Kompresor inverter kulkas

Kompresor sebagai "jantung" dari sistem pendingin, bekerja keras mensirkulasikan refrigeran (freon) pada kulkas atau freezer, kulkas yang masih menggunakan kompresor konvensional sepanjang waktu memanfaatkan energi listrik secara konstan dan berputar pada kecepatan yang tidak fleksibel, hal ini sungguh tidak efisien karena konsumsi listriknya tetap walaupun bagian dalam kulkas beserta isinya sudah berada pada kondisi dingin.
Pada tahun 1996, Panasonic telah memulai memanfaatkan kompresor inverter pada produk kulkas nya agar mampu beroperasi lebih fleksibel, dan hasilnya mampu meningkatkan efisiensi alat secara keseluruhan dibandingkan dengan kompresor konvensional, kompresor inverter bisa dijalankan pada kecepatan yang diinginkan, tergantung pada bagaimana kulkas sedang digunakan dan kondisi ruangan disaat itu. hal Ini memberikan keleluasaan untuk penggunaan normal atau jika diinginkan untuk proses pembekuan yang lebih cepat, bahkan jika kulkas sedang  tidak ada isinya kompresor bisa bekerja pada kecepatan yang sangat rendah, sehingga secara signifikan mengurangi konsumsi energi.



Pada umumnya kulkas dirancang untuk bekerja maksimal ketika beban tertinggi, seperti pada siang hari yang panas dimusim kemarau, sering dibuka dan ditutup untuk mengambil atau menyimpan makanan dan lainnya, tetapi beban yang berat ini tidak terjadi setiap saat. kulkas akan bekerja ringan disaat malam hari dan atau sedang dalam cuaca yang dingin seperti saat sedang musim penghujan, disaat beban pendinginan yang ringan ini konsumsi lisrik tetap sama walaupun lebih sering berhenti, sehingga hal ini mengakibatkan kerugian karena itu berarti membuang-buang energi.

Sebuah kompresor single speed harus on dan off berdasarkan kebutuhan kapasitas pendinginan sistem refrigerasi. terlepas dari waktu, suhu sekitar ruangan atau kapasitas pendinginan yang diperlukan, kompresor hanya dapat berputar pada satu kecepatan, ketika ada lebih banyak aktivitas dan kapasitas pendinginan yang lebih diperlukan, kompresor hanya dapat dijalankan pada satu kecepatan dan memberikan kapasitas pendinginan yang tetap.

Berbeda dengan kompresor inverter, kapasitas pendinginan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulkas pada waktu itu. Sebagai contoh, jika pintu dibiarkan terbuka untuk jangka waktu tertentu maka kompresor dapat berjalan pada kecepatan tinggi (4320 rpm) untuk memberikan pendinginan yang maksimal, demikian juga putaran kompresor ini dapat menurun kecepatan nya dengan lebih rendah (1200rpm) secara bertahap disaat kebutuhan kapasitas pendinginan berkurang, lni mustahil bisa dilakukan kompresor konvensional. karena kompresor konvensional hanya dapat beroperasi pada satu kecepatan saja.

Semua kompresor akan on dan off berdasarkan tingkat suhu di kabinet dan pengaturan dari timer. pada kompresor inverter yang mampu berputar pada kecepatan rendah, benar-benar dapat dijalankan untuk jangka waktu yang lama, tapi hasilnya tetap akan mengurangi konsumsi energi, suhu berfluktuasi lebih sedikit dan dapat disimpan jauh lebih stabil, dengan menggunakan kompresor inverter yang dapat dijalankan pada kecepatan jauh lebih rendah dan waktu siklus yang lebih lama, jelas bahwa operasi pada kecepatan rotasi rendah dapat memberikan banyak manfaat.


Komentar

  1. Oalah bro... sampean ternyata bukan ahli otomotif to...? kalau ga paham please jangan sekali2 kasih komentar donk, apalagi menyesatkan. kalau mau tau performa Uno silakan test bro...

    BalasHapus
  2. dimana saya bisa dapatkan modul universal mesin cuci ? posisi saya di bandung

    BalasHapus
  3. Ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi untuk membeli modul mesin cuci universal ini, salah satu nya di JL.Leuwi Panjang Raya no.118 (sebelah utara terminal bis)semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  4. kunjungan sob ..
    mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
    "saya belajar menggunakan kata 'tidak mungkin' dengan sangat hati-hati."
    kunjungan balik ya sob .. :)

    BalasHapus
  5. kulkas sekarang memang hemat daya namun untuk keawetan lebih awet kulkas generasi sebelumnya walaupun masih menggunakan komressor konvesional......tederreg evwhe

    Cara mengganti ic memory LCD

    BalasHapus
  6. Klkas saya merk samsung yg sdah menggunakan compresor inviter..waktu rusak gak dingin tkng servisnya bilang karena pipanya ada yg bocor..trus ditambal sambil di bresing katanya.tapi kok mala keluar asap.trus tukangnya bilang kena compresornya..apa benar gara2 di bresing bisa merusak compresornya.terima kasih

    BalasHapus
  7. apakah kompresor inverter di gnti kompresor biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu bisa dengan beberapa penyesuaian

      Hapus
    2. Cara penyesusian penggantian kpm smart inverter sama yang biasa gimana pak

      Hapus
  8. mau tanya nih bro
    untuk modul inverter kulkas 2 pintu lg
    arus yg masuk ke kompresor apakah ttp stabil d 220v atau lebih rendah dr dc ke ac nya untuk c r s nya
    soalnya d label kompresor 3ph bukan 1 ph mkasih bnyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arus yang keluar dari modul inverter menuju ke kompresor antara 120V - 170V AC.
      benar, itu motor 3ph

      Hapus
    2. Apa bisa pakai travo bos.

      Hapus
  9. Gimana cara tes kompresor inverter...

    BalasHapus
  10. Apa bisa compresor inverter di bikin kompresor biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira tidak bisa karena design nya berbeda dengan kompresor konvensional tetapi jika masalahnya hanya di soal kontrolernya tentu masih bisa diakalin

      Hapus
  11. Ma'af apakah kompresor inverter pd saat bekerja sangat rendah masih mengindikasikan panas pd bodi samping kiri/kanan kulkas ?? Tks sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada sisi tertentu masih terasa agak panas tetapi lebih rendah atau tidak sepanas ketika kompresor bekerja maksimal

      Hapus
    2. Maaf sy mau tanya, kalau body kulkas tiba2 dingin tp bbrp saat kemudian mulai terasa hangat sampai ke panas tp itu normal kah? Krn pada saat body kulkas dingin,suhu di dalam kulkas pun jd beda. Tidak sedingin sebelumnya. Apa memang kulkas dgn tekhnologi inverter sperti itu ?trima kasih.

      Hapus
  12. Mau nanya.kl kompresor inverter klkas Samsung rusak,terus di ganti sama kompresor biasa.gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu memang solusi terbaik bisa anda beli kompresor kulkas biasa lengkap dengan overload dan relay nya, mungkin termostatnya juga perlu diganti model analog tetapi untuk kulkas model 2 pintu / nofrost perlu modifikasi lebih rumit lagi.

      Hapus
  13. Sya mo tanya nih bos kulkas samsung inverter comperesor panas gak mau hidup padahal saya udah ganti relay sm overlood'a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda yakin kulkasnya pakai kompresor inverter ?
      kompresor inverter tidak menggunakan relay lagi buat starting nya

      Hapus
  14. Terus saya mo tanya lg nih bos kulkas inverter pake timer pa gak y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulkas yang menggunakan kompresor inverter sudah tidak lagi mengunakan timer model mekanis tetapi sudah menggunakan timer yang terintegrasi dengan kontrol lainnya (pcb/modul elektronik).

      Hapus
  15. Mohon bantuan nya bos..cara menangani kompresor frezer rak LG inventer matintotal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat dulu kode error dengan menghitung jumlah kedipan LED pada kontrol elektronik nya, dengan demikian kita bisa tahu permasalahan pada freezer tersebut.

      Hapus
  16. Maaf tanya mas,frezer LG inverter awal mula hidup dan kurang lebih dapat 10menit mati dan di inverter kedib 6x,dan seterusnya.apakah saya harus ganti compressornya...?compressornya tetep bisa running tapi sering alarm kedip 6x,thank sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modul inverter, LED berkedip 6x pada freezer LG pada umumnya adalah
      - tidak adanya perubahan suhu pada evaporator atau kondensor terlalu panas (ada kebocoran yang menyebabkan freon habis atau bila kondensor model fan cooling itu ada rusak pada fan motor atau kondensor kotor).
      - kerusakan mekanikal pada kompresor seperti tidak ada kompresi dll tetapi bukan soal gulungannya).
      - pcb rusak ringan pada beberapa kasus terkadang masih bisa diperbaiki (selama komponen tersedia) tetapi rusak total/berat pcb pada 6x kedipan ini belum pernah saya temukan.

      Hapus
    2. Maaf tanya mas, pada bodi kulkas ada setrumnya, dan pada modul inventer ada kedipan 6* terdeksi ada arus tinggi disekitaran komporessor mohon penjelasannya...

      Hapus
    3. - periksa dan pastikan tidak ada kabel yang terkelupas dan kena ke bodi.
      - periksa resistansi gulungan kompresor, nilainya harus sama dan tidak boleh ada short bila diukur ke bodi,

      Hapus
  17. Bos mau tanya frezer 6 rak evavorator bocor. Compre sok ga mau hidup cara mengatasinya bagaimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Evaporator bocor bisa di las pakai kawat khusus las evaporator, atau kalau mau yg simpel di tambal pakai lecostick.
      kompresor macet ? .. lihat post yg ini dulu : "cara supaya kulkas gampang start"

      Hapus
  18. Pak Rudi, saya ada kasus, kulkas LG side by side, awalnya evap tdk bisa membekukan Aqua gelas, setelah dicek pendinginan di evap tdk merata, lalu saya ganti filter ,buang dan isi freon, setelah di hidupkan sekitar 30 menit kulkas hidup normal dan evap terjadi pindinginan secara sempurna tapi tiba2 kompressor bekerja halus, yg sebelumnya condenser panas menjadi dingin, beberapa menit kemudian kompressor bekerja normal dan terjadi pendinginan,lalu kembali setelah 15-30 menit suara kompressor halus lagi, dan berulang seperti itu sehingga freezer tdk bisa menjadikan batu es, kira2 penyebabnya apa ya Pak? Mohon pencerahan

    BalasHapus
  19. Apa itu kulkas lama yang masih pakai R134a ? ketika suara kompresor menjadi halus apakah tekanan freon menjadi vakum ?
    berpatokan pada keterangan anda mungkin terjadi penyempitan lubang kapiler atau ada uap air dalam jumlah cukup banyak didalam sistem, artinya sistem tidak lancar/ terkadang terjadi penyumbatan dan penyumbatan itu jarang terjadi di filternya .

    disini saya hanya bisa memberi gambaran saja artinya keadaan sesungguhnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulkas LG B207BLQ tahun 2011 freon R134A,ia benar ketika kompressor halus tekanan freon turun /vakum, tapi setelah beberapa lama kompressor normal kembali dan terjadi pendinginan tekanan kompressor naik lagi

      Hapus
    2. ganti kapiler jika memungkinkan termasuk filter pake yg isi, gunakan vakump pump untuk menghilangkan uap airnya.
      pakai thawzone, ga perlu ragu memakainya toh asal jangan pakai metanol dan jangan terlalu banyak.
      gunakan freon berkualitas macam dupont suva, memakai freon yg ga jelas terkadang malah merugikan.

      Hapus
  20. Kopresor infenter tampa modul langsung coloke listrik apakah bisa nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, minimal harus pakai phase converter.

      Hapus
  21. Sya awam nih klo masalah kulkas mas.. jdi critanya gini.. sya kan mau jualan es batu tpi sya bingung pilih kulkas mana antara yg inverter atau non inverter.. krna sya mau pemakaiannya itu tahan lama dan hemat listrik bukan yg hanya bbrapa bulan ada msalah lg..
    Terus pilihan freezer daerah sini jga terbatas.. yg ada cuma LG inverter 6 rak harga +/- 3,4 JT, Sharp non inverter 6 rak harga +/- 3,4 JT, panasonic non inverter 6 rak harga +/- 3,3 JT.
    Mohon saran dan pencerahannya mas.. atau ada merk freezer lain yg lebih bagus dari itu..

    BalasHapus
  22. Maaf saya harus netral soal merk freezernya, tapi anda sudah mendapat 3 pilihan yang seimbang dari segi kualitas produk dan harga, saya hanya mau bilang kalau salah satu produk sudah menerapkan teknologi terbaru yang irit dalam pemakaian/konsumsi listriknya dan anjuran saya yang utama adalah jangan pernah mengambil atau membersihkan es dengan cara dicungkil atau ditusuk benda tajam karena bisa berakibat buruk bagi freezer manapun.

    BalasHapus
  23. kulkas saya merk aqua 2 pintu baru umur 7 bulan..listrik sangat boros setelah dicek ternyata konslet di kulkas.. colokan listrik kulkas ketika ditest avo hampir tak ada tahanan lagi...stelah ditlusuri ternyata kompresor...tiga kaki kompresor ketika ditest ohm meter hampir tak ada tahanan...tapi sa'at test ke body kompresor aman... kulkas tetap hidup walau kadang tiba2 tidak dingiin...konslet tidak sampai nurunkan mcb...cuma ada tulisan lebih pada kotak meter waktu pertama mcb dihidupkan dari posisi 0...
    mohon pencerahannyaa...apa harus ganti kompresor..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda " mencurigai" ini mungkin bisa mempertegasnya :
      resistansi/tahanan kompresor kulkas 2 pintu saat diukur secara acak pada ke 3 kakinnya al -/+ 5ohm (atas ke bawah kanan), 12ohm (atas ke bawah kiri) dan -+ 27ohm (kiri ke kanan).
      saat kompresor hidup usahakan mengukur amper dengan nilai 08 s/d 1.1 amp. kalau dikonversi ke watt kira" 100-150 watt.
      cek relay dan overload nya juga, demikian penjelasan singkatnya, semoga membantu.

      Hapus
  24. Bisa sya minta nomor hp yg bisa dihubungi mas utk konsultasi kan lebih lanjut scara pribadi utk masalah ini..

    BalasHapus
  25. Pak mau tanya, sya pke kulkas aqua aqr d370r,dari awal beli dihari ke 4 es batu dikulkas tiba2 mencair, kmudian dicabut listrik, lalu dinyalain lagi, lgs dingin dan beku, terus bsoknya bgitu lgi, tpi sya cb tidak dicabut, selama 2 jam bru dia seperti bekerja kembali mendinginkan es, bsoknya cair lagi dari jam 11 mlm kemudian jam 5 subuh blum beku juga, dicabut listrik kmudian dinyalain lgi baru dingin, pada saat dia mencair body kulkas dingin, biasanya kan ada panasnya gtu, kmudian kyk ada bunyi tetesan air. Mhon dibantu kira2 kenapa ya kulkaanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kan kulkas baru dengan sistem inverter, es didalam kulkas mestinya tidak sampai mencair lagi, ini perlu pemeriksaan secara langsung, biasanya ada malfungsi pada papan elektronik atau sensornya, mengenai penyebabnya banyak kemungkinan yang salahsatunya bisa pada proses pemindahan dan pengiriman yang kurang hati-hati atau hal lain,
      saran :
      - setel pengatur suhu pada posisi medium.
      - pastikan stop kontak tidak longgar ketika colokan kulkas dipasang.
      - hubungi servis resmi untuk klaim garansi bila kulkas tetap seperti itu.

      Hapus
  26. Apakah ada skema untuk menghidupkan kompressor kulkas 3 ph inverter tampa module

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Harus pakai modul inverter, boleh dari merk berbeda.
      - pakai phase konverter.

      Hapus
  27. untuk kompresor inventer..berapa arusnya.untuk menjalankan kompresornya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arus nya variabel tergantung beban dan itu diatur oleh modulnya.

      Hapus
  28. Mau tanyak.. Ini kulkas saya samsung 2 pintu inventer.. Nah bulan kmren sempat kabel kulkas saya di makan tikus... Saya panggil lah tukang servis kulkas... Nah setelah di perbaiki kenapa kulkas nya jadi gk hemat listrik ya.. Malah skrng saya mahal bayar listrinya.. Mohon infonya kenapa dengan kulkas saya ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada yang salah dengan penyambungan kabel nya, sebaiknya di cek ulang karena itu merugikan dan bisa saja sangat berbahaya.

      Hapus
  29. Mau tanya bang..Kulkas LG inverter..sensor suhunya pake termis apa bimetal..esnya ngeblok di evavnya..hingga kipas tak bisa mutar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah pakai kontroler elektronik sensor suhu nya pasti pakai thermis termasuk juga kulkas LG yang inverter maupun non inverter kecuali untuk thermal fusenya tetep seperti kulkas lama.
      lihat jumlah kedipan yang terjadi pada led di mainboard untuk mengetahui error yang terjadi.

      Hapus
  30. Mau nyak pak apakah kulkas samsung inverter kondisi bocor ..apakah msin nya bisa hidup tanpa tekanan freon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lama teknologi ini ada pada AC ruangan maupun mobil tetapi belum pernah saya temukan pada kulkas merk apapun, jadi pada kulkas anda sekarang pun saya kira kompresor bisa hidup hanya biasanya perlu jeda beberapa detik saja setelah steker dicolokan.

      Hapus
  31. maaf pa saya mau tanya. apa penyebab fuse heater kulkas putus terus, kulkas sy merk daewoo (inverter)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti suhu panas ketika defrost es sudah melebihi batas suhu maksimum yang diperbolehkan atau fuse pengganti nya dibawah spesifikasi standar kulkas tersebut.

      Hapus
  32. Untuk menyalakan kompresor inverter
    Di butuh kan phase konverter
    Phase konverter di jual di mana ya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk alat test atau menjalankan kompresor inverter DC tanpa modul bawaan saya kira baru dijual di toko-toko online luar negri (ebay/alibaba) jadi belum ada yang lokal.

      Hapus
  33. Mau tanya master,, saya lagi nangani kulkas LG pake inverter,, tp compresornya tidak bs beroprasi,,, indikator inverter ada kedipan satu kali saat di on kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Led berkedip pada modul inverter atau modul utama ?

      Hapus
  34. Mau tanya ni master,klu kulkas freezer inverter d modul LED berkedip 6 kali,dalam waktu kurang lebih 5 menit kompresor menyalah sekitar 2 menit,kemudian mati kembali,sy lihat d kode eror kulkas,tertera kompresor over,apa emang sudah bisa d pastikan kompresor rusak master..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merk kulkas nya apa ... Led yang berkedip di modul inverter atau di modul utama ...
      Belum tentu yang rusak kompresor nya, salah satu yang harus anda perhatikan adalah perubahan suhu pada evaporator, dingin yang merambat di pipa dan sirip evaporator harus cepat karena dipantau oleh modul melalui sensor, beberapa penyebab nya adalah tekanan freon kurang (bocor) atau fan kondensor mati dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan itu, beda merk kebanyakan beda pula cara kerja nya.

      Hapus
    2. Pagi pak Rudi Halim

      Ini pengalaman pertama saya memperbaiki kulkas Samsung inverter 2 pintu. Awalnya saya check modulnya, lampunya berkedip 10x, saya coba cari artinya kompresor rusak.

      Pertanyaan saya
      Apakah bisa diganti sama kompresor konvensional ? Sedangkan saya perhatikan di kompresor inverter tersebut tidak menggunakan olp-relay.

      Lantas kalau memang tidak bisa, kalau boleh saya diberikan penjelasannya pak. Apa yang membedakan keduanya, apa dari arus yang masuk ? Atau bagaimana .

      Terimakasih sebelumnya

      Hapus
    3. Maaf pak... Mau nanya ini aq ada garapan kulkas frezer inferter,hidup sekitar 1 menit dan setelah itu kompresor berhenti, dsn led pada modul kedip 6x. Untuk evaporatornya dingin normal,cuma kompresornya mati mati. Trimakasih sebelumya

      Hapus
    4. Master mohon petunjuknya freezer inverter LG saya kode eror 6 kedip di Cok bisa nyala hanya sebentar protek lagi Amper tinggi walaupun sudah saya copot dari kulkas say cek 3 kakinyA sama 13.00 saya copot soketnya dari PCB sampai overload nya juga PCB tidak ada respon sama sekali apakah yg rusak master mohon petunjuknya masalah nya saya mau ganti salah satu takut salah mahal harganya.mohon master terima kasih sebelumnya

      Hapus
  35. Mau tanya bos kulkas ssmsung inverter 2 pntu..komprrsor gk hidup..kode error main board blip.9 x..inverter board blip.3x..mohon prncerahnya..tks

    BalasHapus
  36. Kalo kulkas inverter samsung mati, led modul inventer berkedip satu, apanya yang perlu dicek mas

    BalasHapus
  37. Cari kompresor daewo dua pintu dimana min?

    BalasHapus
  38. Maaf ...sbelumnya kalo salah kata ya om yaaa.... frezer LG inverter 6 rak 1 pintu .... kedip 5x... apakah kompresor harus diganti... kode error nya maksudnya apa ? Terimakasih sbelumnya.

    BalasHapus
  39. Maaf pak mau tanya klo cara ukur gulungan yg di dlm kompresor inverter apakah sama seperti kompresor biasa pada dasar 3 kaki terhubung dgan nilai yg sama, untuk indikator lampu led nya kedip 3x. Freser LG inverter. Makasih sbelumnua

    BalasHapus
  40. Saya ada kendala kulkas LG inverter gara2 efap ketusuk.sdh sy las sy flusing ganti filter.
    Setelah runing +-3-4 jam mampet.sdh sy bongkar pasang efapnya sampe 3x
    Masih sama.085779126200 masih binggung😨😨😨

    BalasHapus
  41. kulkas AQUA inverter 2pintu aqr275r
    fan hidup tp compresor gk hdp. output dari modul k kompresor gk ada. sumber rusaknya di mna gan? pdhl teg 5v n 12 v dc di modul hadir.

    BalasHapus
  42. Mau nanya pak..
    Jika kulkas inverter tiba2 mati total penyebabnya kira2 apa ya pak?

    BalasHapus
  43. Om kulkas saya lg inverter 2 pintu.di modul ada kefipan satu kali pas sy colokan listrik.lampu nyala kipas pun jalan.tapi kompresor tidak mau nyala.kira" apanya yg rusak ya om.terima kasih

    BalasHapus
  44. Master mohon pengetahuan nya saya punya freezer inverter LG kode eror 6 kedip.kompresor tiga pin nya di cek sama 13.00 tapi kalo di Cok hidup hanya sebentar karena Amper tinggi mohon pengetahuan nya terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  45. Pak saya mau tanyak skrng saya lg tangani samsung inverter 2 pintu. Yg jadi masalah kerusakan pada kopresornya yg mati. Alias ndak bisa hidup. Yg sayatanyakan apaboleh saya mintak data untuk gulung ulang kopresor tersebut.saya mintak jumlah lilitan dan ukuran kawatnya. Atau data yg lengkap. Atas bantuannya saya ucapkan banyak trimakasih

    BalasHapus
  46. Pak Halim.Saya Punya Kulkas Samsung Inverter 2 Pintu.
    Led Pada Modul Sebelah Kiri Ada Kedipan 3 Kali dan Kompresornya Tidak Mau Star.Itu Menandakan Kerusakannya Atau Yang Bermasalah Dimana dan Cara Mengatasinya...?
    Mohon Bantuannya Pak Halim
    Terimah Kasih Sebelumnya. 🙏

    BalasHapus
  47. Salam Master, mohon bimbingannya.
    Saat ini saya sedang memperbaiki kulkas LG Inverter 2 pintu (2015). Problem awal muncul error led kedip 6X pada modul. Setelah saya cek dan pastikan ternyata lilitan kompresor hangus. Berhubung tidak ada budget untuk beli kompresor baru, saya ganti lilitan spul dengan email baru sesuai spesifikasi bawaannya (kecuali yang asalnya bahan aluminum menjadi tembaga).
    Permasalahan saat in
    1). Saat kompresor difungsikan vacum, awal hidup arus terukur 0.26A, lalu saat vacum mencapai -20psi, perlahan arus naik hingga 1A lalu kompresor mati Dan muncul lagi kode error kedip 6X
    2). Saat kompresor tanpa beban, awal hidup arus terukur 0.25A, setelah running 1atau2 menit rpm kompresor naik yang diikuti arus terbaca hingga 1A lalu kompresor mati dan muncul error yang sama.
    -Apakah pada modul memang disetting protect saat arus pada kompresor melebihi 1A?
    -Bisakah batasan arus ini diubah?
    Mohon bimbingannya, langkah apalagi yang harus saya lakukan untuk memperbaiki kulkas ini (semoga bukan mengganti modul dan kompresor.. hehee)
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan lihat jawaban nya pada artikel terbaru ya.
      Error Kulkas LG.

      Hapus
  48. Mau nanya mas...
    Freezer Lg inverter berkedip 5 kali...
    Rusaknya apa ya???

    BalasHapus
  49. Bang, mau tanya ciri kulkas yang sudah inverter atau belum dilihat dr apanya?

    BalasHapus
  50. Sy mau tanya pak apakah berapa lama waktu heater menyalah apakah sama dengan sistem timer 7-8 jam atau tergantung suhu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar seperti pendapat anda, terima kasih jawaban dari komentar anda ini akan saya buat menjadi sebuah artikel.

      Hapus
  51. Berapa lama heater menyalah pada kulkas Samsung inverter apakah small seperti timer 7-8 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini saya luruskan, mungkin yang anda maksud adalah siklus defrostnya itu yang sama sedangkan heater nyala dan mati nya tergantung dari kondisi evaporator nya.

      Hapus
  52. Mau tanya pak,
    kulkas samsung inverter 2 pintu, tiba2 kulkas tidak bs beku di frezernya, dan tidak dingin, posisi setingan sudah dirubah2 ttp tdk dingin.
    lalu di belakang ada 2 pcs, 1 besar kedipan 10x dan 1 kecil ngedip terus.
    bodi kulkas tidak ada terasa anget biasanya dan tdk ada suara kompressor. apa permasalahanya pak dan apa yg bisa saya lakukan untuk memperbaikinya.

    terimakasih
    wassalam

    BalasHapus
  53. Selamat malem pak, kulkas saya panasonic BB 251 Q saya mau tanya berapa besar frekuensi yang dipakai untuk kompresor kulkas 2 pintu inverter saat start dan running,,saya cek untuk tegangannya saat start 146 vdc dan saat running 147 vdc,,padahal di label kompresornya tertulis 240 vdc 65-225 hz

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pengertiannya seperti ini ya pak, pada kompresor inverter saat ini yang menganut catu daya DC itu tegangannya akan tetap di 147 VDC lalu maksudnya 220-240V yang tertulis di label kompresor adalah tegangan input nya (AC) sementara
      frekwensinya di atur tinggi dan rendah nya oleh modul kontrol untuk mendapatkan putaran (rpm) kompresor sesuai kebutuhan makanya ada rentang nilai 65-225 hz. demikian ya semoga bermanfaat.

      Hapus
  54. mau tanya pak kompresor kulkas midel inverter teganganya kompresor itu dc apa ac

    BalasHapus
  55. Selamat malam pak Rudi..rudihalims@gmail.com
    Saya mau tanya kulkas inverter samsung 2 pintu kurang dingin evap sedikit bunga es, kipas normal, body kiri kanan dingin tidak panas, modul utama normal, modul inverter normal, kompresor panas suara halus, kira² masalah dimana utk bikin es tdk bisa beku..trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, baik akan saya coba bantu masukan berdasarkan keterangan anda dan pengalaman kami, kalau bunga es di evaporator hanya sedikit itu biasanya minimal ada 3 kesalahan terjadi yakni :
      - Freon berkurang karena ada kebocoran.
      - Oli kompresor terjebak di evaporator.
      - Daya dorong kompresor terhadap zat pendingin (freon) melemah.
      Dan masih mungkin terjadi hal lainnya yang baru bisa diketahui setelah pemeriksaan langsung.

      Hapus
  56. Saya mau tanya lebih baik pilih kulkas inverter/noninverter?

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.