Problem kulkas no-frost

Ada dua tipe lemari es yang diproduksi saat ini yaitu tipe direct cooling dan no-frost atau frost free, tipe direct cooling adalah tipe paling sederhana sedangkan tipe no-frost merupakan penyempurnaan dari tipe sebelum nya, tipe direct cooling masih di produksi untuk lemari es kecil dan freezer, karena beda sistem maka beda pula keluhan di tiap-tiap tipe ini terutama untuk yang tipe no-frost, tetapi perbedaan
ini terletak pada lebih sedikit nya komponen yang dipakai lemari es direct cooling sedangkan untuk tipe no-frost menggunakan komponen yang lebih banyak bahkan kini semakin canggih karena di program secara elektronik baik untuk pengaturan suhu, siklus kerja, kontrol kompresor dan lain-lain.



Akan saya berikan cara untuk menanggulangi keluhan yang biasa terjadi pada kulkas no-frost tipe manual dahulu karena tipe ini masih banyak digunakan dan masih di produksi oleh produsen di Indonesia.
Permasalahan pada kulkas no-frost bisa dibilang itu-itu saja alias berasal dari sumber kerusakan yang sama meski berbeda cara kerja kulkasnya, hingga saat ini gangguan yang sering dijumpai adalah tidak optimal nya sirkulasi udara dingin yang melewati evaporator, saat siklus refrigerant dalam eveporator terus bekerja, bagian luar Evaporator ini lama-lama akan dipenuhi endapan bunga es hingga udara yang dihembuskan kipas sebagai media pemindah suhu dingin yang tercipta pada evaporator tadi menjadi tertutup es dan tidak bisa lagi bersirkulasi dengan baik.
Dan inilah beberapa penyebab dari es yang memenuhi Evaporator atau teknisi biasa menyebutnya ngeblok :
  1. penyebab pertama adalah sama seperti problem kulkas 1 pintu yang telah saya tulis sebelumnya, klik disini untuk melihat.
  2. saluran pembuangan air tersumbat kotoran sisa makanan sehingga air bekas proses defrost tidak bisa terbuang keluar dan membeku hingga saluran udara menjadi buntu karena tertutup es.
  3. terjadi kerusakan salah satu komponen atau lebih yang meliputi :
  • Termo defrost
  • Heater
  • Timer
  • Fan motor
  • Termo fuse
Urutan komponen dimulai dari yang paling sering terjadi kerusakan menurut pengalaman saya dan tergantung merk dan produsen yang mempengaruhi mutu komponen.

Secara normal endapan bunga es tadi akan dicairkan oleh Heater yang berada persis dibawah Evaporator yang diatur siklus kerjanya oleh sebuah Timer, Timer ini bekerja memberi tegangan listrik pada kompressor dan Heater secara bergantian, artinya ketika Timer sampai pada posisi defrost, kompresor akan berhenti bekerja dan seterusnya.


Komentar

  1. Numpang mampir lagi nih Pak Rudi,blog nya makin padat aja isinya

    BalasHapus
  2. automatic washing macine kapan ya akan di posting, tak tunggu lho...

    BalasHapus
  3. mohon infonya,
    kulkas 1 pintu yg no frost ada gak ya pak?
    SAMSUNG RA-19FAAS ngakunya no frost, beneran atu semi doang ya?
    thx

    BalasHapus
  4. Reynaldi... Kulkas anda SAMSUNG RA-19FAAS adalah kulkas berbunga es (defrost), saat ini kulkas yang no-frost hanya dimiliki oleh kulkas 2pintu keatas.

    BalasHapus
  5. Saya mempunyai kulkas 1 pintu merk LG model Refrigerator GN-V191RL, menyala tapi tidak dingin. Kalo dihidupkan berbunyi seperti suara air mengalir pada bagian atas (freeze) bagian yang biasa untuk menyimpan daging dan membuat es batu. Kira2 apa yang rusak dan bagaimana cara memperbaikinya? mks om rudi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Maszen yth, Suara air di bagian freezer yang anda maksudkan kemungkinan besar adalah oli kompresor yang terjebak di dalam evaporator, saya sarankan untuk mematikan saja kulkas nya sementara waktu agar tidak terjadi kerusakan yang lebih berat yaitu pada kompresor yang kekurangan oli, perbaikan yang harus dilakukan sayang nya mungkin tidak bisa anda lakukan sendiri karena dalam pekerjaan ini memerlukan skill dan alat2 khusus dari seorang teknisi pendingin, nantinya oli yang terjebak didalam evaporator tadi akan di flushing sementara kompresor akan mendapat penambahan oli baru dan kemudian dilakukan pengisian ulang freon nya.

      semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. mas lemari es punyaku kuk kadang2 keluar bunyi tek tek tek keras bgt trs di bagian atas untuk membuat es keluar bunyi seperti air mengalir yg rusak apanya ea?padahal beli baru 3 hari.

    BalasHapus
  7. kulkas ku plytron ( non frost ) yang bawah kok gak dingin padahal beli baru 3 bulan knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Saipul yth, tidak ada jaminan kalau kulkas bisa awet tanpa ada kerusakan meskipun itu masih sangat baru, beruntung bagi kita karena rata-rata produsen memberikan garansi dengan tenggang waktu tertentu supaya konsumen merasa nyaman menggunakan produk mereka, selain bukti tanggung jawab produsen pun bisa memantau kelebihan serta kekurangan produk-produknya untuk kemudian jika ada kekurangan akan disempurnakan/dikembangkan sebagai bahan rujukan pada produk-produk selanjutnya dan kebetulan saya yakin bahwa kulkas anda masih dalam masa garansi .... oleh karena itu mungkin akan lebih bijak untuk klaim keluhan anda ke service centre nya supaya garansi yang diberikan tidak sia-sia.

      Hapus
  8. jadi untuk lemari es satu pintu yang bagus merek apa ya? dimana dari segi kualitas ok & harga juga terjangkau. mohon pecerahannya. tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bp.Abdul yth, kualitas kulkas saat ini seperti kenyataannya bukan ditentukan oleh merk yang paling terkenal dan harga yang mahal sekalipun, saat ini kulkas yang diperdagangkan memiliki kualitas yang hampir sama pada tiap-tiap kelompok harga yang ditawarkan, jika anda memilih satu merk maka didalam unit tersebut akan terdapat komponen-komponen yang sama juga digunakan oleh merk lain bahkan komponen-komponen ini sudah dibuat lokal atau tidak lagi diimpor dari negara asalnya untuk mendapatkan harga jual yang kompetitif, oleh karena itu silahkan saja tentukan pilihan anda berdasarkan keyakinan anda bahwa produk tersebut semoga akan awet, lakukanlah perawatan yang baik, penggunaan yang wajar dan tegangan listrik yang stabil.
      semoga bermanfaat.

      Hapus
  9. kang, kalo untuk beli komponen² kulkas kayak karet pintu, heater, timer dll di kota kembang dimana ya kang??
    hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum, cobi ka Jl.Leuwipanjang no.124 lur.

      Hapus
  10. pak saya mau tanya,
    kulkas saya satu pintu toshiba glacio xd7 ukuran tanggung, di bagian freezer kenapa sisi sebelah kiri dan paling belakan tidak dingin ya?

    BalasHapus
  11. asslm pak,,
    saya punya masalah mengenai kulkas dirumah merk Sh*rp.
    kemarin² bagian freazer dingin, tapi bagian bawah tidak.
    sempat saya cek, saya buka bagian dalam freazer, ternyata bunga es menutup saluran udara untuk ke bagian bawah.
    saya cairkan dengan kipas angin, tapi selang 2 hari, gejala muncul kembali (bunga es menutup evaporator dan menutup saluran ke bagian bawah).
    kalau bgtu, komponen apa yg bermasalah??
    tambahan: saya coba set pngatur suhu ke posisi warm, seharusnya kompresor mati. tapi ini tidak). tapi sewaktu² kompresor mati sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, Bunga es yang menutupi evaporator sebenarnya bisa dicairkan sendiri oleh sistem dengan cara mengaktifkan program defrost, pengaturan ini dilakukan oleh sebuah timer yang terjadi setidaknya satu kali dalam sehari (kulkas normal), namun bisa lebih sering (setiap 7-8 jam sekali) tetapi biasanya karena ada komponen yang rusak seperti pemanas atau termodefrost nya maka proses defrost (pencairan bunga es) menjadi tidak efektif/gagal sehingga bunga es terus semakin tebal dan meluas hingga menutupi saluran-saluran udara yang ada disekitarnya.
      Untuk itu silahkan diperiksa setiap komponen yang berhubungan dengan sistem defrost (pada artikel "problem kulkas nofrost" bisa anda dapatkan gambarannya).
      Ketika anda putar pengatur suhu ke posisi "warm" tentu tidak akan berpengaruh apa-apa karena suhu didalam kulkas kurang dingin, ketika anda dapati kulkas sewaktu² mati itu mungkin saat dimana proses defrost terjadi.
      Demikian, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. oke,,, hatur nuhun kang,,
      saya coba cek lagi nanti.

      Hapus
  12. Terima Kasih Atas Ulasan tentang kulkas No-frost Sangat Membantu,Salam Kenal Rahmat Aceh.

    BalasHapus
  13. Selamat malam mas rudi..
    Saya mao menanyakan,kulkas baru apakah suara kasar di bagian tabung belakang ??
    Dan apakah kulkas baru kodisi body samping kanan dan kiri terasa panas ?

    Mohon pencerahannya...

    Salam ,imdi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Imdi Purnomo,
      Suara kasar mungkin berasal dari sesuatu yang mengenai kompresor pada bagian belakang kulkas, silahkan diperhatikan ketika kulkas tersebut hidup.
      kondisi body samping kulkas memang akan bersuhu lebih tinggi apabila baru pertama dihidupkan karena suhu didalam kulkas nya pun belum menjadi dingin, apabila suhu didalam sudah dingin maka suhu bodi samping dan belakang pun akan turun (hangat).

      Hapus
    2. Saya ingin bertanya bagaimana cara membersihkan saluran udara ke bagian ruangan bawah Kulkas Polytron Belleza, soalnya ruangan bagian bawah itu dinginnya tidak maksimal dan hembusan anginnya tidak terlalu kuat sehingga terjadi kondensasi tepat di lubang udaranya, kemungkinan penyebabnya adalah tersumbatnya saluran udara tersebut, mohon bantuannya cara untuk membuka bagian saluran tersebut agar saya bisa membersihkannya, terima kasih

      Hapus
    3. Dear pak Ganjar .....
      Untuk membuka bagian penutup evaporator pada kulkas polytron belleza anda yaitu dengan cara melepaskan dulu pencetak es yang berada disebelah kiri atasnya lalu setelah itu baru dibuka bagian penutup belakang yang menghadap ke depannya, hati-hati dengan kabel-kabel nya dan sebaiknya matikan dulu kulkas sebelum anda bekerja.

      Hapus
  14. Assalamualaikum. Pak mau tanya kulkas saya di frezer tidak bisa membekukan es, tetap jadi air. Terus yg pintu bawah tidak dingin. Fan nya masih bunyi pak. tapi di frezer tidak keluar uap es nya. trs body kulkas juga tidak hangat seperti biasa dan kompresornya dingin. Apa ini ada hubungannya dengan timer ? kalau iya posisi timer di lemari es panasonic 2 pintu sebelah mana pak ? Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      pak Afnan, fan/kipas evaporator seharusnya hidup bersamaan dengan kompresor, saya kira anda sebaiknya memeriksa kondisi kompresor nya atau relay dengan overload nya, jika pada saat itu timer berada pada posisi defrost maka fan pun akan mati (dalam beberapa menit), letak timer berbeda pada setiap tipe/model kulkas dan anda tidak menyebutkan tipe kulkas panasonic anda. tetapi umum nya berada didalam dekat lampu interior atau dibelakang dekat kompresor.

      Hapus
  15. Saya mau bertanya lemari es saya terjadi pembekuan di belakang pintu atas sehingga pintu bawah tidak dingin dan waktu mati otomatisnya hanya sekitar 3 menit kulkasnya sarf 2 pintu. Apakah timernya rusak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu Timer nya yang rusak, bisa heater, termo defrost dll, bersihkan/cairkan dulu es nya kemudian periksa setiap komponen nya dengan cermat supaya tidak salah duga.

      Hapus
  16. mas, kulkas satu pintu merek dan tipe apa yang no-frost?

    BalasHapus
  17. Yang saya tau kulkas 1 pintu bebas bunga es tidak diproduksi di dalam negeri, walaupun ada beberapa yang memiliki itu biasanya membeli/membawa langsung dari luar/impor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa begitu pak? (tidak di produksi lagi)

      Hapus
    2. Mungkin kurang ekonomis pak, yang saya tau ruang dalam nya lebih sempit jika dibanding kulkas 1 pintu biasa (direct cooling) yang lega karena tidak banyak komponen.

      Hapus
  18. salam pak ....
    saya mau tanya saya sedang menangani servisan kulkas 2 pintu ..sikring yg ke heater putus dan sudah saya ganti ..setalah itu saya mau proses pengisian gas ..sudah saya vacum dan hasilnya aman ..selah tu saya isi gas ...
    tapi hasilnya sllu buntu sampe beberapa kali saya coba ..buntu terus ....
    kenapa ya pak ..
    mohon bantuanya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang menyebabkan kebuntuan ini biasanya uap air yang sudah terlalu banyak didalam sistem, sehingga sudah tidak bisa diserap lagi oleh butiran zeolite didalam strainer dan tidak bisa dinetralkan lagi oleh thawzone.

      Hapus
  19. Pak kulkas saya poly beleza 2 pintu. Kondisi dingin normal semuanya, tapi penampung air d belakang selalu penuh dalam 3-4 hari. Kenapa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila menyimpan makanan yang mengandung banyak air, misalnya buah dan sayuran maka sebaiknya memakai wadah tertutup atau masukan ke dalam kantong plastik, atau bisa juga pintu kulkas sudah tidak bisa menutup sampai rapet lagi.

      Hapus
  20. Pak saya mau nanya nih.kompresor freezer Sanyo bunyi tapi gak ngangkat tapi setelah bunyi CES kaya ban bocor kok normal lagi itu kenapa ya.sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan sirkulasi freon nya kurang lancar.

      Hapus
  21. Pak saya mau tanya nih...kenapa kulkas digitec saya tidak dingin dan ada bunyi suara Tek..Tek.. tp bunyinya tidak lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suara dari kompresor, cek starting relay nya.

      Hapus
  22. Kulkas saya sharp satu pintu, lampu nyala tp tdk dingin,
    Bunyi tik, sedikit berdengung lagu tik lagi, bgtu aja udh seharian, keadaan kompresornya panas pak, apa yg rusak ya biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa PTC relay nya pak, inilah yang umum terjadi, buka dulu penutup nya di sisi kompresor.

      Hapus
  23. pak..apakah klo frezer kulkas 1 pintu tertusuk pisau dan keluar gas..maka keseluruhan kulkas menjadi tidak dingin????apa cuma frezer nya aja yg gak berfungsi...mau nyalain takut meledak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, kalau evaporatornya tertusuk dan keluar gas maka seluruh bagian kulkas menjadi tidak dingin.
      jangan dinyalakan lagi sebelum dilakukan perbaikan karena akan menambah tingkat / meluas pada bagian lain kerusakannya.

      Hapus
  24. Ass.. mau nanya saya punya kulkas lg 1 pintu dah lama ga dipake..mau dipake lg kok ada bunyi ces kya ban bocor.. ternyata di belakang ada besi yg keluar angin dingin..kira2 itu bahaya ga ya? trs solusinya gimana boss? Terimakasih

    BalasHapus
  25. Pak mau tanya.kulkas saya 1 pintu.pada bagian freezer cepet dingin dan cepet ada bunga es.tapi rak 2rak yang di bawah sama sekali gak dingin.selama pemakean dari awal selalu di bawah angka 1 pada pengaturan suhu.kira kira apanya yang rusak ya ...??

    BalasHapus
  26. Pak mau nanya. Kulkas saya polytron belleza baru beli.. Kadang bunyi tek tek.. Itu bahaya tidak ya? Dan tindakan apa yg harus dilakukan. Terimakasih

    BalasHapus
  27. Mau tanya paknsaya baru saja punya kulkas sanken pintu satu yg diamond pertama kali saya nyalakan bunyi freezernya berisik seperti air mengalir juga.. Itu normal apa gimana yaa pak? Mohon jawabannya?

    BalasHapus
  28. Mau tanya paknsaya baru saja punya kulkas sanken pintu satu yg diamond pertama kali saya nyalakan bunyi freezernya berisik seperti air mengalir juga.. Itu normal apa gimana yaa pak? Mohon jawabannya?

    BalasHapus
  29. Pada saat pengisian freon, kompresor panas, kulkas dingin, dan evaporator tidak dingin, apa penyebabnya?

    BalasHapus
  30. Sudah 2 hari ini bunga es di freeser saya mulai mencair , ciri cirinya body luar belakang tidak terasa panas .
    Mohon infonya kira kira kerusakan nya apa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disaat tidak terjadi kondensasi maka kemungkinan yang bermasalah adalah kompresor yang mati atau sistem refrigerasinya.

      Hapus
  31. Kulkas saya merk sharp 1 pintu freezer saya tidak bisa beku trus ada bunyi seperti air mengalir itu kenapa ya secara keseluruhan si masih dingin.trus saya lihat bagian atas luar freezer ada gumpalan bunya es itu kenapa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalaman kami hal tersebut karena ada sejumlah oli yang terjebak di dalam evaporator, solusinya hanya teknisi yang bisa menangani karena harus dilakukan flushing dan pengisian ulang freon nya.

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.