Kulkas dingin sebagian

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan seseorang via email , beliau keluhkan kulkas nya yang tidak dingin tetapi hanya pada ruang refrigerator nya saja, pertanyaan ini sebenarnya telah bisa ditemukan jawabannya pada artikel Problem kulkas no-frost, cobalah untuk membacanya kembali.
Seperti pada banyak masalah seperti ini, freezer bisa membeku tetapi lainnya tidak, ini panduan tentang cara mengatasi dan tidak perlu biaya kalau anda mau mencobanya sendiri, silahkan ikuti cara-cara ini :
1. Periksa karet pintu nya apakah masih utuh atau tidak sobek, ketika pintu ditutup permukaan antara pintu dan bagian depan kulkasnya rapat.
jika sobek diganti baru atau jika hanya lepas dari penjepitnya kendurkan dahulu bautnya kemudian karetnya masukan kembali ke celah yang seharusnya agar ketika baut dikencangkan akan terjepit kembali dengan benar.

2. Periksa pada bagian yang tidak dingin nya dengan cara menekan switch pintu sambil merasakan dengan tangan apakah terasa ada hembusan angin atau tidak, kalau tidak tentu saja tidak akan dingin penyebabnya air atau kotoran yang membeku  sehingga mempersempit saluran atau lorong udara yang berada didalam kulkas (lihat gambar), saluran ini harus bebas dari apapun yang menghalangi sehingga udara bisa bersirkulasi dengan lancar.

Periksa bagian dalam kulkas nya terutama bagian bawah jika basah dan air menetes sampai keluar (banjir) ini pertanda saluran pembuangan airnya buntu.
Solusi nya cabut dahulu steker dari stop kontak listrik lalu buka bagian penutup Evaporator nya untuk membersihkan bunga es yang ada pada evaporator dan bagian lain dengan air (memakai selang dari kran air atau gunakan alat penyemprot air), biarkan air mengalir menyapu bersih seluruh bunga es yang membeku tadi sambil perhatikan air harus keluar dari lubang pembuangan dan  saluran air nya sudah tidak buntu, jika ingin mempercepat proses pakailah air hangat agar kotoran, lemak ikan atau daging, es krim dan lainnya lebih cepat bersih.


Selamat mencoba.

185 comments :

  1. wah memang susah ya kalo punya kulkas tapi tidak dingin, soalnya boros listrik juga pastinya (Mungkin?) ...

    salam dari ericfootnote mas ...

    ReplyDelete
  2. Mas Rudi. Putaran arah putaran fan kulkas dua pintu ke kanan atau ke kiri?

    ReplyDelete
  3. Mohon diperhatikan saja lengkungan dan kemiringan daun kipas nya, jika melengkung dan miring ke kanan berarti motornya harus berputar ke kanan itu artinya juga tiupan angin nya ke depan, begitu juga sebaliknya tetapi pada umumnya kipas ini meniup kearah depan atau menghisap evaporator, terima kasih kunjungan nya Mas Edi kapan kita bisa kontek2 nih.

    ReplyDelete
  4. ha..ha.. thanks mas. untuk memastikan saja karena kulkasnya cuma di freezer aja yg dingin. awalnya kulkasnya udah di oprek oleh bengkel lain. arah putarannya kekiri yg arah anginnya masuk ke kedalam bukan keluar(menghadap kita).makanya timbul kecurigaan terhadap putaran motor fannya. no hp saya 085260103802. smoga saya bisa kontek mas rudi dilain waktu untuk pencerahannya.

    ReplyDelete
  5. hem...
    mas, kulkas aku baru kemaren gak dingin.. curiga suaranya jadi kecil..(biasa seperti ada suara badai berapa jam sekali..)
    biasanya apa yang rusak dengan gejala tersebut..?

    oya, kira2 biaya servis kulkas normal nya berapa yah...?
    atau harga kalau ada penggantian spare part.

    makasih mas..

    ReplyDelete
  6. @ Kulkas nya no-frost atau kulkas biasa nih.....Jika no-frost banyak penyebabnya antara lain :
    - Timer.
    - Heater.
    - Thermodefrost.
    - dll.
    semuanya mengakibatkan kulkas tidak dingin bahkan mati sama sekali tentunya, kerusakan paling mahal biayanya terjadi jika kompresor rusak, jika menggunakan kompresor baru kualitas mirip aslinya minimal 500 ribuan ( kulkas 1 pintu )tetapi jika hanya kebetulan cuma perlu dibersihkan/service saja paling tinggi Rp.100.000,-

    semoga masalah anda cepat selesai.

    ReplyDelete
  7. mas rudi bisa minta tolong banget saya mau buat pendingin aquarium,cara yang paling sederhana gemana, selama ini saya memakai outdor ac sedangkan evapnya saya gulung pake pipa tembaga yang dilapis karet bakar...apa sama dengan rangkaian kalau memakai kompresor kulkas. thx

    ReplyDelete
  8. Mas Diztly yth...cara yg telah anda terapkan sekarang menurut saya adalah yg paling sederhana, karena hanya dengan menggulungkan pipa sebagai evaporatornya yang sepertinya anda celupkan langsung ke air aquariumnya, hanya yg jadi pertanyaan nya seberapa efektifkah pendinginan ini mengingat cuma lilitan pipa tanpa sirip dan dibungkus selang bakar pula, jika tujuan anda menerapkan cara ini agar tidak ada kontak tegangan pada air nya tentu bisa saya mengerti tetapi hal ini menjadikan pendinginan kurang afektif karena tertahan selang bakar tadi, banyak cara sebenarnya yg bisa di tiru tetapi cara kerjanya lebih rumit dan memerlukan berbagai alat maupun sensor yg akan menjadikan rangkaian alat ini lebih efektif dan efisien.
    menggunakan kompresor kulkas tentu saja bisa tetapi cukupkah kapasitas nya karena kompresor kulkas relatif kecil, cobalah meningkatkan kinerja rangkaian yg ada sekarang agar ketika hendak merancang sistem yg baru kita memiliki catatan/patokan yg telah teruji efektif ^_^.

    ReplyDelete
  9. hallo mas rudi. mesin cuci panasonic automatic. pulsatornya udah longgar drat dalamnya. ada gak cara mesiasatinya. soalnya dikota saya tidak ada jual pulsator jenis ini. thanks

    ReplyDelete
  10. @ Mas Edi pesan ke saya aja, emailkan type mesin cuci nya dan foto pulsator nya.

    ReplyDelete
  11. kulkas saya tidak dingin tapi panas, daerak kompresornya sempat jadi sarang tikus. ada beberapa kabel yg digigit, sudah disambung lagi. tapi bukan dingin malah jadi panas, qra2 bagian apa yg rusak?

    ReplyDelete
  12. @ Nafila
    Cek kembali sambungan kabel nya...perhatikan diagram dengan seksama, jangan dihidupkan dalam jangka waktu terlalu lama kulkasnya saat perbaikan belum sempurna, pada beberapa kasus yg saya temui saat seseorang keliru menyambung kabel...bagian dalam kulkas meleleh karena Heater terus menyala sedangkan kompresor mati dll.

    ReplyDelete
  13. mau nanya nich...
    saya punya kulkas,tp freezer na tidak bsa dingin
    kira2 apa penyebat na?
    tq

    ReplyDelete
  14. mas, kalo kulkas no frost suka keluar air (netes) dari tempat yg harusnya keluar udara dingin (di refrigerator, bukan di freezer) kenapa ya?.

    Asalnya kompresor nyala terus. Lalu sy ubah setelan suhunya. Trus sering keluar air. Sekarang bagian refrigeratornya ga dingin.

    Apa penyebabnya karena termostat rusak trus evaporator beku?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. mas saya mau tanya ?
    saya punya kulkas 2 pintu no-frost yang lagi bermasalak tdk bisa beku secara normal kalau buat es batu hanya luarnya saja yang beku tapi dalamnya tetap cair tidak bisa jadi es batu padahal temperatur sudah max. kemudian saya cek fan ternyata normal berputar, apa fan pada evapurator itu perputar terus ?….. kemudian saya cek thermo fuse dg avo meter normal menunjuk suatu angka,lanjut ke thermo defrost saya cek pakai avo tdk menunjuk suatu angka brarti normal tapi blum sy cek pakai suhu 1 drajat menunjuk / tdk, lanjut saya cek timer normal berputar tapi saya ganti baru, tapi permasalahanya masih tetap. yang blom saya cek heater krn tdk tau tempatnya dan seperti apa, apa yang di bungkis alumunium foil di evapurator ? …. kulkas saya merk LG Exprescool menurus mas apa penyebab kulkas saya jadi seberti yg saya jelaskan diatas saya tunggu jawabanya secepatnya, terimasih bangget kalau di jawab ?….

    ReplyDelete
  16. @ Ganery => mohon kasih rincian type kulkas nya.

    @ Hardi => Termostat nya belum tentu rusak Kang Hardi silahkan buka postingan ini juga >> http://bengkelmania.blogspot.com/2009/03/problem-kulkas-no-frost-k-ulkas-no.html .

    @ a syaifuddin ( kumpulan E-book gratis ) => kalau Es yg dibuat tengah nya masih cair berarti suhu dingin yg dihasilkan kulkas anda kurang maksimal, hal ini bisa terjadi dari berbagai hal, silahkan anda pun bisa mencari solusi dan mencoba praktekan sendiri dengan membaca dahulu di link yg saya berikan pada Saudara Hardi.

    ReplyDelete
  17. Artikel pengalaman anda sangat membantu kami teknisi yang masih newbi, mari saling tukar link untuk saling berbagi dan menambah banyak saudara

    ReplyDelete
  18. Om mau tanya cara mengganti heater yang tipenya masuk kedalam pipa gmana ya,tapi tanpa membuang freonnya,,terus mungkin nggak heaternya diganti dengan model lampu? trims om

    ReplyDelete
  19. Rekan bondcel yg baik, sayang sekali untuk type heater seperti ini anda harus mengganti nya, jika tidak ada barang baru yg sama persis cobalah mengganti dengan yg bekas, ini memang sering menjadi dilema karena untuk melepas nya dari evaporator cukup sulit, kadang terpaksa melepas dulu Evaporator ini dari kulkas nya sehingga harus isi freon lagi.
    tetapi untuk kulkas dengan evaporator yg berdiri hal ini bisa diakali dengan cara memasang heater kaca pada bagian bawah nya, buatlah dudukan heater dengan baik agar posisi nya tetap tidak berubah-rubah saat heater ini panas, lapisi juga dinding sekitar area heater ini dengan aluminium agar dinding kulkas nya tidak meleleh.
    selamat mencoba.

    ReplyDelete
  20. mas, apa gejalanya kalau heater rusak?

    ReplyDelete
  21. gejala yg umum akibat heater ini putus/rusak adalah pada bagian refrigerator nya tidak dingin sementara di bagian freezer nya masih bisa membeku tetapi lambat laun dingin nya berkurang dan timbul timbunan bunga es pada bagian yg dekat dengan evaporator, hal ini biasa di sebut nge-blok.

    ReplyDelete
  22. mas...
    show case saya di rumah tidak dingin lagi. tp, kipasnya tetap bekerja. kalau show case dinyalain lama malah jd panas. tadinya pernah seperti ini, saat itu masih service garansi (dulu ada selang yang diganti si tukang servicenya),
    sekarang apa yang harus saya lakukan...?
    mas kadang2 ada bunyi yang g beres di kompresornya...
    maaf mas tolong dibantu solusinya.
    terimakasih

    ReplyDelete
  23. wah memang kalu kulkas dah ga dingin, memang harus diserahkan ke ahlinya ya, biar di rawat dan agar segar kembali

    ReplyDelete
  24. makasih dah berbagi ilmu dgn blog ini. mo nanya, kulkas aku satu pintu. kenapa freezernya nyetrum kalo dipegang? gimana solusinya?

    ReplyDelete
  25. Om Rudi, tanya dong kulkas bgn bawah tidak dingin, tp yg atas (freezer) bia dingin dan beku, problemnya dmna ya? dan waktu sy coba buka pintu bgn atas ada hembusan angin ke bgn bawah, tp kalo pintu atas ditutup tidak ada hembusan angin ...(kebalik ya) mohon pencerahannya. Tks

    ReplyDelete
  26. @Bhoedi ...
    Apa ada yg pernah anda perbaiki sebelumnya terutama dibagian sakelar otomatis yang terhubung dengan pintu ? coba anda periksa bagian ini, seharusnya hembusan angin ini baru akan ada setelah pintu nya tertutup.

    ReplyDelete
  27. Salam kenal Mas Rudi!!!

    Kulkas Polytron, dinginnya kebablasan (terlalu dingin) sampai-sampai daun bayam aja ikut kaku.
    Kenapa ya Mas??

    ReplyDelete
  28. Salam kenal kembali @ ALGHIASI
    Coba atur ulang posisi termostat (pengatur suhu) nya yang berada dekat Freezer, atur satu tingkat lebih rendah dulu lalu perhatikan keesokan harinya dan bila masih kurang cobalah lagi sampai didapat suhu yang ideal.

    ReplyDelete
  29. Makasih Mas!!!
    Ternyata pengatur temperatur udah dol....

    ReplyDelete
  30. mas saya punya kulkas satu pintu merk Lg baru 1 bln tapi kok di bagian frezernya sering gak dingin malah yg udah jadi es mencair lagi.. trus jika di cabut steker dan di diamkan beberapa jam dan di hidupkan kembali normal itu sering terjadi berulang2 apa yng harus di lakukan mohon jawabannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Alfin filzahza, Hal yang perlu diperhatikan untuk kulkas yang relatif masih baru tetapi sering terjadi hal yang seperti anda sebut adalah mengecek tegangan (voltase) yang masuk ke kulkas anda, adakalanya ketika kulkas kita cabut voltase menunjukan tepat 220v tetapi saat steker kulkas kita tancapkan tegangan yang ada di stop kontak nya ini turun.... banyak hal yang menyebabkan voltase ini turun, selain dari jala2 PLN nya sendiri atau instalasi kabel2 rumah kita yang kurang baik atau mungkin memakai kabel kualitas rendah .. semoga jawaban saya membantu atau setidak nya menginspirasi anda untuk mencari dan menemukan hal yang sebenarnya terjadi.

      Delete
  31. Salam,
    Dmn sy bs dptkn sparepart utk penutup bagian freezer kulkas Sharp SJ170 ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalaam Pak Email Nalaraja ... pastinya penutup freezer yang terbuat dari akrilik ini bisa kita dapat di service centre Sharp terdekat di kota anda, di kota saya (Bandung) service centre nya terdapat di jl. Arjuna dan selain itu bisa kita beli juga barang yang bukan asli nya di toko2 penjual alat2 kulkas.

      Delete
  32. mas. tolong donk. saya tinggal di NTT jd untk tukang servis agak susah dapatnya.. Kulkas saya 2 pintu polytron..bagian freezernya dingin sdkn bagian penyimpan sayurnya tdk dingin.. bgm mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda coba cara2 seperti yang telah saya ulas diatas saja dulu, karena sebagian besar keluhan ini disebabkan oleh es yang nge-blok sehingga udara dingin yang seharus nya berhembus ke bawah tertahan dan hanya berputar-putar di ruang freezer saja.

      Delete
  33. salam kenal mas...
    kulkas glacio 1 pintu sy dah lama ga dinyalain,kurang lebih 3 tahunan...sebelumnya normal & baik2 aja...sekarang ketika dinyalakan bener2 tidak dingin lg...yg ada hanya desisan kemudian seperti ada suara2 air yg mengalir...kira2 apanya ya mas....? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Rheina, terima kasih.
      Seharusnya kulkas tidak bermasalah walaupun tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama tetapi dengan catatan kondisi kulkas pada saat tidak dipakai itu dalam kondisi kering atau tidak lembab baik luar maupun dalam nya, kulkas yang tidak dipakai bisa saja berkarat dan karat ini menjadi penyebab kebocoran sistem refrigerasi nya selain itu jangan pernah memposisikan atau memindahkan kulkas dengan kemiringan yang melebihi 45 derajat karena hal ini bisa mengakibatkan sirkulasi oli yang tidak normal didalam sistem yang akan menghambat bersirkulasinya gas refrigerant / freon, yang saya kemukakan diatas hanya sebagian kecil tapi paling sering terjadi dilapangan.

      Semoga membantu.

      Delete
  34. Kalo masalahnya di karet kulkas, datang aja ke Lindeteves Glodok, cari toko Victory. Tokonya dekat ama pintu masuk. Tanya aja sm satpam. Kamaren gw benerin karet kulkas lemari es sharp besar yg 2 pintu, kena 200 ribu, per meter dihitung 60 ribu karena karetnya yang lebar 3,3 cm an. Yang musti diingat adalah dari rumah udah dibawa karetnya, jangan dipotong2, bawa utuh, bentuk bingkai alias se segi empatnya. Ntar akan jadinya sama persis seperti ukuran karet itu, jadi kita tinggal pasang aja di rumah. Masalahnya klo beli meteran, ntar gak sama ukurannya, malah gak rapat n gak dingin.

    ReplyDelete
  35. mau tanya om, kalo freezernya yg ngluarin bunga es hanya yg dpn,tp kalo yg blakang g ngluerin bunga es t mslahnya apa yah koq g rata?
    dengungan pun g terasa kuat,dl di cover luar agak panas tp skrg udah gak.apa pengisian freon nya kurang mslhnya dl kena pisau jebol di freezernya.
    mohon pncrahannya....

    ReplyDelete
  36. Salah satu penyebab mungkin Freon nya kini mulai berkurang lagi, Periksa seluruh sistem dari kemungkinan adanya kebocoran terutama dari bekas bocor sebelumnya, lakukan penambalan menggunakan lem LE-CO stick atau lem epoxy yang baik .... bersihkan permukaan yang akan di lem sampai benar2 bersih menggunakan ampelas, jika memungkinkan sebaiknya evaporator yang bocor diganti baru saja .... semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  37. mas mau tanya,,kulkas saya dulu gak mau dingin,karna thermostat nya rusak yg menyebabkan di evapurator berbunga ais,,sekarang saya dah ganti termostat nya dan dah tak berbunga lagi di evapurator nya,,sekarang masalah nya di freezer cuma dingin tapi tidak bisa jadi ais bila di letak air gak mau jadi ais,,tapi di bagian bawah bisa dingin,,ini masalah apa ya mas,,kulkas saya jenis no frost

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menentukan komponen apa yang rusak pertama kita harus mengerti dulu cara kerja kulkas ini, bacalah dulu diagram yang biasa nya tertera di belakang kulkas tersebut, setelah kita yakin siap untuk coba memperbaiki sendiri kulkas kita bisa memulai dengan membuka penutup evaporator pada bagian dalam freezer nya, hal paling mungkin terjadi jika kulkas tidak bisa membuat es adalah terjadinya penyumbatan pada saluran udaran (ducting) nya oleh es, udara dingin dari evaporator tidak bisa bersirkulasi dengan baik.
      kita bisa mencairkan es yang memblok tadi dengan cara mematikan kulkas tapi ini perlu waktu cukup lama, cara cepat bisa kita gunakan air hangat atau hair dryer, setelah es mencair dan evaporator bersih barulah kita periksa satu persatu komponen yang mungkin rusak.

      Delete
  38. mas mau tanya, minggu lalu baru beli toshiba glacio GR-M245D (2 pintu)..selang beberapa hari keluar air di atas permukaan kyk tempat wadah air ( di atas kompresor).. Apa itu normal dan bukan kerusakan? soalnya dulu punya kulkas yg belakangnya rata (gak keliatan kompresornya)..kalau normal itu dibersihinnya setiap berapa lama ya mas? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Yudistira, Kulkas anda beroperasi dengan normal, air yang masuk ke penampungan atau wadah yang anda maksud adalah air buangan dari proses defrost, air tersebut akan kering dengan sendiri nya oleh suhu panas yang ditimbulkan dari kompresor yang berada dibawah nya dan boleh dibersihkan apabila didalam wadah nya terlihat kotor. terima kasih.

      Delete
  39. salam mas rudi, ini saya punya kulkas thosiba 2 pintu no frost, PERMASALAHAN nya itu di bagian frezeer dingin tapi ngga bisa beku, tapi di bagian refrigrator sdh tdk dingin lg, kalo penyebab nya ngeblok gara2 ice, Apa dengan cara mematikan kulkas dalam beberapa hari bisa bagus lagi, soal nya kemarin saya coba matikan beberapa hari, dan hasil nya tetap sama, karena secara logika ice nya yg ngeblok pasti mencair, apa muangkin perlu isi freon, atau ada kerusakan pada komponen lain nya?

    ReplyDelete
  40. mohon penjelasan,berapa psi tekanan freon kulkas 2 pintu,dan kulkas freezer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Kulkas maupun Freezer dengan jenis Freon R-134a yang diukur berdasarkan tekanan pada suction adalah sekitar 10-12 psig, nilai ini tidak mengikat karena tergantung pada suhu atau tekanan di kondensor, tekanan di kondensor akan sangat tinggi (sekitar 200 - 220 psi) dan panas (50 - 60 derajat selsius) pada awal kulkas di hidupkan tetapi jika kulkas atau freezer sudah mencapai suhu kerja maka tekanan suction ini akan lebih rendah atau berada di kisaran 5-8 psig.

      Delete
  41. Om Admin Mau tanya,
    kulkas saya tiba2 tak berdengung terus frezzer tak mengeluarkan bunga es sebelumnya saya menguras frezzer padahal sebelumnya mesinnya berdengung dan mengeluarkan bunga es tolong penjelasannya,

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zazi Maulana yang Baik sayang sekali keterangan anda kurang lengkap tetapi akan saya coba terangkan dengan kejadian2 yang umum seperti yang anda alami .... saya berharap anda tidak menguras freezer dengan benda tajam seperti pisau, obeng dll untuk mencungkil es yang menempel pada freezer nya, hal ini sangat dilarang untuk menghindari bocor nya freezer karena pada penampang freezer tersebut terdapat jalur freon yang mudah bocor karena terbuat dari bahan aluminium tetapi jika pun tidak terjadi demikian hendak nya anda tunggu beberapa saat setelah kulkas anda hidupkan kembali, hal ini untuk mendapatkan kondisi kerja yang normal dari kulkas yang habis dikuras/dibersihkan tadi, pada kondisi ini bodi bagian luar kulkas akan terasa lebih panas dari biasanya tetapi lambat laun akan kembali hangat dan inilah tanda2 kalau kulkas anda masih bekerja normal.

      Semoga keterangan diatas cukup membantu dan kulkas anda bisa digunakan kembali.

      Delete
  42. Salam kenal Rudi

    saya mau tanya untuk service kebocoran freon dari pipa untuk Kulkas dan AC, berapa yah biayanya?

    saya mau check harga dulu sebelum ke tukang service

    semoga bermanfaat juga buat yang lain

    terima kasih sebelumnya, semoga forum ini bermanfaat buat orang banyak.

    ReplyDelete
  43. Salam kenal Mas Rudi

    Saya mau bertanya mengenai harga service kebocoran pipa pada kulkas dan AC, sebelum saya ke tukang service.

    semoga pertanyaan saya ini juga dapat bermanfaat untuk khalayak luas.

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Dhimas Ery Hadiputranto yth.
      Salam kenal kembali, jka ada bagian pipa yang bocor pada kulkas dan AC tentu harga jasa nya berbeda, perbedaan ini terletak daripada tingkat kesulitan masing-masing, untuk kulkas terkadang perbaikan tidak bisa dilakukan jika kebocoran terdapat pada bodi kulkas bagian dalam yang rawan akan tetapi jika posisi kebocorannya mudah bisa saja anda kena charge mulai dari Rp.150.000.00 untuk kulkas dan/atau mulai Rp.200.000.00 untuk servis AC dan itu sudah termasuk pengisian ulang freon nya.
      demikian semoga membantu.

      Delete
  44. kulkas saya basah di bagian rak / dibawah tempat penyimpanan daging , seperti air tumpah , umur kulkas udah 7 th,, mohon dikasih jalan keluar makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Tri, ini jawaban untuk masalah di kulkas 1 pintu, kemungkinan saluran pembuangan kulkas anda tersumbat sehingga air tidak bisa keluar untuk diteruskan ke penampungan yang berada di bagian luar, pada tipe-tipe kulkas 1 pintu yang lebih kecil bak penampungan air justru berada didalam atau tepat berada dibawah freezer nya sehingga harus kita buang air di dalam nya secara berkala, silahkan dikoreksi karena mungkin saja ada komponen (baki/nampan penampungan) yang tidak terpasang dengan benar supaya kulkas anda bisa normal kembali dan untuk mengurangi jumlah air atau bunga es yang terlalu cepat banyak/tebal pastikan pintu kulkas masih bisa menutup dengan sempurna sehingga tidak ada celah untuk masuk nya udara dari luar penyebab bunga es cepat tebal.

      Delete
  45. salam kenal zakki

    waktu itu kulkas toshiba satu pintu saya mati, lalu coba mencari teknisi untuk diperbaiki dan kulkas kembali baik, si teknisi bilang kerusakan pada relay. 3 hari kemudian kulkas tidak bisa telalu dinggi, dinginnya biasa saja walau sudah di posisi full putarannya, tolong dibantu pak, apa permasalahan kulkas saya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Dear Fathir Aydin Azzamy yth .... ketika kulkas kita tidak berfungsi dengan baik maka pada umum nya akan langsung dilakukan pencarian komponen yang rusak dan ketika yang rusak telah diketahui maka akan dilakukan penggantian, apabila setelah itu kulkas kembali berfungsi tetapi tidak dilakukan pengujian atau analisa lebih lanjut guna menemukan penyebab dari kerusakan komponen yang diganti tadi maka bisa dibilang perbaikan tersebut belum selesai .... ambil contoh jika rusak nya relay oleh karena tegangan listrik tidak normal, kompresor sulit starting atau karena hal lain maka kerusakan relay akan terjadi lagi dan lagi ..... saya harap teknisi anda akan melakukan pengecekan dan pengujian yang akurat dengan alat2 dan cara yang sesuai S.O.P teknik mesin pendingin yang baik. semoga bermanfaat.

      Delete
  46. Salam kenal mas rudi,kulkas saya dua pintu no frost,pintu atas normal,tp koq pintu bagian bawah gak dingin ya mas,apa saluran udaranya tersumbat?&solusinya bagaimana ya mas,atau ada penyebab lain,saya pernah memanggil teknisi trus diganti otomatisnya tp hasilnya masih sama saja,mohon pencerahannya mas,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Arie yuono yth, terima kasih salam kenal balik, saya akui terkadang mencairkan es yang membeku pada lorong saluran udara dingin yang menuju ke bagian bawah sulit dilakukan tanpa bantuan air hangat atau air yang langsung di semprotkan untuk mencairkan es yang menyumbat, namun walau bagaimanapun hal tersebut harus tuntas dan jangan sampai salah menganalisa tiap-tiap sparepart yang rusak supaya kulkas benar-benar bisa normal kembali, silahkan anda minta teknisinya untuk mengecek ulang, semoga masalah anda cepat teratasi.

      Delete
  47. Mas Rudi, fan kulkas saya di bagian freezer nya kadang berputar, kadang tidak.. Kira2 ini penyebabnya apa ya mas ?

    Sudah bbrp hari ini kulkas saya juga tidak begitu dingin.. apa ini berkaitan dengan kondisi fan nya tersebut ?
    Mohon informasi nya..


    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Kios Syauqina yth, secara sistemik fan kulkas akan berhenti berputar disaat sedang terjadi proses defrost (minimal 2 kali sehari), disaat pintu freezer terbuka dan jika suhu didalam kulkasnya sudah dingin sesuai pengaturan termostat, lalu kalau memang ada kerusakan di fan motor nya itu sendiri atau fan blade (daun kipas) nya tertahan bunga es.

      Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

      Delete
  48. ass&salam kenal mas rudi.nama sy rizki.sy baru beli kulkas baru merk toshiba glacio 2 pintu,hari ke 1 sampai hari ke 3,kulkas bekerja normal,tapi setelah hari ke 4,bag frezer mendadak kurang dingin,yg menyebabkan produksi es jd tdk beku,dan bag bawah jd tdk dingin jg,mohon utk saran dan solusinya,terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas, Toshiba Glacio merupakan salah satu produk unggulan tetapi meskipun demikian bukan berarti bebas dari keluhan/komplain meskipun masih dalam kondisi baru, yang terjadi pada kulkas anda bisa saja cacat produksi atau terjadi kerusakan saat proses pengiriman, ambil contoh ada las atau pipa (dibagian belakang) pada sistem yang tersenggol lalu menjadi bocor sehingga freon nya berkurang dan kemungkinan besar bisa habis, menurunkan unit dari kendaraan secara sembrono atau kasar bisa saja membuat glass heater pecah sehingga membuat es pada evaporator ngeblok dan menutup saluran udara dingin menuju ruang freezer maupun ruang bawah ..... solusi bisa saya kemukakan tetapi hasil pemeriksaan yang akurat perlu juga saya dapatkan dulu dari anda supaya perbaikan bisa dilakukan dengan benar selain itu saya kira kulkas ini masih dalam masa garansi dan itu merupakan momen yang semestinya anda manfaatkan untuk merujuk keluhan anda ke service centre Thoshiba terdekat.

      terima kasih semoga membantu.

      Delete
  49. pada kasus banjir pembuangan buntu, penutup evaporator bentuknya seperti apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear penanya yth, sebagian besar kulkas masa kini evaporatornya ditempatkan di sisi belakang ruang freezer dengan penutup terbuat dari bahan plastik yang sama dengan dinding nya, penutup ini biasanya dikunci dengan beberapa buah baut atau ada juga yang hanya dikaitkan saja dan untuk membukanya memang agak sulit karena kita harus mencungkilnya terlebih dahulu, saran saya jika akan membuka penutup ini usahakan dengan hati-hati karena jika evaporatornya ngeblok es nya maka akan nempel dengan penutupnya ini dan akan rusak lapisan styrofoam nya jika dibuka secara paksa, demikian semoga membantu.

      Delete
  50. Mas saya mau ikut konsultasi nih, saya punya lemasi es merk polytron 2 pintu. Kasusnya kok cepat panas pada bagian pintu bawah sedangkan kotak penampung air dibelakang bagian bawah tidak pernah terisi air, serta bunga esnya tidak mau mencair sendiri sebelumnya pernah diganti timernya oleh layanan servis polytron, mohon saran dan solusinya terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Tarno skom yth, apabila sistem defrost (pencairan bunga es) kulkas sedang bermasalah maka saluran udara yang menuju ruang penyimpan bagian bawah (refrigerator) pada umumnya akan seperti itu karena disebabkan blokade es, jika blokade sudah parah (meluas) maka ruang bagian atas pun (freezer) akan mengalami hal yang sama, cara terbaik sebelum melakukan perbaikan adalah dengan mengosongkan dulu kulkas lalu mencairkan blokade es dengan air yang mengalir (pakai selang dari keran air) sampai benar-benar bersih hingga ke celah atau lorong-lorong tersembunyi, cara ini tidak akan membuat masalah baru selama dilakukan dengan benar, apabila proses sudah selesai pastikan kulkas dilap sampai kering terutama pada jaringan kabel dan komponen-komponen lain nya, periksa komponen yang berhubungan dengan defrost satu-persatu dengan teliti untuk menghindari penggantian yang salah sasaran, pada beberapa klien yang saya tangani masalah terjadi hanya karena saluran pembuangan yang tersumbat oleh kotoran-kotoran sisa makanan sehingga air tidak bisa ke luar ke penampungan.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Delete
  51. Salam kenal mas Rudi...
    Saya punya kulkas pintu kaca yg bermasalah, permasalahanya nggak mau dingin, setelah tak analisa bunyi kompresornya nggak mendengung kencang seperti biasanya, itu permasalahannya apa ya mohon penjelasanya. Dan bila kejadian yang sama terjadi pd kulkas freezer itu apa ya makasih tak tunggu jawabannya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Surya Gemilang yth, Salam kenal juga pak ... maaf bila jawaban saya agak telat, mengamati keterangan anda maka besar kemungkinan kompresor tidak mendapatkan beban atau terjadi kebocoran pada sistem sehingga zat pendingin nya atau freon tidak ada atau habis terbuang melalui kebocoran yang saya maksud, selain itu bisa saja ada kerusakan pada kompresor nya itu sendiri misalnya reed valve nya pecah sehingga tidak terjadi fungsi memompa/mensirkulasikan freon meskipun kompresor tetap hidup, demikian jawaban saya .... semoga bermanfaat.

      Delete
  52. Salam kenal Mas Rudi, saya punya Kulkas Toshiba Glacio 2 pintu. Seminggu setelah pindahan rumah, jadi tidak bisa beku, setelah saya bongkar ternyata bagian evapnya ngeblok Es. Saya curiga heater rusak/tidak bekerja.

    Lokasi heater ada dibawah evap, tidak bisa terjangkau tanpa melepas evap. Tapi Evapnya di paku rivert ke body kulkas (yg plastik). Mohon bagi pencerahan om gimana saya bisa periksa/ganti heaternya? Salam Hans

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anthony yth,
      Pengalaman saya tentang kulkas seperti milik anda rupanya masih kurang karena saya tidak pernah menemukan evaporator yang di rivets ke kedudukannya apalagi dinding bagian dalam kulkas masa kini memang berbahan plastik, kecuali rivets yang anda maksud sejenis kancing dari plastik yang perlu trik khusus untuk melepasnya, setelah pengunci evaporator ini terbuka lalu angkat secara hati-hati untuk menghindari pipa suction dan kapilernya patah, semoga membantu.

      Delete
  53. Dear Pak Rudy,

    Saya mau tanya donk...kalo kulkas saya merek sharp 1 pintu..pembantu saya kemarin ada membersihkan dibagian freezer, kemudian besoknya kulkasnya sama sekali ga dingin kemungkinan bagian frezer dicocok dengan pisau untuk mengambil es batu yang keras. untuk kondisi seperti ini apa yang rusak ya pak Rudy, kalo panggil tukang service biayanya berapa ya ? kalo diperbaiki sendiri bisa ga?

    Thank's mohon infonya

    Indri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Hindriyana yth,
      Sebelum membahas masalah teknis nya cobalah dahulu untuk memeriksa termostat kulkas tersebut .... apakah sudah dalam posisi yang benar karena barangkali diposisikan pada posisi mati/off (mentok ke kiri)... karena pada posisi ini kompresor akan mati walaupun lampu interiornya hidup.
      Jika hal diatas sudah pasti benar posisinya (putar ke kanan) dan kompresor terdengar hidup maka kemungkinan terbesarnya adalah eveporator nya tertusuk pisau namun ketika itu harus ada kebocoran yang ditandai oleh bau yang tidak enak dari dalam kulkas dan suara mendesis (seperti suara angin keluar dari ban yang bocor).
      Untuk harga termostat (jika rusak) dipasaran dijual dengan harga sekitar 40 ribuan (non original), sementara jika harus menambal evaporator yang bocor (pakai lecostick) plus isi freon minimal kena charge 150 ribuan dan 300 ribuan bila harus mengganti evaporatornya plus isi freon.
      harga-harga yang saya sampaikan akan lebih tinggi jika pekerjaan di tingkat lebih sulit dan anda harus merupakan seorang profesional dibidang ini dulu supaya bisa mengerjakannya sendiri.
      Demikian, semoga penjelasan saya bermanfaat.

      Delete
  54. Pak Rudi,
    Kulkas saya Toshiba Glacio 2 pintu. Seminggu setelah pindahan, kulkas jadi nggak bisa beku, bagian bawah gak dingin. Setelah saya periksa ternyata evapnya blocking es. Saya bersihkan sendiri, bisa dingin dan bikin es lagi.

    Seminggu kemudian kejadian berulang, gak bisa dingin lagi. Ternyata ngeblok es lagi evapnya.
    Kira-kira apa kerusakannya?

    Saya mau periksa heaternya, tapi posisinya nyempil dibawah evap, dan evapnya di paku rivert permanen ke body plastik kulkas. Gimana caranya membongkar heaternya?

    trims sebelumnya

    Handoko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Anthony yth, pertanyaan yang sama dari anda sudah saya balas di atas tetapi kalau evaporatornya memang di rivet anda bisa membuka nya dengan cara di bor dengan ukuran yang sesuai, saya harap berhati-hati menggunakan alat-alat seperti ini karena kalau tidak maka akibatnya bisa fatal, cobalah lakukan pemeriksaan sebelum membuka heater dari tempatnya menggunakan ohm meter, periksa juga termo fuse, timer dan pastikan saluran pembuangan air nya tidak mampet.

      Delete
  55. om mau tanya, saya punya kulkas polytron hot and cool, bagian freezernya bocor, apakah dilem aja sudah kuat, apa mending beli freezer atau evaporatornya, kira2 kalo beli harganya berapa dan beli dimana?
    posisi saya di gresik, trims atas jawabannya


    okky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Oky yth, kebanyakan evaporator yang bocor bisa dilem tanpa harus menggantinya asalkan lubang kebocorannya kecil, di toko penjual sparepart kulkas di Bandung evaporator ini dijual dikisaran harga Rp.150 ribuan.

      Delete
  56. pa Rudi alamat email nya apa,mau nanya pulsator mesin cuci Denpoo 2 tabung (manual).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mas Irfan1, silahkan pos kan pertanyaan anda di kolom komentar ini atau anda bisa mengirim email ke rudihalims@gmail.com , terima kasih.

      Delete
  57. min, mau tanya. Kulkas saya LG 1 pintu, kemarin habis saya bersihkan, dan nyalain defrost biar bunga es'ny hilang. Stelanh itu saya nyalakan lagi.Τ̣̣̥αρɪ̣̝̇ sudah 2 hari tidak dingin , es batuny cair semua deh, sudah saya cek pintuny beres, kipasnya nyala, sperti bunyi air mengalir gtu.kenapa ya ? Solusinya ? Sblm'ny makasih master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara seperti air mengalir itu adalah refrigeran yang tercampur oli kompresor yang masuk ke evaporator secara berlebihan, bukan cara anda yang salah dalam membersihkan bunga es nya tetapi banyak hal yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi pada sistem nya, solusi nya hanya bisa dilakukan oleh teknisi berpengalaman saja.
      semoga bermanfaat.

      Delete
  58. saya mau bertanya... barang baru lum tentu jos gandos...saya beli lemari es showcase..sampai dirumah tak mau dingin setelah ak on sampai 3jam,,,teknisi datang ,katanya compresor tak mau ngangkat...katanta saya pake kabel serabut,listrik tak konstan...saya ganti kabel 3x1,5 nym standart internal...sama juga tak mau dingin....apa sih mslh utamanya...capek dechh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bp.Sulistianto yth ... ukuran kabel memang berperan penting untuk menunjang tegangan listrik yang konstan , pakailah kabel dengan kualitas standar PLN, jangan gunakan kabel misalnya untuk keperluan audio digunakan untuk ini walaupun sering saya temukan masalah terjadi justru dari pasokan listrik PLN nya sendiri yang tidak stabil dan ngedrop saat beban terpasang, gunakan volt meter untuk melihat kestabilan tegangan tepat pada 220V saat kulkas dihubungkan ke stop kontak listrik, jika ada indikasi turun dibawah 200V maka diyakini kompresor kulkas tidak akan atau sulit hidup.
      semoga bermanfaat.

      Delete
  59. MOHON INFORMASI, SAYA BINGUNG MEMILIH DUA JENIS MERK KULKAS, DUA PINTU, YANG SATU MERK YG SUDAH TERKENAL PRODUK JEPANG S*R* HARGA 2,449JT PAKAI COMPRESOR GARANSI 5 TAHUN,tapi ternyata bagian dalam pakai bahan plastik yg kayaknya mudah ringsek, raknya dari plastik kayaknya mudah melengkung, MERK LAIN PRODUK KOREA S*M* yagg bagian dalam kayaknya lebih kuat, rak dari glass yang lebih kuat nahan beban, compresornya DIGITAL INVETER 100w garansi 10 tahun yg katanya lebih hemat tapi kalau udah rusak biaya service katanya lebih mahal?!?,KAPASITAS HAMPIR SAMA, HARGA lebih mahal 200rb. MOHON PENCERAHAN KRITERIA APA YANG MENJADI PERTIMBANGAN UTAMA???yang saya inginkan produk yang awet dan tidak sering bermasalah..krn stress kalo ntar sering service barang yang belinya mahal.TERIMA KASIH BANYAK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear ibu Yhusi yth, menurut analisa saya kedua kulkas yang ibu banding kan itu tidak berimbang atau beda kelas, untuk merk pertama sepertinya itu kulkas kelas low end sedangkan merk kedua merupakan kelas mid end dengan teknologi kelas hi end.
      Untuk merk pertama dengan nama yang sudah sangat besar tentu tidak masalah menjual produk kelas bawah dengan teknologi usang namun membanderol produknya dengan harga hampir sama dengan kompetitornya yang mengobral teknologi terbaru dan kualitas lumayan bagus.
      Untuk teknologi kulkas lama sangat lumrah pabrikan memberi garansi kompresor hingga sampai 5 tahunan, sedangkan untuk kulkas dengan teknologi kompresor baru (inverter) yang terjamin lebih tahan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil, perlu ibu ketahui bahwa sebagian besar kerusakan kompresor konvensional itu dikarenakan tegangan listrik yang naik/turun dan dengan hadirnya teknologi inverter pada kulkas atau AC masa kini dapat menjamin daya tahan lebih lama dan konsumsi daya yang lebih rendah (irit listrik) ..... nah sekarang saya serahkan kembali kepada anda, untuk memilih salah satu yang cocok menurut anda, semoga tanggapan saya bermanfaat dan tidak terkesan memihak siapapun..

      Delete
  60. terima kasih pak, blognya penuh berkah dan banyak membantu...keep up the good work:)

    ReplyDelete
  61. Malem Oom... mohon pencerahan saya punya Freezer tidak mau start, stelah sy cek pake Avometer ternyata arus dari Thermostat tidak masuk ke Capasitor dan sy coba arus langsung ke Capasitor ternyata Freezer bisa On, analisa saya Thermostat rusak betulkah demikian? apa efek jika arus dilangsungkan? (tidak melalui thermostat)
    Maturnuwun
    Lilieg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Lilieq yth, Termostat adalah alat pengatur suhu ... Suhu akan bisa kita stel sesuai kebutuhan tetapi apabila kita jalankan Freezer tanpa Termostat akan mengakibatkan Unit terlalu dingin dan kompresor akan bekerja tanpa henti ... dikhawatirkan kompresor akan cepat rusak oleh karena itu gantilah Termostat dengan yang baru.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  62. tanya dong mas...kulkas sy merk sharp 2 pintu...1) bisa buat es ttp u eskrim tdk beku total...2).pembuangan air nya banyak / penuh dlm 3-4 hr...3) trus bagian bwh tdk dingin.. 4) ada hembusan angin dingin antara pintu atas dg bwh.. .apa solusi nya??agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Agus yth, berdasarkan keterangan anda maka saya simpulkan bahwa kemungkinan pintu kulkas anda sudah tidak menutup dengan rapat sehingga udara dari luar kulkas yang lembab (mengandung banyak air) terbawa masuk dan bersirkulasi di dalam, hal ini membuat evaporator berbunga es lebih cepat dan tebal, hal ini lah yang membuat titik beku berkurang dan banyak air di pembuangan hasil dari proses defrost, silahkan perbaiki hal yang telah saya sebutkan diatas.

      Delete
  63. Waduh...maturnuwun sarannya tapi kemaren saya coba ketok2 aja termostatnya..eh.. hidup lagi...jadi batal deh belinya
    Oh iya bang klo lampu kulkas cepet putus knapa ya....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas lampu mempengaruhi umur pakai, coba anda pakai lampu kulkas yang anda beli di Service Centre nya.

      Delete
  64. bisa jadi Om.. kwalitas lampu kurang bagus....klo boleh saran merk apa ya.. yg bagus di toko yg beredar....karena klo ke Service center masak iya sih lampu aja ke service center

    ReplyDelete
  65. Oom Rudi menyambung masalah lampu kulkas yg mudah mati selain kwalitas lampu ada kemungkinan laen kah? mungkin secara teknis, ada yg konslet atao apa?
    Kondisi Kulkas secara umum sehat wal afiat dingin normal tak kurang suatu apapa pun....
    demikian mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Lilieg, lampu atau bohlam kulkas cepat putus filamen nya bisa terjadi dari beberapa hal, diantaranya adalah kualitas lampu nya itu sendiri, pemasangan pada dudukannya yang kurang kuat (longgar), tegangan (voltase) terlalu tinggi, sering kena benturan/goyang disaat sedang menyala, untuk menghindari hal pertama (kualitas yang kurang baik) maka akan lebih terjamin apabila lampu dibeli ditempat penjualan/servis resmi meskipun biasanya harga lebih mahal.

      Delete
    2. Ok tks berat Om..Advis nya kmaren sy beli lampu serupa tp laen merk...belum dipasang nanti kita tunggu hasilnya....
      maturnuwun

      Delete
  66. om rudi frezer tidak cepat beku dan bagian bawahnya tidak dingin itu kenapa ya mas....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear d12n, mohon dilengkapi keterangannya dulu seperti 1 pintu atau 2 pintu lalu langkah apa yang telah anda lakukan. terima kasih.

      Delete
  67. pak rudi kulkas saya 1pintu dan baru 1mingggu kalau buat es batu 2 Aja gk ketulungan lamanya saya panggil teknisi pabrikannya katanya mormal tapi kok pada dinnding sisi kanan freezer tidak ada sama sekali bunga es sedangkan sisi lainnya sudah byk bunga esnya mohon solusinya pk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Hardy yth, berdasarkan keterangan anda maka ada kemungkinan kulkas anda memang bekerja dengan tidak normal, saya yakin anda dan teknisi resmi yang telah memeriksa kulkas anda sudah melakukan settingan yang sesuai namun karena kulkas memerlukan penanganan yang lebih dari sekedar setelan maka tidak membuahkan hasil, mungkin ada sesuatu yang tidak beres pada kompresor atau ada bocor pada sistem yang menjadikan freon terbuang dan menjadikan daya pendinginannya berkurang. komplain ke penjual dan produsennya langsung lebih baik untuk anda daripada harus keluar biaya yang mungkin malah lebih besar dan membuat garansinya hangus.

      Delete
  68. saya telah hubungi pihak toshiba katanya kulkas glacio yg saya beli kerjanta sepertu gitu dan pada freezer bunga es hanya menge lilingi sisi atas kiri dan bawah sepeeti huruf c saya benar kecewadengan toshiba apa benar pada freeze r bunga es hanya menghelilingi sebagian saja terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah memberikan keterangan untuk melengkapi keluhan anda sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa model penampang freezer/Evaporator yaitu model datar/baki, letter L, letter U, letter C dan kotak, yang paling bagus tentu model kotak, produsen tentu punya pertimbangan sendiri2 terkait model yang mereka buat dan termasuk toshiba pun tentu mengeluarkan produk dengan freezer kotak tersebut.
      pertimbangan yang saya maksud adalah dari segi ukuran/kapasitas kulkas nya dan watt/konsumsi listrik, untuk kulkas seperti kulkas kamar yang berdaya hanya sekitar 40 watt pada umumnya cukup diberi penampang/evaporator model L, kemudian untuk ukuran lebih besar sedikit evaporatornya memakai model U atau C (seperti punya anda) dan evaporator model kotak untuk kulkas 1 pintu ukuran besar dengan listrik sekitar 80-100 watt.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Delete
  69. Salam kenal,Pak Rudi... Kulkas saya mempunyai masalah yang sama. Freezernya penuh bekuan es, tetapi ruang di bawahnya tidak dingin. Karet pintunya memang sudah copot, dan saya perhatikan tempat menyangkutkan karet pintunya juga sudah retak-retak (tempat untuk menyangkutkan karet menjadi satu dengan interior pintu). Bagaimana cara mengakalinya ya? Apakah kita bisa beli interior pintu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ibu Katherine yth, masalah yang terjadi pada kulkas anda bisa diperbaiki dengan cara di tambal pakai plat besi atau plat stainless supaya tidak berkarat, hal ini di ilhami kulkas-kulkas kapasitas besar produk amerika yang menggunakan bahan plat besi galvanis untuk menjepit karet pintu kulkas nya, selain itu bisa juga menggunakan bahan fiber glass yang dibentuk mengikuti bentuk sebelumnya yang telah pecah tersebut namun tentu tidak semua teknisi mampu menangani hal seperti tadi.
      Pernah saya coba untuk membeli cover bagian dalam pintu kulkas untuk merk lain ke service centre nya namun ditegaskan kalau part demikian tidak disediakan walaupun bisa diganti tetapi memakai barang bekas copotan kulkas lain yang sejenis.
      Demikian Ibu Khaterina, semoga bermanfaat.

      Delete
  70. pak saya mau tanya,
    kulkas saya satu pintu toshiba glacio xd7 ukuran tanggung, di bagian freezer kenapa sisi sebelah kiri dan paling belakan tidak dingin ya?

    padahal di sisi atas, kanan, bawah, semua dingin

    skalian bila manggil tukang servis seandainya, apa yang harus saya bilang agar tidak termakan buaian nakal tukang service. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak @nikokah yth, kulkas anda menganut sistem direct coling dengan model evaporator yang tidak rounding jadi memang tidak bisa lebih seperti keinginan anda, meskipun demikian suhu ideal untuk penyimpanan makanan tetap bisa terpenuhi, tidak akan bisa dilakukan settingan lebih jauh walaupun misalnya kita setel termostat pada posisi paling dingin sekalipun dan ini malah akan membuat bunga es yang ada di freezer menjadi sangat tebal dan menggangu.
      Tidak perlu memanggil tukang service atau teknisi dan yakinlah bahwa kulkas anda baik-baik saja karena memang sebegitulah kemampuan nya.
      Demikian pak @nikokah, semoga bermanfaat.

      Delete
    2. terimakasih pak rudi atas bantuannya. saya jadi lega membacanya, saya kira ada yang salah pada kulkas saya. saya juga ingin minta saran pak, di frizer ada 1.warm 2.normal 3.cold 4.max, menurut pak rudi, sebaiknya yang manakah yang saya gunakan?

      biasa dipakai menyimpan buah, kue, ice cream

      Delete
    3. Baik pak @nikokah, langkah terbaik untuk menentukan settingan yang pas itu menurut selera anda, sebagai langkah awal silahkan posisikan pengatur suhu pada posisi "Normal", setelah berjalan beberapa hari dengan isi didalam kulkas yang wajar (tidak terlalu penuh) maka disaat itulah settingan sesungguhnya bisa anda lakukan untuk menaikan suhu atau menurunkannya, tempatkan setiap jenis makanan pada bagian nya masing2 dan sedikit tips buat anda yaitu usahakan untuk membungkus/memberi wadah berpenutup pada setiap makanan yang anda simpan supaya rasa dan aroma setiap makanan tetap terjaga.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Delete
    4. oiya pak, ini kan kulkasnya beda seperti kulkas dua pintu atau satu pintu yang menggunakan selang dibelakang sebagai aliran air turun kalau cair, nah otomatis logikannya bau yang di kulkas ada bau yang khas. teman saya pernah bilang pakau air purifer dari ace hadwere seharga 99 atau kalau kemahalan pakai 'bagus kulkas' atau semacamnya, apakah itu berpengaruh pada udara dalam kulkas?

      Delete
    5. Ada atau tidak ada saluran pembuangan di kulkas tidak mempengaruhi bau, untuk menertalkan bau pada kulkas2 dengan fitur lebih lengkap maka oleh produsen ditambahkan deodorizer yang serupa dengan air purifier, "bagus kulkas" dll tetapi jenis ini ada masa jenuh/kadaluarsanya kecuali deodorizer dengan tipe elektrik namun belum ada dijual terpisah, trik lain untuk menetralkan bau bisa dengan menaruh kopi bubuk atau potongan buah nanas pada wadah terbuka.
      Demikian pak, semoga bermanfaat.

      Delete
  71. Salam Pak Rudi,saya punya kulkas 2 pintu sedang bermasalah.pintu sisi kiri ada blok es. saya atur tempraturnya hingga off . blok es akan cair. kemudian akan saya on kan kembali. beberapa hari kemudian blok es lagi . hingga berulang kali. sampai akhirnya saya cabut kabel listriknya dari stopkontak..beberapa jam kemudian saya colok kabel listriknya. tapi tidak dingin dan tidak ada bunga es kembali .saklar tempratur kondisi normal. solusinya apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear ibu Indriyani iin yth, sepertinya kulkas anda sedang mengalami kerusakan pada sistem defrost nya (pencairan bunga es), secara normal bunga es tidak akan pernah terjadi didalam ruang kulkas seperti yang anda punya dan ini bisa menjadi suatu indikasi bahwa kulkas anda sudah waktunya diservis atau memang ada suatu komponen yang rusak, perbaikan oleh teknisi yang baik tidak akan memakan waktu lama untuk menemukan sumber masalah terkait apakah memang ada yang rusak atau cukup membersihkan saluran buang air sisa proses defrost dan remah makanan, saluran pembuangan air yang kecil perlu pemeliharaan supaya air tetap lancar karena kalau mampet akan menjadi masalah karena air yang tidak keluar akan menjadi es yang terus menjadi tebal hingga mengganggu kinerja kulkas secara keseluruhan.
      Demikian, semiga bermanfaat.

      Delete
  72. mas mau nanya kulkas ku merek p*l*t*o* 2 pintu ,gak ada bunga es ...tapi setelah kurang lebih1 thn frezer keluar bunga es jadi bagian bawah jadi gak dingin.kalo abis di bersihin bunga es bisa tapi setelah 4-5 hari jadi gak dingin, udah ganti timer sama aja...kira2 apa yang rusak mehon pencerahan ..makasih sebelum nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Choirul anam yth, bunga es yang tibul di dalam freezer kulkas polytron anda kemungkinan besar terjadi karena ada blocking es pada evaporator, blocking ini terus meluas sampai menutup lubang sirkulasi udara dingin yang menuju ke bawah dan sebaliknya, bukalah penutup evaporatornya dan disitu akan anda temukan heater, termodefrost dan thermo fuse yang mungkin salahsatu dari ketiga komponen inilah yang sebenarnya rusak, apabila telah selesai mengganti komponen yang rusak tadi maka bersihkanlah blocking es nya memakai air hangat sampai benar-benar bersih hingga ke setiap sudut dan saluran udara nya.
      demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  73. Mas, evaporator kulkas toshiba saya tertusuk benda lancip ∂άn berlubang ttpi tidk kluar bau ∂άn desisan. Ttpi bunga esnya mencair.
    Apakah bisa di perbaiki mas?
    Berapa kira2 jasa perbaikanny?
    Atau perlukah diganti?
    Jika diganti brp hrgany?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mas Agung Prabowo yth, maaf tetapi memang agak aneh jikalau memang benar evaporator kulkas anda berlubang karena tertusuk tetapi tidak ada suatu tanda yang menandakan gas freon keluar melalui lubang tersebut atau mungkin memang tidak tembus walau terlihat ada bekas tertusuk dimaksud tadi, apabila masih bisa ditambal dan dilakukan isi ulang freon nya minimal anda akan perlu biaya sekurang-kurang nya Rp.200.000,- an untuk layanan jasa perbaikan dari seorang teknisi yang baik dan apabila evaporator nya dinyatakan harus diganti tentu anda harus menambah biaya pembelian evaporator tersebut sesuai ukuran/tipe kulkasnya.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  74. Pak Rudi yth,

    Mohon pencerahan kulkas saya 2 pintu no frost non cfc, merk gl@ci0 tidak ada semburan hawa dingin di atas atau dibawah dalam kulkas malahan yang ada angin aja dari kipas, ptc relay dan timer sudah saya ganti baru sama persis dengan yang aslinya, ukuran dari tang ampere 0,6 hasilnya bila on, kalau saya pegang pipa pipa kapiler yg dekat kompresor dingin sekali kayak es membeku setelah 1 jam, kira kira apanya ya pak kok ga bisa dingin didalam kulkasnya ?

    Terima kasih sebelumnya, Salam Abrar Tangerang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Abrar yth ... Bila benar pipa kapiler nya (diameternya kecil sekitar 2 mm, seperti kawat) yang terasa dingin itu menandakan sistem mengalami sirkulasi freon yang tidak lancar atau tersumbat namun bisa juga dari kompresor nya, lain halnya jika yang terasa dingin itu pipa yang lebih besar (kira-kira 6-8 mm), hal ini menendakan sirkulasi berjalan baik namun terjadi bloking es, penyebabnya banyak dan sepertinya anda salah analisa karena didalam dekat evaporator masih ada komponen2 lain seperti thermodefrost, heater dan lainnya, saran saya bersihkan/cairkan dulu es yang ngeblok di evaporator nya sampai benar2 hilang dan setelah itu periksa tiap2 komponen dengan teliti untuk menemukan sumber masalah nya.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  75. Salam-kenal pk Rudi....
    Kebetulan saya seorang teknisi-elektronika.Tapi termasuk masih baru dalam hal mesin pendingin.Saat ini,saya menemukan problem
    "cest freezer" tidak dingin.dan setelah saya telusuri,ternyata thermostat,tidak bekerja.yang jadi masalah,ternyata sensor thermostat jenis ini,di tanam masuk dari kolong box-freezer.
    mohon petunjuk,cara meng-akali-nya pk?,atau barangkali di modifikasi sajahkah,menggunakan thermostat-digital......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear sobat bkelektrik yth, Coba anda tarik perlahan-lahan sensor termostat tersebut karena biasanya sensor ini bisa dilepas dan hanya masuk beberapa puluh sentimeter ke dalam lubang plastik yang tertanam di freezer tersebut.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  76. sudah coba se kuat tenaga pk.cuman belum sampe tingkat paksa.
    sy takut kenapa2,kalau di paksa.
    o y,maaf kalau di bandung,spart kulkas yg lengkap dimana y,pk?
    sy biasa di antartika/iglo...tpi sering gk ada barang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear bkelektrik, semprotkan dulu cairan penetran (WD) supaya kotoran dan sealer nya sedikit melunak.
      Mengenai penjual sparepart saya kira tidak ada yang paling komplit karena masing2 punya stok barang yang di tempat lain belum tentu ada, seperti Igloo yang kini mulai jarang stok barang nya namun rata2 jualannya barang2 berkualitas .... anda bisa coba kunjungi yang ini juga (lebih murah namun kebanyakan barang KW) :
      - Fajar Indah teknik di Jl.Leuwipanjang no.124.
      - Sankyo di Jl jamika dan Jl. Kiaracondong.(nomornya lupa).
      Demikian semoga bermanfaat.

      Delete
  77. Wuaduuu....Terima-kasih-banyak,ne pk...sangat ber manfaat,bantuannya.
    mudah2an,makin di lapangkan,di mudah kan,makin berkah,segala urusan.....amien...

    ReplyDelete
  78. pak mw tanya, letak pembuangan air pada bagian freezer disebelah mana ya..?? kulkasnya no-frost, masalahnya sistem pembuangan air buntu..
    sudah saya coba cari di bawah evap-nya kog belum ktemu ya...
    makasih atas bantuan penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mas Agus yth, lubang pembuangan pada umumnya ada ditengah atau sebelah kiri, jika es ngeblok terlalu luas memang seperti itu kejadiannya yaitu lubang pembuangan pun tertutup es, supaya lebih mudah mencairkan es dilubang tersebut maka gunakan air yang menyemprot melalui selang akuarium langsung mengarah ke lubang yang mampet oleh kotoran dan es, selamat mencoba dan sukses :) .

      Delete
    2. pak lubangnya kemarin sya cari udah ketemu dan udah lancar lagi..
      tpi barusan kulkas nya kog bocor ke depan lgi ya, esnya ngeblok ga mw cair pdahal udah sya cba ganti timer 2x + ganti thermo defrosnya 1x..?
      lalu sya msti cek apalgi ya..? heater nya waktu keja sya ukur 0.5A, bener ga ya..? mohon bantuan penjelasan nya. makasih banyak pak..

      Delete
    3. Maaf balik tanya dulu :
      kulkas merk apa ?
      Timer nya model apa ? jika timer sankyo kecil harus diperhatikan warna dasar stickernya, kalau timer awal warna abu-abu jangan diganti dengan warna biru muda karena cara kerjanya tidak sama begitu juga sebaliknya.
      jika kulkas anda merk mitsubishi harap diperhatikan bahwa heaternya hanya 156 volt jadi jika dipasang heater 220volt akan menjadi kurang panas.
      silahkan spesifikasi kulkas nya dilengkapi supaya jawabannya bisa lebih akurat.

      Delete
  79. mkasi pak, kulkasnya merk uchida no frost..
    iya pak aku sampe ganti timer 2x sankyo kecil, cuman warna nya ga ada diganti angka pak 1234 gtu..
    trus kemarin aku cba lgi ganti termostat pengatur suhunya aku stel kecil, ternyata tdi masih tetep ngeblog es..
    bisa minta spesifikasi heater nya, letaknya sama berapa besar nilai ohm nya pak.??
    makasih banyak atas penjelasannya dan bantuan nya, meski belum selesai tpi sangat membantu, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. penjelasan tanpa gambar memang sulit, nanti akan saya buatkan artikel mengenai perbedaan cara kerja masing2 timer kulkas ini, heater yang biasa dipakai kulkas uchida adalah heater kaca, untuk tes bisa dikasih tegangan listrik langsung 220V, periksa juga termo fuse nya siapa tahu putus.

      Delete
  80. Pak, kulkas sy Toshiba glacio xd7, baru dibeli 3 hr yg lalu. Anehnya kulkas terlalu dingin bagian bawah, sampai wortel yg sy taruh di rak atas tempat crisper jadi ber-es. Suhu udah sy steel paling kecil, diangka 1. Mohon bantuannya pak, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear ibu Youyu He yth, Saya belum mengetahui spesifikasi kulkas anda secara rinci tetapi pada umumnya pengatur suhu ada dua yang antara lain satu diatas dan satu lagi di bawah, coba yang atas anda setel pada posisi normal dahulu lalu kemudian yang bawah anda setel pada posisi paling kecil,
      Demikian bu semoga bermanfaat.

      Delete
  81. oya pak, mksi bantuannya sya tunggu artikelnya ya...
    oya, kemarin saya cek lgi kulkas nya ternyata sekarang yang ngemblok es kog malah di baling2 nya ya.. evap mlah tidak ngemblok es..
    kira2 gmn ya pak...?
    mkasih
    ( maaf sya terlalu banyak bertanya ya )
    besar pahala di surga buat bapak atas segala bantuan nya,, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fan evaporator harus dijaga jangan sampai putarannya seret supaya putarannya lancar dan anginnya menjadi kencang, lumasi porosnya dengan oli kompresor.
      silahkan, tetap semangat.

      Delete
  82. apa penyebab kulkas 2 pintu merk sharp tidak dingin di bagian bawah sedangkan blowernya berfungsi normal dan dingin nya maximal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Aliyah Ferry yth, kemungkinan air duct kulkas anda yang menuju ke bawah terblokir air yang membeku (es) dikarenakan saluran pembuangannya mampet atau ada komponen yang rusak.
      Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

      Delete
  83. pak rudi,,, sya mau ngucapkan banyak terima kasih atas bantuan informasinya. kulkasnya udah bisa bekerja normal kembali, kemarin sya cba lagi ganti timer untuk ketiga kalinya tpi dengan type yang berbeda, 2 timer yang pertama 7h,15m kemudian sya cba cari2 lagi dapet yang 6h,15m ternyata stelah sya pasang langsung ok. mkasi pak. makin sukses ya...

    ReplyDelete
  84. salam kenal pak rudi,,
    kulkas sy Sanyo slim beauty 1 pintu ada semi auto defrost system, bbrp bln ini bunga es cepat sekali menebal di frezzer dr pertama beli sampai sekarang setelan temperatur diangka 1..
    kira2 penyebabnya apa tu pak & gimana cara mengatasinya.???
    mohon pencerahannya,,,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Anton yth,
      jawaban untuk keluhan anda sudah pernah saya bahas di sini : http://bengkelmania.blogspot.com/2009/02/problem-pintu-kulkas-ada-beberapa.html
      secara garis besar adalah adanya kelembaban yang tinggi yang berasal dari udara luar yang masuk (karet pintu bocor) selain itu juga berasal dari makanan yang basah, basah dan kelembaban ini akan terhisap oleh evaporator yang ahirnya membuat bunga es lebih cepat tebal.

      Delete
    2. terima kasih sekali pak Rudi atas jawabannya, sy mmg curiga sm karet pintunya, soalnya sy pernah liat pd bagian atas pintu keluar embun.
      kira" kalo untuk karet pintu kisaran harga sampai brp pak???

      Delete
    3. Untuk karet kulkas 1 pintu ukuran sedang merk lain terakhir saya dapat dibanderol Rp.180.000.00 di pusat servis resmi nya.
      tetapi saya sarankan anda periksa engsel nya karena mungkin hanya perlu penyetelan saja lalu panel pintu bagian bawahnya mungkin pecah atau cukup ditambah ring pengganjal nya apabila sudah aus.

      Delete
  85. slmat malam pak. kulkas saya merek sanyo satu pintu. suhu seluruh bagian kulkas jadi suhu freezer semua. padahal pengatur suhu sudah distel paling kecil. apanya yg rusak dan berapa biayanya kalau panggil tukang servis? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear sobat Blogger yth,
      apabila suhu di dalam kulkas anda sudah tidak terkendali lagi berarti pengatur suhunya (termostat) sudah waktunya diganti, anda bisa mengganti dengan termostat baru yang sejenis (original) maupun beli termostat universal yang banyak dijual dipasaran.

      Delete
  86. Selamat Sore,
    Salam kenal buat admin, bagus sekali ada forum seperti ini, pembaca ada keluhan, admin memberi masukan,,
    Begitu juga saya, mohon masukan dari admin,
    4 hari yang lalu kulkas saya terendam air banjir, merk kulkasnya, Sharp samurai 2 pintu, terendam sekitar 30cm,
    selang 2 hari setelah terendam, keluar embun di dinding2 dan pintu kulkas, paginya kulkas hanya menyala dan tidak dingin lagi,,,
    mohon masukannya, apa yang terjadi dengan kulkas saya, dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih dan keep posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Nanang yth,
      Setelah kulkas mengalami kebanjiran hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkannya, bersihkan dengan air bersih tidak apa-apa lalu cobalah untuk menjemurnya dibawah sinar matahari langsung terutama untuk bagian belakang nya, jangan terlalu lama menjemurnya apalagi bila sinar mataharinya benar-benar terik, gunakan hairdryer untuk mengeringkan relay dan OLP pada kompresor nya karena komponen inilah yang biasanya bermasalah jika terkena banjir dan bila perlu relay ini diganti saja, demikian penjelasan saya.

      Delete
  87. Pagi mas Rudi, kemaren kulkas bekas yang saya beli terpaksa saya posisikan tidur karena ketidaktahuan saya, kemaren kira-kira dalam 0.5 jam, langsung saya test nyalakan, sementara masih aman, ciri-cirinya kalau kulkas masalah karena perlakuan setelah ditidurkan apa ya mas?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Arif yth,
      Tidak selalu kulkas yang diposisikan horizontal akan mengalami masalah pada sistem sirkulasi freon nya kecuali apabila sedang apes, ciri-ciri rusak karena salah posisi ini diantaranya adalah bodi bagian luar kulkas tidak ada yang terasa hangat walaupun kompresor hidup dan didalam kulkas terdengar seperti ada gemericik air.

      Delete
  88. salama kenal pak,
    sy punya kulkas 1 pintu merk LG.. tiap naruh ikan pasti area skitar diluar kulkas jd bau.. stelah sy cek, trnyata air pembuangan kulkas itu keluarny ga lancar, hanya sdikit tp pekat.. ditambah panas dr termostat (ntah itu kah namanya,hehe) yg ada dibawah penampungan airnya, bikin baunya smakin menyengat.. itu knapa ya pak? apa saluran pembuangannya yg buntu ato gimana? trus solusinya spt apa?
    fyi.. dibagian dalam ga ada masalah sama dinginnya, sering dibersihin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Wahyu Setiawan yth,
      Sebelum ikan disimpan di freezer sebaiknya dibungkus plastik atau wadah supaya bau ikan nya tidak tercampur dengan yang lain, air buangan kulkas anda yang terbuang ke penampungan yang ada dibelakang kulkas atau lebih tepatnya diatas kompresor sebenarnya akan menguap oleh efek panas dari kompresor namun apabila air tersebut bercampur sisa berbagai bahan makanan maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga harus sering dibersihkan/dicuci wadah penampungan air tersebut, saya kira memang tidak ada masalah dengan kulkas anda, itu normal hanya memang perlu lebih diperhatikan cara penyimpanan bahan makanan dan perawatan ke kulkas nya saja.

      Delete
  89. mau tanya kalo transducer/sensor yang digunakan pada kulkas otomatis namanya apa yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ria Putri yth, sensor suhu yang digunakan nya dinamakan termistor, bentuk fisik nya bisa anda lihat di artikel ini :
      http://bengkelmania.blogspot.com/2013/11/termistor-ac-rusak-atau-tidak.html

      Delete
  90. permisi gan.saya mau tanya
    saya kan baru beli kulkas 2pintu merk sharp
    trus listrik dirumah saya cuman 450watt
    pada waktu saya hidupkan mesin jalan lancar tapi frezer ada bunga esnya
    dan yang bawah tidak dingin
    apakah ada hubunganya dengan listrik dirumah saya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Rustam Efendi yth,
      Kemungkinan penyebabnya bukan dari daya listriknya yang hanya 450watt.
      coba anda setel pengatur suhu untuk bagian bawah nya ke tingkat yang lebih dingin jika tetap tidak dingin juga berarti ada sesuatu yang tidak normal/rusak karena mungkin cara kirim/transportasi yang kurang hati2, anda bisa klaim garansi ke toko atau service centre nya

      Delete
  91. Bapak yg baik
    Saya punya kulkas 2 pintu merk Mitsubishi type Mr 227W
    Kata bapak service Modul elektronik pengatur suhu rusak. G dijual dipasar, karena jika ada pun harganya mahal sekali.
    Bisakah Modul tsb dirakit secara Manual dan butuh biaya brp untuk beli alat2nya. Bisakah saya rakit sendiri.
    Mksh. Zaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Zaki
      apabila memang PCB/Modul elektronik kulkasnya yang rusak dan sudah yakin tidak bisa diperbaiki lagi maka alternatif perbaikannya yaitu dengan mengganti sistem pengaturan digital nya dengan sistem analog, bahan2 yang diperlukannya yaitu :
      - Timer Sankyo tipe TMDE 706 SC atau persamaannya
      - Termostat yang biasa untuk Freezer (-30oC)
      - Termodefrost berikut termofuse nya
      bahan2 diatas biasanya saya beli sekitar Rp.120 ribuan, meskipun masih ada harga yang lebih murah lagi.
      Pemasangan nya harus benar2 cermat, sebaiknya lihat dulu skema/diagram nya dari kulkas lain,
      demikian penjelasan saya, apabila kurang jelas mungkin akan saya buat post mengenai cara memodifikasi kulkas ini nantinya.

      Delete
  92. kulkas toshiba glacio saya sejak 5 hari lalu menunjukkan gejala bagian bawah tidak dingin sedangkan freezernya masih bekeja.
    yg jelas angin dari atas masih mengalir ke bawah , hanya saya tidak tahu apakah normal ato tidak, kurang kencang anginnya, ato kurang dingin ntahlah, saya kurang perhatiin sebelumnya. yang jelas semut masih hidup didalam kulkas, padahal sebelumnya semut pasti tewas klo didalam.
    di gambar kulkas ada tulisan klo pengatur suhu ada dibawah sedang yang didalam freezer adalh air flow.
    saya buka bagian pengatur suhu , ntah namanya termostat? bagaimana cara mengecek nya? ada 4 kaki,; yang tersambung hanya 2 kaki,; saya cuma punya multimeter, saya cek 2 kaki yang terpakai, tapi kok ke 2 kaki itu sepertinya konslet terus, dengan pengukuran x1 ohm. saya putar2 tetap aja seperti konslet.
    saya pikir cara mengukur nya seperti mengukur potensiometer, klo diputar2 maka resistansinya berubah2
    terus untuk bagian atas bagaimana membukanya??? saya lihat tidak ada murbaut diatas ??? dicongkel kok susah
    saya sudah mematikan kulkas selama 3 hari dengan pikiran kalo benar gara2 beku mungkin dimatiin dulu beberapa hari biar cair. tapi ini saya nyalakan masih kurang dingin yang dibawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Andx.andx .......
      Kulkas Toshiba Glacio milik anda pengatur suhu (termostat) nya memang ada di ruang bagian bawah sementara pada bagian atas hanya seperti jendela yang bisa membesarkan dan mengecilkan aliran udara dingin saja, Termostat kulkas ini tidak bisa off seperti kulkas 1 pintu dan cara kerjanya tidak seperti potensio yang resistansi nya bisa berubah-ubah sesuai pengaturan putaran, termostat hanya akan off bila air raksa didalam nya bereaksi (mengkerut) terkena hawa dingin pada rata2 10 derajat sampai -30 derajat celsius sesuai pengaturan.
      - Untuk membuka tutup bagian atas anda harus mencungkil pengaitnya sambil ditarik keluar.

      Delete
  93. pk mau tanya nie,
    sya bru bli feezer sanyo yg 6 rak, tpi kok 5 mnit mati 5 menit lgi nyala, gitu terus, apa kulksny ber maslh / emng cra kerja feezer sony kyak gtu, thanks
    minta pencerahanya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Fahri ...
      Sepertinya freezer anda tidak hidup dengan semestinya, freezer akan terus hidup sampai suhu didalamnya sesuai dengan pengaturan di termostat nya, saya duga tegangan listrik yang terpakai oleh freezer itu kurang sangat jauh dari 220V sehingga kompresor nya hanya terus berupaya start namun kembali mati (listrik di off kan oleh overload protector).
      silahkan diperiksa jaringan listrik dirumah anda, pastikan kabel berkualitas baik tetapi apabila hal tersebut diluar yang saya sebutkan mungkin perlu dicoba menggunakan stabilizer karena tidak jarang turun nya voltase karena listrik dari PLN nya yang tidak baik.

      Delete
  94. mau tanya pak,,,
    showcase saya merek polytron,,,, lampunya mati,, trus saya ganti yang baru,,, tapi tetap aja gag nyala,,,, mohon bantuannya pak,,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Renaldi ..
      Selain mengganti lampu TL nya anda juga harus memeriksa starter, ballast atau saklarnya karena mungkin bukan lampu nya yang rusak.

      Delete
  95. asalamualaikum. pak rudi halim,. sy sering baca artikel isi kometarny, masaalloh anda terlihat jelas dlm menjawab pertanyaan, pilihan kata-katanya mudah dipahami,.sangat berisi,.smoga alloh memudahka segala urusan anda.rahmat madiun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      Terima kasih, saya hanya menjalankan anjuran dari sesuatu yang saya yakini supaya mengamalkan setiap ilmu yang sudah saya pelajari agar bisa bermanfaat bagi lebih banyak orang, mohon kritik dan saran nya juga dari anda agar saya bisa memperbaiki apa yang masih kurang. terimakasih.

      Delete
  96. pak maaf numpang nanya,,,saya br beli kulkas merk LG GR-212sv dan bekas,,yg mau saya tanyakn kira2 wattnya berapa ya,,terimakasih

    ReplyDelete
  97. Saya kurang tau secara detail tetapi dengan kapasitas isi >200lt/7cu.ft biasanya kulkas LG 2 pintu no-frost akan dibekali kompresor 120-130 watt.
    kembalikasih.

    ReplyDelete
  98. Malam pak rudi.. saya mau tanya.. kulkas saya toshiba glacio 1 pintu d beli sekitar 3 buln yg lalu. Yg mau sya tanyakan, apakah normal tiap kali nyala kompresor lebih dari 3 jam? Sedangkn wktu matinya hnya sekitar setengah jam, kmudian nyala lagi untk wktu yg lama. Bagaimana untk konsumsi listriknya, apakh jadi boros? Karena sbelumnya, saya rasa tidak selama ini nyala nya.. mohn penjelasan nyaa.. terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Wildan,
      coba anda periksa pintu kulkas anda apakah masih bisa menutup dengan baik dan karet nya masih menempel dengan rata, selalu bersihkan bunga es yang sudah terlalu tebal pada evaporator nya, jika tidak ada bahan makanan yang disimpan didalam freezer maka simpanlah air didalam kantong plastik (membuat es batu) agar suhu didalam kulkas anda lebih stabil dan tahan lama.

      Delete
  99. Mau tanya ni mas kulkas ku panasonic 2 pintu dalam posisi hidup kok kadang dari blkng bagian bawah menetes air,itu bermasalah gak ya and masalah nya apa,txs atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear S.Hari Venkataraman ...
      itu merupakan hal yang normal tetapi tidak sampai tercecer ke lantai, kita bisa memeriksa wadah penampungan air nya barangkali miring, bocor atau sudah terlalu banyak kotoran yang menghambat penguapan, setelah wadah dibersihkan dan di posisikan dengan benar biarkan kulkas beroperasi seperti biasa dan lihatlah kembali beberapa hari kedepan hasil dari pekerjaannya untuk memastikan.

      Delete
  100. Assalamu’alaikum pak rudi. Kulkas saya merk elect**l*x bermasalah, air menetes dari freezer ke chiller dan bagian bawah tidak dingin. Kemudian kulkas diservis oleh teknisi dari td***s (dapat dari internet), katanya dia sudah ganti spare part seharga 25 rb. Keesokan harinya kondisi kulkas tetap sama masalahnya. Saya coba hubungi costumer care (resmi) dan dikirimlah teknisi untuk mengecek, hasilnya stryrofoam tidak ada (hilang). Kuat dugaan dicopot oleh teknisi sebelumnya, yang menurut teknisi resmi ini adalah jenis unit yang sebetulnya jarang sekali rusak, namun susah dicari. Adakah solusi untuk masalah ini pak? Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      ibu Ify novita yth ...
      Sering saya temukan kasus salah diagnosa dan kurang cermat nya penanganan dari teknisi yang berakibat masalah awal pada kulkas tersebut tidak teratasi dan malah timbul masalah baru, oleh karena itu pada setiap kesempatan saya selalu tekan kan kepada pembaca blog ini untuk selalu menghubungi bengkel servis resmi nya terkecuali kita sudah tahu betul bahwa teknisi yang bekerja untuk memperbaiki barang anda itu benar2 kredible dan memang profesional karena bengkel resmi pun terkadang sulit dihubungi, tidak tersedia cabang layanan nya di kota kita dll.
      saran saya untuk kulkas anda jika memang ada barang yang "hilang" sebaiknya di minta baik2 kepada orang yang bersangkutan, kita berhak penuh atas part tersebut, styrofoam yang biasanya merupakan pelapis bagian dalam penutup freezer ini sangat penting dan berukuran cukup besar (ukurannya kurang lebih sama dengan panel penutup), berfungsi untuk memisahkan ruang dan mengarahkan aliran udara sebagaimana mestinya, se-pengetahuan saya bengkel resmi pun tidak menyediakan part penggantinya dan cara alternatif nya adalah dengan membuat pengganti nya dari bahan yang sama namun perlu proses yang tidak mudah.
      Demikian tanggapan saya, semoga bermanfaat.

      Delete
  101. Saya mau tanya kulkas 2 pintu di rumah merek electrolux kiri kanannya panas terus sampai 4jam kemudian kulkas saya todak dingin sama sekali mohon bantuannya terimah lasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Nasruddin yth ...
      Untuk kulkas yang menganut sistem no-frost ketika pertama dihidupkan memang tidak akan langsung dingin tetapi sebenarnya jika kita gunakan alat ukur suhu (termostat) maka penurunan suhu itu akan terlihat cukup signifikan, cepat atau lambat nya penurunan suhu ini dipengaruhi juga oleh kapasitas kompresor atau dalam ukuran watt kulkas masa kini yang irit listrik pasti dianggap wajar bila hal itu terjadi, tinggi nya suhu bodi kulkas juga jadi indikasi bahwa kulkas sedang berada pada kemampuan puncaknya untuk membuang kalor didalamnya dan berangsur-angsur akan menjadi hangat setelah didalamnya dingin..

      Delete
  102. harga heater d 250 kulkas dua pintu kira -2 berapa yaa .. kulkas saya bunga es gak mau mencair. jadi kipas bebunyi nyaring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heater kaca universal (aruki) ukuran 11" - 13" di pengecer biasanya dijual dengan harga 20-30 ribuan.

      Delete
  103. Replies
    1. kulkas no-frost adalah pengembangan dari jenis direct cooling atau pendinginan langsung oleh evaporator, dengan sistem no-frost menjadikan freezer bebas dari bunga es yang mengganggu berkat evaporator yang terpisah dari ruang penyimpanan namun sistem ini memerlukan beberapa komponen tambahan seperti misalnya kipas elektrik untuk mensirkulasikan udara..

      Delete
  104. mas, numpang tanya,
    saya punya kulkas merk LG dua pintu yg no-frost, masalahnya adalah bagian atas(freezer) dingin sedangkan bagian bawahnya tidak, saya sudah beberapa kali mematikan dan membiarkannya selama satu s/d dua hari kemudian bagian bawah dingin normal kembali, namun selang 2 hari, bagian bawah tidak dingin lagi. dan kejadian yg sama terus berulang ketika saya lakukan cara yang sama.
    mohon mas beri pencerahan dan solusinya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak Muhammad ....
      itulah maksud dari tulisan saya ini, membahas mengenai hal demikian dan mungkin hanya saluran pembuangan airnya saja yang mampet atau ada salah satu komponen pada sistem pencair bunga es yang rusak.
      ada lorong udara dari bagian freezer ke bawah untuk transfer udara dingin yang dihembuskan oleh kipas dan bila lorong ini tertutup es atau bunga es yang berasal dari evaporator maka akan ter-blok lah sirkulasi udara itu.
      silahkan diperiksa untuk mencari komponen yang rusak nya atau minta bantuan teknisi berpengalaman untuk memperbaikinya

      Delete
  105. Pak, saya beli kulkas belleza 2 polytron, tapi belum setahun kaca bodi pintu bagian depan retak-retak halus seperti kaca mobil pecah.....apa bisa diklaim garansinya ya ke polytron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear dexx dexi
      Setau saya kerusakan seperti ini tidak termasuk dalam garansi kecuali hal tersebut disebabkan saat proses pengiriman dan serah terima barang dan harus di komplain segera saat itu juga.

      Delete
  106. Yth Bpk Rudi, saya ada showcase minuman sharp, waktu dipakai showcasenya terus2 an bersuara tanpa jeda dan engga benar2 dingin (tempt saya set di 2) pertanyaanya apakah showcasenya rusak atau sharp memang terus bersuara seperti itu (tanpa jeda) mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear ibu nin nara ....
      apakah terasa kurang dingin ini sepanjang waktu (bahkan ketika masih baru) atau hanya sekarang saja diketahui demikian, mungkin pintu tidak tertutup dengan rapet .... hal ini sering terjadi bila sering buka-tutup, penyebabnya adalah engsel aus atau patah dan bisa juga karet penyekatnya sobek.
      bisa juga fan kondensor mati/tidak berputar karena sesuatu (jika ada).
      showcase biasanya akan beristirahat jika suhu telah mencapai 15 sampai 5 derajat selsius atau sesuai setingan pada termostat.

      Delete
    2. showcasenya saya dapat kondisi second pa Rudi. fan memang kadang ada terdengar seperti ngegesek. bagian bawah nyajuga penyok. karet pintu masih bagus cuma besi engsel pintu bag atas tanpa penutup dan ada bekas terbakar.

      Delete
    3. Ibu Nin Nara ... fan memang akan terus berputar dan memang akan lebih berisik dibanding kulkas biasa dan baru akan berhenti jika suhu dingin sudah tercapai (istirahat), untuk memastikan kondisi real dan memperbaikinya mungkin anda butuh bantuan seseorang yang faham untuk mengerjakan hal ini (teknisi).

      Delete
  107. Pak mw tanay kulkas ku 2 pintu kompressor nya jeda setiap 6 jam,apa normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak Fian ... itu normal, ada yang lebih cepat dan ada juga yang lebih lambat yang dipengaruhi oleh beban dan setelan termostat nya juga.

      Delete

- Klik "Load More...." diatas untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel dan bukan spam.