Tips memperbaiki Evaporator

Kulkas maupun freezer yang menerapkan sistem direct cooling seringkali mengalami kebocoran pada evaporator karena benda atau makanan yang dibekukan diatas evaporator langsung sehingga sering terjadi kejadian dimana pengguna mencongkel es dari permukaan evaporator ini . apa jadinya jika evaporator bocor karena tertusuk pisau, obeng atau benda runcing lainnya yang digunakan untuk mencungkil atau membersihkan es yang melekat pada Evaporator ? saat itu juga langsung akan terdengar desis seperti suara
ban mobil anda tertusuk paku, jika dari dalam ban akan keluar angin atau udara biasa berbeda dengan kulkas yang akan mengeluarkan gas refrigrant atau freon yang berbau tidak sedap dan membuat nafas anda sesak, jika hal ini terjadi segera lepaskan kabel listrik kulkas anda dari stop kontak, hal ini guna mencegah kerusakan yang lebih parah jika anda dikemudian hari bermaksud memperbaiki kulkas tersebut dan yang tidak kalah penting nya segera anda tinggalkan area sekitar kulkas tadi dan carilah udara segar agar pernafasan anda yang mungkin saja sedikit sesak karena menghirup gas tadi menjadi normal kembali.
cara mengatasi evaporator yang bocor tidaklah sesimpel mengatasi ban yang bocor karena Evaporator ini terbuat dari Aluminium sehingga dalam prosesnya lebih sulit dan memang harus seorang profesional yang menanganinya, nah disini akan saya jelaskan bagai mana ketika saya bekerja mengatasi masalah ini :
  1. Siapkan Lem khusus untuk menambal evaporator (bisa dibeli di toko alat teknik pendingin) tetapi bisa juga kita gunakan Araldite atau Loctite, area yang bocor haruslah benar-benar bersih dan terbebas dari sisa-sisa oli yang ikut keluar terbawa bersama freon hal ini penting karena sebagus apapun lem yang akan kita gunakan menjadi percuma jika permukaan yang akan di lemnya tidak bersih.
  2. Agar area bocor tadi benar-benar bersih dan bebas oli sampai kebagian dalamnya kita bisa menggunakan cairan freon R-11 (sebenarnya sudah dilarang) untuk mengurasnya sekalian barang kali saja ada air sisa es yang mencair masuk melalui lubang yang bocor tadi, dengan menggunakan cairan freon R-11 semua yang ada didalam saluran di Evaporator tadi bakal habis terkuras.
  3. Seperti terlihat dalam gambar, area berwarna biru adalah area yang memiliki saluran lebih dari satu sehingga kita bisa menutup jalur tersebut dengan meratakan permukaan berongga itu dengan cara memukulnya hingga rata menggunakan palu plastik atau palu karet, kemudian hampelas dulu hingga cat nya habis dan terasa agak kasar.
  4. jika kebocoran nya terletak diarea merah janganlah menerapkan cara seperti diatas karena tidak akan ada lagi lubang saluran sebagai alternatif aliran freon nya seperti pada area biru, terlebih dahulu anda harus menambal kebocoran menggunakan plat tipis seperti bekas kaleng minuman, tidak perlu terlalu besar cukup 1cm kotak atau bulat tetapi jika bocornya lebih besar misalkan memanjang 1cm maka platnya pun harus dibuat lebih panjang juga, hal ini guna mencegah lem masuk kedalam hingga menutupi rongga saluran freon tadi.
  5. Ketika proses pengeleman berlangsung sebaiknya panaskan dahulu area yang akan dilem tadi menggunakan hair dryer dengan pemanasan maksimal,dengan cara ini terbukti membuat lem lebih kuat melekat dan sangat keras setelah kering.
Nah silahkan dicoba trik ini semoga bermanfaat, jika anda lebih menghargai waktu dan kebocorannya dianggap terlalu sulit buat ditambal sebaiknya evaporator diganti baru.

8 comments :

  1. PERTAMAxxx...................
    INFO KEREN BG......
    bisakan langsung datang kesungai kuantan...... banyak yg rusak nih...
    hihihi..... bg.. tungguin yah...
    ntar lagi Bengkel mania ada di sungai kuantan....

    ReplyDelete
  2. kalo begini sih ga perlu panggil tukang servis kulkas, tinggal baca aj blognya mas Rudi nih.. aman dah...

    ReplyDelete
  3. temans...mohon jgn menggunakan R11 karena sudah dilarang oleh pemerintah dan dunia sebab jika R11diexpose akan merusak lapisan Ozon dan akan membuat suhu bumi dari waktu ke waktu bertambah panas.

    Jika kita adalah para Professional mulailah dengan langkah2 yang professional

    ReplyDelete
  4. Hi...Andre
    anda benar soal yang satu ini sayangnya belum ada alternatif pengganti bahan yang se"sakti" R11 ini, walaupun ada dalam kemasan yang lain isi nya tetap itu-itu juga dan untuk menghindari pemakaian bahan ini biasanya cara paling mungkin adalah mengganti unit baru,jika saja anda punya masukan ?

    ReplyDelete
  5. Salam Kenal Om..

    Evaporator kulkas saya bocor kena pisau... , rencana mau di tambal, terus untuk isi freonnya, tinggal isi atau ada yg harus di bongkar atau di rubah dulu.., tarif isi freon rata2 berapa yah.?

    ReplyDelete
  6. Mas Rudy,
    Pengganti R11 sudah ada namanya R123 namun harganya sama mahalnya dengan R11 dan tetap tidak boleh diexpose ke atmosphere. Untuk solvent agent pada system refrigeration ada kok bahan penggantinya namanya silahkan klik link ini http://www.hecatinc.com/Honeywell_Genesolv_SF_H1000_flyer.pdf, bisa di beli di PT EAC di Jakarta (maaf bukan iklan lho) tapi solvent ini khusus dibuat untuk service refrigeration system dan jauh lebih dahsyat dibanding R11. R11 amat beracun dan dapat merusak syaraf otak bila terhirup secara bebas oleh manusia silahkan baca MSDSnya.

    ReplyDelete
  7. Numpang tanya mas...Kulkas saya (LG 1pintu) bisa dingin, tapi gak dingin2 banget, Hanya mengeluarkan bunga Es sedikit sekali, dan itupun hanya berada dievaporator bagian atas aja, dan yang di bawah, samping kiri dan kanan gak mengeluarkan bunga es sama sekali.,dan sudah saya cek dengan air sabun, dan hasilnya gakda yang bocor. ... kira2 itu dimana mas kerusakan/masalahnya?? Terima kasih 

    ReplyDelete

- Klik "Load More...." diatas untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel dan bukan spam.