
      Prod No 914853002-01
      Ser no 94500814
      220-230V 50Hz 250W
      Saya pernah baca artikel mengenai menyetingan per pada sensor level karena kadang trouble terjadi jika air kurang atau lebih serta meniup secara manual untuk mengetahui apakah berfungsi dengan baik apa tidak.Ini pun sudah saya lakukan,jika ditiup ada 3 bunyi yg keluar secara bergantian.tetapi penyetelan per-nya hanya menggunakan perasaan saja sebab pada artikel tidak dijelaskan standartnya.Mohon bantuan solusi yang lain agar cepat sembuh mesin cucinya.terima kasih banyak.

      Hapus
    11. Dear ibu Ratih, mohon maaf bila keterangan saya kurang jelas dan terima kasih telah memberi data spesifikasi dengan lengkap maka dengan demikian semakin yakinlah bahwa menurut pengamatan saya sumber masalah pada mesin cuci ibu terletak pada Timer nya, untuk membersihkan komponen ini kita harus "membedahnya" karena dengan cara demikianlah proses bersih2 yang dimaksud bisa benar2 sempurna dan biasanya membuahkan hasil, proses ini terkadang bisa menemukan suatu kerusakan mekanis yang sulit diakali sehingga dibutuhkan penggantian komponen khas yang hanya bisa kita cangkokan/ambil dari Timer lain yang sejenis. sementara pada membran/water level valve memang kita bisa mensetting jumlah air didalam drum dengan cara memutar-mutar baut setingan nya dan ketika proses mencuci sedang berjalan dan ada indikasi kekurangan air maka selenoid akan langsung membukakan kran airnya sehingga isi air kembali ke batas yang dibutuhkan dan proses mencuci akan kembali berjalan.

      Hapus
    12. Terima kasih buat Bpk Rudi atas bantuannya.mesin cuci saya sudah kembali normal.Mengikuti saran sambil mencoba2,alhamdulillah sekarang sudah sembuh.tetapi memang kondisi gear timer sudah tergerus dan tinggal menunggu waktu saja untuk ganti.Apakah ada saran diganti dengan merk apa pak yang competibel?karena jika asli harganya mahal.Sekarang masalahnya,tiap nyuci kenapa tidak berbusa walau saya masukin sabun lebih banyak?apakah airny kurang dan harus disetting lagi?sebab kemarin juga dibersikan dan sempat diputar2.mohon sarannya.Trims

      Hapus
  38. selenoid valve apa sama dengan water inlet ?

    BalasHapus
  39. mesin cuci saya mengeluarkan tulisan EA gimana cara ngatasinnya pada mesin cuci electrolux type EWT854S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami mohon maaf karena masih belum mendapatkan manual data mengenai mesin cuci top loading electrolux EWT854S anda.

      Hapus
  40. kalau mau mbenerin dimana yach yang deketdi tegal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Che Qiu Teknik.
      Komplek Bumi Lingga Hara IV, Jl. Brigjen Darsono Blok A No. 4 (By Pass).
      (0231) 914 4359, 233 946.
      Cirebon.

      Cipto Service.
      Perum Tiara Permai II Blok.B.26
      (0281) 7609682.
      Purwokerto.

      Hapus
  41. numpang nanya gan, ane pake mesin cuci lux royal tipe wh 1092, pas mau ane pake nyuci e tidak bisa start, indikator start malah berkedip air blom sempet masuk, solenoid udah ane cek normal, tapi tegangan untuk solenoidnya kurang gak nyampe 220 v, mohon bantuan n penjelasannya gan

    BalasHapus
  42. Dear Efendi rona yth, coba anda periksa dulu sumber listrik anda barangkali stop kontaknya longgar atau kabel yang bermasalah lalu pastikan pintu bisa menutup dengan sempurna dan pengunci nya masih berfungsi dengan baik karena pengunci ini terhubung dengan kontaktor aliran listrik yang masuk untuk menjalankan mesin cuci anda.

    BalasHapus
  43. numpang nanya gan, mesin cuci ane lux royal wh1092, pas ane mau pake nyuci, ane tekan tombol start mesin gak mau aktif cm berdengung sebentar trus diam kayak posisi di pause, air jg blom masuk, pas ane cek solenoid valve air masuk normal tapi tegangan buat solenoid ndak nyampe 220 v, ane pake pengering jg gak bisa, mohon bantuan n penjelasannya gan, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Efendi rona yth, pertanyaan pertama anda sudah terjawab meskipun mungkin belum memberikan hasil, silahkan diperiksa setiap soket yang saling terhubung ke timer maupun pcb nya, dari sekian banyak keluhan yang telah terselesaikan salahsatu penyebabnya adalah bahwa kontaktor pada timer sudah tidak bisa mengalirkan listrik dengan baik, silahkan anda cleaning bagian-bagian kontaktor di dalam timer tersebut dengan cairan pembersih (contact cleaner) dan apabila memungkinkan sebaiknya timer tersebut dibuka dahulu untuk hasil yang maksimal.

      Hapus
  44. Assalamualaikum
    numpang nanya gan, mesin cuci saya elekrolux model ewf8576, pas mau pakai, tekan tombol start ( tombol start berwarna merah), lampu door lock tidak nyala. kadang pas proses pencucian berjalan lampu start langsung berwarna merah, sehingga proses mencuci tidak selesai. klo balik ke program awal lampu start berwarna merah lagi. klo sdh begini biasa mesin cuci saya diamkan 3- 7 hari, setelah itu mesin cucinya berfungsi lagi. Mesin cucinya sudah berumur hampir 3,6 tahun, pernah saya servis 1 kali ke service center, karena jaraknya jauh dan memakan waktu lama hampir 6 jam. Daya listrik dirumah 1300 Volt, dalam penggunaan mesin cuci saya memakai stavol 500 A.
    mohon bantuan dan penjelasannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam, ibu Dessi ariyanti yth, ada kemungkinan listrik yang masuk tidak tersalur dengan sempurna, pertama kita periksa switch/kontaktor yang terhubung ke pintu karena komponen yang satu ini memang paling sering mengalami gangguan sehingga oleh karena itu untuk menghindarinya sering2 lah membersihkan karet bulat sebagai lubang masuk cucian ini dari kotoran supaya pintu kacanya bisa menutup dengan sempurna, bersihkan juga kontaktor atau ganti switch pintu ini jika sudah mulai sering sulit hidup.
      periksa juga kondisi stabilizernya, jangan sampai kita mengira mesin cucinya yang bermasalah padahal bukan.

      Hapus
  45. malam, pak saya punya mesin cuci elektrolux ewf 1073a..sewaktu mencuci tiba2 mati..padahal listrik menyala, dan mesin cuci disebelahnya masih menyala..untuk stavoltnya saya gabungkan dengan mesin cuci disebelahnya..kira2 apa penyebabya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Juned yth, mohon maaf karena jawaban atas pertanyaan anda baru bisa saya balas, hal pertama yang harus anda periksa adalah apakah ada tegangan listrik yang masuk ke mesin cuci yang mati tersebut, periksakan steker, sikring danlainnya.

      Hapus
  46. pak, mesin electrulux saya setiap start air terus keluar pada display muncul simbol drain,apa solusinya pak,terimakasih (TASA LAUNDRY PEKANBARU)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fadhil Arif yth, sudahkah anda memeriksa selang air pembuangan mesin cuci anda dari kemungkinan tidak terpasang dengan benar sehingga air yang masuk langsung keluar/terbuang kembali.

      Hapus
  47. Malam, pak..
    Mau tanya, mesin cuci sy EW880F, udah bbrp hari ini kalo dpake suka mati sendiri sbntr lalu nyala lg tp tabungny gak kuat muter terus mati lg, terus spt itu..
    Setelah d putus dr arus listrik dan coba dsambungkan lg utk coba ngulang proses cuci, yg nyala malah lampu end dan pintuny terkunci gak bs dbuka..
    Sy udah coba keluarin air dr dlm tabungny tp msh ttp spt itu, gak bs mulai proses cuci baru..
    Sebelumny mesinny baru d angkut dr luar kota, dan msh berfungsi normal..
    Kira2 mesin cuci sy knp y pak?
    Mohon bantuanny, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Tri Isni Sakina yth, sebelum memindahkan unit mesin cuci jenis ini ke tempat lain maka sebaiknya kita melakukan beberapa hal yang telah dianjurkan oleh produsen agar terhindar dari suatu masalah yang tidak diinginkan dan mungkin saja sekarang mesin cuci anda mengalami hal itu, sebelumnya drum pencuci harus dikunci agar tidak terjadi goyangan keras, hal ini jika tidak dilakukan bisa membuat beberapa komponen didalam terlepas sehingga akan mengganggu kinerja dan bahkan mengalami kerusakan.
      Untuk menangani masalah ini sebaiknya ibu panggil teknisi khusus dari service centre nya untuk melakukan pemeriksaan.

      Hapus
  48. Pak saya punya mesin cuci nation (sekarang panasonic) top loading. Sekarang muncul problem bagian dasar tabung (yang bisa berputar) seperti loss gerigi nya dan muncul bunyi2 kasar "gruk gruk.." Seperti antar geriginya tidak pas menempel. Mohon solusinya pak.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Unknown yth, Yang anda maksud adalah Pulsator dan memang sering ditemukan komponen ini rusak/aus pada bagian yang terhubung dengan as gearbox nya, anda bisa membuka pulsator ini dengan mudah karena hanya dikunci oleh sebuah baut pada bagian tengah nya untuk kemudian diganti dengan pulsator baru.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  49. pak saya punya mesin cuci lg 1tabung buat nyuci ok tapi waktu mau pengeringan listrik langsung anjlek/turun mcb nya,mohon solusinya pak.trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak bahtiar sakhi yth, apabila anda berkenan membuka tutup bagian belakang mesin cuci anda maka setelahnya di bawah drum pencuci bisa anda lihat sebuah alat yang dinamakan retractor drain motor (lihat pada skema pada penutup mesin), periksa alat ini dari kemungkinan terbakar dan yang mengakibatkan MCB trip.

      Hapus
  50. Untuk Kualitas bagusan mana lux apa elecktrolux... soal'y saya Mau bli msin loundry,,, mohon pencerahan'y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Bagreg yth, mohon maaf saya tidak bisa memberikan penilaian mengenai kualitas tetapi saya sarankan anda untuk memilih tipe mesin cuci yang paling standar saja jika hendak digunakan untuk usaha laundry karena dengan pertimbangan perawatan lebih mudah, tidak begitu sensitif mengalami gangguan saat terjadi tegangan listrik sedang tidak stabil.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  51. Saya respeck dgn artikel anda. Bgm bila pd merk Modena muncul E 32 setelah E12 selanjutnya E11 ? Dan bgm cara merestartnya ? Trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Rief De Armawan yth, untuk mesin cuci modena kode E32 berarti : pintu terbuka ketika proses sedang berjalan atau tidak tertutup dengan benar,
      E12 : level air melebihi batas atau bisa juga solenoid nya rusak.
      E11 : level air terlalu banyak/ air tidak terbuang seluruhnya, mengalami kerusakan solenoid/waterpump/PCB.
      untuk cara meresetnya nantikan artikel saya yang akan datang karena agak sulit dijelaskan tanpa ada tuntunan gambarnya.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  52. Halo Pak Rudi, saya pakai electrlux tipe EW2408F, memang sudah lama, ciri2 mesin cuci sudah mati total apa ya?apa muncul kode juga?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear angga, sampai saat ini saya belum mengetahui kode yang muncul ketika mesin cuci rusak total dan lagipula bagaimana mesin cuci bisa memberi tanda demikian jika sistemnya mati tetapi kita bisa mengupayakan untuk memeriksa apakah tegangan/listrik masuk ke sistem atau tidak dengan cara memeriksa kabel colokan dan sekering nya karena jika terputus bisa menyebabkan mesin mati total.

      Hapus
    2. Ini ada muncul kode e45, mau distart ga ada reaksinya, ada solusi ga ya untuk eror kode e45? Trimakasih

      Hapus
    3. Nah ini baru benar mas Angga, jadi engga mati total tapi cuma koma aja :-).
      kode E45 sebenarnya tidak ada dalam "kamus" electrolux nya sendiri tapi dikeluarkan oleh produsen PCB nya sendiri dan itu tandanya PCB atau modul nya yang rusak.

      Hapus
    4. Waduh koma, apa masih bisa disadarkan lgi Pak hehe
      Ganti modul mahal ga ya?apa mending bli baru Pak?trimakasih

      Hapus
    5. Sebaiknya anda serahkan ke service centre resminya untuk mendapat pengecekan lebih lanjut, harga modulnya tentu masih lebih murah dari harga beli unit mesin baru.

      Hapus
  53. malam pak Rudi yth,
    mesin cuci saya elektrolux 854S.gk mau kerja,pada saat proses isi air gk mau berhenti sampai banjir dan gak mau muter???
    dengan hormat,saya mohon pencerahannya Pak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Akhmad yth, maaf saya balik tanya dulu untuk memastikan .... apakah selang pembuangan tetap menggantung atau tidak menjulur ke bawah dan apakah tidak ada kebocoran air selain dari selang pembuangan ?
      semua hal yang dianjurkan didalam buku petunjuk sebaiknya memang tetap dijaga supaya mesin bekerja sebagaimana mestinya dan apabila masalah tetap terjadi maka komponen yang paling mungkin untuk bermasalah adalah sensor level air.
      Demikian pak Akhmad pencerahan dari saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  54. malam pak rudi yth,
    mesin cuci saya merk elextrolux (front loading) ewf1084
    masalahnya pada saat mencuci airnya mengisi terus sampai tabungnya penuh,tidak mau berhenti tetap mengisi terus tapi kadang2 mau berhenti tapi mecom menunjukan tulisan error tidak mau mencuci jika untuk spin normal bagaimana solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak Brendan yth, sesuai keterangan anda maka ada kemungkinan katup solenoid macet atau sensor level air ngaco, cobalah untuk memeriksa kedua komponen ini dan mengenai kode error yang muncul dilayar tolong disebutkan , demikian terimakasih.

      Hapus
  55. Slmt malam , sy memiliki mesin cuci merk elektrolux type ew880f, saat ini mesin tdk mau beroperasi hanya menyala lampu 'end' kedip2... kira2 permaslahnya apa ya pak, bagaimana cara memperbaikinya spy kembali normal. Trims. Deatino bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Deatino yth, ada kemungkinan mesin cuci anda terhenti ketika sedang beroperasi dikarenakan ada suatu hal yang abnormal misalnya sabuk/belt terlepas, carbon brush motor habis, air tidak bisa terbuang (drain failure) karena mampet dll, demikian semoga jawaban saya akan menjadi pencerahan.

      Hapus
  56. salam kenal
    Mesin cuci saya tipe ew 1080f
    tampilan erorr E90...
    setelah baca2 artikel d atas...
    Saya coba bersihin modul..ganti elko karna d curigai..priksa smua kabel2...tpi g ada hasil...kira2 apanya y....????
    Apakah tipe ini bisa d konfigurasi...?gimana caranya...?ato ada cara lain,..?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Adie pagasty, kode error E90 merupakan salahsatu kode yang tidak saya cantumkan diatas karena merupakan tanda kerusakan yang sulit/serius, kode E90 adalah tanda rusaknya PCB atau modul elektronik mesin cuci ini.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
  57. Dear pak rudi halim,
    Artikel anda sangat berguna, saya mohon bantuannya. Mesin cuci saya electrolux EWT 705 top loading. Saat di ON kan mesin tdk mau menyala, tp kalau kabel dicabut dan dibiarkan selama 30mnt baru mau hidup. Itu kenapa ya??

    Thx, fajar wirawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Fadjar yth, mungkin aliran listrik yang masuk tidak stabil, control board kena kelembaban yang tinggi atau hal lain yang baru bisa diketahui setelah dilakukan pengecekan langsung.
      Demikiann, semoga walaupun sedikit ada manfaatnya.

      Hapus
  58. Salam kenal Rudi,
    Tadinya sy berencana mau beli mesin cuci electrolux Front loading, tapi begitu ngelihat artikel ini saya kok jadi ragu.. hampir semua yang komplain merk elektrolux..
    Mohon pencerahan pak rudi.. sebaiknya mesin cuci front loading merk apa yang Aman.. biar hati ini tenang klo sudah di beli, karna harganya juga gak murah..
    Terima kasih banyak............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Tomy, sebagai penulis blog ini yang independent saya sangat menghargai setiap pertanyaan dan komentar untuk artikel-artikel di dalam nya, tanpa berniat mendukung atau sebaliknya melemahkan suatu merk tertentu saya akan terus berupaya membagi-bagikan pengalaman sesuai dengan yang saya alami sendiri, barang elektronik itu tidak harus yang mahal dan bermerk saja yang bisa awet dipakai namun setidaknya dengan memakai merk yang telah dikenal bagus dari segi kualitas barang dan layanan purna jualnya setidaknya kita akan merasa lebih tenang menggunakannya karena tidak perlu khawatir memikirkan hal-hal lainnya, mengenai penilaian anda terhadap begitu banyaknya komentar dan pertanyaan tentang artikel ini yang justru membuat anda khawatir jika kelak memiliki tentu sangat saya fahami, semoga anda menemukan apa yang cocok dan merasa lebih tenang ketika memakainya.
      Demikian pak Tomy, semoga bermanfaat.

      Hapus
  59. selamat siang Pak Rudi Halim,
    Saya mempunyai mesin cuci merk LUX ROYAL WH 1092, permasalahanya 2 hari ini tdk mau di start, lampu kedip2 terus, kerusakanya di mana dan dan cara reset nya, mohon bantuanya pak Rudi, dan terima kasih sebelumnya
    dari M Zaini Pacitan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak M Zaini Firdaus yth, pada deretan lampu Programme Progress Display lampu mana yang berkedipnya pak ?
      yang sering terjadi gangguan pada filter air masuk (inlet valve) dan filter pembuangan (drain filter) nya pak silahkan diperiksa dan dibersihkan dahulu, tidak ada cara reset untuk mesin cuci anda namun jika ada sesuatu masalah yang umum bisa kita ketahui melalui kedipan lampu di indikatornya.

      Hapus
  60. Dear pak Rudi
    saya punya mesin cuci electrolux type ewf 1073A. 7 kg front loading, ON pada posisi cotton, pintu terkunci, mesin nyala langsung drain, tanpa mengambil air. beberapa saat saja, kunci pintu terbuka dan berhenti beroperasi, meskipun panel2nya masih nyala. (lampu panel spin tdk mau menyala dari awal, meskipun dipindahkan ke bagian2 lain). kata teknisi (umum) door locknya rusak..
    mohon petunjuknya.
    thanks, ARIS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Aris Kastiani yth, sepertinya mesin cuci tidak menyelesaikan proses mencuci sampai akhir pada proses sebelumnya, meskipun tidak ada kode error yang muncul kita bisa melakukan maintenance yang biasanya membuat error tersebut muncul antara lain memeriksa dan bersihkan inlet valve, drain pump dll (seperti tune up pada mobil) dengan kondisi setiap komponen serba siap pakai dan terjaga kebersihannya pasti lebih mudah dan akurat ketika memang ada yang rusak atau malah mesin kembali normal seperti semula.
      Demikian pak Aris, semoga bermanfaat.

      Hapus
  61. dear pak rudi halim yth,
    mesin cuci saya electrolux ewt 705, saat sedang digunakan sering mati sendiri berikut lampu di panel lcd nya namun setelah ditunggu beberapa lama mesin hidup kembali melanjutkan proses mencuci dan lampu dipanel lcd pun menyala tapi tidak lama kemudian kejadian tersebut berulang ulang sampai proses mencuci dan mengeringkan selesai, kira-kira yg rusak bagian mana,mohon petunjuknya pak,
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Herman yth, kalau saya cermati berdasarkan apa yang anda sampaikan maka ada kemungkinan aliran listrik yang masuk ke mesin cuci anda tidak konstan, periksalah steker, sekring dan yang lainnya namun apabila gejala masih timbul periksa setiap soket yang ada di mesin cuci itu sendiri.
      Demikian penjelasan saya, terima kasih atas partisipasinya.

      Hapus
  62. Salam kenal Pak Rudi, saya punya mesin cuci Panasonic NA-F852B. ditngah proses pencucian tiba-tiba mati dengan kode kesalahan H 04. Mohon petunjuknya ya Pak, terima kasih

    BalasHapus
  63. Dear pak Agus yth, salam kenal juga dan terima kasih, ujtuk kode H 04 di mesin cuci Panasonic anda menandakan bahwa terjadi kelonggaran sambungan/soket pada kabel2 nya namun dalam catatan saya bisa juga ada gangguan pada PCB nya walaupun sangat kecil kemungkinannya.
    Demikian penjelasannya pak Agus, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  64. pak saya punya mesin cuci lux 263 ada masalah, kenapa mesin cuci saya kok ga bisa nyala tapi lampu indikator pintu nyala,sedangkan lampu led yang lainya ga nyala terus mesin tidak bisa berjalan alias mati total, tolong pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas doni yth, mesin cuci Royal lux tipe 263 sering bermasalah pada pengunci pintunya, kunci ini sekaligus sebagai switch/saklar listrik sehingga jika sudah rusak mesin bisa mati, namun bisa saja diakibatkan oleh hal lain.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
  65. Selamat pagi pak Rudi
    Mesin cuci saya Modena WF 762, saat pengeringan getarannya sangat kuat sekali bahkan sampai bergeser. apakah 4 baut dibagian belakang sebagai penahan drum harus dilepas ? dan biarkan drum hanya ditopang dengan 4 buah per dibagian dalam ?
    mohon penjelasannya. Terima kasih Pak Rudi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Subandi yth, anda memang harus melepaskan baut pengunci drum-nya dan biarkan bebas bergerak dan ditopang oleh shockbreaker-nya sebagai peredam getaran dan guncangan.
      Demikian jawabannya dan semoga bermanfaat.

      Hapus
  66. gan mau tanya kalau mesin cuci ada kode LD apa artinya gan merk electrolux 1tabung diatas.mhn penjelasanya gan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mandala putra yth, ketika mesin sedang bekerja pastikan penutup (pintu) atas selalu tertutup karena hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya kode LD pada display nya atau saklar otomatisnya rusak.
      Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  67. Malam pak rudi, maaf ganggu,...mau nanya
    Mesin cuci saya samsung type wa80v3 saat dinyalakan 10 detik mati sendiri, distart nyala terus kurang lebih 10 detik mati kira2 penyebabnya apa ya, mohon bantuannya ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Xado, sudahkah anda pastikan bahwa kabel, sekring dan soket-soket dalam kondisi baik (tidak berjamur, longgar dll).
      silahkan diperiksa dan semoga masalah mesin cuci anda bisa teratasi.

      Hapus
  68. Pagi Mas Rudi,
    saya memiliki mesin cuci electrolux EWF 1084, ketika dipakai pada dispay muncul E20...apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya, mohon pencerahan Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Edhie yth, sebenarnya sudah saya jelaskan diatas mengenai arti kode E20 ini yaitu berhubungan dengan tidak lancarnya sistem pembuangan pada mesin cuci yang bersangkutan, silahkan anda periksa mulai dari pompa, filter dan selangnya supaya aliran air lancar kembali.

      Hapus
  69. Maaf pak Rudi.. saya punya mesin cuci elecktrolux ewp85752. Nyucinya kelamaan kadang 3-4 jam. Solusinya gimana pak biar cepat. Mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Jamal, gunakan fitur Time Manager untuk mempercepat proses pencucian dengan menekan tombol "Minus"(-) pada kontrol panel.

      Hapus
  70. Salam kenal Pak Rudi
    saya memiliki mesin cuci lux wh263 spin kadang gak bisa. kadang bisa.. tolong pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Gilbert, Mesin cuci anda mungkin sudah waktunya diservis untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor pada beberapa komponen pentingnya yang menjadikan gangguan dan sebelum menjadi rusak karena terus digunakan dalam kondisi tidak normal.

      Hapus
  71. Salam kenal pak Rudi.. Blog ini sangat membantu..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Terima kasih atas dukungannya.

      Hapus
  72. selamat siang...
    saya memiliki mesin cuci electrolux tipe EWF1082G, kapasitas 8kg
    sudah lama tidak digunakan, namum ketika baru saja mau saya gunakan kembali terus menerus muncul kode E94, mohon bantuannya pak, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Din yth,
      untuk error code E94 di mesin cuci electrolux seri ewf anda yang mengindikasikan adanya kekacauan program baik dari cara setting maupun dari mesin cucinya itu sendiri, selain itu mungkin mesin terhenti bekerja/terganggu karena listrik yang mati atau tegangannya tidak stabil dan kode ini pun bisa diartikan bahwa PCB mesin cuci anda rusak.
      Demikian jawaban dari pertanyaan anda, jawaban hanya berdasarkan kode tersebut dan secara umum terkadang tidak bisa dijadikan patokan yang nyata.

      Hapus
    2. apakah ada kiat khsusus untuk memperbaikinya? terima kasih banyak atas bantuannya

      Hapus
    3. Ya pak Din, ada 2 hal yang bisa anda coba untuk mengembalikannya yaitu : memastikan bahwa tegangan listrik anda stabil (bila perlu gunakan stabilizer seperti untuk komputer), melepaskan/mencabut steker sekurang-kurangnya 30 detik untuk mereset program yang tertunda.
      Demikian pak Din, semoga terselesaikan.

      Hapus
    4. cara mengatasi mesin cuci modena pintu depan dengan kode E70 bagaimana?
      mohon bantuannya

      Hapus
  73. asslm wr wb,
    mohon nmaaf, saya ingin bertanya cara mengatasi mesin cuci modena pintu depan dengan masalah kode E70,
    Itu penyebanya apa, dan bagaimana cara mengatasinya?
    mohn bantuannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      pak Muhammad untuk kode E70 pada mesin cuci Modena anda artinya adalah pengunci untuk tombol macet/rusak, tombol yang tertahan lebih dari 20 detik pun akan mengalami hal seperti itu, dengan demikian anda harus memeriksa kunci tombol tersebut dan setelah kembali baik maka harus dilakukan reset supaya kode nya hilang, maaf saya tidak bisa menerangkan cara reset nya karena keterbatasan halaman komentar ini namun akan saya buat sebuah artikel mengenai hal ini, demikian penjelasan singkat saya semoga membantu.

      Hapus
  74. Selamat Malam Pak Rudi, Mesin cuci saya Lux Royal WH1092 kapasitas 8 kg. Sekarang lagi ada masalah, kalo di start, ga jalan. Pintu nya pun ga berbunyi tanda terkunci seperti biasa. Tapi kalo dibuka setelah di off kembali ga bisa, terkunci. Tunggu 2-3 menit baru bisa dibuka kembali. Yang saya mau tanyakan, kenapa saat ditekan tombol start ga bergerak. Hanya lampunya kedap kedip saja. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear ibu Milana yth, kami sering menjumpai gejala seperti ini dan penyebab utamanya adalah kontaktor di pengunci pintu nya sudah harus diperbaiki atau diganti baru, silahkan dicoba pada mesin cuci anda semoga berhasil meskipun terkadang ada penyebab lain tetapi masih berhubungan dengan komponen tersebut.

      Hapus
  75. pagi pak,mesin cuci saya lux wh 1092, waktu mau saya pakai tombol start/pause berkedip trs .dipencet jg ga berfungsi
    pintu terkunci dgn baik,listrik pk.kira2 krn apa ya? apa harus ganti modul?krn dulu sy sdh pernah ganti modul, mahal banget.
    trims

    BalasHapus
  76. pagi pak, mesin cuci saya lux wh1092. keluhannya tombol start/pause berkedip trs, dipencet tdk mau. padahal pintu jg sdh terkunci dgn baik.
    sktr 3 thn yang lalu, sy sdh pernah ganti modul,wkt itu katanya krn mesin cucinya atasnya lembab, jd kena di modulnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mitra Graha dan ibu Yuliana yth, pertanyaan dari anda-anda ini maksudnya sama persis dan berikut jawaban untuk pertanyaan tersebut : ada tiga hal yang menandakan lampu indikator nya berkedip yaitu pintu yang tidak menutup dengan benar, ada masalah dengan pasokan air dan ada masalah dengan pembuangan air (drain).
      demikian informasi inti penyebabnya mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat.

      Hapus
  77. salam kenal pak
    Saya punya mesin cuci eletrolux ewf860
    1.getaran dan suara mesin cuci keras ?
    2.Mencuci baru step 1 sudah berhenti dan sudah selesai padahal blm dibilas dan blm ngeringin ( kalau saya pencet tombol 2 kedip 2 kali dan 1 kali )? cara reset bagaimana
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik pak Bagus, jika suara dan getaran sudah keras kebanyakan pengalaman dari bearing yang sudah kering dan aus, sebaiknya segera diganti karena akan mempengaruhi kinerja komponen yang lain dan tanda kedipan pada lampu indikator mesin cuci ini untuk yang 2 kali kedipan itu tandanya mesin terhenti sebelum proses mencuci selesai (dipaksa berhenti karena suatu hal) dan untuk yang 1 kali kedipan artinya mesin butuh air namun air tidak kunjung terisi ke drum.
      Demikian info yang bisa saya berikan dan dengan cara memperbaiki apa yang menurut kode tersebut bisa anda selesaikan sendiri maka tidak perlu reset seperti mesin cuci model lain yang diprogram penuh oleh komputer.

      Hapus
    2. terimakasih pak rudi
      bearing sudah kita ganti ok..pompa air pembuangan sudah diganti ( info dari service katanya ganti pompa ) actualnya masih sama

      sampai sekarang kondisinya kalau mencuci harus seperti manual
      1.proses pencucian selesai
      2.kita pindah ke pembilasan manual selesai
      3.kita pindah lagi ke pengeringan..
      jadi tdk bisa langsung automatis.. apa timernya yg sudah rusak sehingga programnya jadi error
      minta maaf terlalu banyak nanya..
      terimakasih pak

      Hapus
    3. Wah jadi merepotkan dong pak kalau harus dilakukan manual juga, saran saya harap jangan terburu-buru untuk melakukan penggantian part (cek secara sendiri-sendiri/terpisah dari unit mesin cucinya satu persatu), setelah proses mencuci selesai mesin akan membuang air lalu spin dan mengisi air lagi dan terus berjalan hingga spin terakhir (selesai), saya pun sependapat kalau timer bermasalah namun itupun perlu pemeriksaan di timernya langsung dengan cara dibedah sehingga jika hanya butuh dibersihkan saja setelah itu mesin pasti berjalan normal kembali tetapi jika memang terlihat tidak mungkin untuk diperbaiki barulah timernya diganti baru.

      Hapus
  78. mesin cuci saya samsung...
    error kode 1E knp ya boz???
    trus cara menananinya gmn?
    filter airnya sdh sy brsihkan tp ttp g bisa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Clovis yth,
      langkah anda setelah mencoba membersihkan filter air sudah tepat namun coba dilanjutkan dengan hal lain seperti :
      - cek selenoid valve
      - arus air yang keluar dari keran harus cukup deras.
      - selang air tidak tertekuk
      - dan hal lain yang menghambat laju air untuk mengisi drum mesin cuci dengan cepat, kode E1 ini akan muncul apabila tidak cukup waktu untuk menunggu air penuh.

      Hapus
    2. kemaren saya baru ganti modul karena code 1E ini awalnya mungkin spinnya ga mau kerja karena di tinggal modul error saya ganti sudah sembuh,tapi cuma 1kali cuci spin ga mau kerja lagi.tambahan saran saya cek arus yg ke motor inlet air ada apa ga? kalo ga ada kemungkinan modul kayak mesin cuci samsung saya , betul ga pak rudi.

      Hapus
    3. code 1E muncul pada mesin cuci saya,saya beli yg baru pada saat dites ditoko juga muncul,tapi dipasang dengen beban dimesin cucinya tidak muncul lagi

      Hapus
  79. saya punya mesin cuci lux tipe wh 1092 sensor untuk speed motornya rusak dan katanya dari pihak lux sudah tidak memproduksi lagi apa sensor tersebut bisa diperbaiki? dan bagaimana cara untk perbaikannya? terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Tri yth,
      anda bisa coba memesan alat tersebut ke tempat lain atau secara online, pengalaman saya memang terbatas dan alat tersebut belum pernah saya temui mengalami kerusakan kecuali diluar hal yang wajar, diganti dengan barang bekas yang masih layak pakai saya kira satu2 nya alternatif terbaik.

      Hapus
  80. Selamat siang pak.

    Mesin cuci sy electrolux EW879F sudah pakai 12 tahun :) akhir2 ini ada masalah setiap mencuci program sdh selesai sampai F tapi di dalam masih ada air, kalo seperti itu biasanya matikan mesin, air dan listrik lalu start lagi dari B atau C dan berhasil sempurna sampai selesai.
    Tapi hari ini program berhenti di antara D dan F tdk mau spin masih ada air didalam. Kira2 apa masalahnya pak? Mohon bantuannya..terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Aisya yth,
      ada kemungkinan mesin cuci anda mengalami masalah pada motor drain nya, bisa kita periksa melalui lubang kecil dipojok depannya, mungkin cuma mengalami kotor di filter airnya dan cukup bersihkan saja.

      Hapus
  81. Pak Rudi, kalau harga module mesin cuci electrolux tipe EW1278F kira-kira berapa ya harganya? terus belinya dimana?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Kukuh yth,
      Harga modul mesin cuci electrolux terakhir yang saya ketahui (tipe lain) adalah 1.2 juta rupiah, bisa anda beli di service centre terdekat di kota anda.

      Hapus
  82. Met sore pak,
    mesin cuci saya polytron paw 7005. tidak dapat mencuci pada saat menkan tombol start yg berdengung cuma di switch pengatur air masuk sedangkan pada motor penggerak atau dinamonya tidak ada respon apa2 berdengungpun tidak.. tetapi mesin dapat melakukan spin dan pembuangan air. mohon pencerahannya. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Agus yth,
      pengatur yang anda maksud mungkin artinya selenoid, meskipun berdengung belum tentu katup nya terbuka sehingga air bisa mengalir masuk ke dalam drum, sebelum air penuh/cukup maka proses mencuci tidak akan pernah memulai jadi sebaiknya anda periksa selenoidnya karena mungkin rusak, filter nya kotor/mampet dll.

      Hapus
  83. selamat malam pak Rudi
    Mesin cuci saya Elextrolux front loading type EWF 10751, ada masalah ketika cuci semua tombol dalam keadaan nyala,tetapi mesin/motor tidak berputar,dalam 1 tahun terakhir ini biasa saya hanya gunakan pengeringnya saja,untuk mengembalikan normal lagi bagaimana pak ?
    Mohon solusinya pak
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Cipto yth,
      Hal yang mungkin bisa anda lakukan adalah memeriksa soket pada masing-masing komponen seperti soket ke motor, modul dll.

      Hapus
    2. salam kenal pak, saya punya mesin cuci electrolux front loading belum berumur 1 tahun tapi suaranya sudah klotak-klotak.... sehingga ketika pengering suaranya keras banget. hal ini kira-kira apanya yang rusak pak? mohon jawabanya...!!!!

      Hapus
  84. Selamat Pagi Pak Rudi
    Mesin cuci saya merk samsung top loading WA 90F4
    baru pagi ini bermasalah sblmnya juga bermasalah sih krn sdh tidak bisa mengisi air otomasis jadi isi airnya manual sprtinya di modulnya

    nah kalau sekarang mesin cuci saya di saat di pencet tombol isi air walau manual biasanya bisa tapi sekarang air lsg keluar seperti proses pengeringan atau pembilasan
    kira2 masalah selain modul apa ya dan jika ingin mengganti modul berapa harganya untuk mesin cuci type tersebut
    mohon solusi dan infonya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Heru yth,
      pada mesin cuci digital memang komponen paling rawan adalah modul elektronik nya, itulah sebabnya mesin cuci dianjurkan untuk ditempatkan ditempat kering supaya terhindar dari kelembaban yang tinggi, lembab akan meyebabkan komponen-komponen elektronik di modul menjadi berjamur dan berkarat, ambil contoh adalah micro switch nya yang memang sering membuat mesin cuci menjadi ngaco/error dan tentu nya kabel-kabel pun jika telah berjamur akan membuat aliran listrik terganggu, pada intinya apabila mesin cuci digital mengalami gangguan belum tentu langsung modul nya yang rusak, kita harus jeli dan teliti untuk memeriksa komponen lainnya agar terhindar dari kesalahan analisa yang akan membuat biaya perbaikan tidak efisien.
      harga modul untuk tipe milik anda saya tidak ada catatannya tetapi untuk tipe lain berkisar antara 300-400 ribuan.
      Demikian yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat.

      Hapus
  85. salam kenal pak, saya punya mesin cuci electrolux front loading belum beumur 1 tahun suaranya berbunyi klotak-klota-klotak, sehingga waktu pengering suaranya keras banget..... kira-kira hal ini apanya yang rusak pak? mohon solusinya....!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Moh. Kusno yth,
      Kalau boleh saya sarankan sebaiknya anda tidak lagi menggunakan mesin cuci anda sebelum dilakukan perbaikan, bunyi ini banyak penyebabnya misal Bearing/lager rusak, dudukan drum retak/patah dan yang paling sederhana kemungkinan ada benda asing masuk (terbawa didalam pakaian) sehingga menimbulkan suara ketika drum berputar.

      Hapus
  86. Asslm pak rudi..mesin cuci saya elektrolux ew 1080 f..lampu indikatornya smua mati kecuali tombol on off..tp mesinnya mati total..apa penyebabnya karena modulnya? Kira2 biaya ganti modul baru brp ya pak? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, ibu Julia yth,
      Saya kira terlalu dini untuk anda simpulkan bahwa sumber kerusakan berasal dari modul nya sebelum langkah-langkah pemeriksaan yang akurat dilakukan untuk mesin cuci tersebut, Harga persisnya untuk mesin tipe milik anda saya tidak memiliki datanya namun untuk tipe lain yang saya ketahui sekurang-kurang nya dikisaran 1 juta rupiah.
      Demikian tanggapannya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  87. Asslm pak rudi..mesin cuci saya elektrolux top louding eror E3 pada saat spin kenapa ya?mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Dwi tanto yth,
      dari 19 catatan error code untuk mesin cuci top loading electrolux yang ada pada kami ternyata tidak satu pun yang cocok dengan kode E3, mungkin bisa anda koreksi lagi atau sebutkan tipe mesin (contoh: EWT 113 ), pada beberapa kejadian apabila kode yang ditampilkan tidak ada dalam daftar yang tercantum dari produsen maka bisa dipastikan itu merupakan kerusakan dari eeprom/modul nya.

      Hapus
  88. pak rudi salam kenal saya baca sampai setengah halaman ini ga ada yg sama ama masalah mesin cuci saya,mesincuci saya samsung top loading 7,5kg baru ganti modulnya.1kali pencucian sampai selesai spin normal,pencucian pakaian berikutnya ga mau spin masalahnya apa ya?
    sudah saya jumper sensor/switch tutup mesinnya masih gan mau.saya coba cuci auto dia langsung ngisi air ga mau muter untuk baca beban tabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Husin,
      post ini mengulas tentang mesin cuci merk electrolux, untuk mesin anda silahkan lihat di sini:
      http://bengkelmania.blogspot.com/2014/02/error-code-mesin-cuci-samsung-lengkap.html#more

      Hapus
    2. sekarang modul tidak muncul code error apapun,namun pada saat rinse/spin motor tidak mau mutar sama sekali saya cek arus dari modul ke motor tidak ada arus keluar dari modul,beda dengan pada saat proses pencucian biasa motor kerja mutar bolak balik dan arus dari modul ada naik turun.besok saya mau pulangin modul ke toko saya beli mudah2an bisa dibantu disana.modulnya harganya 170rb tanpa merk samsung tapi bentuk semuanya mirip 98%.

      Hapus
  89. sy ria di denpasar, msn cuci sy elextrolux front loading 7 kg EWT 704, kalau nyuci stop di pengering saja/pengering tidak jala/rusak lalu muncul E3. berapa biaya untuk service nya? kenapa bisa begitu apa kelebihan beban?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ria, Sudah beberapa orang menanyakan arti kode E3 di sini namun kami belum secara langsung melihat kode tersebut pada mesin cuci electrolux oleh sebab itu belum bisa membagi pengalaman dengan anda mengenai arti kode itu maupun cara menanganinya, sementara itu kami terus mencoba mencari tau dari pihak electrolux dan semoga dalam waktu dekat info penting tersebut bisa kami peroleh.
      untuk sementara kami ada sedikit info untuk anda terkait program yang terhenti setelah proses mencuci yaitu :
      kode: Ld = penutup tidak menutup dengan benar atau switch penutupnya rusak (dalam keadaan normal pun jika anda buka penutup saat spin maka proses akan berhenti)
      kode: E17 = cucian tidak seimbang, menggumpal atau terlalu banyak, coba anda keluarkan dulu dan urai cucian supaya ketika akan spin menjadi seimbang dan jika terlalu banyak silahkan dikurangi.
      kode: E20 = periksa saluran/selang pembuangan dan pastikan tidak mampet.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.