Cara memeriksa kompresor kulkas

Kompresor kulkas

Cara memeriksa kompresor kulkas ini bagi pemula, karena dalam sebuah sistem pendingin seperti AC, Kulkas, Freezer, Chiller, Show case dll kompresor merupakan komponen vital yang berfungsi mensirkulasikan freon. secara umum jika kompresor mengalami kerusakan maka pada umumnya pemilik enggan mengganti dengan alasan harga yang mahal karena harga kompresor kulkas 1 pintu saja bisa di banderol tidak terpaut jauh dengan harga kulkas bekas yang masih layak pakai.
Sebenarnya jika kompresor rusak tidak selalu harus di ganti dengan  kompresor baru, bisa juga beli kompresor bekas karena sekarang banyak yang jual, jika mau diperbaiki sebatas pada gulungan elektro motor nya saja karena bisa di gulung ulang sedangkan jika rusak pada bagian mekanis seperti piston, stang piston, reed valve dll tidak tersedia untuk kompresor hermetik ukuran kecil ini tidak ada spare part baru yang dijual sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kompresor itu kita harus memotongnya dulu.
Jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kompresor kulkas berikut ini siapa tahu bermanfaat.

Cara Memeriksa kompresor kulkas melalui gulungan elektro motor :
  1. Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan utama seperti Obeng, Tang, Multitester dan jika ada clamp meter.
  2. Setting clamp meter (biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan hasil pengukuran nya harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang tertulis dari pabrik kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current : 0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika suara yang ditimbulkan kompresor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus ampere yang terukur Setting multitester pada posisi pengukuran arus AC,dengan probe pengukur multitester pertama dihubungkan kelantai kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan kebagian kompresor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multitester hasil dari langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik
Cara mengecek isolator gulungan :
  1. matikan kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak
  2. bukalah penutup soket listrik kompresor yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar)
  3. lepaskan relay dan overload dari soket nya.
  4. setting multi tester pada posisi pengukur ohm, tempel kan probe ke body kompresor dan yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti isolator elektro motor tidak konslet ke bodi. 
Cara mengukur hambatan gulungan :
Masih pada ke 3 Pin atau soket yang terdapat pada kompresor dan multitester pada posisi ohm meter, ukurlah ketiga soket ini dengan cara soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C (biasanya berada paling atas atau paling bawah) dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran ini harus didapat resistansi antara 10 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C dengan R dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S (start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm berarti lilitan/gulungan elektro motor konslet/rusak.
Catatan :
Gunakan alas kaki dan sarung tangan yang kering saat anda hendak melakukan pekerjaan ini.
Patokan pengukuran yang disampaikan khususnya untuk kompresor kulkas 1 pintu. 

Baca juga : 
- Kulkas 1 pintu terbaik 2021

Komentar

  1. pak kulkas saya 1 pintu merk sanyo skarang ini tiap steker dimasukan ke stop kontak listrik rumah saya langsung mati. sudah saya cek kompresornya menggunakan avometer sesuai petunjuk bapak, ternyata masih ok, ada yang bilang bodi kontak bagaimana cara memperbaikinya ? mohon penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus
  2. saya senang sekali bisa menjawab komentar anda....Apa yang saya tulis disini merupakan yang saya alami sendiri, saya harap avometer yang anda gunakan benar-benar akurat selain itu kerusakan mekanis pun seperti macet misalnya bisa berakibat tegangan listrik layaknya konslet karena rotor yang tidak berputar mengakibatkan arus yang "terpakai" untuk berusaha memutarkan motor meningkat cukup tinggi sehingga MCB listrikpun overload.

    BalasHapus
  3. gan mo tanya nich kulkas ane rusak merk Uchida akibat listrik drmh mati(mati lampu).setelah saya hidupkan kompresor bersuara kasar(ngrotok) jd kulkaspun jd ga dingin kira2 pemecahan mslahnya gmn ya gan?

    BalasHapus
  4. Saya punya lemari es 2 pintu merk LG..awalnya ada suara kletrek klo dibuka pintu nya bebrapa bulan kemudian..suara nya hilang, tapi bagian refrigratornya (pintu bawah) ga dingin samasekali, tapi frezer nya tetap dingin...apa sih y
    kira2 yg membuat bagian pendinginnya ga berjalan? Apakah ada kerusakan? mohon jawabannya, terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sharing aja.Mas Gunawan kulkas nya ada masalah dng sistem auto defrostnya,coba di cek defrost thermo ,defrost heater & plate heater itu letaknya di bagian evavoratornya.bisa juga disebabkan oleh defrost timernya yg biasa nya terletak di bagian bawah kulkas dekat kompresor.selamat mencoba

      Hapus
  5. saya punya kulkas overlod kulkas saya rusak saya langsung menghubungkan ke kompesor tanpa overlond kulkas saya nyala gk gmpai 2 detik lampu di rumah saya padam. saya mau tanya apakah compesor saya rusak atau gimana pak
    saya mohon jawabanya,,
    terima kasih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan kompresor anda rusak, arus yang terpakai pada saat kulkas dihidupkan sudah melampaui kapasitas MCB oleh karena itu terjadi trip.

      Hapus
  6. bos saya punya kulkas elextrolux d epap sedikit keluar bunga es lama untuk keluar bunga es tapi d frezer tida bisa beku gimana solusinya yah

    BalasHapus
  7. Dear delis febrianti yth.
    ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kulkas anda menjadi seperti yang anda keluhkan, pada evaporator memang harus terjadi pembentukan bunga es yang cepat dan penuh pada seluruh bagian nya hingga mencapai accumulator dan kalau tidak berarti memang terjadi masalah pada sistem sirkulasi freon nya, berikut beberapa kemungkinan yang paling sering saya temui yaitu :

    - oli kompresor sudah naik/masuk ke evaporator sehingga proses berubahnya freon dari cair menjadi uap tidak berlangsung dengan semestinya.
    - kompresor berkurang/lemah daya tekan/kompresi nya sehingga freon tidak bisa bersirkulasi dengan baik.
    - sistem terjadi pemampatan/buntu (biasanya terjadi pada filter dryer dan kapiler).
    - sistem terjadi kebocoran sehingga freon nya berkurang atau habis.

    demikian beberapa kemungkinan paling banyak terjadi yang saya alami, semoga memberi pencerahan bagi anda.

    BalasHapus
  8. Pa..Gimana memperbaiki kulkas pendingingingnya tidak menyala ? Makasih atas bantuannya,Pa>>!

    BalasHapus
  9. saya punya freezer satu pintu baru beli,dua minggu lalu setelah saya pakai ternyata hasilnya bagus. yang ingin saya tanyakan bagaimana cara merawatnya agar awet dan tahan lama trima kasih

    BalasHapus
  10. bagaimana cara merawat freezer agar lebih awet dan tahan lama terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jagalah kebersihan nya terutama didaerah karet pintu nya dan usahakan tegangan listrik di rumah atau tempat pengoperasian freezer anda stabil atau tidak naik-turun.

      Hapus
  11. maaf pak ane mw nanya!
    saya punya kulkas pintu 2 merek sanyo yang udah low watt/voltage, tapi dirumah listrik 450 watt.
    kulkasnya hidup tapi kompresor sepertinya tidak jalan, cuma bunyi bentar trus mati lagi dan tidak nyampai 5 detik,, itu kenapa ya pak? berakibat fatal tidak pada kulkas saya trimakasih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Toniariwibowo yth .... cobalah untuk menghidupkan lagi kulkas anda sambil anda ukur tegangan listrik di rumah anda menggunakan volt meter, ketika kulkas belum dinyalakan maka tegangan listrik harus di 220V begitu juga saat kulkas dinyalakan, jika tegangan listrik ngedrop maka kulkas anda belum tentu rusak jadi yang perlu anda lakukan untuk awal nya adalah memperbaiki tegangan listrik di rumah anda, turun nya tegangan ini biasanya diakibatkan oleh beberapa hal diantara nya yaitu kualitas kabel yang rendah, sambungan yang longgar dll ..... jika hal ini dibiarkan dan anda terus mencoba menghidupkan tanpa dilakukan perbaikan sudah pasti akan menjadikan kulkas anda rusak. .... saya tunggu kabar dari anda selanjutnya, terima kasih.

      Hapus
  12. lam kenal.....???
    maaf ni mau nanya saya ada kulkas 1 pintu merk sanyo ga bisa start tapi compresor bekerja ( masih ada getaran )

    BalasHapus
  13. Dear El Fakir salam kenal juga dan terima kasih .... jika memang ada getaran seharusnya itu tanda kompresor kulkas anda bekerja hanya apakah bekerja secara normal atau tidak, bedanya getaran kompresor tanpa ada beban akan sangat halus itu jelas berbeda ketika ada beban maka getarannya akan terasa lebih kuat, bisa saja kompresor masih bagus tapi karena tidak ada freon nya karena bocor misalnya sehingga meskipun kompresor normal tapi kulkas tidak bisa dingin sama sekali, untuk itu sebaiknya anda periksa satu persatu .... setelah kompresor lalu di cek apakah freon nya masih ada dst. semoga membantu.

    BalasHapus
  14. Salam kenal,, mau nanya nih.. apa penyebab oli naik/masuk ke evaporator? Thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear erol javet yth, kalau oli naik atau masuk ke evaporator itu pasti karena tercampur dengan freon dan ikut bersirkulasi tetapi mungkin jika terlalu banyak mengendap di evaporator itu yang menjadi masalah karena proses penguapan freon menjadi tidak maksimal, mengendap nya oli di evaporator terjadi dalam kurun waktu yang berbeda-beda pada tiap kulkas dan akan semakin cepat apabila terjadi sesuatu yang tidak normal pada sistem terutama jika kompresor nya itu sendiri bermasalah.

      Demikian. semoga membantu.

      Hapus
  15. gan harga kompresor 1/6pk R 134 RLA 09-1,0 harganya brp ya gan?Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Asep yth, untuk harga kompresor seperti yg anda minta (1/6-R134a) bisa saya kasih gambarannya harga di pasaran yang diberikan kepada konsumen oleh toko-toko penjual spare part kulkas di Bandung mulai 400 ribuan (asal China), 600 ribuan (thailand) dan untuk yang merk Jepang tentu di jual dengan harga yang lebih tinggi.... semoga bermanfaat.

      Hapus
  16. saya baru beli kulkas 2 bulan merk toshiba jazz,ko akhir2 ini kadang2 ada kayak bunyi tembakan/kayak kita menyeret kursi gt ya? mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear enggarz ardianto yth, apakah bunyi yang dimaksud berasal dari kompresor ? ... bunyi-bunyi kasar dari kompresor selain dari adanya kerusakan/aus mekanikal nya bisa sering terjadi karena tegangan listrik tidak stabil, contoh nya ketika listrik sedang drop dan sementara kompresor sedang mau istirahat atau baru mau hidup maka terjadi getaran yang sangat kuat sehingga mounting nya tidak sanggup lagi menahan getaran tersebut dan terjadilah benturan antara mekanis mesin didalam kompresor tersebut dengan casing nya yang sama-sama terbuat dari baja yang menghasilkan suara yang keras, perlu informasi tambahan juga dari anda apakah secara keseluruhan dingin nya masih maksimal atau sudah menurun .... silahkan lengkapi pertanyaan nya supaya jawaban bisa lebih akurat.
      terimakasih.

      Hapus
  17. Mau tanya mas,,kemaren saya mencoba mengisi freon sendiri,seteleh selesai pengisian(seperti petunjuk dalam pengisian freon) dan kulkas saya matikan tapi jarum manifold tidak bisa naik sperti tetunjuk,cuma naik di 30psi,tapi kalau dihidupkan jarum berada di 10psi,apakah itu tandanya ada kebuntuan ya,tapi evaportor tetap dingin dan bisa bikin es..
    trims atas masukannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear budi eric yth, saya senang sekali mendengar kabar keberhasilan anda mengisi freon kulkas sendiri dan anda tidak perlu heran dengan tekanan freon saat kulkas baru dimatikan yang cuma naik 30psi karena tekanan ini sebenarnya akan terus naik tetapi dalam jangka waktu yg cukup lama karena saat itu sebagian besar freon berada pada sisi tekanan tinggi (discharge), tentu saja bukan karena ada kebuntuan karena sebagai bukti kulkas bisa dingin dengan normal dan tekanan suction saat kulkas bekerja berada pada 10psi, jika mengalami kebuntuan (di filter atau kapiler) maka tekanan ini akan menjadi minus, demikian semoga membantu.

      Hapus
  18. mau tanya mas,kemaren saya coba isi freon kulkas sendiri,namun setelah selesai dan kulkas saya matikan jarum manifold tidak naik seperti petujuk pengisian freon,bisa naik tapi cuma 30psi,tapi klau kulkas hidup bisa 10-12psi,yang saya tanyakan:apakah itu tandanya ada kebuntuan?tapi evaporator dingin dan bisa buat bikin es,,terus cara ganti filter kulkas gimana ya?maaf banyak tanya,,,
    trims atas penjelasannya...

    BalasHapus
  19. Salam kenal,,,,
    saya punya kulkas merk sharp, kulkas tidak bisa dingin padahal lampu mnyala, kompresornya panas tetapi tidak ada suara sama sekali,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Dindin yth, ukurlah dahulu tegangan listrik nya dan harus tetap berada pada 220V ketika kulkas coba dihidupkan, sebelumnya periksa juga starting relay atau capacitor nya (jika ada) dan apabila semua sudah oke tetapi kompresor tetap tidak bisa hidup maka kemungkinan kompresornya macet, semoga bermanfaat.

      Hapus
  20. Dear mas Budi yth, apabila kulkas sudah bisa membuat es secara normal berarti sudah tidak perlu kita ambil pusing mengenai tekanan freon ketika kulkas mati, penjelasan nya adalah bahwa freon cair bertekanan tinggi akan berkumpul di kondensor untuk waktu yang cukup lama sampai freon ini berpindah secara perlahan melalui pipa kapiler, kemudian suhu evaporator yang masih dingin pun akan membuat freon ini lama tertahan disana dan barulah tekanan freon akan menjadi normal ketika suhu evaporator sama dengan suhu bagian lain nya (kulkas lama dimatikan), jadi bukan berarti mampet atau buntu.
    Untuk mengganti filter kita tentu perlu alat las yang memadai, filter tidak boleh kena api las terlalu lama jadi lakukan pengelasan secepat mungkin untuk menghindari filter rusak karena terpanggang terlalu lama.
    demikian semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  21. mas mau tanya saya ada kulkas 4 pintu built up jepang.. hari pertama kulkas hidup normal hampir beku semaleman tapi selanjut nya tidak beku lagi,,dan mesin mati.setelah saya pindah kan ke tombol low mesin nya hidup lagi tapi tidak beku lagi meskipun di pindahkan ke High ,, katanya tersumbat saya diamkan 1 minggu tapi masih juga tidak beku semaleman kalau dingin nya ada .. dinding sebelah kanan luar dingin dinding sebelah kiri luar hangat kenapa yah mas minta tolong pencerahan nya terimakasih banyak atas perhatian nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bp.Iwan Sipatutat yth,
      Pengaturan suhu yang kita lakukan sebenarnya tidak akan banyak membantu kulkas bisa bekerja normal kembali karena walaupun kita setting di tingkat pendinginan paling bawah maka pada bagian freezer akan tetap beku namun tingkat kebekuan es nya tidak akan sebaik saat kita setel pada level tertinggi. untuk kulkas anda mungkin benar terjadi penyumbatan atau kalau boleh saya bilang (menurut contoh2 masalah yg saya temui) terjadi penyempitan pada pipa kapiler nya oleh kotoran yang terus menumpuk terbawa bersama freon dan oli .... tentu beda antara lubang tersumbat dengan lubang menyempit, akibat kejadian ini yang paling dikawatirkan adalah menurunnya kemampuan kompresor, untuk hasil yang maksimal wajib melakukan flushing agar semua kotoran terlepas dan terbuang atau lebih baik pipa kapilernya diganti dan pastikan kompresor masih bisa mensirkulasikan freon dengan sempurna.
      Keterangan ini tidak mutlak cocok diterapkan untuk menyelesaikan masalah pada kulkas anda, penanganan yang tepat diperlukan setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan yang teliti oleh teknisi yang secara langsung menanganinya.

      Hapus
  22. Pak saya punya kulkas satu pintu merk polytron type PR-189VSB (0.7 Ampere). permasalahannya kulkasnya skrg sama sekali gak dingin. awalnya beberapa hari sebelum rusak suara compressornya kasar kemudian hilang (begitu terus berulang-ulang).hingga pada akhirnya gak dingin sama sekali dan copressornya kadang bunyi, kadang mati. saya sudah ukur tegangan PLN di rumah, hasilnya normal 222 volt. kemudian saya coba troubleshoot, antara lain:
    1. mengukur tahanan pada relay, dengan mengikuti petunjuk pd artikel di atas. hasilnya bagus ( tidak ada tahanan).
    2. mengukur ampere dengan menggunakan multitester, hasilnya 0 A. tetapi. ketika compressornya bunyi hasilnya sampai 7 A
    3. mengukur ampere dengan menggunakan tang Ampere, hasilnya 0 A. tetapi. ketika compressornya bunyi hasilnya sampai 7 A.

    kalau hasilnya seperti itu, kerusakannya dmana ya Pak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bpk Putra Simanjuntak yth, menurut keterangan anda yang sedemikian maka bisa saya simpulkan bahwa kemungkinan kompresor kulkas anda mengalami masalah mekanis yang parah, bermula dari suara yang semakin lama semakin keras lalu sepertinya kompresor kulkas anda sudah tidak bisa hidup lagi yang ditandai dengan berulang-ulang mencoba hidup (starting),
      Demikian tanggapan saya semoga bermanfaat.

      Hapus
  23. Salam,
    Pak saya punya kulkas 1 pintu merek sanyo, permasalahannya jika freon panas kulkas langsung mati dan tidak bisa outomatis hidup, kalau mau menghidupkan stop kontak harus di lepas sampai freon dingin, baru di colok lagi stop kontaknya. saya sudah ganti overloadnya tapi masih aja seperti itu sampai sekarang,, mohon pencerahannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak zainal yth, apakah "freon" yang bapak maksud adalah mesin kompresor ? hal pertama untuk mengatasi masalah seperti anda ialah dengan mengecek tegangan listrik yang tidak boleh kurang dari 220V, aliran listrik nya harus mantap melalui kabel yang sesuai atau standar PLN, apabila masalah tetap terjadi maka ada kemungkinan kompresor nya itu sendiri yang sudah mulai sulit untuk starting dan biasanya diikuti oleh suhu yang tinggi dan hasil pendinginannya pun menjadi kurang maksimal, untuk mengakali susah start nya kita bisa menambahkan starting capacitor supaya starting/ waktu pertama kompresor berjalan lebih mudah karena daya listriknya di backup oleh kapasitor.

      Hapus
  24. pak..kulkas saya 2 pintu tidak dingin.kompresor hdup dan bergetar halus. sudah cek lilitan kompresor di dapati c,r,dan s semua terhubung (0ohm) tidak ada resistansi,tapi mesin bisa hidup,mcb tidak jatuh.apakah kompresor nya normal?
    dulu sebelum rusak,bunyi kompresor lebih kencang.mohon bantuannya ya.trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear glory blog yth, saya ingin ada info tambahan dari anda yaitu apakah kulkas anda tipe no-frost ? apakah bodi kulkas bagian luar terasa hangat ?
      bisa saja kompresor tidak ada masalah karena jika kulkas anda model no-frost karena tipe ini memiliki lebih banyak komponen dari kulkas model standar, silahkan dilengkapi informasi spesifikasi kulkas anda.

      Hapus
  25. pak saya mau tanya, saya punya mesin es krim kenapa kadang2 tekanan low nya pada saat running tiba2 berkurang bahkan sd 0 psi, sehingga mesin tidak bisa dingin
    setelah didiamkan beberapa saat kadang bisa kembali normal tapi kadang2 tekanannya tetap tidak mau naik.
    pada saat kondisi tersebut saya juga periksa tekanan high juga ikut turun
    mohon bantuanya ya pak
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Andhika, saya sedikit kesulitan menjawab karena anda seharusnya melengkapi data teknis dari mesin es krim tersebut, tapi besar kemungkinan mesin es krim anda bermasalah pada ekspansi nya.
      ketika tekanan freon drop cobalah untuk melepas bulb/sensor ekspansi ini (tidak ditempelkan ke pipa suction), terkadang teknik ini ada hasil (tekanan freon naik lagi) namun ini bersifat sementara karena hanya untuk memastikan ekspansi nya bekerja atau tidak dan untuk selanjutnya diganti saja.
      Demikian semoga ada manfaat.

      Hapus
    2. Terima kasih pak jawaban dan respon yang sangat cepat, saya akan coba ganti katup ekspansinya, nanti kalau ada kesulitan kalau boleh saya akan tanya lagi, untuk ganti ekspansi lebih baik sekalian ganti filter saja ya pak? kan sekalian buang isi freon

      semoga blog ini tambah maju dan berkembang
      salam semangat!!

      Hapus
    3. Terima kasih atas dukungannya :-)

      Hapus
  26. pk rudi saya mencoba ganti kompressor.tpi ketika di vacum-body,gelembung di metyltdk mau berhenti,jika kran manifold warna biru di buka,tapi kalau keran ditutup,gelembung berhenti.tekanan -30 kurang sedikit....mohon-pencerahannya pk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada kebocoran pada seal selang atau manifoldnya, tidak masalah kalau keran ditutup masih bisa vakum .... tekanan harus sampai -30 supaya jangan hanya udara saja yang dibuang tapi berikut uap airnya yang bisa menguap ketika tekanan benar2 vakum pada suhu kamar.

      Hapus
  27. Terima kasih Banyak pk...
    Alhamdulillah...tekanan normal,freon sudah terisi....
    tapi,di sambungan pipa yang ke evaporator kayak2 basah...
    tapi kulkas,dari kemarin hidup,dan dingin.apakah ada kebocoran pk???...seandainya bocor,apakah bisa langsung las tanpa buang freon...terimakasih banyak,maaf banyak nanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Basah di sambungan terkadang berasal dari flux/boraks (jika pakai saat las) namun jika memang karena bocor tidak bisa mengelas tanpa membuang dulu freon nya apalagi jika freon nya hydrocarbon (R-600) .... hati-hati ! saat bekerja dengan freon ini.

      Hapus
  28. Mw nanya ni pak..
    Kulkas saya 1 pintu,kendala'y knapa cuma hidup beberapa detik dan mati,jelang beberapa menit hidup lagi dan ga lama mati lagi...jadi'y frezer tidak dingin....
    Mohon bantuan'y pak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Jecky yth, jika hanya beberapa detik saja saya kira bukan hidup tapi hanya starting saja, jadi belum sempat hidup listrik keburu diputus oleh OLP (over load protector), penyebabnya bisa macam-macam seperti kerusakan pada Relay (PTC), OLP, kompresor macet atau tegangan listrik yang drop.
      Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  29. Maaf saya punya showcase compressornya tidak bekerja.tapi resistan c,r,s nya saya ukur dengam multitester normal saya ukur ke body compressor jg normal/tidak kontak body tapi saya hidupkan sekitar 4 detik overload langsung memutus arus kira2 kalau pistonnya macet ada tidak cara memperbaikinya tanpa membuka compressornya.terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sobat blogger yth, coba anda ganti overload protector nya dulu karena mungkin rusak, apabila piston macet ringan bisa dicoba dibantu startingnya memakai "starting capacitor" berkapasitas besar seperti 300mf dan bila tetap masih macet pukul-pukul dulu kompresor dengan palu karet.
      Demikian, selamat mencoba.

      Hapus
  30. sy punya kulkas 2 pintu waktu sy on kan kompresor hidupnya hanya sekitar 10 detik overload langsung memproteksi.amperenya 9 amp waktu sya start.tahanan motor baik.overload sudah saya ganti.masalahnya apa yaaa/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fatre ji yth,
      Ketika nilai resistansi seperti normal itu bukan berarti gulungannya tidak bermasalah, berdasarkan nilai arus yang sangat tinggi saat starting maka bisa saja terjadi konsleting antara gulungan primer dan sekundernya (running dan starting), kita biasanya akan mengira gulungan baik-baik saja namun kenyataannya mesin tidak bisa hidup secara normal, solusinya ganti kompresor baru atau kompresor lama digulung ulang.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
  31. Dear pak Rudi yth,
    Beberapa hr lalu di tmpt usaha kami terjadi korsleting listrik yg mengakibatkan freezer box jebol (mati total) 3 bh, yaitu: SANSIO 300 ltr (type: CE -311 -467 -10), SANSIO 400 ltr (type: SAN -418 F), dan MODENA 600 ltr (type: MD - 61 atw MD - 60). Kami kesulitan untuk memesan kompresor ukuran brp aja di toko di pulau Jawa (krn posisi kami di luar pulau dan teknisi jg di luar kota) dan apa2 saja yg perlu disiapkan (apakah relay, starting capasitor & OLP) ?
    Mohon bantuan pak Rudi u penjelasannya dan terima kasih seblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Yotam yth,
      sebelumnya saya ingin jelaskan bahwa apabila terjadi konsleting listrik itu tidak sertamerta menjadikan alat elektronik semacam mesin pendingin menjadi rusak apalagi penyebab konsletnya bukan dari alat-alat tersebut terkecuali sebelum listrik padam/trip terjadi penurunan/kenaikan tegangan yang ekstrim dalam jangka waktu cukup lama sampai harus membuat masing2 kompresor bekerja ekstra keras mempertahankan kinerja dalam tegangan listrik yang tidak normal.
      anda bisa memesan kompresor baru pada masing-masing service centre dengan menyebut tipe unit atau tipe kompresornya dan sebagai alternatif anda bisa membeli kompresor substitusi diluar service centre nya dengan beragam merk dan kualitas, tidak perlu menyertakan membeli alat2 yang anda sebutkan karena sudah includ bersama unit kompresor yang anda beli kecuali freon/refrigerant dan segala keperluan proses penggantian kompresor tersebut (biasanya ini sudah termasuk didalam jasa pemasangan).
      Demikian penjelasan saya, silahkan bila ada yang belum jelas saya selalu siap membantu.

      Hapus
  32. Dear pak Rudi ......,
    pak, mohon bantuannya......freezer box kami mati total krn korsleting listrik di tmpt usaha kami bbrp hari lalu. Kira2 kompresor ukuran brp yg hrs kami pesan utk ganti di freezer box: SANSIO 300 ltr (type: CE -311 -467 -10), kompresornya : DANFOSS FR 8,5 G 103G, SANSIO 400 ltr (type: SAN -418 F), kompresornya : ASPERA NE1121 Z, dan MODENA 600 ltr (type: MD - 61 atw MD - 60), kompresornya : KULTHRORN AE 4440 Y-SR. Selain itu, apa lagi yg hrs kami siapkan (starting capasitor, OLP & kondensor)? Pipa2 (dari kompresor ke freezer box) ukuran brp aja yg hrs disiapkan?
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  33. Terima kasih byk atas penjelasannya, pak Rudi.
    Sy akan coba menghubungi service center dr produk freezer tmpt kami. Cuman di kota kami blm ada jasa service freezer (dulu ayah sy yg menerima service n alat/peralatan sebagian msh ada). Sy cb menghubungi jasa service di luar kota, katanya hrs siapkan dl kompresor n pipa2 nya baru orangnya mau dtg. Korsleting listirk disebabkan arus (+) masuk lewat kabel (-) dr tiang PLN dpn tmpt usaha kami (kelalaian petugas PLN yg tdk memasang kuat kabel negatif).

    BalasHapus
  34. dear pak Rudi..
    saya baru saja beli freezer merk LG,,Dlm stiap pemakaian apabila es sudah beku maka freezer saya matikan sejenak kira2 4-5 jam,dengan tujuan menghemat listrik..Jadi apakah hal tersebut justru malah membuat freezeer cpat rusak ya ?.
    trimakasih sbelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Chip Two yth,
      Cara yang anda lakukan untuk menghemat listrik juga banyak dilakukan oleh penjual-penjual es batu yang saya kenal, apalagi rentang waktu dimatikannya termasuk lama (4-5jam) jadi tidak akan mempengaruhi kinerja freezer untuk selanjutnya bahkan selain membuat hemat listrik juga membuat unit lebih awet.

      Hapus
  35. Salam Pak Rudi.. Blognya bagus & Aktif
    Saya mau share pengalaman saya sbgai orang awam terkait masalah kulkas.
    Saya punya kulkas 2nd kondisi seperti baru, cuma yang saya dapati. entah normal atau tidak..
    Pada saat kulkas dinyalakan sekitar 10-15 menit kemudian terdengar bunyi dbbbtt, trppptt kemudian mesin kompresor berhenti bergetar (tetapi lampu di dalam kulkas nyala) , kondisi di dalam masih dingin, (tapi gak tau kalau mesin mati 1jam lebih). stlh kira2 15menitan mesin mati, kemudian nyala kembali dan kompresor kembali bergetar spt awal (saat dicolokan ke stop kontak)
    apakah ini normal2 saja atau ada kerusakan??
    apakah baik untuk kulkas jika dibiarkan trus menerus spt ini?
    bila di cek pakai Multimeter / CLamp ampere mana yang bisa saya ukur supaya mengetahui bagian mana yg terjadi kerusakan?
    mungkin ini sudah ada di pertanyaan2 sebelumnya.Tapi saya mendiskripsikan pengalaman langsung saya.
    Trimakasih banyak Pak..
    salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Renus Joseph yth,
      Apabila kulkas anda mengatut sistem no-frost (biasanya hanya pada kulkas 2 pintu atau lebih) dapat saya simpulkan bahwa apa yang terjadi pada kulkas anda saat ini adalah normal, saya terangkan secara singkat bahwa kulkas no-frost memiliki sebuah timer mekanis ataupun elektronik yang akan mengatur kerja kulkas sedemikian rupa agar tetap bisa membuat ruang dalam kulkas beserta isinya tetap dingin dan beku tanpa ada bunga es nya, hal tersebut membuat kulkas jenis ini "lebih sibuk" dari kulkas biasa (kulkas 1 pintu), akan lebih sering hidup/mati kompresor nya untuk melakukan siklus kerja secara acak dan waktu yang tidak teratur karena semuanya tetap ditentukan oleh hasil (suhu) yang dicapai atas pengaturan yang kita set pada termostat (pengatur suhu).
      demikian pak Renus, semoga cukup jelas dan bermanfaat.

      Hapus
  36. selamat sore,,pak rudi salam kenal,,,saya punya kulkas beli kira² 2bulan yg lalu,,karena bulan depan saya ada keperluan ke luar kota sudah seminggu ini kulkas saya non aktifkan (ga saya hidupin),,saya mau tanyakan:
    1. apakah kulkas bisa rusak apabila di nonaktifkan selama berbulan-bulan?
    2. solusinya/saran saat menonaktifkan kulkas selama berbulan-bulan.
    atas jawabannya saat ucapkan terima kasih pak rudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Maryanah anna yth,
      Kulkas tidak akan menjadi rusak hanya karena tidak digunakan kecuali menjadi tempat bersarang serangga atau tikus, simpan kapur barus atau sejenisnya disekitar kulkas terutama bagian bawah dan belakang untuk menekan minat hewan-hewan tersebut mendekati unit, bersihkan sisa-sisa makanan dan keringkan bagian dalam kulkas lalu simpan/ taruh kopi bubuk dalam wadah terbuka misalnya mangkuk kecil untuk menekan bakteri penyebab bau didalam kulkas,
      Demikian penjelasan dan tips nya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  37. Pak rudi.

    Dinding freezer saya tertusuk Oleh Benda tajam akibat sedang membersihkan Bunga es.
    Bagaimana langkah awal perbaikannya agar tidal salah langkah Dan dimanfaatkan Oleh praktek tehnisi abal2.
    Kulkas LG satu pintu Dan sebelumnya bekerja normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Sugeng yth,
      proses perbaikan kulkas yang evaporator-nya tertusuk membutuhkan penanganan ekstra teliti, ketahuilah bahwa apabila sistem terkontaminasi air yang masuk melalui lobang kebocoran itu sama saja dengan sebuah mobil yang terendam banjir, yang membuatnya sulit bukanlah dari sekedar menambal kebocoran semata tetapi banyak tahapan pekerjaan yang harus dilalui supaya kulkas benar-benar kembali normal, sebagai ilustrasi inilah langkah-langkah yang harus ditempuh :
      1. kebocoran mungkin masih bisa ditambal atau di las khusus evaporator.
      2. oli kompresor harus diganti dan dilakukan flushing (menguras) untuk mengantisipasi masuk nya kotoran dan air melalui bekas lubang kebocoran, flushing inilah langkah yang paling penting untuk dilakukan namun sangat jarang dilakukan karena alasan waktu dan efisiensi biaya, padahal tindakan tersebut justru merupakan awal dari pengeluaran yang lebih banyak (perbaikan harus diulang karena kulkas belum normal bahkan kerusakan bisa meluas ke yang lainnya).
      apabila perbaikan dilakukan sesuai prosedur yang benar (evaporator diganti baru) tarif di bengkel umum biasanya dikenakan biaya sekitar Rp. 500 ribuan namun apabila hanya ditambal dan tanpa flushing kemungkinan biaya hanya separuh nya saja.
      Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  38. Gan saya pnya kulkas. 2 pintu merk daiichi yg umurnya kurang lebih udah 12 thunan,baru ada masalah akhir2 ini suka ada bunyi Tendangan mesin yg kenceng kaya bunyi otomatis air jedugkk cetak cetok cetak cetok....tapi bentar2 doang gan,kira2 apa penyakitnya ya gan...??thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Jabrick falenthieo yth,
      Inilah saat yang tepat buat kulkas anda di servis rupanya, suara-suara "jeduk" seperti yang anda maksud biasanya berasal dari kompresor dan suara "cetak-cetok" berasal dari over load protector nya, kemungkinan yang mengalami kerusakan adalah starting relay, silahkan diganti berikut overload protektor sekalian namun pastikan juga bahwa tegangan listrik dirumah anda stabil karena hal serupa akan terjadi walaupun pada kulkas baru.

      Hapus
  39. pa... mohon bantuannya pak
    sya punya kulkas 2 pintu merk thosiba....
    bagian freezernya dingin, tp di bagian bawah tuk menyimpan sayur, buah dan makanan tidak dingin pak...
    kira-kira apa yg harus sy lakukan....
    makasih pak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Zuhri yth,
      Kemungkinan terjadi penyumbatan pada saluran udara dingin yang menuju ke bawah oleh es, penyebabnya bisa dari salah satu komponen ini: timer, termodefrost, heater dll. sebelum dilakukan perbaikan es yang mengganggu harus dibersihkan dulu dengan cara menyiramkan air hangat pada setiap saluran atau mematikan kulkas selama beberapa hari.

      Hapus
  40. Numpang tanya Pak... Normalnya, rata-rata berapa lama kompresor kulkas bekerja kemudian berhenti? Apakah timer kulkas berputas terus menerus, saat kompresor bekerja dan tidak?
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Herman yth,
      Tidak ada batasan waktu yang tepat kapan kompresor kulkas berhenti setelah sekian lama hidup karena tergantung suhu yang di setting pada termostat dan beban pendinginannya (isi kulkas/freezer), setelah beban pendinginan berkurang ( isi nya sudah dingin/beku) maka kompresor akan lebih sering berhenti.
      Timer bekerja sekitar 6-8 jam (tergantung tipe dan merk) pada tiap siklus nya menjalankan kompresor dan sekitar 1 jam menjalankan proses defrost (tergantung dari tebal atau tidak nya bunga es di evaporator).

      Hapus
  41. saya mau beli kulkas tpi tegangan listrik hanya 450 itu kuat tw tdak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Anas Thoricky yth,
      Pasti cukup daya 450 watt nya kalau kulkas yang anda beli berdaya maks.100 watt, dengan perhitungan saat start kulkas perlu 3 kali daya konsumsi running nya (100 watt x 3 = 300 watt), tidak akan trip MCB nya karena starting kulkas normal hanya terjadi dalam hitungan detik.

      Hapus
  42. Assalamualaikum pak Rudi.
    pak rudi saya mau tanya
    kulkas saya pas malem hari berdengung keras pak
    terus saya coba kurangi pengaturannya pak
    terus paginya saya lihat kulkas saya gak dingin pak.

    kira kira apa ya pak yang rusak ?
    tolong pak pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam,
      ibu Siskatria yth, maaf mungkin tanggapan saya kurang memuaskan tapi untuk sebuah pertanyaan teknik perlu kiranya dilengkapi data yang lebih akurat karena hanya dari situlah sebuah jawaban bisa disimpulkan, tetapi sebagai perkiraan mungkin suara dengung hanya dari getaran biasa yang terjadi karena kompresor yang dudukan karet nya sudah keras atau ada benda jatuh di area kulkas tersebut yang mengenai kompresor sehingga menimbulkan dengung, coba diperiksa dan jalankan kembali kulkas dengan setelan seperti biasa, benahi kaki kulkas dan setel ketinggian nya supaya rata dan tidak menimbulkan getaran yang terlalu kuat.
      Semoga tanggapan ini bermanfaat.

      Hapus
  43. pak sya beli toshiba 1 pintu,,,kompresor bunyi tapi gak dingin pa penyebabnya ya...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Rustam Fendi yth,
      Banyak kejadian kulkas menjadi tidak dingin akibat cara kirim (transportasi) yang salah yaitu kulkas terlalu miring atau malah berbaring/horizontal, itu tidak boleh karena akan terjadi sirkulasi freon yang tidak lancar yang disebabkan oleh oli kompresor yang menyebar sampai ke evaporator.
      tegangan listrik yang drop/turun pun bisa jadi penyebabnya.

      Hapus
  44. Pak kulkas saya sanyo 1pintu. Saya baru bersihkan bunga es dengan cabut stop kontaknya. Setelah selesai dibersihkan dicolok lg stop kontaknya. Kulkas dingin dan berfungsi tetapi beberapa jam kemudiam kulkas tdk dingin dan bunyi tek tek tek beberapa kali. Kenapa ya? mohon bantuanya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sobat blogger/aha yth,
      Berdasarkan bunyi "tek tek tek" yang anda sebutkan itu biasanya berasal dari suara overload protector yang on/off terus karena kompresor tidak bisa start, sumber masalah biasanya dari relay yang rusak, tegangan listrik drop dll.
      untuk memastikan relay baik atau rusak setelah dilepas dari kompresor dengan cara di goyang2 dan apabila terdengar suara seperti ada sesuatu yang pecah atau lepas di dalam silahkan diganti saja.
      untuk melihat rupa relay dan posisinya di kompresor silahkan lihat post ini:
      http://bengkelmania.blogspot.com/2014/02/diagram-pemasangan-relay-kompresor.html

      Hapus
  45. pk rudi gimana cara menentukan brpa pk kapasitas kompresor sebuah kulkas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila tidak ada keterangan di nameplate nya maka kita bisa mengukur ampere nya saat kompresor hidup.
      Sebagai patokan nya ini saya tampilkan hasil kalkulasi dari rumus yang dibulatkan :

      1 pk = 746 watt / 3.39 ampere.
      1/2 pk = 373 watt / 1.7 amp
      1/4 pk = 186 watt / 0.85 amp,
      1/8 pk = 93 watt / 0.425 amp.

      Hapus
  46. mau tanya pak, showcase saya tidak dingin. saya udah ganti relay,tetap ga dingin juga. relaynya panas, kompresor tidak bergetar/mati. kompresornya dingin. apa kompresornya yang mati atau ada komponen lainnya yg rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nalyadigitalcraft,
      selain relay ada juga komponen lain yang berdampingan yaitu overload protector dan untuk beberapa tipe showchase lainnya terutama yang berukuran besar biasanya ada komponen lain sebagai pembantu starting maupun running yaitu Capacitor, pastikan komponen2 tersebut dalam kondisi baik dan apabila melakukan penggantian harus lah sama spesifikasi nya.

      Hapus
  47. minta tolong tanya pak, kulkas saya sanyo 2 pintu, kemarin tiba-tiba terdengar dengungan keras dr belakang frezer, dan freezer tidak menjadi dingin, es yang di dalam mencair, kenapa ya pak, dan saya juga ada freezer LG , kalau habis ambil es batu, ketika pintu di tutup, maka terdengar bunyi mendesis keras dr kompresornya . Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Wiwik,
      Mungkin yang anda maksud dibelakang freezer pada kulkas 2 pintu itu adalah evaporator, biasanya yang mengakibatkan dengung atau suara semacamnya adalah fan/kipas didekatnya yang berputar dan ada sesuatu yang kena ke kipas yang sedang berputar tersebut (biasanya es), bila dibarengi dengan freezer atau bagian bawah tidak dingin bisa jadi ini indikasi ada suatu komponen yang rusak atau kulkas perlu diservis.
      Sedangkan pada Freezer LG maupun freezer lain pun sama bila didalamnya kosong atau tanpa beban pendinginan akan jelas terdengar suara desis dari sirkulasi gas freon nya, sedangkan apabila suara tersebut berasal dari kompresor (tentu dengan bunyi berdeda) hanya akan terjadi pada menit2 awal saja dan akan terdengar lebih lama bila freezer sudah ada beban pendinginannya,

      Hapus
  48. Pak Rudi, saya punya lemari es freezer merk Toshiba 1 pintu, apabila 3 hari- 4 hari sekring stavolt putus, saya ganti tapi putus lagi. Kemudian selang kurang lebih 1 hari dipasang lagi, bisa. padahal baru beli 1 minggu. apakah penyebabnya pak, mohon penjelasa, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Dean Ara,
      Kenapa harus pakai stavolt ... apakah listrik dirumah anda tidak stabil ? .... jika ya seharusnya sekring di stavolt anda tidak gampang putus kecuali sekring nya kekecilan nilai amp nya, sebaiknya kalau memang harus memakai stavolt maka gunakan yang berkualitas, tipe servo motor dan daya output nya 500 watt (AVR500) supaya tidak justru membuat kulkas anda cepat rusak.

      Hapus
  49. minta tolong pak..
    kulkas showcase tidak dingin.
    padahal listrik normal, kompressor normal, fan normal
    tapi di pipa kapiler mengembun.
    solusi pak..
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ramadhan,
      sepertinya showcase anda menyempit atau mampat lubang kapilernya tetapi akan lebih baik jika melakukan tes kompresi pada kompresor nya juga.

      Hapus
  50. saya ada kulkas SHARP 2 pintu, pada over loadnya panas terus sehingga kompresor nyalanya hanya sebentar terus berulang-ulang mati hidupnya kompresor, sebelumnya over load sudah di ganti baru tapi masih begitu blm ada perubahan. kira-kira apanya ya pak untuk kerusakan seperti itu. mohon pencerahanya pak untuk solusinya. trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Cahyo,
      untuk mengatasi masalah ini maka awalnya kita harus mengetahui arus/ampere yang terukur saat kompresor hidup, arus yang terukur di ampere meter tidak boleh melebihi seperti yang tertera pada label/nameplate nya, apabila memang lebih besar maka akan mengakibatkan overload cepat panas dan putus, tetapi apabila arusnya sesuai tapi sering mati maka ada kemungkinan overloadnya sudah rusak dan mengganti overload ini speknya harus sama seperti yang aslinya.

      Hapus
  51. salam pak saya mau tanya saya baru beli kulkas thosiba glacio 2 pintu baru saja di gunakan saya mrasa terganggu dengan bunyinya agak keras beda seperti kulkas sblmnya suaranya adem untuk dingin saat ini tidak ada masalah cuma masalahnya suara agak brisik. sekitar 5-6jam tidak tidak ada suara. setelah kulkas saya buka gak lama sura brisik kembali mohon pencerahanya pak terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu/pak Penanya yth
      Darimana sumber suara itu timbul tidak anda jelaskan namun pada kulkas baru kemungkinan berasal dari getaran kompresor yang belum berpijak dengan "nyaman" ditempatnya, pada beberapa contoh mungkin dengan cara menyetel kaki kulkas bagian depan bisa teratasi masalah ini atau melihat dan mendengar langsung pada bagian belakang biasanya suara itu timbul dan perbaiki.
      jika suara timbul dari dalam kemungkinan dari fan evaporator yang menyerempet es dan untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara menyetel pengatur suhu ke nomor lebih kecil atau mengurangi menyimpan bahan makanan yang basah/tanpa pembungkus.

      Hapus
  52. Misi om kulkas ane 2 pintu...yg atas(freezer) gak dingin sementara yg bawah kurang dingin.blm mencapai dingin compressor langsung mati...kira2 apa masalah kulksl ane om? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nando,
      Kulkas 2 pintu (no frost) perlu bersih-bersih (service) kira-kira satu kali dalam 3 tahun, jika tidak biasanya akan terjadi blocking ice di evaporator yang disebabkan oleh salah satunya saluran pembuangan yang tersumbat,
      silahkan lihat post saya yang terkait :
      http://bengkelmania.blogspot.com/2010/01/kulkas-dingin-sebagian.html

      Hapus
  53. Maaf pak mau nanya, saya punya freezer electrolux tipe ECM2900, masalahnya kalo frezeer sudah beku, pintu frizer tidak bisa d buka, bisa d buka kalo sudah d matikan dan bunga es mencair. Itu solusinya bagaimana y pak?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Kartika
      Cara untuk membuat pintu penutup freezer tidak lengket adalah dengan cara mengurangi menyimpan makanan yang banyak mengandung air atau basah, misalnya sayuran/buah/bahan makanan lain yang baru dicuci sebaiknya ditiriskan dulu atau dimasukan ke dalam wadah berpenutup atau masukan ke dalam kantung plastik.
      apabila freezer tidak dipakai sebagai pembeku (ikan, daging dll) settingan pengatur suhu jangan terlalu tinggi supaya mesin/kompresor lebih sering istirahat, hal itu akan membuat bunga es tidak cepat tebal dan lebih sering mencair dan terbuang ke wadah pembuangan.

      Hapus
  54. maaf pak,,saya mau tanya,,,kulkas saya 1 pintu tidak mau hidup compresornya,,saat saya cek dengan multi over load dan compresor bagus, setelah di hidupkan ..hanya beberapa detik over loadnya mati,,,mohon pak bantuan dan solusinyanya,,,,
    terimakasih banyak pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Eko ...
      Overload ketika kita cek menggunakan multitester mungkin tidak rusak/putus tetapi bila bimetal di dalam nya pecah akan membuatnya cepat memutus arus.
      Kompresor meskipun setelah diukur resistansi gulungannya normal tetapi kita belum bisa mengetahui apakah mekanis nya masih bagus atau tidak sebelum melihat langsung bagian itu.
      Dan satu lagi anda tidak menyebutkan kondisi relay nya baik atau tidak, demikian tanggapan saya semoga bermanfaat.

      Hapus
  55. selama siang Pak Rudi Mau tanya kulkas saya di rumah nyalanya lama dan mati hanya sebentar kurang lebih satu jam dan menyala kembali. apakah kulkas saya tidak normal. menurut saya kurang efesien terhadap penggunaan arus listrik. mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Zubairi ...
      Anda tidak menyebutkan jenis dan tipe kulkas anda tetapi pada umum nya apabila kulkas masih normal (kompresor) akan bisa kita atur siklusnya sesuai kebutuhan tetapi mungkin anda bisa coba tips dari saya ini :
      Apabila freezer tidak digunakan sebagai tempat menyimpan bahan makanan (Daging/ikan) maka isi/buatlah beberapa es batu (air dalam kantong plastik), hal ini akan membuat suhu dingin didalam kulkas lebih stabil, dengan suhu dingin yang bertahan lama maka akan membuat kompresor istirahat lebih lama.
      Demikian tips tersebut untuk kulkas yang tidak sedang mengalami gangguan saja karena kalau tidak justru akan memperberat beban kulkas itu sendiri.

      Hapus
  56. Sore pak sy mau tanya show case sy 300w. Trafo nya terbakar kalo di nyalakan jadi konslet ukuran trafo nya barapa pak. Sy mau coba ganti sendiri. Mohon pecerahan dari bpk. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Suwan di ....
      Trafo pada bagian mana yang anda maksud ?
      bila Trafo stabilizer biasanya sulit di cari penggantinya pak, harus beli unit baru.

      Hapus
  57. Saya ada kulkas LG satu pintu rusak pintunya, tapi kompresor dll masih jalan bagus, mau saya jual aja kira2 di terima berapa yah. Lokasi di Bandung daerah Cibaduyut.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ardian ...
      Saran saya perbaiki dulu pintu yang rusak nya (kalau pintu dalam bisa diganti) supaya punya nilai jual yang tinggi karena kalau dalam keadaan seperti itu tentu tidak akan layak pakai dan akan membuat harganya jauh lebih murah.

      Hapus
  58. salam kenal om. mohon pencerahaannya saya punya kulkas 2 pintu merk sanyo ada problem bunga es ada tapi kalo kita bikin batu es tidak bisa beku yg kedua kompresor panas tidak bisa padam kira kira apa probelem nya ya om. langkah yg sudah saya lakukan pertama ganti fan yg kedua ganti termostat tapi hasilnya nihil om thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Didi Abdillah ....
      Anda katakan sudah mengganti fan berarti kulkas anda no-frost namun tidak anda sebutkan bunga es yang anda maksud dibagian mana nya, pada umumnya kulkas no-frost mengalami masalah ice blocking di evaporator nya dan itu sebagian besar disebabkan oleh sekurang-kurang nya satu komponen rusak namun ada juga yang karena saluran pembuangan nya mampet sehingga dengan hanya membersihkan nya saja masalah kulkas tersebut sudah teratasi, kerusakan lainnya yaitu disebabkan oleh kompresor rusak atau saluran/pipa refrigerant (freon) yang bocor dll, tidak banyak yang bisa saya bantu untuk anda disini tetapi anda bisa coba memberi penjelasan lebih rinci lagi terkait langkah yang telah anda lalukan.

      Hapus
    2. selamat siang pak rudi,
      saya punya kulkas polytron tidak dingin lg.
      kalau saya amati compressornya nya hidup dan kurang dari 5 menit lalu mati.
      setelah saya ukur currennya normal 0,7 ampre..
      tp saya heran, saat copressor mati terdapat aliran listrik rendah pada body compresor (saya test dengan testpen) dan sebaliknya.
      mohon penjelasan kerusakan yang terjadi pd kulkas saya dan bangaimana cara perbaikannya.
      terima kasih.

      Hapus
    3. Coba anda ganti dulu overload protector nya sedangkan mengenai kompresor yang terdapat aliran listrik (ketika di test pakai tes pen) itu tidak masalah karena biasanya tegangan atau aliran listrik tersebut sangat rendah sehingga tidak berbahaya, untuk mengatasi nya cukup perbaiki grounding jaringan listrik nya terutama untuk yang dipakai ke kulkas tersebut.

      Hapus
    4. terima kasih pa rudi..
      maaf pak untuk perbaikan awal sudah saya lakukan dengan mengganti overload baru, namun masalah yang sama masi terjadi.
      apkah langkah selanjutnya yg saya lakukan terima kasih.

      Hapus
    5. Jika overload sudah anda ganti (dengan spek yang sama) namun kompresor tetap masih mati setelah hidup kurang dari 5 menit maka kemungkinan lain dari masalah ini adalah sensor termostat sudah terlalu sensitif, untuk testing kompresor silahkan anda lepas sensor termostat (kawat yang menempel ke evaporator) dilepaskan dulu atau jangan ditempel ke evaporator atau anda jumper kabel nya tanpa melalui termostat.

      Hapus
  59. salam kenal mas..
    saya Parulian Pasaribu. saya punya kulkas polytron 1 pintu, kulkas saya kondisinya tidak dingin lagi berhubung compressornya hidup sebentar dan kurang dr 5 menit mati kembali..
    saya sudah coba beberapa langkah pengecekan diatas semuanya normal.
    pada saat compressor mati saya coba tes body compressor dengan testpen terdapat arus listrik sedangkan pada saat compressor hidup arus listrik tersebut mati.
    mohon bantuan penjelasan kerusakannya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo pak Parulian, salam kenal
      Anda butuh sebuah clamp meter atau tang amper untuk mengukur arus yang terpakai oleh kompresor ketika hidup, bandingkan dengan pemakaian arus (current ampere) yang tertera pada nameplate/label yang biasanya di tempel dibelakang kulkas, kompresor dengan gulungan yang masih bagus akan berada tepat/sesuai dengan spesifikasi teknik nya bahkan cenderung lebih rendah tetapi apabila naik sangat jauh maka akan membuat overload protector nya memutus listrik sementara. namun bila ampere nya bagus tetapi tetap seperti itu maka kemungkinan overload protector nya yang rusak atau relay nya, silahkan anda coba cek kembali, semoga bermanfaat.

      Hapus
  60. sy mau nanya...
    kalau kulkas satu pintu merk sharp waktu di hidupkan suara kompresornya bagus tapi setelah beberapa detik kompresornya mati.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Jen Hieb ...
      salah satu penyebab biasanya OLP atau overload protector nya rusak.

      Hapus
  61. mau tanya pak....
    saya punya kulkas 1pintu merk LG, tidak dingin, saya pegang kompressornya panas dan tidak ada getaran sama sekali, kata tetangga itu kompressornya yg rusak, apakah benar pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Sonny ...
      kita harus melakukan pengecekan menggunakan beberapa alat untuk memeriksa kompresor tersebut dan selain itu komponen lain yang terkait dengan kompresor itu juga mungkin yang rusak, jadi belum tentu hal demikian memastikan bahwa rusak kompresor nya.

      Hapus
  62. Saya mau tanya pak....
    Saya punya freezer....tp sekarang tidak dipakai lagi....saya harus bagaimana agar freezer tidak rusak jika tidak aktif dlm jangka panjang?....apa bisa rusak kalo freezer lama tidak dipakai?....mohon bantuannya pak....untuk merawat freezer yg tidak terpakai lagi......sebelumnya terima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Freezer sebelum disimpan/tidak dipakai dalam jangka waktu lama sebaiknya dicuci bersih baik bagian luar maupun dalam nya, hal ini untuk menghindari terjadinya karat pada bodi dan sistem pendingin nya terutama pipa-pipa dan evaporator nya karena karat akan membuat sistem menjadi bocor dan akan kehilangan freon melalui kebocoran tersebut dan selain itu dengan kondisi yang bersih tentu akan menghambat berkembangnya kuman yang membuat freezer menjadi bau.

      Hapus
  63. pak rudi

    kulkas saya satu pintu LG tidak mau padahal sudah menyala terdengar bunyi tek tek, awalnya bersihin freezer mohon bantuan pak

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bapak Vara yth
      coba anda periksa relay nya, jika anda goyang2 terdengar seperti ada yang lepas atau seperti ada suara pasir didalam nya silahkan diganti, untuk melihat gambar relay tersebut silahkan buka artikel saya dengan judul "PTC relay".

      Hapus
  64. Pak..
    Sy punya kulkas sanyo 1 pintu lampu menyala tp tdak dingin. Apakah freon nya habis,pak?
    Oiya,kulkas nya tidak bunyi sama sekali.
    Makasi ya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Endah ...
      Kalau lampu interior nya nyala belum tentu kompresor nya hidup karena itu hanya sebagai penerang saja, freon tidak akan pernah habis tanpa sebab kecuali ada kebocoran akibat karat, tertusuk benda tajam pada freezer/evaporator nya dll.
      kalau tidak terdengar bunyi (kompresor) sama sekali maka kita bisa coba periksa pengatur suhu atau termostat nya, jika rusak maka harus diganti tetapi kemungkinan lain bisa juga dari overload protector atau relay nya yang terdapat pada kompresor.

      Hapus
  65. Slamat malam pak Rudi..
    Sya mau tanya..
    Bulan kemarin saya beli kulkas sharp 1 pintu..
    Sejak kemarin sya coba nyalain tapi dalam waktu 3-5 menit.. Kompresor sma dinding luar kulkas sebelah kanan sma kiri jadi panas bangat..
    Kira2 apa kerusakannya pak..
    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Sebry ....
      saya tidak mendapat keterangan tentang seberapa panas nya bodi kulkas anda itu namun jika itu tidak lebih dari 40 atau 50 derajat celsius saya kira itu wajar apalagi jika sebelum nya kulkas dalam keadaan tidak aktif, kulkas memang akan mengeluarkan panas/kalor yang tinggi ketika ruang di dalamnya masih belum dingin, panas atau kalor yang ada didalam kulkas akan diserap oleh evaporator dan kemudian dilepas diluar melalui kondensor yang merambat ke bodi kulkas nya itu sendiri, proses ini terus berlangsung tetapi lambat laun suhu panas diluar kulkas ini akan turun seiring hawa dingin yang terjadi didalam nya, demikian pak Sebry, semoga bisa difahami.

      Hapus
  66. siang pk rudi
    sy punya kulkas 2 pintu merk NATIONAL.kondisinya apa bila kulkas di colok,MCB meteran langsung down.kira2 apa yg korslet pk.soalnya kapasitornya sdh sy ganti masih begitu.mohon pencerahnya pk.terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita harus melakukan pemeriksaan dari berbagai hal, pertama pada kompresor dan kelengkapannya seperti relay, overload protector dan ya bisa juga kapasitor nya walau penyebab dari konslet ini bukan dari komponen tersebut, kemudian karena ini kulkas 2 pintu mungkin termasuk jenis no-frost yang memiliki sistem yang berbeda dengan kulkas biasa (direct cooling) yaitu terdapat beberapa komponen lain seperti timer, heater, fan evaporator dll, silahkan lakukan pengecekan lanjutan dan periksa komponen lain seperti yang telah saya sebutkan diatas.

      Hapus
  67. Salam Pa Rudi Halim !
    Maaf mau konsul nih !
    Kakakku punya kulkas 1 pintu merk samsung,tapi bagian overloadnya hangus.Sudah dicoba diganti dengan yg baru tapi setelah dicolokan ke PLN hasilnya :" Mesinnya bergetar agak keras sebentar kemudian dari overloadnya tercium bau seperti hangus,disertai suara keletk lalu mesin pun mati "
    Apa kira2 penyebabnya dan cara mengatasinya? mksh Pa Rudi Halim ....
    Diukur pakai AVO skla 1x menghasilkn -/+ 1.5 ohm bagian mesinnya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Didin Saripudin yth ..
      selain mengganti overload protector nya anda pun harus memeriksa relay nya juga dan pada beberapa tipe kulkas samsung ada yang menggunakan kapasitor running dan starting juga, cobalah untuk mengulangi pemeriksaan nya dan pastikan juga anda mengukur pin gulungan kompresor tersebut ke bodi/ground untuk mengetahui apakah terjadi short/konslet ke bodi atau tidak.

      Hapus
  68. pak tlong d list dong kelebihan dan kekurangannya secara garis besar antara kulkas merk samurai dan yg merk lg yg 1 pintunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Aleksandrio ...
      Saya melihat banyak kulkas produksi Sharp menggunakan kompresor LG, sehingga saya beranggapan bahwa lebih banyak kemiripan spesifikasi pada kedua merk ini dan secara kualitas pun nyaris sama, tinggal kita sebagai konsumen jeli memilih model/tipe mana yang lebih unggul, dengan harga cocok dan sesuai kebutuhan kita.

      Hapus
  69. Pak Rudi.....

    Saya mempunyai freezer box sanyo buat makanan beku dan ice cream....trakhir saya pakai kondisinya baik sekalii...lalu sy tdk pernah mengunakannya lagi....nah skrg sy gunakan lagi freezer tsb dia hidup seperti normal dengan mesin yg tdk berisik dan lampu nya menyala...tp tdk mengeluarkan udara dingin dan membeku kan makanan pak...klo boleh sy tau freezer sy knp ya pak....trimakasih sebelumnya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mrs. Valentino yth ..
      Kemungkinan Freezer anda mengalami kebocoran sehingga gas refrigerant nya (freon) habis terbuang, hal ini disebabkan bahan piping freezer terbuat dari bahan yang kurang tahan terhadap karat, piping atau pipa-pipa saluran freon ini jadi berkarat oleh air yang mengandung kadar garam yang tinggi dari makanan yang tadi nya dibekukan di dalam nya, namun kemungkinan lain bisa saja dari kompresor nya yang tidak hidup karena kabel nya yang terputus oleh tikus.

      Hapus
  70. saya punya kulkas mini merk sanken permasalahannya adalah jika kulkas dalam keadaan dingin dan ada bunga es di bagian freezer maka kompressor akan otomatis mati tapi disaat bunga es tersebut sudah mencair semua mesin kompresor tidak mau menyala jadi hrus dinyalakan manual dengan cara memutar setelan pengatur suhu ke off dulu baru diputar ke high atau posisi nyala,knapa bisa demikian??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Yuanda ...
      saya kira termostat kulkas anda sudah seret mekanisme nya, sebaiknya diganti.

      Hapus
  71. Assamu'alaikum
    Pak Rudi

    Saya punya kulkas LG dan Panasonic.. I unit LG 4 unit Panasonic.. LG pengaturan dimin 24-26 jam es batu sudah jadi dan apabila pengaturan dimax 20-22 jam. Sedangkan pada Panasonic butuh sampai 35 jam (sudah dicari pengaturan min Max tidak ada).. Secara target sudah tidak tercapai.
    Apakah ada cara untuk membuat kulkas Panasonic lebih cepat waktu yg dibutuhkan untuk menjadi es batu (kapasitas sama 30 es batu, stabilizer, instalasi kabel, ruang sirkulasi udara sama,, dll semua sama)
    Apakah ada cara Pak untuk Panasonic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.
      Dear pak Andar, saya sedikit kesulitan menjawab karena anda tidak menyertakan spesifikasinya secara lengkap, apakah yang anda maksudkan disini Freezer standing/box, pengaturan suhu atau termostat merupakan komponen penting dan tidak mungkin pabrikan mengeluarkan produk pendingin nya tanpa pengatur suhu, pengatur suhu tidak harus berada didalam unit dan untuk penempatan diluar biasanya berada di bagian belakang atas atau dibawah dekat area kompresor.
      bila ada perbedaan kemampuan produksi hendaknya kita bandingkan spesifikasi masing2 apakah benar2 sama atau ada perbedaan pada misalnya konsumsi listrik, design dll, jika dalam satuan watt terjadi perbedaan maka sudah pasti biasanya yang watt nya lebih rendah akan lebih lambat dinginnya dan untuk design yang kondensor nya berada diluar biasanya lebih cepat dingin apalagi yang dilengkapi kipas ekstra.
      Untuk mempercepat produksi es sepertinya syarat2 umumnya sudah anda ketahui dan sudah diterapkan namun bila merasa belum puas maka cara modifikasi mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yaitu dengan cara menambahkan kondensor eksternal namun hal ini harus dilakukan dengan perhitungan yang matang supaya hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

      Hapus
  72. Saya baru beli kulkas second barangnya persis ini http://www.lazada.co.id/toshiba-kulkas-mini-portabel-glacio-xd7-gr-n9p-silver-120938.html Konon kata yg punya pertama kali jarang dipake. Tapi setelah saya nyalakan sehari, freezer ga berfungsi (es batu ga jadi). Minuman juga ga dingin. Karet saya cek masih rapat. Tapi saya bingung cara ngecek yang lainnya, walaupun sudah baca sebagian komentar di atas. Mungkin klo ada video, jadi agak memudahkan.
    Thanks before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Ireol, dalam keadaan normal bisa langsung terasa dingin kulkas ini karena memiliki freezer yang besar, coba anda putar termostat nya ke arah lebih dingin atau mungkin memang dalam posisi off sehingga tidak juga menjadi dingin karena kompresor nya mati.
      terima kasih atas masukan tentang video nya, saya sangat mengapresiasi dan mudah2 an kedepan bisa saya tampilkan pada post terbaru.

      Hapus
  73. Pak saya mau Apa yang di maksud overload mohon bantuannya terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Overload atau kelebihan beban listrik pada mesin pendingin biasanya disaat kompresor mau hidup (starting), kalau kompresor bermasalah misalnya macet/tidak mau hidup maka akan menyerap tenaga listrik yang besar, oleh karena itu dilengkapi OLP atau singkatan dari overload protector yang cara kerjanya mirip MCB pada meteran listrik PLN namun bedanya OLP akan kembali on sendiri beberapa saat setelah off akibat beban listrik kompresor yang melampaui batasannya.

      Hapus
  74. maf mas mw tanya kulkas saya merk goldstar 1pintu,bberapa hari yang lalu saya bersihkan kulkas dari bunga es yang menumpuk dan membersihkan bagian penyimpanan dalmnya hal tersebut sudah rutin 1bulan sekali saya lkukan dan normal,,tetapi saat kmren saya lkukan hal tersebut ketika sudah beres saya bersihkan dan akan dinyalakan kontak kulkas ny,tiba tiba motor kompresor nya tidak aktif,mati tetapi lampu dalam nya nyala,,sya coba cek relay ptc dan overload ny,relay msh bgs kepingan nya tdk pecah,sy gnti overload yg baru dgn tipe yg sama,alhasil tetep kompresor tidak nyala,mhon sranya mas apa yg hrs sy lkukan tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah untuk memeriksa termostat atau pengatur suhu nya, bila alat ini rusak dengan ditandai tidak ada koneksi dari pinout 1 dan 2 ketika di tes menggunakan avometer maka silahkan diganti (posisikan penunjuk suhu nya di posisi "cold: ketika mengukur).

      Hapus
  75. Pak rudi
    Panasonic NR-16G-HT
    Blm ketemu tempat pengaturan min dan max nya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Andar
      Freezer panasonic anda sebenarnya diproduksi dengan 2 tipe yang berbeda yaitu NR-16G-HT dengan konsumsi listrik hanya 95 watt dan NR-17G-HT 135 watt yang diklaim mampu mendinginkan lebih cepat dengan hanya 10-12 jam saja dalam keadaan diisi penuh dan memang dilengkapi pengatur suhu yang tidak bisa di stel atau non adjustable.

      Hapus
  76. selamat pgi bapak Rudi,
    sya bru membeli kulkas merk toshiba glacio satu pintu,(GR-Y188GD) setelah sya hubungkan ke listrik dari sore (jam4) sampai tengah malam berbunyi mendengung terus menerus tanpa berhenti. kemdian paginya perhatikn kembali kulkas mengeluarkan bunyi tekkk kemudian berhenti selama lima menit dan berbunyi lg kurang lebih setengah jam dan mati lagi bunyi lg seterusnya. yg sya tanyakan apakah hal tersebut normal, jika tidak normalnya kulkas bekerja (bunyi) brp menit sekali dan berhenti brp lama.soalnya pengalamn sy dl jg prnh beli kulkas merk Toshiba Glasio (lupa typenya) antara suara yg dikelurkan dg berhenti (istirahat) seimbang tidak trlalu lama.
    Apakah perlu kulkas trsbt sya tukarkan kembali ditoko tempat sya membeli
    trimaksih sebelumnya, atas informsi bapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Zaenal,
      kulkas perlu penyesuaian dengan kondisi yang ada, selain dari pada spesifikasi kulkas itu sendiri juga dari beban/isi di dalam nya, jika kita ingin supaya kulkas hidup dan mati secara seimbang maka bagian freezer sebaiknya diberikan beban pendingin yang cukup, isilah freezer dengan setidaknya 1 liter air di dalam kantong plastik, air ini nantinya akan membeku dan akan menyimpan suhu dingin yang lebih lama didalam kulkas, alhasil mesin kompresor pun akan lebih lama beristirahat.
      kulkas-kulkas terbaru dirancang untuk lebih hemat listrik dan harga lebih murah, hal-hal diatas tentu berpengaruh terhadap kemampuan nya jadi apabila kita bandingkan dengan kulkas generasi sebelumnya pastilah sedikit banyak akan berbeda.

      Hapus
  77. saya baru beli kulkas polytron showcase....setelah saya test selama tiga jam kok ngga dingin dingin ya,,, padahal udah nyala, kipasnya muter,, pengatur suhu nya sudah saya on kan, dan sampai full, tapi masih ngga dingin...gimana solusinya pak kira-kira???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Candar chan
      Gunakanlah termometer untuk melihat kemajuan dari penurunan suhu nya supaya lebih akurat, apabila tetap tidak ada progress maka sebaiknya anda memeriksa kompresor nya apakah hidup atau mati, bila mati akan lebih bijak bila langsung menghubungi bagian servis resmi polytron supaya klaim garansi nya tidak hangus.

      Hapus
  78. Apakaha bisa dimodif pak rudi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Andar, apakah pertanyaan anda ini terkait freezer Panasonic NR-16G-HT diatas ?
      up grade bisa saja dilakukan namun saya sarankan sebaiknya tidak usah karena biasanya tidak efisien, cara paling gampang dan murah adalah dengan cara membantu pelepasan panas pada kondensornya dengan memasang kipas angin (blower fan) mirip seperti pada radiator mobil.

      Hapus
  79. Assalamu'alaikum Pak.. saya mau nanya, Kulkas saya mengalami masalah hidup - hidup Mati.. saya udah bawa ke tukang servis.. saran tukang servis ganti mesin di belakang kulkas tsb.. yg jadi pertanyaan saya, apakah memang harus di ganti mesinnya, atau hanya komponen di dalam mesin nya aja yg di ganti..? mohon keterangannya Pak.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      kompresor kulkas tidak tersedia sukucadang baru apabila ada salahsatu bagian di dalamnya rusak terkecuali dilakukan penggantian dari kompresor lain yang sejenis (bekas), namun kita berhak untuk bertanya apakah kerusakan kulkas tersebut bukan dari overload protector, capacitor atau relay nya saja yang umumnya terjadi sebelum kerusakan kulkas tersebut langsung pada kompresor nya.

      Hapus
  80. ass, mas rudi saya mau nanya nih, kemarin say servis kulkas satu pintu lg, frezernya bolong kena pisau, setelah saya tambal terus saya isi preon, kok cuma beku sebelah kiri, yang sebelah kanan tidak beku, gmn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam,
      mungkin feon nya kurang, coba diisi sesuai anjuran yang tertulis di nameplate nya atau tekanannya 12 psi untuk R134a.

      Hapus
  81. Pak Rudi mohon pencerahannya, saya punya kulkas SHARP VR-175 type ini saya lihat di belakang tapi agak samar mudah2an betul, sudah lama tidak dihidupkan baru2 ini saya coba hidupkan eee.. gak bisa dingin dibelakan hanya bunyi tek tek tek saya coba ganti riley nya kompresor hidup tapi gak dingin-dingin juga gimana ya mengatasinya? oh ya VR-175 ini berapa PK nya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ocoi ...
      ini kulkas Sharp nice crystal ya pak ... VR-175 itu biasanya pakai kompresor buatan LG VS36AJG, 1/10 pk. dan jika lama tidak dipakai biasanya bocor pipa kondensor nya yang dibagian depan bawah.

      Hapus
  82. Pak saya ingin bertanya, saya punya kulkas pak namun tiba" kulkas saya tidak dingin lagi. pada saat saya pegang compresornya panas pak, namun kok kulkas saya tidak dingin ya. mohon pencerahannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ridoha ...
      coba anda periksa dan ganti relay nya karena mungkin rusak sehingga kompresor ini tidak running atau hanya berusaha untuk starting saja dan menjadi panas.

      Hapus
  83. mohon pencerahan, kompresor yang bertuliskan
    Model FN43Q67G
    115 V 60 Hz 1PH R12
    LOCKED MOTOR 7,14 A
    bagaimana meng artikan nya? dimana ukuran PK nya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ocoi ...
      pada tulisan diatas kita bisa menentukan kapasitas kompresor melalui nilai ampere nya (7.14 A) namun saya lupa bagaimana cara mengkonversikannya ke 220V 50Hz (sesuai tegangan listrik di negara kita sekarang).

      matsushita FN43xxxx adalah 1/8 hp.

      Hapus
  84. salam pak rudi saya mau tanya mesin chiler merk kompresornya ASPERA T6220E r22 1ph soket yg nempel di body kompersor 3 bji di tester pake ohm kontak kebody chiler jadi nyetrum pak,mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Anggi .... jika hal itu dikarenakan rusaknya lapisan mika isolator kawat email nya maka tidak ada cara lain selain menggulung ulang kompresor tersebut atau menggantinya.

      Hapus
  85. Bapak Rudi yang kami hormati, saya barusan mengganti Relay/PTC kompresor kulkas FN43Q67G, tapi kulkas tidak juga bisa dingin padahal kompresor bekerja, ini saya tengarahi dengan adanya suara di ovaperatornya yang berbunyi krucuk-krucuk seperti air dituangkan, mohon pencerahannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rizal Bahril ...
      Timbulnya suara asing di evaporator menandakan bahwa ada cairan didalamnya secara berlebihan, cairan ini adalah oli kompresor yang terjebak disitu dan tidak bisa kembali ke kompresor, untuk mengeluarkannya diperlukan freon R11 atau R123 yang ramah lingkungan sebagai bahan penguras lalu didorong dengan gas nitrogen untuk mengeluarkan semuanya sampai bersih, setelah itu kompresor harus di cek kemampuan pompa-an nya karena dengan hilangnya sebagian oli biasanya mengakibatkan komponen mekanisnya aus lalu setelah bisa dipastikan masih layak pakai maka harus diberikan oli baru sebagai pengganti oli yang terbuang.

      Hapus
  86. salam kenal pak rudi,saya punya masalah sama ice lined (kulkas vaksin merk Haier HBC 70 150 watt) saya baru ganti kompresor baru 1/4 pk dgn merk berbeda.setelah isi freon amper nya tinggi sampai 4 trus gk lama kapasitornya malah meledak,saya coba ganti juga kapasitor dgn tipe sama 80 mf tapi tetap meledak juga.kompresor,kapasitor dan body kulkasnya panas banget pak,kira2 masalahnya di mana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dan salam kenal juga pak Devino ...
      mencermati tulisan anda saya berpendapat bahwa kompresor pengganti nya terlalu besar, seharus nya anda cukup menggunakan kompresor 1/5, sebagian kendala sudah anda sebutkan dan sepanjang pengetahuan saya biasanya masih ada beberapa kendala lagi yang lainnya, lalu mengenai kapasitor yang meledak biasanya ini ada kekeliruan pada instalasinya ,,,, misalnya 80 mf ini kan untuk kompresor seukuran itu biasanya sebagai kapasitor starting namun karena salah pemasangan berubah fungsi menjadi kapasitor running yang tidak tahan menerima tegangan terus menerus sehingga meledak ...... demikian yang bisa saya jelaskan, maaf jika ada kekurangan.

      Hapus
  87. trima kasih pak,terus solusinya saya harus ganti kompresor lg pak,apa cukup ganti/gedein kapasitas kapasitornya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila tetap akan menggunakan kompresor tersebut maka ada beberapa yang harus anda tambahkan seperti menambah pipa kondensor agar sesuai untuk kompresor tersebut, merubah ukuran pipa kapiler dll namun saya rekomendasikan mengganti kompresor yang sesuai saja (ganti) karena itu lebih mudah pengerjaannya dan hasilnya lebih maksimal dibanding melakukan modifikasi atas dasar coba-coba, mengenai kapasitor apabila anda membeli kompresor baru maka sudah tersedia dalam paketnya termasuk relay dan overload protector nya.

      Hapus
  88. Salam kenal gan.sya pnya kulkas 1 pintu.kmaren hbis ganti relay ma OLP.skarang udah nyala.tp gk lama mati lagi klo tabung compresorx panas.kra2 knpa ya?
    Mkasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas Khairul ...
      keterangan anda kurang lengkap, apakah setelah kulkas nyala kembali itu dingin dan beku di freezer nya atau tidak, relay dan olp nya harus sama spesifikasi nya lalu mengenai kompresor nya panas itu sebenarnya bisa kita abaikan selama tidak lebih panas dari sekitar 60-70 derajat celsius karena beberapa kompresor terkadang justru bekerja pada puncak beban nya pada suhu sepanas itu asalkan di dalam kulkas nya bekerja normal/dingin.

      Hapus
  89. salam kenal pak rudi

    saya mau tanya kulkas dirumah saya yg 2pintu sdh tidak dingin lagi,apa yg harus saya lakukan,baik yg dibagian frezer es batunya tdk mau beku,dibawah juga seperti itu dinginnya gak terlalu gak seperti bulan2 yg lalu,saya cek lampu masih menyala,saya cek kipasnya jg menyala,apa yg harus saya lakukan pak,apa mungkin ganti freon ato gmana?mohon solusinya

    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Rahma ..
      kulkas juga perlu perawatan secara berkala meskipun itu jarang tapi minimal 1 tahun sekali, kulkas yang tidak terawat bisa timbul gangguan seperti layaknya kulkas rusak atau sebenarnya kulkas tersebut hanya butuh dibersihkan pada beberapa bagian terutama bagian dalam nya namun memang itu butuh bantuan teknisi karena terlalu ringkih bila kita lakukan sendiri, setelah melewati proses cleaning dan bila mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki tentu teknisi bersangkutan harus melaporkannya pada anda, demikian bu Rahma semoga bermanfaat.

      Hapus
  90. Salam kenal pak. Mohon pencerahannya.
    Kulkas saya sanyo 1 pintu. Evavorator tertusuk garpu
    Tapi udah ditambal. Rencana mau saya isi freon sendiri
    Standarnya Berapa amper dan berapa psi compresornya
    Sekarang kondisi tidak dingin ampernya 0.56.
    Model compresor c-qn65l6c gak ada tertera amper.
    Tapi dibodi kulkas tertera 65 watt
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Budi, maaf bila jawaban saya terlambat dan untuk kompresor C-QN65L6C saat dalam keadaan standar adalah 05-06 amp, sedangkan pengisian freon nya ditimbang karena tergantung ukuran kulkas/freezer nya tetapi jika diukur berdasarkan tekanan itu biasanya antara 10-12 psi menggunakan freon R134a, setiap angka yang saya sampaikan itu tergantung juga dari kondisi masing2 kompresor, tegangan listrik dan kualitas freon nya.

      Hapus
  91. show case saya merk uchida masih baru mati lampu, mati kipas dan tentu saja tidak bisa dingin l meskipun kabelnya sudah saya colokkan ke sumber listrik. Awalnya normal pak, tapi kira kira pemakaian 2 bulan lampu dan kipasnya mati serta tidak bisa dingin padahal listrik dirumah kami menyala...mohon bantuannya pak Rudi Halim...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak atau ibu ....
      jika mati total seperti itu ada kemungkinan kabel utama didalam showcase tersebut terputus, itu bisa disebabkan oleh tikus atau hal lain yang sesungguhnya perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

      Hapus
  92. salam kenal pak rudi..
    saya baru beli kulkas toshiba galacio 2 pintu. ketika diantar krumah dan dicokkan kulkas bergetar kuat dan lampu kulkas mati. karena saya protes akhirnya kulkas tersebut diganti. besoknya kulkas baru didatangkan lagi tapi suaranya kencang skali semenjak dihidupkan bahkan dimalam hari kami tidak bisa tidur karena sangat berisik, klo siang hari bisa lah ditahankan.
    terkadang suaranya seperti ngeng...ngeng gtu tpi kencang sekali dan seperti ada suara baling baling yang terkena benda. apakah itu normal pdahal saya pake alat rotary untuk arusnya.
    rumah Saya arus nya 450 pak.
    hal ini sangat berbeda dengan kulkas yang saya beli 2 tahun yang lalu, dengan merek dan tipe yang sama dengan sekarang ini.
    bagaimana solusinya pak?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Asa gita .....
      Kulkas masa kini sangat halus sekali suaranya,suara asing biasanya berasal dari benda/part yang bergetar dan mengenai benda lainnya, alat rotary yang anda maksud itu travo step-up/down ? ...... ada baiknya jika anda setting tegangan keluarnya dengan sambil mengukurnya memakai volt meter agar output nya benar2 akurat.

      Hapus
  93. maaf mas tolong nanya. kulkas saya 2 pintu merk sharp pakai bunga es (model lama) . Beberapa hari yang lalu pintu atas evaportor dingin tapi gak ada bunga es jadi gak bisa buat es batu
    (kurang dingin),sedangkan pintu bawah dingin sampai dinding evaportor terjadi sedikit bunga es setelah temp saya set di cool maximum. apa penyebabnya ? dan gimana solusinya. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Danny...
      ada tiga kemungkinan terjadi pada kulkas anda saat ini yaitu :
      - Kompresor lemah daya dorong (memompa) freon nya sehingga hanya bisa mendinginkan satu ruang saja.
      - Oli terjebak di evaporator sehingga proses penguapan freon didalam nya terganggu
      - Ada kebocoran di evaporator atau kondensor yang menyebabkan freon semakin sedikit dan akhirnya akan akan habis.

      Hapus
  94. Pak, mhon pencerahannya..
    sy punya kulkas LG 1 pintu msh baru pemakaian 2 bulan.
    tiba2 terdengar letupan kecil dr belakang kulkas n mengeluarkan asap serta bau terbakar...
    kulkas langsung sy matikan stop kontaknya.
    lalu esoknya sy nyalakan lg kok tidak dingin pak? apa pnyebabnya?? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Barata ...
      Coba anda periksa kabel atau Relay dan OLP nya, jika kabel penyebabnya biasanya karena tikus yang menggerogoti isulatornya sehingga menjadi konslet.

      Hapus
    2. Pak mau tanya ya
      Saya punya kulkas 1 pintu merk Mitsubushi ada masalah pada kompresornya.
      Saat aliran listrik padam ( kabel power dicabut dari stop kontak ) dan dinyalakan lagi kompresor tidak mau hidup, harus digedor-gedor dulu pake tangan baru kompresornya mau start
      Yang saya mau tanya kenapa dengan kompresor kulkas saya
      Terima kasih atas jawabannya

      Hapus
    3. Pak Dwi....
      Mungkin sudah terjadi keausan pada mekanik kompresor kulkas itu sehingga berat berputar ketikaakan start, bisa diakali dengan cara menambahkan capacitor starting tapi hanya bersifat sementara saja.

      Hapus
  95. Pak mohon pencerahaan nya
    adakah alat untuk pengecekan kompresor yang baru di beli apakah rekondisi atau bener2 baru
    ( kompresor untuk Chiler . memasang nya harus di las)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Iwa....
      Belilah kompresor ditempat pembelian yang terpercaya dan recommended, bergaransi bahwa itu benar2 asli dan baru, cek running sebelum dibayar untuk melihat arus, suara, kompresi dan tidak ada oli yang keluar dari bagian discharge saat hidup, pastikan tidak ada bekas las pada bagian manapun, apabila anda bukan seorang teknisi sebaiknya didampingi teknisi berpengalaman, Demikian pak, semoga bermanfaat.

      Hapus
  96. Siang Pak Rudi, saya ingin menanyakan Kulkas saya yg bermasalah. Merk Sanyo umur belum 2 tahun.
    Awalnya pengatur suhu nya (Termostat) retak, dan tombol otomatis untuk mencairkan bunga es tidak kembali, sehingga kulkas dalam keadaan mati, tapi listrik tersambung. setelah tau ada masalah dengan kulkas saya, saya lepas stop kontak dr listriknya..
    setelah kurang lebih 2 minggu, saya panggil jasa servis, setelah diganti termostat ketika kulkas dinyalakan compresor tidak bergetar, diakali oleh orangnya dengan menggoyang2kan kompresor, kemudian dinyalakan lagi sempat bergetar sedikit kemudian mati, dan tidak bisa bergetar lagi sampai sekarang. kata orangnya harus ganti kompresor.

    Menurut bapak bagaimana..? Apakah masih bisa diperbaiki ? atau lebih efisien dengan beli baru...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Puguh....
      Dari keterangan awal yang anda jelaskan seharusnya kulkas bisa hidup normal kembali setelah termostat nya diganti baru kecuali sebelumnya sudah nyaris rusak juga Starting relay nya atau tegangan listrik saat kulkas dinyalakan kurang dari 220V, dalam hal ini tentu saya sering mengalaminya dilapangan sehingga jika sampai rusak kompresor nya itu membuat saya merasa tidak yakin meskipun memang itu bisa saja terjadi karena saya tidak menangani secara langsung kulkas anda, saran saya cobalah untuk meminta diperiksa ulang oleh bengkel/teknisi lain yang tidak ada hubungan dengan yang sebelumnya agar bisa diyakini permasalahan sebenarnya.
      Demikian pak Puguh, semoga komentar saya bermanfaat dan semoga kita terhindar dari niat tidak baik fihak lain.

      Hapus
  97. Salam kenal gan, saya mau tanya kulkas saya rusak,
    saat di colok ke stop kontak, cuman ada bunyi kecil trus ga lama hilang bunyi nya, dan kompresor nya lama klamaan jadi panas,
    apa kerusakan nya ya ?
    mohon bantuan nya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mr.Zuhdi ...
      Coba anda periksa starting Relay nya, ini salahsatu komponen yang umumnya berdampak seperti yang anda sebutkan jika sudah rusak.

      Hapus
  98. siang pak, mau tanya nih kulkas saya 2 pintu mer daichi..sudah sebulan ini kulakas saya mati kalau timer udah mentok, dan harus di putar lagi dikit sampe bunyi klek..nah trus kalau malam di putar pagi sudah mati lagi (6-8jam) dan harus saya lakukan pemutaran lagi biar hidup. saya kira timernya rusak dan saya sudah ganti baru..tetap saja penyakitnya sama...



    mohon pencerahannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ikijack ....
      ada komponen lain yang harus anda periksa jika kejadiannya seperti itu yaitu : defrost heater, termodefrost dan termofuse, ketiga komponen itu berada di dalam freezer/dekat evaporator.

      Hapus
  99. salam kenal gan. saya mengalami kerusakan kulkas produksi merek toshiba awal nya star kulkas bagus full dingin dan setelah 1 jam kemudian kompresor terasa panas sekali dan overlout nya bunyi ,saya berfikir munkin overlout nya rusak setelah saya cek ternyata rusak setelah itu aq ganti overlout nya penyakit nya tetep sama kompresor panas sekali dan overlout nya bunyi lagi.itu apa nya ya gan tolong penjelasan nya sparepart apa aja yang perlu di ganti agar overlout nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus mengukur arus/ampere nya ketika kompresor tersebut jalan/running, apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak, jika seperti yang anda sebutkan diatas maka besar kemungkinan arus yang terukur melampaui standar nya sehingga overload nya putus/rusak, arus yang naik ini bisa disebabkan oleh tegangan yang kurang/lebih, kompresor nya itu sendiri yang sudah bermasalah atau bisa juga dari kapasitor nya (jika ada).

      Hapus
  100. makasi pak kulkas produksi 6 rak toshiba nya udah bisa hidup normal setelah aq ganti overloud bulat ukuran 250v-2hp itu ada efek tidak ya pak awal nya overloud yang di pakai 4tm tolong pak solusi nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan anda untuk mengganti lagi overload nya dengan yang seperti aslinya, sebagai ilustrasi misalnya sebelumnya memakai 4TM 189FBYY jadi pakailah dengan overload itu namun bila diperlukan naikan kapasitasnya dengan 4TM 232xxxx, dari situ sudah ada perbedaan peruntukan dari overload itu yakni:
      4TM 189xxxx = 1.47 ampere
      4TM 232xxxx = 1.84 ampere
      apabila setelah langkah tadi kompresor masih belum normal sebaiknya cari penyebab sebenarnya, karena dengan memakai overload yang sekarang anda pakai (kapasitas 2hp) itu terlalu besar karena menurut perkiraan saya Freezer tersebut hanya memakai kompresor 1/5hp, dikawatirkan justru akan membuat kompresor rusak karena alat proteksinya tidak sesuai dengan keperluan.

      Hapus
  101. Pak Rudi, sy mau nanya nih, apa jadinya kalau relay PTC (tanpa kapasitor) R dan S di bypass tanpa relay, dan juga overload (C) di bypass juga, apa pengaruh pada kompresor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetes kompresor C dan R boleh di by-pass namun arus harus terukur normal (ampere sesuai nameplate) sedangkan S harus segera dilepas ketika kompresor sudah hidup.

      Hapus
  102. pak rudi ,,saya mau ngerakit freezer sampe suhu minus 40 derajt...saya pake komp brapa hp ya,,condensor dan evaporator nya ukuran brapa,,mohon info nya pak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan anda untuk meng up-grade freezer yang sudah jadi terkecuali anda berniat membuat untuk keperluan perkuliahan, langkah2 perakitan sangatlah rumit, tidak cukup dengan hanya teoritis saja, yang saya alami itu yang paling penting dilakukan adalah pembuatan ruang isolasi (box) yang baik dan sesuai keperluan, komposisi bahan bisa kita hitung secara teori yang bisa kita dapat dari produsen kompresor, sedangkan perhitungan lanjutan tentang ukuran yang tepat antara kompresor,kondensor dan evaporator itu nanti akan didapat setelah langkah2 pengujian.

      Hapus
  103. pak saya baru beli kulkas baru LG 201 SL, setelah saya nyalakan, dua hari ini kompreosornya nyala terus, tidak mati - mati. normalnya kan ada jeda kompresor nyala dan mati. makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.