Saya adalah seorang mekanik

Biasanya seorang mekanik atau teknisi adalah seseorang yang mampu membangun, membuat atau memperbaiki mesin, seperti mesin pendingin, mesin mobil, mesin sepeda motor, mesin kapal dan mesin-mesin lainnya, tetapi ada mekanik yang mengkhususkan diri dalam memperbaiki salahsatu bagian saja seperti kompresor, karburator, radiator, alternator bahkan hanya melayani perbaikan seputar masalah ban.
Mekanik yang handal tidak harus memiliki latar belakang pendidikan khusus karena banyak diantaranya memiliki ijazah yang sama sekali tidak ada hubungan dengan permesinan bahkan konon mendiang Tuan Soichiro Honda ( pendiri Honda Corporation ) bukanlah seorang yang memiliki pendidikan cukup terkait dengan salah satu industri otomotif Jepang yang telah menciptakan beberapa mobil dan motor terbaik di dunia. menjadi mekanik yang handal dan jujur pastinya akan lebih disukai pelanggan, karena seorang mekanik bukan apa-apa tanpa pelanggannya  :-)  .

Saya adalah seorang mekanik biasa, ini bukan impianku tetapi saya bangga disaat seseorang tersenyum dan berterimakasih atas hasil kerjaku dan merekapun menghargai itu.


Komentar

  1. gan ane punya kulkas Lg 1 pintu baru sebulan... tapi kok di bagian frezernya sering mencair sendiri atau tidak beku, tetapi jika di cabut steker dan tunggu beberapa jam trus di hidupin lagi baru bisa.. kejadian itu terus berulang beberapa kali... apakah solusinya makasih.. mohon jawabanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang harus anda perhatikan ketika hal ini terjadi pada kulkas anda adalah memeriksa tegangan (voltase) listrik anda, yakinkan instalasi listrik anda baik dan memenuhi standar kualitas PLN dan jika diperlukan gunakan stabilizer.

      Hapus
  2. pak boz ak mau nanya nih,kulkas di rmh saya kan ga dingin kmn dah saya isi freon,, sebelumnya dah ak vacum tp setelah disi freon 10 menit vacum lg itu dah ku coba 3X, itu bg mana pak boz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap diperhatikan sebelum pengisian freon tersebut kulkas terbebas dari kebocoran baik dari sisi evaporator, kondensor maupun pipa (tubing) lain nya .... jika tidak ada kebocoran kemungkinan lain nya sistem mengandung air atau kotor sehingga terjadi kebuntuan.

      Hapus
  3. mas di freezer dingin tapi gak mau jadi ais apa nya y mas??kulkas jenis no frost 2 pintu,,sebelum nya makasih

    BalasHapus
  4. Salam kenal pak. Kemaren saya baru bersihin kulkas 2 pintu merk panasonic. Setelah dibersihin, kenapa kulkas tidak sedingin sebelumnya ya pak?? Bagian freezer, tidak bisa membeku....Mohon petunjuknya pak.

    Makasi

    Wuri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, Dear Wuri yth, bersih-bersih kulkas seharus nya tidak membuat kulkas tersebut malah menjadi bermasalah tetapi terkadang sapuan kain lap pada area termostat tanpa sengaja telah menurunkan setingan pada arah pendinginan minimal atau sisa-sisa makanan yang tidak terbuang keluar justru membuat saluran pembuangan air menjadi tersumbat sementara pada bagian luar kulkas berhati-hatilah pada kabel yang mungkin ketarik sehingga lepas dari koneksi nya lalu pipa-pipa kecil di bagian belakang yang terkadang tanpa sengaja terbentur sampai tertekuk atau patah saat dipindah-pindahkan kulkasnya dan masih banyak lagi yang lain karena hal ini sering juga dikeluhkan oleh selain anda. silahkan anda minta bantuan seseorang atau teknisi terpercaya supaya masalah anda terselesaikan.

      Hapus
  5. Numpang tanya mas rudi.
    Show case sy ko ngak mau dingin, setelah d perhatikan bunyi kompresornya nga sekeras pd saat dingin itu penyebabnya apa y, mohon bantuannya.makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini harus dilakukan pengecekan dulu pak Surya, akan ada banyak kemungkinan nya seperti pengecekan pada kompresornya, cek kebocoran freon dll.

      Hapus
  6. salam sebelumnya saya mau nanya mas rudy
    listrik d rumah dayanya 2300 ( sebagai pegangan kadang di bilang watt ga kuat lah )

    saya bru beli kulkas glacio grand seri GR-N199GH
    awal d hidupkan saya tdk kepikiran
    lama2 saya perhatikan dan bandingkan dengan kulkas teman saya. punya dia setting no.1 udh dingin sekali punya saya no 3 - 4 tidak dingin...maksudnya knp dengan setting sampai 4 cold max tp tidak dingin..
    detailnya di freezernya beku dan berbunga es tp bagia tutup freezer sering berair. menetes. bagian bawah kulkas juga tidak dingin tp kan aneh freezer beku bagian bawah kurang dingin meski sudah di setel sampe no. 4


    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ari ..
      yang sering dimaksud kurang dalam hal ini biasanya adalah tegangan atau voltase (volt) nya, kompresor kulkas umumnya akan bekerja maksimal pada tegangan 220V dengan toleransi sekitar 5%, jadi bila lebih atau kurang dari itu meskipun bisa hidup tapi tidak akan sebaik bila tegangan listrik nya sesuai rekomendasi.
      selain itu pintu penutup juga harus menutup dengan sempurna dengan karet yang masih bisa melekat dengan baik sehingga tidak ada udara bocor keluar/masuk, bunga es yang terlalu tebal justru akan menghambat proses penyerapan kalor oleh evaporator, jadi apabila memang kulkas nya tidak banyak diisi sebaiknya pengaturan suhu pun jangan terlalu mendekati COLD dan satu hal yang juga harus diperhatikan bahwa bila menyimpan makanan yang mengandung banyak air sebaiknya memakai wadah berpenutup.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.