Mesin Cuci - ulasan teknologi terkini

Ada tiga jenis mesin cuci yang paling banyak digunakan yaitu :

- Twin tube.
- Top Loading.
- Front Loading.

Mesin cuci 2 tabung / Twin tube

Mesin cuci ini paling banyak dipakai, keunggulan dari mesin cuci ini adalah dari segi harga yang terjangkau dan cara pemakaiannya yang mudah sehingga siapa saja bisa menggunakannya, tinggal mengisi air sesuai kebutuhan pada tabung pencuci nya kemudian masukan pakaian, sabun dan putar timer nya sesuai kebutuhan, setelah proses mencuci selesai bilas dan peras dengan cara memindahkan cucian ke bagian pengering, memang sedikit ribet karena masih harus membilas dan memindahkan cucian ketika hendak dikeringkan.



Tidak banyak pengembangan yang diterapkan, pengembangan hanya pada design body, peningkatan kapasitas, fungsi timer,beragam bentuk/diameter pulsator dan alarm. Tetapi ada juga pengembangan lain seperti Sharp yang memakai fitur Silvermagic (Sistem pelapisan AG+ Ion Coating) Soakmagic (perendaman), Aquamagic (Penyaring kotoran dalam air). teknologi yang ditawarkan tiap-tiap produsen sebenarnya memiliki kesamaan hanya istilah dan design nya saja yang berbeda sehingga memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Tips :
- Pastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada benda-benda keras yg tertinggal dalam saku celana atau baju seperti koin,cincin dll.
- Gunakan air sesuai kebutuhan dan masukan cucian dengan tidak berlebihan, tanda bahwa proses mencuci berjalan dengan baik adalah cucian mengambang atau tidak terjadi kontak langsung dengan pulsator.


Mesin cuci bukaan atas / Top Loading

Untuk tipe mesin cuci ini pada model-model awal proses kerjanya agak berisik dan getaran yang ditimbulkan cukup keras karena masih menggunakan komponen yang kebanyakan mekanis, tetapi untuk generasi sekarang segala macam kekurangan pendahulunya sebagian besar telah teratasi, mesin cuci ini sekarang beroperasi dengan lebih hening dan minim getaran, tak ketinggalan berbagai fitur teknologi terbaru ikut di hadir pula, seperti teknologi Pancuran berputar (Shower Spinning) dari Samsung yang membuat proses pembilasan menjadi lebih efektif. Shower spinning akan membilas lebih dari sekali dan di klaim mampu melepaskan berbagai kotoran dan sisa deterjen dari lekuk-lekuk pakaian dengan lebih baik. mesin ini mampu bekerja dengan full automatic, pemakai cukup menekan tombol "ON" selanjutnya mesin akan bekerja dengan sendirinya, tetapi jika ingin mengatur berapa lama proses mencuci, membilas hingga memeras pemakai bisa memprogram terlebih dahulu sehingga didapat settingan sesuai dengan kebutuhan, pada produk Panasonic menawarkan penggunanya dengan 7 program pencucian (Normal, Mini, Clean White, Hyper Speedy, Blanket, Delicate,Tub Hygiene) selain itu kita pun bisa sesuka hati menentukan kapan proses mencuci dimulai, misalkan kita ingin proses mencuci dimulai pada pukul 6 pagi sehingga ketika kita bangun tidur cucian telah selesai dan siap dijemur, tetapi tentu saja kita harus tetap memposisikan mesin dalam keadaan hidup,  keran air yang menuju ke mesin juga harus dalam keadaan membuka dan jangan lupa selang pembuangan nya tetap dibiarkan menjulur ke bawah agar air kotor bekas mencuci bisa ter buang. mesin cuci ini memerlukan cadangan air yang terus menerus agar proses mencuci dan pembilasan berjalan dengan semestinya, mesin akan membuka dan menutup aliran air sendiri karena memiliki keran yang diatur secara otomatis.

Mesin cuci bukaan depan / Front loading





jenis ini tidak terlalu banyak pemakainya karena listrik yang digunakan tergolong tinggi contoh untuk model lama daya listrik yang di gunakan rata-rata sekitar 700-900 watt, itu belum termasuk tipe tertentu yang memiliki sistem pencucian dengan air panas yang dihasilkan dari pemanas (heater) yang membutuhkan energi listrik pada kisaran 1000 sampai 1500 watt. jadi ketika semua fitur tersebut diaktifkan energi listrik yang tersedot ke mesin cuci ini bisa mencapai 2000 watt, tetapi kemajuan teknologi lagi-lagi berhasil mengurangi kekurangan nya, bahkan lebih unggul karena banyak fitur terbaru yang ditambahkan bila dibandingkan dengan tipe mesin cuci lainnya, seperti fitur pengeringan yang sudah terintegrasi pada mesin cuci ini sehingga pakaian bisa langsung setrika.

Cara pemakaiaan mesin cuci ini mirip mesin cuci top loading tetapi karena memiliki pintu masuk cucian di bagian depan maka pemakai harus hati-hati dalam cara membuka dan menutup pintunya yang memiliki pengunci otomatis, kunci ini akan aktif beberapa saat setelah mesin dioperasikan dan baru akan bisa dibuka setelah proses mencuci selesai sekitar 30 detik.

Untuk urusan teknologi mesin cuci ini jelas lebih maju karena didukung posisi mencuci yang tidak membuat pakaian cepat rusak seperti model lain nya. LG menawarkan teknologi Steam Refresh yakni kemampuan menghaluskan serta menghilangkan bau pada pakaian atau sistem Air Wash™ dari Samsung yang juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada cucian.

- Jagalah selalu kebersihan karet penyekat pintu dari kotoran yang mungkin terbawa bersama cucian, pastikan cucian masuk kedalam drum dengan benar sehingga ketika pintu ditutup tidak terjepit pintu yang bisa berakibat karet penyekat sobek.
- Bersihkan penyaring air sisa cucian setidaknya tiga bulan sekali agar kotoran atau mungkin terdapat pernak-pernik,uang logam dll tidak menyumbat dan mengganggu kinerja pompa pembuangan.
- Khusus mesin cuci Front Loading selang pembuangan air harus tetap berada pada gantungan yang telah disediakan atau jangan sampai menjulur kebawah.


Komentar

  1. Wah ya kurang lengkap dong nih, tips nya manaa...
    eh ngomong-ngomong dapet royalti dari mereka engga seh ?

    BalasHapus
  2. klo bisa ulas juga kontrol untuk mesin cuci yg otomatis/1 tabung.

    BalasHapus
  3. Salam kenal pak, info dan tips nya bagus sekali, mesin cuci saya jenis nya front loading merk sanken
    pertanyaan nya pada saat mencuci kok suaranya sangat berisik dan bergetar sampai bersuara gemuruh malah terkadang mesin cuci nya sampai bergeser, apakah mesin cuci merk sanken mempunyai ciri seperti itu?
    Merk mesin cuci apa ya yang paling bagus? terimakasih

    BalasHapus
  4. Senang rasanya bisa kenal dan membantu anda Bp.Gunadi S Gomewijaya,SE.

    M-cuci front loading berisik saat beroperasi adalah salah satu kelemahan type ini, tidak terkecuali semua merk dan type mengalami hal yg sama setelah memasuki masa pakai minimal 3 tahun, harap diperhatikan untuk segera menghubungi servis center terpercaya guna menyelesaikan masalah yg anda hadapi ini karena jika terus dipakai bisa mengakibatkan kerusakan yg cukup serius,
    kerusakan biasanya berawal dari seal yg bocor, kemudian bearing terkena air sehingga rusak dan menjadi berisik juga disertai guncangan hebat karena poros yg tidak lagi fokus, kerusakan ini terus merembet jika tidak segera ditangani. saya tengah menyiapkan postingan mengenai hal ini. terima kasih karena sudah membuat blog ini lebih berarti ^-^

    BalasHapus
  5. ada gak mas tip mwsin cuci untuk daerah pinggir pantai (soale kmarin dari lamongan ... ada sodara bingung mau pake mesin cuci).... soale airnya kan asin ... truss nanti besinya bisa cepat karatann ???

    BalasHapus
  6. Pak saya sudianto, saya rencana mau beli mesin cuci di sarankan merk apa nih pak dan kenapa?
    saya ditawarin sharp ES79PY gmn pak mesin cuci ini?
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Buat Sudianto.
    Mesin cuci yang ditawarkan pada anda saat ini sudah cukup oke, menurut saya kualitas mesin cuci saat ini nyaris merata tentunya dengan syarat spek dan harganya berimbang kecuali anda membeli mesin cuci yang murahan tentu kualitas nya tidak bisa kita andalkan.

    BalasHapus
  8. Pak, mesin cuciku 1 tabung dan awalnya suaranya berisik pada saat pengeringan tapi sekarang sudah tidak berjalan untuk pengeringannya.

    Mohon penjelasannya ya pak dan kalo service kira-kira jatuh biaya berapa dan komponen apa saja yang diganti.

    makasih

    BalasHapus
  9. Salam
    Pak mesin cuci saya frondloading electrolux ew 1162 f keluaran pertam,sekarang mesinnya ada masalah pada waktu di hidupin pengisian air lansung hidup,tapi timer jalan terus nga mau berhenti,kadang mesin jalan normal n giliran mau cuci lagi mesinnya error lagi,trus masalah lain mesin kalu lagi pengeringan sering berisik kadang juga bagus,mohon bantuan?,spare part apa yg bermasalah?thx,salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam, pak Bertje.
      Saya dan rekan sering mendapatkan keluhan serupa di lapangan dan beruntung nya karena biasanya ini hanya memerlukan servis ringan meskipun memang beberapa diantaranya perlu dilakukan servis berat, servis ringan yang saya maksudkan adalah sistem hanya memerlukan pembersihan dari macam2 kotoran yang ditimbulkan selama pengoperasian dan serangga atau hewan2 kecil yang bersarang didalam mesin, sementara untuk servis berat adalah melampaui servis ringan yang telah saya sebutkan tadi plus adanya penggantian komponen yang dikarenakan sudah aus, rusak karena usia pakai dan kerusakan karena misalnya ada cicak mati kena stroom pada sistem elektrikal dan hal ini mengakibatkan suatu komponen menjadi kacau operasi nya bahkan sampai rusak.

      Semoga membantu.

      Hapus
  10. Saya baru beli elektrlolux tipe ewf 10740 knp yaa getaran pengeringan kuat sekali.. sampe mesinnya bergerak... gimana solusinya biar mesin ga gerak2... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kendala yang biasa terjadi dimesin cuci electrolux kalau getarannya terlalu kuat dikarenakan 2 faktor :
      1. bisa dikarenakan pakaian yang dicuci terlalu berlebih atau (over loud) dan cara memasukkannya pun hrus dihambur jangan di gulung karena bisa mengakibatkan keseimbangan mesin terganggu
      2. bisa juga dikarenakan segel drum dibelakang mesin ada 3 baut belum dilepas dgn kunci ukr. 10 , pastikan itu terlepas dan perhatikan juga kaki mesin di stel atau di adjus sesuai posisi letak lantai agar seimbang (kaki mesin bisa di stel sesuai lantai
      smoga membantu salam

      Hapus
  11. Dear pak Akhmad Sugandi yth,
    Agar mesin cuci stabil berdiri dan minim getaran maka sebaiknya di simpan pada lantai yang rata, apabila masih ada sedikit goyah maka kita masih bisa mengakalinya dengan menyetel dudukan mesin cuci, cara penyetelan bisa kita baca pada buku manual bawaan dari paket pembeliannya, ada hal lain yang tidak jarang terjadi ketika menginstal mesin cuci jenis front loading ini sendiri ternyata baut pengunci drum yang ada dibelakang nya belum dibuka sehingga getaran drum tersebut tidak teredam sistem suspensi.
    Demikian jawaban saya semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  12. malam pak Rudi,
    saya mau tanya mesin cuci saya front loading merek elextrolux tipe ewf1084 masalahnya gak bisa cuci tapi mau mengisi air bahkan tidak mau berhenti sampai penuh apabila mau berhenti level airnya mecom menunjukan tulisan error.tapi untuk spin normal biasa, bagaimana solusinya pak rudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Brendan yth, pertanyaan anda sudah saya jawab di artikel "Kode kesalahan (error code) mesin cuci Electrolux".

      Hapus
  13. Salam sejahtera Pak Rudi..saya Bahar di Makassar rencana mau beli mesin cuci elektrolux yang 6,5 KG. Listrik di rumah saya cuma 900 W. Pertanyaan saya Apakah mesin tersebut bisa saya pakai di rmh saya dgn listrik 900 W ? Apakah jika beli saya bisa pasang sendiri di rmh tanpa harus ada teknisi yang datang ? Terima Kasih Pak Rudi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Salam sejahtera juga untuk anda dan keluarga pak Bahar, anda bisa menggunakan mesin cuci electrolux anda dengan daya listrik 900 watt dengan catatan anda tidak boleh mengaktifkan fitur mencuci dengan air panas karena untuk mengaktifkannya diperlukan cadangan daya listrik minimal 2000 watt.
      Demikian pak Bahar, semoga bermanfaat.

      Hapus
  14. Pak,sya baru sja membeli mesin cuci toshiba laundrina..
    Saat pemakaian pertma getaran saat pngeringan normal..
    Saat dpakai Lgi getaran saat pengeringan keras sekaLi sampai berpindah posisi..
    Hal ini dsbabkn krna apa y pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Adi yth,
      Untuk mesin cuci 2 tabung seperti milik anda ada kemungkinan ketika memasukan cucian yang akan dikeringkan tidak merata, menggumpal dll. masukan satu per satu secara terurai dan rata pada setiap sisi supaya seimbang.

      Hapus
  15. salam Pak Rudi, selama ini kami di rumah menggunakan mesin cuci twin tube dan memang kerepotan krn hrs pindah2 cucian shg berencana beralih ke front loding, tp berhub kadang kami hanya membutuhkan fungsi pengering, krn proses pencucian utk pakaian tertentu kami lakukan scr manual, kami hendak bertanya, apakah mesin cuci electrolux front loading bisa hanya digunakan fungsi pengeringnya saja? maksudnya tanpa terlebih dahulu cuci bilas? mudah2an ngga bingung ya Pak, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Yohanna yth,
      Mesin cuci front loading bisa hanya digunakan fungsi spin nya saja jika memang diperlukan bahkan untuk tipe tertentu pakaian yang dicuci bisa sampai 100% kering atau tinggal setrika.

      Hapus
  16. Salam pak, saya baru beli mesin cuci front loading merek LG type WD-M1070D6, pada saat mencuci suaranya biasa aja, nyaris tidak terdengar. Tp pada saat spin/ pengeringan suarax berisik sekali dan getaranya sangat kuat, tp tidak sampai berpindah tempat, apakah itu normal pak?sebagai catatan, Posisi mesin cuci sudah ditempat yg rata/ datar, baut yg dibelakang jg sudah dilepas. Terimakasih sebelumnya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear gmboelcorner yth,
      sempurnakan pijakan kaki-kaki nya dengan mengganjalnya memakai karet tipis seperti ban motor/mobil dalam atau sejenisnya, getaran yang berlebihan bisa diakibatkan juga oleh cucian yang menggumpal oleh karena itu sebaiknya hentikan dulu prosesnya dan urai kembali cucian nya supaya ketika spin bisa berputar secara stabil.

      Hapus
  17. Pak saya punya mesin cuci sharp ew fl 800dw nah saat tadi mau mencuci semua lampu indikasi berkedip dan tidak mau mencuci pak. Padahal sudah d bersihkan filter2nya gimana pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Lipur yth,
      untuk pemeriksaan awal anda bisa memeriksa kabel,soket-soket dan modulnya dari kemungkinan berjamur, longgar dan lembab.

      Hapus
  18. pagi bro...! ini aku lagi nanganin mesin cuci sharp top loading. waktu saya tekan power nyala sebentar dan trus tdk lama control panel mati total.dah ga bisa di operasikan lagi itu mesin cuci.saya cek semua kabel OK... suply listrik dari pln juga normal sampai ke "MODUL" nya dan sekering pada modul juga baik.perlu di ketahui mesin cuci tsb baru di pakai 3 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak H.Herry coba pindahkan mesin cuci ke sumber listrik (colokan) lain di rumah anda, ini persoalan terkadang saya temukan dilapangan dimana setelah dipindah masalah terselesaikan.

      Hapus
  19. Siang pak , mesin cuci saya sharp top loading , buat mencuci gak mau muter, tekhnisi sharp coba bubut besi krn karat yg buat putarannya tapi tetap ga bisa, terakhir pilihannya harus ganti s- part seharga 600 rb cuma masalahnya katanya ga bisa sempurna putarannya karna s- part mesin cuci saya sudah ga keluar lagi type nya (lupa tyoenya ) .
    minta sarannya pak , Tks
    yuda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Yuda yth,
      Saya belum bisa menangkap/mengartikan mengenai sparepart apa yang anda maksudkan dan mohon untuk di informasikan ulang mengenai tipe mesin cuci anda.

      Hapus
  20. pak,ada gak mesin cuci 1 tabung yg bisa kita pakai pengeringnya saja tanpa harus mencuci?kalau ada merk apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Muhammad Indra Jaya yth,
      pada dasar nya semua tipe mesin cuci bisa kita gunakan hanya Spin atau Pengering nya saja, kita cukup mengarahkan program ke posisi Spin dan tinggal Start saja.

      Hapus
  21. Pagi Pak, Mau nanya kalo mesin cuci top loading Sanken otomatis brp lama ya proses pencucian sampe pengeringanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear VNY yth,
      Pada umumnya siklus kerja mesin cuci otomatis akan berjalan antara 45 - 60 menit pada program standar nya terkecuali kita atur ulang program nya sesuai keperluan, selain itu kecepatan/tekanan air mengisi drum juga tentu mempengaruhi waktu sehingga tidak akan pernah didapat catatan waktu yang selalu sama meskipun pada produk yang sama.

      Hapus
  22. Salam kenal pak. Saya nia istri dr yg empunya email. Sekarang saya lg dibuat super galau oleh mesin cuci bukaan depan samsung Wf650U2bkwq/se. Pasalnya mesin cucinya baru kami beli semingguan yg lalu pastinya dengan harga yg cukup menguras dompet itu begitu di pencet tombol powernya listriknya langsung turun/ngejepret. Anehnya tiap yg ke dua kalinya selalu mulus sampai cucian selesai. Meski ada jedah sampai satu dua jam. apa mungkin karena listrik dirumah saya yg gak ada mcb yg didalem? Cm ada mcb luarnya aja? Atw memang main board nya yg rusak. Kl kata tehnisinya mainboardnya harus diganti. Kl kasus kayak gini saya sebagai konsumen bisa minta ditukar dengan mesin cuci yg baru gak? Tolong dibantu ya pak...kl bapak gak keberatan tolong kirimi saya sms atw wa 088809208945. Kl saya boleh jujur saya sangat kecewa sekali.....krn uang yg saya keluarkan buat mendapatkan mesin cuci ini bagi saya tidak sedikit. Mohon bantuannya ya pak, agar saya jg ada pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Nia yth,
      Saya berharap bahwa tanggapan netral ini akan menyelesaikan masalah yang anda hadapi.
      Menurut data yang saya punya untuk mesin cuci Samsung
      WF752U4BK
      WF752U2BK
      WF650U4BK
      WF650U2BK
      bahwa kebutuhan daya listrik yang harus tersedia adalah sebesar 3300 watt (AC 220V/50Hz/15A).
      Memang daya sebesar itu hanya sebagai cadangan maksimal apabila kita menjalankan fitur yang perlu listrik yang besar seperti menjalankan pemanas air untuk pencucian dengan air panas dan sebagai antisipasi jika kita membiasakan diri untuk mematikan mesin cuci dengan cara mencabut stekernya,
      Saat pertama kita mau pakai mesin cuci membutuhkan listrik yang cukup besar sebagai persediaan nanti ketika proses mencuci dimulai, makanya jika listrik yang tersedia kurang maka akan membuat MCB trip, bisa satu atau dua kali trip sampai cadangan listrik di mesin cuci tersebut penuh.
      begitu kira2 penjelasan saya dibuat agar bisa mudah dimengerti.
      - Biasanya jika daya listrik dirumah sekitar 2200 watt masih bisa (tidak trip) asalkan program pencucian dengan air panas tidak diaktifkan.
      - Saya sangat yakin tidak bermasalah dengan mainboard nya (apakah ini keterangan dari teknisi resmi ?), buktinya mesin bisa berjalan normal walau pertama nya MCB trip.
      - Pada beberapa keluhan seperti ini produsen tidak akan meluluskan klaim anda (ganti unit) karena jika ditemukan pokok masalahnya ternyata bukan dari produk paling hanya akan diberikan penjelasan (mungkin seperti yang saya jelaskan diatas)

      Hapus
    2. Mau tanya pak.. Kasus ini berlaku juga untuk mesin cuci samsung model WF856U4SAWQ?
      setiap kali mesin cuci dicolokkan ke steker,MCB langsung trip, MCB saya naikkan (kondisi steker sudah terhubung) Mesin cuci bisa hidup normal..(saya biasa mencabut steker)..

      Apakah Mesin cuci akan langsung mengisi daya begitu dicolokkan ke listrik? bukan saat tombol power di tekan?

      terima kasih

      Hapus
    3. Terima kasih atas tambahan informasinya pak Aqila, benar bahwa begitu steker dicolokan ke listrik maka akan langsung terisi daya nya namun bila kapasitor nya kosong ( tidak ada cadangan daya ) maka MCB akan mudah sekali trip dan itu berbeda dengan membiarkan mesin cuci terhubung ke listrik atau mematikan mesin cuci hanya dengan menekan tombol powernya karena kapasitor tetap terisi cadangan listrik.

      Hapus
  23. Mau nanya pak , sy punya mesin cuci merk sanken satu tabung pemakaian sdh satu tahun, masalahx skarang baru dinyalain 1 menit sdh mati trus didiamin sebentar bisa nyala lagi tapi kmudian mati lagi, sy sdh bawa ketukang servis katax modulnya kemasukan air dan harus diganti satu set hargax 850 rbu, pertanyaan sy betul nggak harga satu set modul semahal itu, trus apa modul tersebut bisa dikeringkan dulu atau bisa nggak salah satu alatx yg rusak saja diganti, sy takutx dibodoh-bodohin sm tukang servisx.... Trims atas pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Riviyanty ....
      Modul atau PCB mesin cuci digital memang rentan rusak oleh kelembapan tetapi seluruh bagian modul ini dilapisi silikon sehingga tahan air kecuali pada microswitch nya, banyak modul yang bisa digunakan kembali asalkan switcing kecil tersebut diganti dulu, ada juga beberapa yang rusak komponen lainnya dan selama tidak rusak IC eeprom atau programmernya biasanya masih bisa diperbaiki, namun teknisi yang menangani harus yang benar2 faham elektronik dan bukan teknisi yang pandai mengira2 dan ganti per-blok saja.
      Harga modul tergantung model dan harga Rp.850.000 tersebut masih dalam kategori wajar kalau memang komponen original, sebagai tambahan informasi bahwa diluar service centre (toko2 penjual alat kulkas dan mesin cuci) ada dijual macam2 modul substitusi (persamaan) untuk berbagai merk dengan harga antara 300-400 ribuan atau modul universal yang cuma seharga maks. 250 ribuan tetapi harus melakukan sedikit modifikasi pada papan kontrol nya.

      Hapus
  24. Hi pak rudi,

    Saya baru aja upgrade ke front loading (samsung) sebelumnya biasa pake twin tube : )

    Saya ada pertanyaan, selang air bersihnya boleh ga sih disambungin langsung ke pipa? Jadi gak pake keran. Apakah ada kemungkinan bocor? Maksudnya biar rapi gitu.

    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya sih pakai keran saja supaya ketika akan membersihkan filter air nya lebih mudah tetapi pilihan ada di tangan anda asalkan cara pemasangan nya benar maka tidak akan bocor tentunya.
      Salam,

      Hapus
    2. haha iya jadi susah ya kalo mau membersihkan filternya. ya bak air-nya harus dikosongin dulu.

      tapi harusnya aman lah ya dari kebocoran. thanks klo gitu :).

      Hapus
  25. Mau tanya mas mesin cuci saya merk Midea front loading,,, tipe MFS72-8302 kalo pas mau nyuci gak mau muter tapi kalo Spin malah bisa,,, apanya yang rusak ya? mohon bantuannya.. haturnuhun ditunggu pisan jawabannya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Rahmat yth
      Sebelum pencucian dimulai maka harus ada proses mengisi air ke dalam drum dan tentu mesin tidak akan pernah mulai mencuci jika air nya tidak ada, periksa dan perhatikan hal tersebut, bersihkan filter air supaya alirannya lebih lancar.

      Hapus
  26. Dear Pak Rudi,

    Apakah bearing drum mesin cuci electrolux bisa dibeli di bengkel mobil/motor?

    Bila bisa, mesin cuci saya ewf984 (7kg), berapa ukuran/rekomendasi merek bearing?

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Jaenal yth ....
      menurut catatan saya bahwa bearing untuk electrolux EWF984 terdiri dari 2 unit yaitu 6205 dan 6206, saya tidak mengetahui secara persis untuk bagian mana kedua nomor seri bearing itu digunakan pada mobil/motor dan biasanya harganya pun lebih mahal walau tidak semahal membeli di service centre electrolux nya sendiri, pakailah bearing dengan kualitas setara aslinya dan tempat biasanya saya beli yaitu di toko penjual khusus macam2 bearing.

      Hapus
    2. Dear pak rudi ,
      Saya pakai mesin sanken toploading , sewaktu mencuci mesin mengisi air dg sendirinya. Tapi kemarin mesin tidak dpt mengisi air bersih secara otomatis. Jadi saya pakai manual. Ketika sampai pd batasnya mesin lsg hidup. Apakah penyebabnya dan bagaimana cara perbaikannya , krn klo seperti ini qt harus selalu standbye ddekat mesin. Mohon bantuannya terimakasih

      Hapus
    3. pak Adrian yth
      kemungkinan solenoid atau keran elektrik di mesin cuci anda rusak atau hanya kabelnya yang putus oleh tikus, silahkan diperiksa dan semoga sukses.

      Hapus
  27. Salam Pak Rudi Yth....
    Saya Iman Fajrian di Bogor. Saya seorang teknisi AC dan kulkas. Dan sy sdang belajar perbaikan msin cuci satu tabung, kemarin sy perbaiki msin cuci 1 tabung merk sanken. Saat saya coba, semua telah berjalan normal, tapi saat terakhir stlah pengeringan selesai, ternyata air kembali mengalir seakan kembali ke saat kita baru mulai mencuci, dan bukan nya off....
    Mohon pencerahan nya pak.....
    Sebelum nya saya ucapkan trima kasih dan salam hormat saya, pak Rudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Iman ..
      Rasanya saya pernah mengalami hal seperti ini pada mesin cuci merk lain dan kerusakan dari salah satu dioda zener yang short pada modul elektronik nya, ini mungkin tidak banyak membantu memecahkan masalah anda dan hanya sekedar sharing pengalaman saja,
      salam.

      Hapus
  28. Dear p Rudi,saya pakai mesin cuci midea top loading sdh hampir 3 th,beberapa hari ini otomatis airnya ga jln sehingga harus di jaga saat mencuci spy air tidak meluber,kira2 apa yg harus di ganti ya ?? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Susi yth..
      apakah maksud anda air dimasukan langsung ke dalam mesin cuci tanpa melalui keran otomatis (solenoid) ?
      apabila setelah air cukup diisikan langsung (tidak luber) proses mencuci langsung berjalan kemungkinan solenoid nya rusak atau ada juga yang karena kabel nya putus/lepas.
      silahkan solenoid nya diganti kalau memang ternyata rusak, komponen tersebut banyak dijual di toko alat2 kulkas dan mesin cuci.

      Hapus
  29. Pak sya adi ..mesin cuci sya untk cuci bisa pas mau bilas dia kan putar dulu untk peras airnya tp gk bisa putar cuma dengung aja n gak bisa juga putar untuk peras nya mohon ..sheringnya..gan..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Adijaya ...
      hal ini biasanya disebabkan drain motor yang rusak, komponen ini akan menarik katup pembuangan dan tuas rem secara bersamaan, meskipun dari hal lain bisa juga terjadi misalkan kabel terlepas/putus dll.

      Hapus
  30. siang bapak saya mau tanya dimana saya bisa beli panel indikator mesin cuci sanken 1 tabung,terima kasih atas infonya bay mashuri munaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Mashuri ..
      sebaiknya anda sebutkan tipe tipe/model mesin cuci dan domisili anda atau menghubungi langsung pihak SANKEN di :
      022-66691234
      022-6626487

      Hapus
  31. Selamat siang Pak, saya mau nanya saya punya mesin cuci sharp aqua 7 kilo. Kenapa sekarang airnya suka merembes atau bocor..apa yg harus saya lakukan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Yon Prasetyo ..
      mesin cuci anda bocor pada bagian mana ? kalau bocor melalui selang pembuangan kemungkinan karena katup pembuangan nya terganjal sesuatu sehingga tidak menutup dengan rapet ketika ditutup.

      Hapus
  32. Terimakasih Pak Rudi Halim sebelumnya sudah menbakas pertanyaan saya. Iya Pak betul bocor melalui selang pembuangan. Lalu saya mau perbaiki katup pembuangan nya saya harus buka apa Pak kok saya cari2 ngak ada celah yg bisa dibuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak Yon Prasetyo ...
      mungkin anda bisa sedikit terbantu dengan melihat gambar pada artikel yang ini :
      http://bengkelmania.blogspot.com/2013/09/mesin-cuci-airnya-ngocor-terus.html
      pada beberapa model katup ini ada dibagian dalam drum pencuci dengan lebih dulu melepas penutup/kisi-kisi nya.
      terimakasih kembali, semoga sukses.

      Hapus
  33. Pak apa bedanya single pulsator dengan double pulsator pd mesin cuci 2 tabung?
    Mana yang lebih baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Adityo ...
      perbedaan mendasar dari kedua pulsator tersebut adalah hasil dari putarannya terhadap air cucian, pulsator masa kini di design sedemikian rupa agar proses mencuci diharapkan bisa lebih bersih dengan efek pusaran air yang bervariatif atau tidak melulu ikut berputar ke kiri dan kanan seperti pada mesin cuci dengan pulsator model lama, namun harus diingat bahwa kapasitas air yang dipakai harus cukup banyak supaya efek nya benar2 terasa dan tidak justru merusak pakaian yang dicuci karena kenyataannya adalah banyak pemakai hanya menggunakan sedikit air ketika mencuci supaya irit air dan sabun cuci nya.
      Demikian, semoga tanggapan singka t ini bermanfaat.

      Hapus
    2. Pak saya mau tanya,untuk reset program cuci pakai air panas utk mesin cuci midea gmn? Nb. Listrik 900 watt ,saat push power mcb trip,mohon bantuannya

      Hapus
    3. Dear pak Yusuf ...
      meskipun saya belum secara langsung menangani mesin cuci merk ini tetapi pada umumnya setiap program pencucian dengan air panas aktif dan non aktif melalui tombol terpisah dari tombol utama, jadi asalkan anda matikan melalui tombol/pilihan mode HOT/COLD tersebut maka pencucian dengan atau tanpa air panas bisa kita tentukan terpisah dari program pencucian standar.

      Hapus
  34. Pak saya mau tanya saya mau beli elextroluc ew880f memang model lama tapi kalo konsumsi listriknya berapa soalnyÃÃ tertulis 2200 watt pake air panas. Klo pake pake air dingin berapa watt nya.... trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Electrolux EW880F mengkonsumsi listrik rata-rata sekitar 400 watt untuk proses mencuci dan 700 watt ketika memeras/spin.

      Hapus
  35. pak saya mau tanya, mesin cuci di rumah ion sharp ES-AG1150F saya tidak bisa memutar dengan kecang terakhir kali anak saya memakai untuk mencuci bahan yang mudah lepas serabutnya, apakah itu masih bisa dibenarkan?

    BalasHapus
  36. Dear ibu Ananda Risma ...
    Tentu saja masih bisa diperbaiki dan kemungkinan hanya perlu cleaning saja akibat mekanisme yang menjadi seret oleh benda yang mengganggu putarannya. tidak perlu waktu yang lama saya kira dan sebaiknya segera dilakukan sebelum menjadi rusak karena dipaksa bekerja dalam kondisi yang tidak normal.

    BalasHapus
  37. assalamualaikum slm kenal maaf mo tanya sy punya mesin cuci 1 tabung panasonic model NA- f60a5 begitu distar lampu weter kedi kedip dan lampu tub dry juga langsung heng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      salam kenal juga pak Ahmad, langkah pertama adalah melepas kontrol elektronik nya (modul) untuk kemudian keringkan menggunakan hair dryer terutama micro switch nya dan bila perlu ganti, periksa kabel2 untuk memastikan bahwa tidak ada yang putus,lepas atau berjamur/berkarat soket nya (jika berkarat bersihkan), water level valve adalah komponen selanjutnya yang perlu dicurigai (lihat skema pada penutup belakang) .... bila ada cadangan boleh coba diganti dulu, setelah beberapa langkah ini tetap hang anda mungkin perlu menyerahkan pekerjaan ini kepada bengkel resmi.

      Hapus
  38. mesin cuci ku sat proses pembilasan gak muncul air.. kenapa nih gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi keamanan biasanya mesin cuci tidak akan melanjutkan proses apabila pintunya terbuka kecuali ketika mencuci tetapi bisa saja itu merupakan tanda adanya sesuatu yang rusak, diperlukan pengecekan lebih lanjut atau coba matikan mesin beberapa menit lalu mulai proses baru.

      Hapus
  39. 1.Pak mau tanya apa mesin cuci yang standar bisa bekerja menggunakan genset ?
    2.Kalau bisa kira-kira berapa lama waktu cuci dan memerasnya?
    3.Dan apa bisa mengunakan mesin genset 800 watt atau kurang?
    Tolong dibantu Pak kalau sempat. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Gede Wira ..
      Mesin cuci 2 tabung bisa dipakai dengan menggunakan genset selama tegangan genset nya stabil di 220V (menurut kebutuhan), waktu proses mencucinya tetap seperti biasa ketika menggunakan listrik PLN, dan Kapasitas genset 800 watt saya kira cukup karena biasanya akan ada penurunan daya sekitar 20% namun tidak dianjurkan untuk genset dengan daya yang terlalu/lebih kecil.

      Hapus
  40. pak mau tanya kenapa mesin cuci top loading LG waktu proses pengisian air lewat selenoid motor drainya ikut nyala.Tolong solusinya Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Iwan ...
      Apa model/tipe mesin cuci nya ? .. Bisa saja ini pertanda modul nya rusak atau water level valve nya.

      Hapus
  41. Pak Mau tanya, berapa konsumsi listrik untuk mesin cuci front loading LG WDM1070D6 baik pada waktu menggunakan air dindin (cold) atau panas (30, 40, 60 derajat). terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Novianto, mesin cuci anda dan kebanyakan mesin sejenis di masa kini konsumsi listrik nya tergantung dari seberapa banyak pakaian yang dicuci namun saat diperlukan untuk mencuci pakaian dengan kapasitas maksimal dan digunakan juga pemanas air maka daya yang diperlukan nya bisa mencapai 1500-2000 watt.

      Hapus
    2. jadi utk menggunakan air dingin saja bisa pak? berapa watt kalau saya hanya pakai air dingin saja?

      Hapus
    3. Pada daya listrik 1300 bisa pak D Wilmar tetapi biasanya ada beberapa alat lain harus dimatikan dahulu seperti dispenser, AC, TV CRT atau alat lain yang mengkonsumsi listrik cukup besar.

      Hapus
  42. Pak rudi, saya punya electrolux ew903f. Untuk ukuran bearing tabungnya berapa saja ya? Apakah 6205 dan 6206 juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Felix ... ini jawaban saya untuk anda: 6204 dan 6205

      Hapus
  43. Pak Rudi yth
    Kenalkan saya Eko, saya memiliki masalah dg mesin electrolux EW560F saya yg apabila proses pengisian air dimulai, mesin langsung berputar pdhl sblmnya mesin selalu berada dalam kondisi tidak berputar pada saat proses pengisian air dan satu lagi masalahnya yaitu mesin tidak bisa memeras (spin) seolah kekurangan tenaga utk memeras. Mohon penjelasannya pak, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Eko ....
      sepertinya mesin cuci anda perlu serangkaian pemeriksaan di beberapa bagian terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya, saya tidak bisa memberikan penjelasan secara detail karena bisa berbeda hasilnya pada setiap mesin tetapi tentu semua itu bermuara pada modul atau timer nya yang mengalami gangguan.

      Hapus
  44. salam pak saya punya mesin cuci merk samsung otomatis, permasalahannya adalam tombol startnya gak fungsi sementara tombol lainnya hidup semua, kira - kira modulnya yang rusak ataukah ada pengaruh dari komponen laen yang rusak, mohon infonya pak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu hanya fitur Cild Lock nya aktif, coba matikan dengan cara menekan tombol Rinse dan Spin secara bersamaan dalam 3 detik.

      Hapus
  45. Pagi pak rudi, saya memakai mesin cuci sharp top loading ES-Q70EY-GH, pada saat mesin di on kan dan dipijit tombol mulai msh normal, tp bbrp saat kemudian lampu indikator pada level air berkedip semua, itu kenapa ya pak? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Anie ...
      Pastikan air dari keran bertekanan mengalir masuk ke mesin cucinya, bersihkan sebelumnya filter air yang ada di solenoid atau inlet water valve nya, jika masalah tidak teratasi kemungkinan solenoid atau water level sensor nya merupakan bagian yang harus diperiksa.

      Hapus
  46. salam kenal mas Rudi, saya dapet pasien electrolux tipe ew880f front loading,permasalahannya modul pcbya kata yang punya hlang. maksud saya mau saya bkin manual saja, tap kendalanya saya tidak tahu kabel yang keluar dari motor ada 9, itu kemana saja, soalya saya cari diagram di google nggak dapet2. mohon bantuannya atau kalau sampean punya diagram jalur motornya mohon dishare, makash mas saya tunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Mas Cucuk Kiswara ....
      tipe motor untuk ew880f itu saya lupa mas, tolong reply dulu ya ...
      dan sepertinya saya harus sharing khusus untuk masalah ini melalui sebuah post baru tetapi jika motor nya masih menggunakan carbon brush kita bisa meniru cara kerja mesin bor tangan yang bisa bolak-balik berputarnya namun kita juga harus membuat suatu rangkaian elektronik yang bisa membuat motor itu nantinya berputar perlahan untuk mencuci dan berputar maksimal untuk mengeringkan (spin) dan masih banyak hal lain yg perlu dilakukan juga, demikian ya mas cucuk, terima kasih.

      Hapus
  47. assalamu'alaikum, salam kenal Pak Rudi, sya setya dr sby, to the point aja ya pak, sya punya mesin cuci merk elektrolux type EW 880 F, saat ini mesin saya ada masalah saat mencuci dia tdk mau menguras dan ada suara tit-tit 2x disertai kedipan lampu di mode end, saluran buang sdh sya bersihkan dan motor drain sdh diganti baru,tapi problem belum teratasi, mohon bantuannya untuk mengatasi masalah ini, sblumnya sya ucapkan trma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam...
      Kedipan 2x pada led "End" artinya memang tidak terjadi pembuangan, kita harus periksa kedua kabel yang terhubung ke motor drainnya apakah ada tegangan listrik terukur dari situ saat hendak melakukan drain, bisa saja kabel putus atau hal lain setelah nanti dilakukan pengecekan.

      Hapus
    2. assalamualaikum, mhn maaf mengganggu lagi pak, sblmnya sya ucapkan trm ksih atas bantuannya, oh ya pak ssuai saran dr bpk kedua kabel yg mnuju ke mtor drain sya tes dgn tespen kduanya menyala, apa mmang dmkian ? ttpi msih tetap mslahnya tdak mau membuang air, mhon bantuannya trm ksih

      Hapus
    3. Waalaikumsalam,
      Untuk lebih meyakinkan dalam pengukuran listriknya maka anda harus menggunakan volt meter, biarkan probe volt meter terhubung dengan kabel motor drain itu sambil anda menjalankan mesin hingga tiba waktunya drain atau langsung anda loncat programnya ke spin, jika tegangan listrik tetap tidak ada saat itu berarti bisa kabelnya bermasalah atau PCB nya yang rusak

      Hapus
  48. Pak mohon petunjuknya, mesin cuci saya sanken top loading. Powernya mati seperti tidak ada setrum masuk. Padahal kabel semua oke. Sebelumnya memang bisa nyuci tapi waktu peras 'mati'. kata tukang servis, pc boardnya harus diganti. Apakah betul ? Bagaimana tanda2 pc board memang rusak ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah mendapat penanganan teknisi sebaiknya percayakan sama dia, asal teknisinya berpengalaman/profesional dan baik, tentang mesin yang mati meskipun tombol power sudah diaktifkan itu bisa disebabkan berbagai hal misalnya tombol itu sendiri yang rusak atau ada komponen didalam PCB yang putus atau short itu harus dilakukan pemeriksaan dan pengujian yang cermat dan memang agar proses perbaikan lebih cepat dan mudah kebanyakan orang menganjurkan untuk diganti saja komponen yang dicurigai bermasalah meskipun itu terkadang terbentur masalah biaya dan ketersediaan suku cadang yang diperlukan.

      Hapus
  49. Assalamualaikum pa, saya punya mesin cuci sharp front loading, awalnya mesin cuci normal sampai pada saat pembuangan air , tombol start/pause berkedip. Tapi sekarang jika dijalankan tidak ada reaksi sampai kira2 satu menit tombol start/ pause berkedip . Mohon solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      mohon maaf karena mesin cuci yang anda maksud masih jarang kami jumpai beredar/dipakai dan masuk untuk order pelayanan servis kami jadi untuk sementara kami sarankan untuk memeriksa program mana yang saat itu berhenti (misal Spin) maka periksalah bagian pembuangan (drain) air atau jika saat hendak Wash maka periksa hal yang berhubungan dengan water inlet.

      Hapus
  50. malam pak, saya mau tanya mesin cuci type electrolux edw 880 f, begitu saya tancap ke listrik koq lampu start,spin dan end berkedip2 redup , tidak ada respon sama sekali dan bunyi pintu cetak cetik terus, dan saya pegang di saklar pintunya lama2 panas, apa saklarnya rusak? kalo mau test saklar pintu apa bisa dijumper kabelnya kabel warna abu2nya mas, untuk memastikan kalo saklarnya yang rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mamo
      Kedip-kedip pada lampu End adalah kode yang harus kita hitung (kode) berapa jumlah kedipannya untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah melalui info/kode kedipan itu. untuk sementara periksalah saklar pintunya, kemungkinan tidak bisa mengunci dengan benar.

      Hapus
  51. pa.sy punya mesin cuci merek samsung 1tabung water valvex tdk berfungsi pd saat star.padahal sya sd ganti waterx...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Alifnas
      Apakah sudah anda coba mengisi air tanpa melalui water valve ?

      Hapus
  52. Gan mesin cuci saya tipe ewf85716 kok gak mau nyala padahal stopkontak nya sudah terpasang dan juga sudah teraliri listrik mohon bantuanya gan, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Putri
      selain anda periksa hal itu coba anda periksa kabel-kabel dan pengunci pintu nya dulu

      Hapus
  53. Salam kenal p Rudi,
    Sy mau diskusi mengenai mesin cuci elektrolux ew880 frontloading. Setelah baru start dan pengisian air dimulai, air langsung keluar dari sisi2 pintu depan dan dari sisi2 laci deterjen. Kondisi seal pintu bersih dan baik, pintu tertutup rapat, tdk ada baut yg kendor, filter dan pipa pembuangan air bagus. Kira2 penyebabnya apa ya...mohon sarannya..terimakasih...eko,gresik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa/buka/lepas dulu laci detergen nya, kemungkinan sudah banyak sabun menggumpal yang menutupi lubang masuk menuju drum

      Hapus
  54. Pak Rudi
    saya barusan beli mesin cuci fron loasing Samsung wf8590nhw saya coba trial nyuci dengan menu quich wash 29' langsung trip sedangkan daya rumah 900 watt apakah dengan type itu memang tidak cukup dayanya? terima kasih sarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ainul
      diperlukan cadangan daya minimal kelompok daya rumahan 1300 watt agar mesin ini bisa bekerja tanpa mode mencuci dengan air panas dan minimal butuh daya 2000 watt untuk mencuci dengan air panas.

      Hapus
  55. Hi Pak Rudy,
    Utk mesin cuci front loading, klo mw nyuci, itu air nya dinyalain terus selama proses pencucian ato ada batas pengisiannya ya Pak? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinyalakan terus sampai program pencucian selesai

      Hapus
  56. Assalamualaikum.knlkan nm saya suwardi.langsng sj.mesin cuciku merek sharp ion coat tipe es-ag1150f.mau nanya bgmn cara mengetahui tipe/spesifikasi(microfarad) dr kapasitor saya.soalnya kpasitrnya d bw pergi sm tukang service.mau bli br katanya hrs ada contoh...mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, saya belum mendapat catatan dalam menangani mesin tipe ini ataupun informasinya secara pasti tetapi secara umum untuk kapasitas yang sama spesifikasi untuk running capacitor nya adalah 10 mfd (microfarad) 400V.

      Hapus
  57. Salam kenal sy ridho pak..mau nanya pak..mesin cuci midea MFS72-8302 saya muter nya berat (pelan muter nya) dan otomatis air nya rusak..gimana cara memperbaiki nya..mohon petunjuk nya..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda periksa v-belt nya dan otomatis air yang anda maksud mungkin solenoid valve, ganti saja bila sudah rusak dengan yang baru.

      Hapus
  58. salam pak rudi. saya memakai mesin cuci merk sharp satu tabung type es-q70ey sselama setahun. tapi sekarang kok terkadang dicucuk lalu tekan tombol on kok ga mau hidup ya. nanti setelah satu hari dicoba kok hidup lagi. kejadian seperti ini sering terjadi. mohon petunjuknya. trimakasih

    BalasHapus
  59. mesin cuci samsung WA70V4, proses cuci mesin bekerja lancar dan tabung berputar,,tetapi klo proses pengeringan/spin tabung tidak berputar, suara mesin berdengung. mohon petunjuk kira2 apa kerusakannya. thx

    BalasHapus
  60. Pak mau nanya...mcuci saya frontloading merk midea mfs728302 punya masalah pintu tidak bisa terkunci secara otomatis program pencucian tidak bisa jalan...kira2 apa masalahnya pak..
    Kemudian kalo cara me reset program atau merefresh supaya program kembali bagus gimana ya pak....terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  61. Salam sejahtera pak mau nanya mesin cuci saya midea mfs728302 modul on tpi mesin cuci tidak mau beropeasi sama sekali penyebabnya apa ya pak mohon pencetahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemeriksaan awal bisa coba cara ini :
      Masukan air kedalam drum tempat cucian secara manual (isi pakai ember atau selang) sampai hampir penuh seperti biasanya, jika mesin bisa bekerja berarti solenoidnya bermasalah.

      Hapus
  62. Dimana kak bisa mendapatkan VBelt mesin cuci elektolux seri EW 880 f
    Trimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Service centre electrolux.
      - Toko khusus penjual V-Belt.
      - Toko Online.
      Copot v-belt lama dan tunjukan pada penjual karena ini akan sangat membantunya dan tentu andapun tidak perlu menjelaskan detail spesifikasinya apabila ditanyakan.

      Hapus
    2. Selamat siang pak saya ada sedikit kendala di mesin cuci front loading saya ,sebelumya saya jelaskan bahwa tegangan listrik saya hanya 900 what dan selama ini saya tidak pernah menggunakan sistem pemanas hanya kebetulan ini saya kepencet sistem pemanas nya dan sudah terlanjur proses gmn cara mengembalikan ke sistem awal lagi sedang cucian masih di dlm dan proses belum selesai mohon petunjuk

      Hapus
    3. Selamat siang,
      saya kurang yakin karena tidak disebutkan merk/tipenya tetapi secara umum jika mesin cuci lama maka kita matikan saja pemanasnya lalu kita lanjutkan proses atau ulangi mencuci dari awal dan untuk mesin cuci terbaru (digital) maka mematikan pemanasnya dalam keadaan mesin hidup dengan pencet tombol "pause" lebih dulu atau sebelum anda memencet tombol "start".

      Hapus

Posting Komentar

- Klik "Muat Yang Lain...." untuk melihat lebih banyak komentar.
- Silahkan berkomentar atau ajukan pertanyaan yang sesuai dengan artikel.